July 16, 2015

Fakta : Ternyata di Indonesia Anime Romance Jauh Lebih Populer Dibandingkan Anime Action

Akhir-akhir ini, di grup facebook yang saya buat, banyak sekali orang yang meminta rekomendasi anime, dan kebanyakan mencari anime yang bergenre romance kalau engga anime action.

Dan ini membuat saya berpikir untuk membuat sebuah analisis kecil-kecilan tentang mana genre yang lebih populer dari dua genre ini (romance atau action)

Sekalian, saya juga sedang menentukan arah blog ini, apakah akan lebih banyak membahas tentang anime romance, anime action, atau genre lainnya, seperti genre school atau genre comedy.

Dan karena beberapa  alasan inilah saya membuat artikel ini.

Artikel ini adalah artikel tentang perbandingan mana genre yang lebih populer di kalangan penggemar anime di indonesia.

Saya membutuhkan waktu satu minggu untuk mengumpulkan data ini, namun semuanya tidak sia-sia karena saya telah berhasil menemukan jawaban dari pertanyaan sederhana ini.

Simak Juga : 8+11 Anime Terbaik Winter 2016 Yang Rugi Kalau Tidak Kamu Tonton Dari Sekarang!

Bagaimana data ini didapat ?

Sebelum mulai ke data dan fakta tentang mana genre yang lebih populer antara romance dan action, saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaiamana data ini di peroleh.

Ada dua metode utama yang saya gunakan yaitu :
  1. Metode Angket
  2. Metode Analisis

#1. Metode Angket


Untuk metode angket, saya menggunakan fasilitas gratis dari Hotjar, yang sebenarnya dipakai beberapa blogger (termasuk saya) untuk mengumpulkan data.

Kalau kamu membaca, beberapa artikel populer di blog ini, saya yakin kamu akan disuguhkan pertanyaan seperti ini. 

Dari dua genre di bawah ini, mana yang lebih kamu sukapa genre yang lebih kamu suka ? seperti gambar di bawah ini.

Screenshot Angket Yuslogs
Dan hasil dari metode ini lumayan mewakili. 

Sudah ada total 466 orang yang menjawab pertanyaan ini dalam waktu satu minggu, dan saya pikir data ini cukup mewakili mana genre yang lebih disukai penggemar anime di indonesia.

Dan inilah hasilnya.

Data Statisik Yang Didapat dari Angket
Dari total 466 suara, 307 orang atau sekitar 65.9 % menjawab lebih menyukai anime romance kemudian 110 orang atau 23.6 % lebih menyukai anime action, dan sisanya 49 atau sekitar 10.5 % memilih lainnya.

Saya yakin kamu tidak terkejut dengan hal ini kan ??

#2. Metode Analisis


Untuk metode analisis, saya menggunakan tools yang biasa digunakan para blogger untuk mencari tema pembahasan, dan kali ini saya memanfaatkannya dengan tujuan yang lain, yaitu untuk mengetahui lebih populer mana anime romance atau action.

Tools yang saya gunakan bernama Google Keyword Planner.

Baca Juga : 197 Rekomendasi Anime Jepang Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Mati! (Seriusan)

Tools ini, menunjukan jumlah kasar orang yang mengetikan sebuah kata kunci tertentu di dalam kotak pencarian google.

Jadi sebenarnya data yang ada disini bukanlah data detil, melainkan data kasar yang mewakili.

Berikut ini datanya..

Total penelusuran bulanan "anime romance terbaik"
Total penelusuran bulanan "anime action terbaik"
Saya menggunakan kata kunci “anime romance terbaik” dan “anime action terbaik” sebagai bahan analisis data saya, dan bisa kamu lihat jumlahnya.

Kita bisa lihat pada gambar di atas, bahwa orang yang mengetikan kata kunci “anime romance terbaik” berjumlah 8100 orang (data kasar) perbulan, dan ternyata cukup banyak juga yang mencarinya.

Sedangkan pada kata kunci ”anime action terbaik” hanya 2400 Orang saja yang mengetikan kata kunci tersebut.

Kita bisa lihat perbedaannya. Jumlah orang yang mencari anime romance lebih banyak dibandingkan dengan jumlah orang yang mencari anime action, dan kalau kamu perhatikan (dan analisis) data yang saya dapatkan dari metode ini, cukup mendekati data yang saya dapatkan dari metode pertama.

Dan dengan ini, saya yakin bahwa anime romance itu lebih populer (dan lebih dicari) daripada anime action.

Dan karena data (yang tidak terlalu mengejutkan ini) saya mulai bertanya-tanya apa saja faktor yang membuat hal ini terjadi.

Dan inilah beberapa hasil pemikiran saya, tapi sebelum masuk ke poin pembahasannya, saya akan senang kalau kamu mau membaca artikel saya tentang "apa itu wibu"dan apakah saya termasuk dalam kategori tersebut atau bukan.

#1. Anime romance itu lebih realistis dibandingkan anime action


Anime romance menurut saya bisa lebih populer dibandingan anime action karena hal-hal yang terjadi dalam anime romance itu lebih realistis dan lebih dekat kepada penonton.

Contoh kecilnya, banyak sekali anime romance yang berlatar di sekolah, dan banyak juga penggemar anime yang juga sekarang dalam masa sekolah.

Biasanya, hal yang lebih dekat dengan penonton akan lebih mudah diterima (dan disukai) ketimbang sesuatu yang mungkin tidak akan pernah dialami siapapun di dunia ini.

Kemudian anime romance adalah tentang kisah cinta.

Saya yakin, seluruh manusia di bumi ini pernah (dan akan) merasakan yang namanya jatuh cinta, dan karena hal ini juga anime romance lebih dekat kepada penonton, karena kebanyakan penggemar anime sudah pernah merasakan hal yang namanya jatuh cinta.

Sehingga secara tidak sadar, orang akan lebih mudah mencerna kisah anime yang romantis.

Dan hal lainnya terkait jatuh cinta ini adalah, kebanyakan penggemar anime ingin kisah cinta mereka sama dengan yang ada di dalam anime, dan tayangan yang memunculkan “harapan” seperti itu  tentu saja lebih disukai

Hal ini disebut dengan “Ego Bait”

#2. Anime romance itu biasanya lebih nge-feel


Kita loncat ke unsur utama anime romance, yaitu tentang alur cerita, atau dengan lebih spesifik kita bisa sebut dengan kisah cinta.


Saya yakin (untuk sekarang) semua orang yang membaca artikel ini, pasti tahu salah satu atau kedua anime yang saya sebut di atas.

Kedua anime diatas mengisahkan tentang kisah cinta yang sangat penuh dengan rintangan dan halangan, dan sampai pada akhirnya menghasilkan sebuah cerita yang menyentuh.

Kebanyakan orang yang menonton dua anime di atas, biasanya akan menangis, dan sesuatu yang bisa memicu emosi itu biasanya lebih disukai (dan diingat)

Coba kita bandingkan dengan anime action.

Anime action memang biasanya dipenuhi dengan adegan-adegan keren yang membuat kita terkagum-kagum, tapi hanya sebatas ini saja.

Sangat jarang ada anime action yang bisa nge-feel dan menurut saya ini juga salah satu faktor kenapa anime romance lebih populer dari anime action.

#3. Anime romance lebih sulit dilupakan daripada anime action


Hal ini berkaitan dengan poin diatas dimana biasanya anime romance itu jauh lebih nge-feel dibandingkan dengan anime action.

Dan otomatis, anime romance itu lebih sulit dilupakan daripada anime action.

Dan sesuatu yang tidak mudah dilupakan biasanya adalah hal yang sangat emosional (entah itu yang baik atau yang buruk)

Dan emosi ini menurut saya memicu kita untuk ingin mengalami perasaan yang sama lagi ketika kita menonton anime romance.

Hal ini mungkin tidak kamu sadari, tapi secara logika (dalam alam bawah sadar) ini terjadi.

#4. Ada tambahan ??


Sampai saat ini, saya hanya dapat memikirkan tiga poin diatas saja, karena kamu tahu, saya adalah manusia biasa yang tidak mengetahui segalanya.

Tapi, mungkin kamu menyadari hal yang tidak saya sadari, jadi tidak ada salahnya kalau kamu memberitahukan apa hal yang tidak saya sadari itu di form komentar.

Simak Juga :

13 Anime Hebat Yang Terjamin Mirip Dengan Shingeki no Kyojin