August 6, 2015

15 Anime Dengan Ending Terbaik Yang Pasti Akan Membuat Kamu Emosional dan Terkesima

aldnoah zero salah satu anime dengan ending terbaik dalam artian yang lain

Apa bagian yang paling banyak diingat para penggemar otaku setelah selesai menonton sebuah anime ?

Menurut kamu apa ??

Menurut saya jawabannya adalah ending.

Ending biasanya akan lebih sering diingat karena ending biasanya berupa untaian klimaks (puncak cerita) dan penyelesaian masalah.

Oiah, sepengalaman saya ending juga yang menentukan sebuah anime itu ditanggapi positif atau negatif (anime itu bagus atau jelek) oleh para penggemar anime.

Salah satu contoh ending anime jepang yang cukup populer adalah Aldnoah.Zero

Anime ini menurut saya keren, karakternya keren, pertarungannya keren, dan intirik dari anime ini juga keren, bahkan saya masukan ke daftar anime terbaik 2015.

Saya sangat penasaran dengan ending dari anime ini terutama tentang konflik cinta segi tiganya.

Tapi saat saya melihat ending dari anime ini (season 2)

Saya sangat terpukul.

Saya sangat kebingungan dengan ending dari Aldnoah.Zero ini (kenapa bisa berakhir seperti itu ??), dan ternyata bukan hanya saya saja yang berfikir seperti itu, ternyata banyak orang yang juga tidak suka dengan akhir dari cinta segi tiga ini.

Ending dari anime ini memiliki “impact” yang besar, sehingga menurut saya anime Aldnoah.Zero ini akan menjadi anime dengan ending yang paling diingat oleh penggemar anime.

Kamu yang nonton Aldnoah.Zero juga pasti ingat dengan endingnya kan ??

Ini membuktikan bahwa ending adalah bagian yang paling banyak di ingat orang-orang terutama jika anime itu memiliki ending yang tidak biasa.

Tapi…

Banyak juga loh anime yang memiliki ending dengan “impact”yang besar dan menuai banyak sekali pujian dan kesan positif.

Dan inilah hal yang akan saya bahas kali ini, yaitu tentang anime yang memiliki ending terbaik…

Dan berikut ini beberapa diantaranya…

#1. Angel Beats!


Kalau kamu sudah pernah mengunjungi blog ini sebelumnya, saya yakin kamu menyadari bahwa anime ini ada di semua daftar anime yang saya buat. Dan ini bukan tanpa alasan, karena menurut saya anime Angel Beats adalah anime yang terbaik dalam segala aspek.

Dalam hal romance anime ini cukup membuat terharu, terutama di bagian “Yui” dan saya yakin semua orang setuju dengan saya.

Dalam hal comedy anime ini juga keren, bahkan ada satu episode penuh yang semuanya adalah comedy dan tentu saja anime ini juga sangat lucu.

Ost dalam anime ini juga keren, saya yakin setelah kamu menonton anime ini kamu pasti mendownload lagu Ichiban no Takaramono dan Brave Song kan ? dan ini membuktikan anime ini juga memiliki original soundtrack yang juga terbaik.

Tapi, satu hal yang paling saya ingat dalam anime ini adalah bagaimana anime ini berakhir.

Anime ini berakhir dengan sangat menyentuh, dimana semuanya satu persatu mulai #*******# dan ini sangat menyentuh. 

Dan karena inilah saya memutuskan untuk memasukan anime Angel Beats! Kedalam list anime dengan ending terbaik ini.

Catatan : Bagi kamu yang tidak setuju angel beats memiliki ending yang bagus, coba kamu tonton lagi episode terakhir, ada sedikit tambahan setelah “credit”  dari anime ini (setelah lagu ending selesai).

#2. Clannad After Story


Well, anime ini saya nobatkan sebagai anime romance dengan jalan cerita yang terbaik, dan saya yakin kamu juga pasti setuju dengan ini.

Anime ini memiliki “impact” yang sangat besar, hal ini terbukti walaupun anime ini sudah tergolong lawas tapi tetap saja masih banyak orang yang ingat dengan anime ini.

Anime ini memiliki ending yang super mengharukan, banyak adegan emosional yang menguras air mata dalam puncak cerita ini, sejujurnya anime ini adalah anime yang memiliki ending yang susah untuk di tebak.

Dan yang terpenting, anime ini memiliki sebuah ending yang sangat memuaskan.

Saya tidak akan memberi tahu anime ini berakhir dengan sad ending ataupun happy ending, yang jelas anime ini memiliki ending yang sangat luar biasa. Dan sangat menguras air mata.

Dan inilah alasan saya memasukan Clannad after story kedalam list anime dengan ending terbaik ini…

#3. Plastic Memories


Banyak yang membandingkan ending anime Plastic Memories ini dengan Angel Beats! Tapi sejujurnya menurut saya plastic memories dan angel beats sedikit berbeda, anime ini memang tidak berakhir dengan happy ending.

Anime ini berakhir dengan adegan emosional dan juga penuh air mata, dimana kita harus menerima kenyataan.

Dan …

Banyak orang yang menangis dengan akhir cerita dari anime ini.

Karena memberikan “impact” yang sangat besar kepada semua penggemar anime yang menonton anime ini, maka saya putuskan untuk memasukannya kedalam list yang saya buat ini.

#4. Shigatsu wa Kimi no Uso


Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan anime yang tergolong baru ini juga merupakan salah satu anime yang cukup memiliki “impact” yang besar.

Saya sendiri tidak bisa move on dari anime ini dalam beberapa hari sejak anime ini berakhir dan menurut saya ending dari anime ini terasa sangat “menusuk”.

Walaupun “menusuk” menurut saya ending yang ada dalam anime ini sangat-sangat bagus dan saya merasa semua orang juga setuju dengan saya.

Banyak orang yang menganggap anime ini berakhir dengan bad ending, tapi menurut saya anime ini memiliki sad ending.

Dan menurut saya sad ending dari anime ini sangat cocok dengan alur cerita dari anime ini, dan karena sad ending yang mampu “menyihir” ini, saya merasa bahwa Shigatsu wa Kimi no Uso memiliki ending sangat baik.

#5. Zankyou no Terror


Saya pernah membahas tentang Zankyou no Terror, dan di artikel itu saya tidak membahas tentang ending dari anime ini, dan percaya sama saya anime ini memiliki ending yang sangat bagus.

Ending dari anime ini saya katakan bagus karena sangat dramatis, bagaimana tidak di akhir cerita, karakter utama dalam anime ini ****** dan ******.

Ini tentu saja sangat memiliki “impact” yang besar.

Selain itu, Zankyou no Terror juga berakhir dengan sangat jelas yang membuat anime ini tidak lagi memiliki pertanyaan untuk ditanyakan sehingga berakhir dengan memuaskan.

Dan “Harapan” dari karakter utama dalam anime ini juga ********

#6. Tokyo Ghoul (Season 1)


Mungkin kamu akan kebingungan kenapa anime ini masuk kedalam list ini, padahal banyak sekali orang yang tidak suka dengan ending dari anime ini.

Di akhir cerita di season satu, anime ini berakhir dengan cukup menegangkan dan diperlihatkan rambut Kaneki sudah berubah menjadi putih dan dia menjadi kuat.

Well, mungkin kamu tidak akan setuju dengan saya tapi menurut opini saya ending dari TG S1 yang menggantung membuat anime ini semakin menarik dan membuat penasaran.

Buktinya, sesaat setelah anime ini berakhir pasti kamu langsung bertanya seperti ini ke temen-temen kamu “Ehh, Tokyo Ghoul ada season duanya engga ?”

Dan karena ending dari anime ini juga cukup memiliki impact yang besar, saya masukan saja dalam list anime dengan ending yang tebaik ini.

#7. Steins:gate


Saya suka dengan anime yang memiliki banyak misteri dan tanda tanya, dan Steins:gate merupakan salah satu anime paling seru yang pernah saya tonton.

Dan menurut saya ending dari anime ini-lah yang membuat anime ini terus dikenang orang-orang.

Saya sangat suka ketika semua hal mulai terkait dan berhubungan dari anime ini. dan puncak cerita dari Steins:gare ini membuat saya terkagum-kagum.

Dan menurut saya anime ini wajib masuk list anime yang memiliki akhir cerita yang terbaik.

#8. Psycho Pass (Season 1)


Well, anime ini tidak terlalu terkenal, tapi menurut saya anime ini merupakan salah satu anime action terbaik yang pernah saya tonton dan sangat saya kagumi.

Dan salah satu bagian terbaik dari anime ini adalah endingnya, sama seperti steins:gate dan zankyou no terror, dalam ending dari anime ini, semuanya mulai terkait dan berhubungan. Seolah benang kusut yang mulai terurai.

Memang ada bagian yang tidak terlalu menyenangkan di akhir cerita dari anime ini, tapi secara garis besar anime ini memiliki ending yang sangat bagus.

Terutama pada perubahan dari Tsunemori Akane dan kebenaran tentang Sibyl sistem.

#9. Zetsuen no Tempest


Anime ini merupakan salah satu anime masterpiece dengan jalur cerita yang sangat sulit ditebak, dan tentu saja hal yang paling sulit ditebak dalam anime ini adalah akhir ceritanya.

Akhir cerita dari anime ini sangat-sangat mengejutkan, saat saya tahu siapa sebenarnya orang yang membunuh ******* anime ini membuat saya terkagum-kagum.

Selain itu anime ini memiliki happy ending yang memuaskan. Dan saya sangat menyukai ending dari anime ini.

#10. Ano Hi Mita Hana


Anime ini merupakan salah satu anime dengan ending yang paling emosional dan paling menguras air mata, dan sejujurnya satu-satunya bagian yang terbaik dalam anime ini  adalah endingnya.

Dari awal cerita anime ini berjalan alot, tapi saat mencapai akhir cerita anime ini berubah menjadi anime yang sangat emosional dan dramatis.

Dan tentu saja, saya yakin semuanya setuju bahwa ending dari anime ini adalah yang terbaik dari semua anime drama yang ada.

#11. Ano Natsu de Matteru


Anime ini adalah anime yang baru-baru ini saya tonton, dan sejujurnya saya sangat terpesona dengan kisah cinta dalam anime ini.

Anime ini memiliki ending cerita yang tidak akan kamu bayangkan dan menurut saya sangat tidak terduga dan luar biasa.

Oiah, saya juga tidak akan memberi tahu anime ini berakhir dengan happy ending atau sad ending, yang jelas kamu harus menonton episode terakhir full, tidak boleh di skipp dan harus kamu tonton sampai detik terakhir

Hint : Kisah cinta dalam anime ini bisa membahayakan seluruh jagat raya !!

Dan ending dari anime ini juga sangat bagus, sangat bagus, sangat bagus dan sangat bagus.

#12. Little Busters Refrain


Salah satu anime yang tidak terlalu populer di indonesia, namun memiliki alur cerita yang luar biasa dan juga memiliki ending yang tidak terduga.

Dalam anime ini banyak sekali masalah yang terjadi sampai-sampai saya merasa “hati saya sedang dipermainkan”

Dan semua hal yang menusuk hati saya berakhir dengan ending yang membahagiakan, menurut saya ending dari anime ini adalah obat. Jadi saya merasa harus memasukan anime ini kedalam daftar anime yang memiliki akhir cerita yang paling bagus.

#13. Robotics;notes


Salah satu anime yang juga tidak terlalu populer namun memiliki ending yang sangat besar “impact”nya dan tidak terbayangkan sama sekali.

Sama seperti Ano Natsu de Matteru anime ini memiliki ending yang sangat mengejutkan, anime ini sebenarnya hanya bergenre school dan slice of life.

Tapi terbayangkah kamu bahwa anime ini berakhir dengan pertarungan ******** *******.

Selain itu ending dari anime ini juga cukup memuaskan jadi saya masukan saja ke daftar ini.

#14. Ishuukan Friends


Ishuukan Friends
Anime ini juga merupakan anime yang sangat saya sukai dan juga masuk ke dalam daftar anime romance terbaik yang kamu bisa lihat di “popular post”.

Anime ini memiliki satu alur cerit, lurus tanpa ada filler ataupun cerita tambahan, semuanya tentang kisah romantis.

Anime ini memiliki ending yang cukup memuaskan, jika kamu menonton anime ini dari awal kamu akan merasa bahwa ending dari anime ini sangat melegakan.

Karena dalam anime ini sejujurnya ada adegan rebut-rebutan cewek dan beruntungnya endingnya sangat melegakan.

#15. Summer Wars


Anime ini merupakan salah satu anime movie terbaik yang juga tidak terlalu terkenal di indonesia, anime ini sebagaimana movie-movie anime lain hanya memiliki durasi kurang lebih dua jam.

Dan ending dari movie anime ini sangat-sangat seru loh, semuanya berakhir bahagia dan semuanya dalam kondisi baik.

Walaupun dunia sempat berada dalam bahaya, dunia selamat dan ending dari anime ini lumayan seru dan juga melegakan.

#16. (Kemungkinan) Kekkai Sensen


Kenapa saya bilang (kemungkinan) Kekkai Sensen ?
Karena saya tidak pernah tau ending dari anime ini.

Karena suatu hal episode terakhir dari anime ini tidak bisa dipublikasikan kepada orang selain di jepang (kalau tidak salah fansub tidak bisa membeli lisensi dari episode terakhir ini atau apalah itu)

Menurut saya ending dari anime ini bakalan seru dan sedikit dramatsis, mengingat di episode 11 ada sesuatu yang terjadi pada white.

Dan saya yakin anime ini akan berakhir dengan akhir yang bahagia, setelah pertarungan yang penuh dengan kekuatan super.

#17. Code Geass


Ok, saya pikir anime ini cukup terkenal dan sangat berkesan bagi fansnya dengan akhir yang "dramatis"

Epilog


Itulah bebera anime yang memiliki ending terbaik yang bisa saya sebutkan dan pernah (dan akan) saya tonton

Jadi.. apakah anime favorit kamu masuk kedalam list ini ? jika tidak, beritahu saya di form komentar apa animenya dan jika endingnya bagus saya akan memasukannya kedalam list ini.

Karena saya sadar, saya belum menonton semua anime yang pernah dibuat.