May 4, 2015

Tokyo Ghoul Season 2

Kalau kamu mencari anime yang bergenre action yang berdarah-darah atau dalam istilah lain adalah gore maka Tokyo Ghoul √A adalah anime yang saya rekomendasikan pertama kali .

Anime yang di produseri oleh Studio Pierrot dan FUNimation EntertainmentL  ini merupakan salah satu anime yang cukup populer di indonesia, hal ini terbukti dengan banyak dibentuknya grup-grup di facebook yang tidak pernah lelah untuk membicarakan Tokyo Ghoul √A ini.

Anime ini merupakan season 2 dari anime Tokyo Ghoul yang pada season 1 berakhir dengan cerita yang masih menggantung, anime ini tayang pada tahun 2015 dan tentu saja termaskuk ke daftar anime terbaik di tahun 2015 tersebut.

17 Anime Horor Terbaik Yang Harus Kamu Tonton Sekarang Juga!

Anime yang merupakan salah satu anime terbaik (untuk pecinta anime) dan anime yang sangat mengecewakan (bagi yang sudah baca manganya) ini saya pikir sangat wajib untuk dibuatkan review, jadi saya menulis posting ini.


Tempat Downlod Tokyo Ghoul √A


Sebelum bicara masalah review saya ingin memberi tahu dulu beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk mendownload anime ini. Kan gak enak cuman baca reviewnya aja tanpa bisa download.

Dan berikut ini merupakan tempat untuk download anime Tokyo Ghoul Season 2 yang tentunya menggunakan subtitle indonesia

Kenapa hanya satu situs yang saya rekomendasikan untuk mendownload anime ini ? simple, karena saya suka download di situs di atas, dan pemilik situs Samehadaku merupakan salah satu teman forum saya.


Alur Cerita Tokyo Ghoul Season 2


Anime ini merupakan terusan dari anime Tokyo Ghoul dan meneruskan cerita yang menggantung di season pertama. Kaneki sudah menjadi lebih kuat dan masuk kedalam sebuah organisasi “jahat” yang bernama Aogiri, saat sudah masuk ke Aogiri Kaneki bisa dikatakan sebagai salah satu karakter anime terkuat yang ada di anime Tokyo Ghoul Root A.

Cerita di episode pertama Tokyo Ghoul Season 2 ini dimulai tepat dimana season 1 dari anime ini berakhir yaitu saat penyerangan CCG ke markas Aogiri.

13 Anime Hebat Yang Terjamin Mirip Dengan Shingeki no Kyojin

Dan untuk alur ceritanya, bagi orang yang sudah membaca manga dari Tokyo Ghoul mungkin akan sedikit tidak suka dengan anime Tokyo Ghoul Season 2 ini karena banyak perbedaan antara anime dan manganya,.

Sebenarnya saya pribadi tidak terlalu mempermasalahkannya, tapi beberapa teman saya kurang suka dengan Tokyo Ghoul Season 2 ini karena memang mengecewakan.

Dalam anime ini banyak sekali adegan yang di potong, salah satu bagian paling penting yang di potong yaitu pada episode 12 ketika arima melawan kaneki.

Dan juga anime ini mengurangi banyak adegan “fight” sehingga menurut beberapa teman saya mengecewakan, tapi menurut saya ini merupakan salah satu anime yang lumayan layak untuk di tonton karena memiliki cerita yang original.
Sebenarnya banyak hal yang bisa diceritakan di sini, tapi itu akan menjadi spoiler, dan saya tidak mau anda mendengar spoiler, spoiler hanya membuat anime ini terasa hampa, mending download animenya saja.

197 Rekomendasi Anime Jepang Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Mati! (Seriusan)

Desain Tokoh Tokyo Ghoul Season 2


Desain dari anime ini sangat bagus, semua karakter memiliki “aura dan karakteristik” masing-masing, bahkan jika di hiperbola-kan setiap karakter memiliki nyawanya sendiri.

Sedangkan latar dan penggambaran dari Tokyo Ghoul Season 2 juga sangat bagus sekali, mungkin bisa dibilang anime ini salah satu anime yang memiliki unsur artistik, dan penggambaran latar yang kuat.


Musik, dan Background Sound di Tokyo Ghoul Season 2


Salah satu bagian terbaik dari anime ini adalah bagian musik dan background sound dari anime ini yang sangat-sangat keren.

Semua orang setuju bahwa musik dan ost  dalam anime tokyo ghoul season 2 adalah yang terbaik yang ada pada anime ini sangat-sangat bagus sekali, bahkan orang yang tidak suka dengan anime series Tokyo Ghoul ini juga menyukainya.

Beberapa orang yang bully anime ini juga mengakui bahwa musik dan background soundnya sangatlah bagus dan juga rapih.

33 + 11 Anime Terbaik Yang Tayang di Tahun 2015 (Siapa Lagi Yang Ingin Tahu?) 

Opening dari anime ini dibawakan oleh “Ostereeich” yang menurut saya adalah lagu opening yang pas sama anime ini, selain karena music yang vocal yang bagus juga karena music yang rumit.

Lagu ending dari anime ini juga sangat bagus, memiliki irama yang sedikit cepat dan nada yang keren, ini merupakan lagu ending yang bagus.

Sedangngkan untuk background music saya pikir anime ini memiliki komposisi background music yang sangat tepat, background musik yang ada pada anime ini sangat menghidupkan kesan-kesan yang tersirat di anime ini.


Latar Tokyo Ghoul Season 2


Sama seperti Tokyo Ghoul season 1, Tokyo Ghoul season 2 ini berlatar di kota Tokyo, mungkin ini juga alasan kenapa anime ini diberi judul Tokyo Ghoul.

Baca Juga : Salah Satu Anime Paling Keren Di Tahun 2015

Karena bergenre, action, horror dan gore, hampir sebagian besar plot cerita di anime ini berada pada malam hari dan berwarna gelap, hal ini jelas menambah poin tambah untuk anime bergenre action, horror, dan gore.

Tidak seperti season pertamanya, season kedua dari Tokyo Ghoul ini tidak memiliki suasana yang mencekam, tapi mungkin lebih ke drama, hal ini saya perhatikan pada episode 12.

Episode 12 memiliki unsur drama yang paling kuat, hal ini saya lihat dari penggambaran suasana yang putus asa ketika Kaneki kehilangan Hide.


Karakter di Tokyo Ghoul Season 2


Ada banyak karakter keren dan unik di anime tokyo ghoul season 2, dan dibawah ini saya akan memberi tahu beberapa karakter yang saya anggap penting, unik, keren.

Ken Kaneki (金木 研)

Ken Kaneki
Lahir: 20 Desember
Tinggi : 169 cm
Berat: 55 kg
Golongan darah: AB
Tipe Ghoul: Rinkaku
Kesukaan : Membaca, Wanita Intelektual, Hamburger

Terlahir sebagai seorang manusia, Kaneki bertemu dengan seorang wanita ghoul bernama Kamishiro Rize, Rize membuat kaneki berada dalam ruang gawat darurat dan harus melakukan operasi bedah karena seranagnnya. Rize menggunakan daya tariknya sebagai seorang wanita yang intelektual dan menginginkan kaneki sebagai makanannya.

Setelah serangannya, kaneki masuk ruang gawat darurat dengan keadaan sekarat, begitu juga dengan rize. Seorang dokter yang bernama Kanou, yang secara rahasia ber-eksperimen dengan Ghoul, Manusia, dan Setengah Ghoul mentransplantasikan beberapa organ rize kedalam tubuh kaneki yang berhasil menyelamatkan nyawanya. Segera setelah itu kaneki tahu bahwa di dalam tubuhnya ada bagian tubuh ghoul yang membuatnya menjadi setengah ghoul.

Sejak menjadi setengah ghoul, Kaneki kehilangan selera makanannya terhadap makanan manusia dan merasa sakit saat mencoba memakannya, selain itu kaneki juga memperoleh kekuatan ghoul yaitu, kekuatan yang lebih besar dari manusia biasa, regenerasi yang cepat dan juga kagune. Karena terlahir sabagai manusia dan memiliki moral sebagai manusia, Kaneki menolak untuk memakan manusia walaupun ini satu-satunya cara agar dia tetap hidup, hasilnya dia harus meminum banyak kopi dan ketika terdesak dia akan memakan ghoul lain (di season 2).

Selama dia disiksa oleh yamori, rambut kaneki yang awalnya berwarna hitam berubah menjadi putih, dan kukunya yang awalnya berwarna putih, berubah menjadi hitam, hal ini dikarenakan stress dan mutilasi berulangkali yang yamori lakukan kepada jari tangan dan kakinya.

Di season kedua, kaneki bergabung dengan sebuah kelompok ghoul bernama Aogiri, dank karena topeng ghoul miliknya kaneki memperoleh sebuah julukan yang bernama “Gantai” atau “Si penutup mata” atau “si mata satu”. Dan CCG memberikan SS-Rated kepada kaneki karena kekuatannya.

Saat seorang ghoul menjadi kanibal dia akan kehilangan dirinya sendiri dan akan menjadi gila, ini yang terjadi pada kaneki saat dia memakan ghoul lain, dia mulai berubah menjadi gila dan mengeluarkan kagune yang berbentuk seperti lipan.

Simak Juga : 8+11 Anime Terbaik Winter 2016 Yang Rugi Kalau Tidak Kamu Tonton Dari Sekarang! dan Top 5 Anime 2015 Versi Kinoshita Hideaki

Spoiler : Tokyo Ghoul:re

Setelah berhasil bertahan setelah pertarungannya antara Kaneki dan Arima, Kaneki kehilangan ingatannya dimasa lalu dan menjadi tidak menyadari dirinya sendiri.

Kaneki sekarang hidup dengan identitas baru, yaitu bernama Haise Sasaki dan dia telah direkrut sebagai anggota CCG. Dia adalah Investigator Ghoul ranking 1, dan masuk kedalam sebuah tim yang bernama Quinx Squad yang di-mentori oleh Akira Mado dan Kishou Arima.

Simak Juga : 20 Anime Sport Terbaik Yang Akan Menginspirasi Hidup Kamu!

Touka Kirishima (霧嶋 董香)

Touka Kirishima
Jenis: Ghoul
Umur: 16 (Season 1), 17 (Saat season 2), 20 (Tokyo Ghoul:re)
Lahir: 1 Juli
Tinggi: 156 cm
Berat: 45 kg
Golongan darah: O
Tipe Ghoul: Ukaku
Kesukaan: Kehidupan sekolah, Kelinci
Yang dibenci: Investigator ghoul, Orang yang bodoh, Sastra Klasik

Investigator ghoul menyebut Touka dengan sebutan Rabbit, hal ini karena topengnya yang berbentuk kelinci.

Touka adalah ghoul yang sukses menyamar sebagai manusia dan bekerja sebagai pelayan disebuah kedai kopi yang juga dikelola oleh ghoul yang bernama Anteiku, yang juga berfungsi sebagai penghasil makanan bagi ghoul lemah .

Dia menyelamatkan hidup kaneki, dan berperan sebagai pembimbing kaneki untuk beradaptasi sebagai ghoul. Dia adalah orang yang sangat serius, tangguh dan juga pekerja keras, dia mencoba untuk menjaga distriknya aman untuk manusia dan juga ghoul, dan memiliki kekuatan yang cukup besar.

Uta (ウタ)

Uta
Spesies: Ghoul
Lahir : 2 Desember
Zodiak: Sagittarius
Tinggi: 177 cm
Berat: 57 kg
Golongan darah : B

Uta adalah teman lama dari Renji Yomo dan juga Itori, dia adalah pemilik dari HySy ArtMask Studio, tempat dimana dia menjual topeng untuk ghoul. Dia memiliki abnayk tindik dan tato di tubuhnya, membuat dia terlihat cukup menakutkan, Dia adalah orang yang membuat topeng Kaneki.

Tato di lehernya adalah tulisan yunani yang artinya “Aku bisa hidup denganmu, maupun tanpamu” 

Νεχ ποσσυμ τεχυμ ωιωερε, νεχ σινε τε.
Nec possum tecum vivere, nec sine te.
—Martial, Epigrams XII, 46

Dia adalah orang yang pintar bicara dan juga sangat ramah, bahkan ekspresi yang dia hasilkan juga tidak pernah berubah,  Uta adalah orang yang sadis dan juga kejam saat muda, dan jika penasaran anda bisa membacanya di manga.

Spoiler :
Dia adalah The Clown

Koutarou Amon (亜門 鋼太朗)

Koutaro Amon
Spesies: Manusia
Umur: 26
Lahir: 7 April
Tinggi: 191 cm
Berat: 94 kg
Golongan darah: A
Quinque: Kura

Salah satu orang yang menjadi investigator ghoul, dia adalah murid atau bawahan dari Mado Kureo, Dia memiliki rasa keadilan yang tinggi yang percaya bahwa hal yang benar untuk dilakukan adalah memusnahkan ghoul. Dia berburu ghoul untuk melindungi anak-anak manusia agar tidak menjadi seorang yatim piatu seperti dia.

Kishou Arima (有馬 貴将)

Kishou Arima
Spesies: Manusia
Umur: 29 (Tokyo Ghoul)
lahir: 20 Desember
Tinggi: 180 cm
WeiBeratht: 82 kg
Quinque: IXA (Koukaku), Narukami (Ukaku), Yukimura 1/3 (Koukaku)
Kishou Arima adalah seorang Investigator Ghoul yang sangat ternama, dia diketahui sebagai malaikat maut dari CCG, dia tidak terkalahkan sebagai seorang investigator, bahkan Kaneki pun kalah oleh dia.

Kehebatannyadalam bertarung membuat beberapa anggota dari CCG termasuk Amon Koutaro mengagminya

Spoiler Tokyo Ghoul:Re

Dia memberikan quinque milinya Yukimura 1/3 (Koukaku) kepada Sasaki Haise, dan menjadi mentor dari Quinx Squad.

Bersama dengan Akira Mado, dia mengawasi Quinx Squad dan juga Sasaki Haise bersama dengan seluruh member dari Quinx Squad

Hinami Fueguchi (笛口 雛実)

Hinami Fueguchi
Spesies: Ghoul
Lahir : 21 Mei
Tinggi: 148 cm
Berat: 40 kg
Golongan darah: AB
Tipe: Rinkaku and Koukaku

Hinami adalah seorang anak ghoul yang kedua orang tunya dibunuh oleh Kureo Mado. Dan akhirnya di tamping oleh Anteiku, sebagai seorang anak kecil dia termasuk ghoul yang sangat kuat, normalnya seorang ghoul hanya mewarisi kagune dari satu orang tua saja, tapi hinami mewarisi kedua kagune dari orang tuanya, bahkan dia mampu membunuh Kureo Mado

Sekarang ini dia hidup bersama Kirishima Touka.

Tokyo Ghoul:re

Setelah peristiwa penyerangan “Burung Hantu” dan hilangnya kaneki, dia sekarang merupakan anggota dari Aogiri

Nagachika Hideyoshi

Nagachika Hideyoshi
Spesies: Manusia
Umur: 18

Hideyoshi adalah seorang manusia normal dan merupakan sahabat dari Ken Kaneki, Hide merupakan orang yang sangat perhatian dan mampu mengetahui apa yang dipikirkan oleh orang lain.

Di akhir cerita dari Tokyo Ghoul Season 2, Kaneki bertemu dengan hide setelah sekian lama, dan akhirnya hide yakin bahwa Kaneki telah menjadi setengah ghoul, tapi ini tiak menggangu dia, Hide membuat permintaan terakhir bahwa kaneki harus pulang, sebelum akhirnya hide kehilangan banyak darah dan kehilangan kesadaran.

Ketika kaneki memegang hide, hide sedikit menangis, Hide dengan tenang tersenyum sebelum dia akhirnya tidak sadar diri.

Di episode terakhir, Kaneki menutupi tubuh hide dengan sebuah kain putih, untuk melindunginya dari api yang berasal dari gedung Anteiku yang terbakar, dan membawanya keluar sampai akhirnya dia Kaneki bertemu dengan arima. Sampai saat ini tidak diketahu apakah Hide mati atau tidak..


Rating Tokyo Ghoul √A


Sebenarnya anime ini memiliki rating yang lumayan tinggi yaitu sekitar 7,59. Tapi kebanyakan dari mereka banyak yang tidak menyukai anime ini karena katanya banyak adegan yang di potong dan lain-lain.

Tapi menurut penilaian saya sendiri secara pribadi, jika diberi nilai antara 1-10 maka saya akan member nilai 7,2 anime ini.


Kesimpulan


Untuk kesimpulan, anime ini merupakan salah satu anime yang wajib di tonton, walaupun banyak mengecewakan fansnya, tapi saya pikir anime ini tetaplah sangat berkualitas.

Catatan : Review ini saya buat dengan sudut pandang saya pribadi di tambah beberapa masukan dari teman-teman saya, dan untuk spoiler, saya tidak ingin banyak berkomentar kecuali “Baca aja manga Tokyo Ghoul:Re”.

Kalu ada yang kamu tidak suka dari review saya ini, kamu boleh berkomentar dan saya akan merubah beberapa poin di atas jika memang itu diperlukan.