August 30, 2015

16 Anime Bernuansa "Game" Keren Yang Mirip Anime Sword Art Online

Apakah kamu mencari anime action terbaik ? atau kamu mencari anime yang mirip sword art online ? atau keduanya. ??

Kebetulan !! karena saya sedang membahas anime-anime tersebut.

Khusus bagi orang yang menyukai Sword Art Online (Season 1) mungkin akan berfikir bahwa anime ini adalah anime yang sangat keren dan di tunggu-tunggu season duanya.

Dan harapan banyak orang ini menjadi nyata, di awal tahun 2015 Sword Art Online season dua akhirnya mulai tayang.

Seiring berjalannya waktu anime ini mulai tayang, dan seperti anime lainnya, banyak yang menyukai SAO season dua dan ada juga yang tidak, dan saya lihat season kedua dari anime ini memiliki rating yang lebih rendah dari Season pertama Sword Art online.

(Kasusnya sama dengan Tokyo Ghoul Season Dua yang juga banyak tidak disukai oleh para penggemar anime di seluruh dunia walaupun menurut saya anime ini termasuk ke kategori anime action terbaik yang pernah saya tonton)

Baca Juga : Daftar 47 Judul Anime Bergenre Romance Terbaik

Karena banyak orang yang kecewa terhadap SAO season dua ini, saya mulai dihujani dengan beberapa pertanyan sejenis yang intinya adalah meminta rekomendasi anime terbaik yang mirip Sword Art Online season satu, dan untuk menjawab pertanyaan ini, saya membuat artikel dengan tema anime yang mirip dengan Sword Art Online (season 1)



Lantas apa saja sih anime yang mirip Sword Art Online itu ?? berikut ini daftar anime yang mirip dengan Sword Art Online yang dengan penuh suka cita dipersemabhkan oleh Yuslogs.

Baca Juga :

Apa Kamu Mengetahui 20 Anime Sport Yang Menantang Untuk di Tonton?

Perhatian : Semua anime yang saya rekomendasikan di bawah ini tidak seratus persen mirip dengan SAO, ada beberapa anime yang hanya memiliki kemiripan di latarnya saja, ada yang hanya di karakternya saja, atau bahkan hanya di satu kejadian saja, diluar hal itu, semua anime yang saya rekomendasikan di bawah ini merupakan anime yang sangat sayang jika tidak di tonton.

Log Horizon

Kemiripan utama yang dimiliki oleh Log Horizon dengan Sword Art online terletak di ceritanya, dimana kedua anime ini memiliki latar yang sama yaitu tentang dunia game dan kehidupan nyata, dan orang-orang yang ada dalam kedua anime ini terjebak di dalam dunia game, bedanya, jika dalam SAO semua orang berusaha keluar dari game, di Log Horizon tidak ada satu orang karakter-pun yang berusaha untuk keluar dari dunia game ini atau lebih tepatnya ceritanya tidak di titik beratkan pada hal itu.

Kedua anime ini adalah anime spesial dengan latar dan ceritanya masing-masing yang menawan dan memiliki tokoh utama dengan karakter yang sangat jauh berbeda.

Kedua anime ini memiliki kualitas yang bagus, dan jika kamu adalah penggemar dari  anime action fantasy, kedua anime ini sangat direkomendasikan.

Accel World

Menawan dengan ceritanya sendiri, inilah hal yang pertama terpikir dalam pikiran saya ketika mendengar anime dengan judul Accel World.

Anime Accel World dan juga Sword Art Online memiliki garis besar yang sama yaitu tentang dunia game virtual dan juga dunia nyata. Bedanya jika dalam SAO semua karakter terjebak dalam dunia game virtual sedangkan di Accel World tidak.

Anime Accel World menitik beratkan ceritanya tentang menang kalah dalam pertarungan di dunia game ini, karena jika menang maka akan mendapatkan kekuatan yang sangat berguna yang bisa dipakai di dunia nyata.

Accel World juga merupakan anime yang perkembangan ceritanya sangat drastis action dari anime ini juga sangat-sangat keren dan action dari anime ini adalah yang terbaik, dan sekali lagi, jika kamu penggemar anime action, fantasy dan juga sci-fi anime ini tentu saja sangat di rekomendasikan.

Btooom!

Entah anime ini memang kurang popeler atau saya saja yang kurang update, karena yang saya tahu anime ini tidak terlalu banyak dibicarakan, padahal menurut saya anime ini sangat seru, khususnya jika kamu adalah seorang gamers (saya dulu seorang gamer)

Dalam anime Btooom! Dan juga SAO bercerita tentang orang yang harus mempertaruhkan nyawanya dan orang disekitarnya dalam sebuah game yang mematikan, dan dipaksa untuk mengikuti aturan yang ditetapkan dalam game ini.

Bedanya adalah, jika dalam anime SAO berlatar di dunia virtual, anime Btooom ! berlatar di dunia nyata, dan saya pikir untuk action-nya Btooom ! jauh lebih baik dari SAO. Dan saya pikir ini wajar, karena disemua artikel yang membahas tentang anime action terbaik, anime ini selalu ada dalam list.

No Game No Life

Karakter utama dalam kedua anime ini telah dimasukan kedalam dunia game dimana banyak sekali hal misterius dan juga menakjubkan menunggu untuk di explore. Anime No Game No Life saya pikir jauh lebih “segar” dari SAO karena memiliki beberapa Fanservice dan juga dengan grafis yang dipenuhi dengan gradasi warna yang sangat bagugs (di dominasi warana putih dan pink).

Salah satu nilai tambah yang dimiliki anime ini adalah, No Game No Life punya ost yang terbaik dan membuat anime ini semakin keren.

Dalam hal action memang SAO menang kemana-mana, tapi jika berbicara tentang Fun dan juga Kegilaan, anime No Game No Life jauh lebih keren dan juga lebih bisa dinikmati.

Oiah, saking badassnya Sora dan Shiro, saya memasukan mereka berdua ke daftar karakter anime yang terkuat yang saya buat baru-baru ini.

Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka

Judulnya panjang sekali yah ?? tapi serius anime ini merupakan salah satu anime yang menurut saya memiliki kemiripan dengan anime Sword Art Online.

Sebenarnya, bukan sebuah kejutan kalau kedua anime ini memiliki konsep dan juga latar yang sekilas memiliki kemiripan dengan SAO, terlebih lagi pemeran utama dari kedua anime ini suaranya di isi oleh pengisi suara yang sama.

Kedua anime ini memiliki kemiripan yaitu tentang menjadi lebih kuat demi menaklukan banyak monster, dan jika monster berhasil dikalahkan akan mendapat rewards, kedua anime ini memiliki fokus yang sama yaitu tentang meningkatkan level dan juga tentang strategi.

Dan salah satu kemiripan yang lain adalah karena kedua anime ini memiliki unsur romance yang sangat kuat, walaupun di balut dengan gaya dan alur cerita masingg-masing.

Anime yang cocok untuk kamu pecinta anime fantasy, action.

Mirai Nikki (TV)

Merupakan anime yang memiliki konsep game, sama seperti anime Sword Art Online, bedanya dalam Mirai Nikki yang jadi fokus utamanya adalah alur cerita yang sangat sulit ditebak, action yang berdarah-darah dan merupakan salah satu anime yang sadis. Oiah, ada juga karakter “Tuhan” dalam anime ini.

Dan jika kamu penggila anime yang berdarah-darah dan sadis dan mencari anime action terbak, maka anime ini merupakan salah satu rekomendasi dari saya.

Angel Beats!

Entah kenapa, anime Angel Beats! selalu masuk di daftar anime yang saya rekomendasikan, daftar lain yang salah satunya adalah Angel Beats! adalah anime romance terbaik yang telah saya susun.

SAO dan juga Angel Beats! Memiliki sebuah kemiripan, yaitu dimana sang tokoh utama terlempar kedunia lain. Bedanya jika dalam anime SAO karakter utamanya terjebak di dunia game, dalam Angel Beats! Karakter utamanya terjebak di dunia setelah kematian, dan sama-sama bertarung untuk keluar dari dunia ini.

Saya yakin kalau kamu menyukai SAO,kamu juga pasti akan suka Angel Beats!

Oiah, kedua anime ini juga memiliki cerita cinta.

Hunter X Hunter (Khususnya di Arc Greed Island)

Kalau kamu sedang mencari anime yang karakter utamanya ada dalam sebuah dunia game, maka saya pikir HxH Arc Greed Island merupakan salah satu anime yang saya rekomendasikan.

Kedua anime ini memiliki sedikit kemiripan yaitu tentang sebuah game yang karakter utama masuk kedalamnya, game yang mempertaruhkan nyawa, karakter utama yang terjebak dan bayak lagi.

Oiah, mungkin kamu perlu menonton anime ini dari awal ceritanya, atau tidak juga sebenarnya tidak apa-apa, karena HxH Arc Greed Island ini memiliki cerita yang berdiri sendiri, tapi menurut saya sangat penting untuk mengetahui, latar, kekuatan dan kemampuan yang dimiliki oleh karakter utama, agar kamu bisa lebih menikmati anime ini.

Garis besar dari Arc Greed island ini bercertia tentang karakter utama yang mencari ayahnya sehingga harus masuk kedalam dunia game.

Kedua anime ini memiliki kesamaan, yaitu dimana para karakter utama harus mengumpulkan beberapa item untuk menang, dan juga karakter utama yang mau tidak mau harus menuruti peraturan yang ada dalam dunia game ini.

Summer Wars

Sebenarnya, Summer Wars adalah sebuah film, dan merupakan salah satu anime yang menurut saya memiliki sedikit kemiripan dengan anime SAO. Keduanya memiliki latar dalam dunia game dan dunia asli, bertarung sebagai “Avatar” di dunia lain, berada di dua dunia (virtual dan dunia nyata), dan pemeran utama wanita yang sangat mandiri dan juga “kuat”.

Ao no Exorcist

Ada beberapa kemiripan yang dimiliki oleh Ao no Exorcist dan juga SAO yaitu kedua karakter utama dalam anime ini memiliki kekuatan yang luar biasa, dalam SAO karakter utamanya merupakan orang yang memiliki level tertinggi dalam dunia game, sedangkan dalam Ao no Exorcist karakter utamanya merupakan seorang titisan dari raja iblis yang memiliki kekuatan yang sangat besar, juga kedua karakter utama dari anime ini dibenci oleh banyak orang, dalam SAO karakter utamanya dibenci karena merupakan seoara “Beta Tester” dan merupakan orang terkuat di dunia game, sedangkan dalam anime Ao no Exrocist karakter utamanya di benci karena merupakan anak raja iblis.


Meskipun hanya sedikit kemiripan antara kedua anime ini, bukan berarti Ao no Exorcist adalah anime yang jelek, sebaliknya anime ini merupakan salah satu anime “Masterpiece” yang sangat rugi jika kamu tidak tonton.

Maoyuu Maou Yuusha

Kedua anime ini memiliki beberapa kemiripan, walaupun sebagaian besar dari Maoyuu Maou Yuusha dan juga SAO berbeda, namun konsep, latar, dan juga lingkungan yang berada di dua anime ini memang terlihat mirip, selain itu hal lain yang membuat kedua anime ini terlihat lebih mirip adalah kesamaan watak karakter utama, selain itu dua anime ini juga lebih dominan mengisahkan hubungan antara pemeran utama laki-laki dan pemeran utama perempuan,

Dua anime ini juga merupakan anime yang bernafaskan action-fantasy, dan karakter utama dari anime SAO dan Maouyuu Maou Yuusha juga merupakan orang terkuat di dunia masing-masing.

Saya teringat SAO ketika menonton anime ini, dan itulah alasan saya menganggap anime ini memiliki sedikit kemiripan dan merekomendasikannya untuk kamu.

Overlord


Overlord
Salah satu anime yang tayang di tahun 2015 dan ditayangkan bersama dengan anime-anime lain seperti Gangsta dan season ketiga dari Durarara!!

Anime ini dari awal sudah saya curigai memiliki konsep yang sama dengan Sword Art Online, yaitu tentang orang dari dunia nyata yang tanpa disengaja masuk dalam dunia game. Dan kecurigaan saya ini terbukti setelah menonton episode pertama dari anime ini.

Hanya saja ada perbedaan antara Overlord dan juga SAO.

Jika dalam SAO Kirito terjebak dalam dunia game, dan dunia itu tetap menjadi dunia game, maka berbeda dengan Overlord, karena dunia game yang ada di Overlord berubah menjadi dunia nyata yang berada di dimensi yang berbeda (ingat log horizon ?)

Juga ada persamaan karakter utama dalam dua anime ini yaitu : Pemeran utama dalam Overlord dan SAO merupakan orang terkuat di dunia itu. Bedanya... Kirito adalah laki-laki keren yang selalu dikerubungi wanita, sedangkan dalam Overlord, Momonga berbentuk tengkorak (avatar tengkorak) tapi juga tetep dikerubungi wanita.

Walaupun memiliki konsep yang sama, saya berani jamin kedua anime ini sangat berbeda dalam alur cerita dan saya yakin kamu akan suka dengan anime ini kalau kamu penggila anime action.

Selain itu saya juga sangat menyukai ost dari anime ini dan berniat memasukannya kedalam daftar ost anime terbaik (versi telinga saya)

Ixion Saga DT


Anime gokil yang satu ini bercerita tentang seorang pemuda yang masih perjaka dan terganggu dengan statusnya tersebut

Seperti kebanyakan anime yang ada di daftar ini anime ini juga bercerita tentang seorang pemuda yang terlempar ke dunia lain (lewat perantara game)

Di anime ini sang karakter utama bernama Hokaze Kon, dalam sebuah game berkenalan dengan seorang karakter perempuan yang dia harap bisa membuat dia kehilangan status perjakanya

Dan yahh, si gadis tersebut meminta tolong pada Kon dan tiba-tiba Kon jatuh di sebuah dunia alternatif yang dikenal sebagai Mira

Saat jatuh kedunia tersebut (beserta dengan head phone dan kurisnya) Kon tidak sengaja mendarat diatas pasukan yang tengah mengejar seorang putri

Dan dari sini, perjalanan Kon di dunia fantasy ini dimulai

Anime ini bukan anime yang ceritanya tentang karakter utama yang heroik, bahkan lebih mengarah ke arah komedi karena karakternya gokil semua

Saya pikir anime ini bahkan nyerempet genre parody, tapi tetap anime ini sangat seru untuk di tonton, apalagi kalau kamu cuman pengen nonton anime yang fun

Kembali ke poin utama, anime ini memiliki kemiripan dengan SAO karena konsepnya ^_^

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!


Anime ini bercerita tentang seorang pemuda yang bernama Satou Kazuma, seorang hikikomori neet yang tentu saja tidak pernah keluar rumah

Pada suatu hari, ada beberapa item yang ingin dia beli dan hal ini mengharuskan dia untuk keluar rumah di pagi buta untuk membeli item tersebut

Namun saat pulang sesuatu terjadi, singkatnya dia mati dengan cara yang luar biasa memalukan bahkan saat di pemakaman, di rumah sakit dan bahkan di acara pemakamannya dia ditertawakan dengan cara mati yang aneh itu

Dari sini komedinya udah kerasa banget

Dan yapz ... karakter utama di anime ini sudah mati di episode pertama, dan sekali lagi yapz ... karena kematian ini adalah awal mula cerita anime ini

Di dunia antara dunia dan surga dia bertemu dengan seorang dewi yang menyarankannya untuk reinkarnasi di dunia fantasy dan pergi mengalahkan raja iblis

Tentu saja kazuma menerima pilihan ini dan ditawari berbagai macam skill atau senjata untuk dibawa ke dunia tersebut

Namun daripada memilih senajata atau skill tertentu, Kazuma malah memilih untuk membawa sang Dewi tersebut bersamanya

Saya agak bingung jelasin bagian itu tapi yang jelas dari sini sang Dewi ikut pergi ke dunia fantasy bersama Kazuma dan tidak boleh pulang sebelum mereka mengalahkan raja iblis

Dari sinopsis yang saya tulis mungkin kedengeran keren tapi sikap karakter utama dan si Dewi yang agak sedeng itu bener-bener gokil dan bikin kita ketawa

Anime ini anime comedy, tapi punya kesamaan konsep sama SAO walaupun yah ... jauh berbeda ^_^

Hai to Gensou no Grimgar


Kebanyakan genre di daftar ini adalah action dan komedi tapi beda dengan semuanya anime ini lebih mengarah ke genre Drama

Anime ini bercerita tentang sekumpulan pemuda dan pemudi yang tiba-tiba berada di dunia yang tidak mereka kenal dengan hanya nama mereka yang bisa mereka ingat

Dunia tersebut bernama Grimgar dimana Goblin, Monster dan mahluk lain yang seperti ada dalam game benar-benar ada

Di dunia tersebut mereka di sambut oleh beberapa orang, dan orang-orang yang terlihat kuat di rekrut untuk bergabung dengan semacam tentara untuk memerangi monster tersebut

Walaupun saya bilang memerangi, tapi sebenarnya konsepnya lebih ke arah game, dimana sebuah party tertentu bertarung dengan monster dan mendapatkan uang

Anime ini bukan bercerita tentang orang-orang kuat tersebut yang direkrut, melainkan orang-orang yang ditinggalkan

Nah orang-orang yang ditinggalkan ini harus bertahan hidup dengan cara yang sama yaitu bertarung dengan monster dan mendapatkan uang, namun tentu saja mereka semua pemula dan tidak ada yang membantu mereka

“mereka” yang saya sebut-sebut itu bernama Manato, Haruhiro, Yume, Shihoru, Mogzo, dan Ranta

Saya agak bingung jelasinnya karena konsep dari anime ini mudah untuk dilihat namun susah untuk dituangkan dalam kata-kata

Yang jelas anime ini bercerita tentang Manato, Haruhiro, Yume, Shihoru, Mogzo, dan Ranta yang harus saling bahu membahu untuk bertahan hidup di dunia yang mirip dengan game fantasy RPG

Yang unik dari anime ini seperti yang saya bilang diatas adalah anime ini bergenre utama Drama dan realitas ketika orang-orang normal dibawa ke dunia fantasy

Penutup

Nah, Itulah beberapa anime yang menurut saya memiliki kemiripan (baik sedikit maupun banyak) dengan anime Sword Art Online, tapi tentu saja mirip atau tidaknya itu terserah anda sendiri.

Alangkah baiknya, jika kamu menonton semua anime di atas dulu, karena saya yakin kamu pasti akan suka dengan semua anime yang saya rekomendasikan di atas walaupun beberapa anime di atas tidak memiliki banyak kemiripan dengan anime Sword Art Online dan tidak termasuk ke kategori anime action terbaik.


Dan seperti biasa, jika kamu memiliki opini atau pandangan yang berbeda tentang beberapa anime yang saya sebutkan di atas, kamu boleh menambahkan masukan atau protes di form komentar, dan jika dianggap penting maka saya akan mengubah beberapa poin yang dirasa perlu.