August 3, 2015

Mari Mainkan Game Toradora! Portable, Visual Novel Yang Satu Ini Pasti Bikin Kamu Geregetan

Pernahkah kamu memainkan visual novel ?

Hmpppp Tidak familiar dengan kata visual novel kah ? 

Ok, mari kita refresh otak kamu dengan kata “Eroge”

Sudah ingat ? saya yakin kalau kamu seorang pecinta anime sejati (baca : otaku) pasti kamu tahu apa itu eroge.

Dan yang lebih penting, kamu tidak bisa mengaku sebagai otaku kalau kamu belum memainkan yang namanya eroge.

Eroge merupakan singkatan dari kata “Erotic Game” yang dalam bahasa indonesia berarti permainan erotis.

Saya yakin kamu pasti tahu hal ini kan ?

Simak Juga : 8+11 Anime Terbaik Winter 2016 Yang Rugi Kalau Tidak Kamu Tonton Dari Sekarang!

Tapi tahukah kamu, ternyata banyak lohh game eroge yang tidak memiliki unsur “ero”.

Dan kebetulan saat ini saya sedang memainkan game eroge yang tidak ada unsur ero-nya, game ini berjudul Toradora! Portable.

Game ini sebenarnya adalah game yang diluncurkan untuk PSP tapi karena sekarang adalah jaman yang modern, kini saya bisa memainkannya di tablet milik saya.

Toradora Portable!
Game ini diadaptasi dari serial anime Toradora!

Anime Toradora! Sendiri merupakan anime yang menurut saya sangat seru untuk di tonton dan merupakan salah satu anime favorit saya. Anime ini memiliki genre Romance, Drama, dan Comedy, tapi sebenenrnya anime ini memiliki unsur harem yang sangat baik yang membuat alur ceritanya makin menarik.

Bahkan saya masukan anime ini kedalam daftar anime terbaik yang bergenre romance dan list anime school terfavorit, selain itu ost dalam anime ini juga saya kategorikan dalam ost anime terbaik versi saya.

Tapi sejujurnya...

Saya agak kurang senang dengan ending dari anime ini.

Sekedar spoiler anime ini memiliki happy ending yang agak kurang memusakan karena happy ending dari anime ini hanya terlihat 20 detik saja, dan sejujurnya saya kurang puas dengan ending dari anime ini.

Dan keajaiban-pun muncul.

Ketika saya menemukan game ini, saya sangat senang dan tanpa pikir panjang langsung mendownload game ini walaupun ukurannya terbilang cukup besar.

Game ini saya download dengan harapan dapat melihat true ending dari kisah cinta Ryuuji Takasu dan Aisaka Taiga.

Sebagaiaman kita ketahui (saya ketahui)... Visual novel aka eroge biasanya punya rute cerita lebih dari satu.

Dan ini merupakan kabar baik untuk saya, karena saya menginginkan Toradora! Memiliki alur cerita yang sedikit berbeda.

Saat ini saya tengah mencoba untuk menyelesaikan rute Aisaka Taiga (yang asli) dan mencoba untuk tidak berakhir jadi budak dari Kawasihma Ami (baca : bad ending).

Game ini sangat menyenangkan untuk dimainkan, terutama jika kamu pernah menonton animenya, menurut saya serasa ada sensasi yang berbeda ketika memainkan game ini.

Jadi, karena ketertarikan saya yang berlebihan terhadap game ini, maka saya merekomendasikan kamu untuk mencoba game ini.

Tentu saja dengan beberapa alasan sebagai berikut.

---

(Warning : Kalau kamu belum menonton anime ini, saran saya tonton dulu, baru kamu boleh download game ini, dan sejujurnya kalau kamu belum nonton anime ini kamu akan bingung dengan tulisan saya dibawah)

#1. Kalau kamu sudah nonton animenya, kamu harus coba gamenya karena alur ceritanya sangat jauh berbeda


Kalau kamu sudah menonton anime Toradora! mungkin kamu akan ingat, bahwa di malam natal ada sesuatu  yang terjadi pada Ryuuji dan karena “sesuatu” ini ryuuji terkena demam dan jatuh sakit.

Kalau dalam anime, setelah ryuuji jatuh sakit beberapa hari kemudian dia sembuh dan meneruskan lagi drama romantis yang sedang dia alami.

Tapi dalam game ini berbeda.

Game ini dimulai ketika natal, ketika ryuuji jatuh sakit.

Dalam game ini Ryuuji harus dibawa ke rumah sakit karena demamnya  yang semakin parah dan membuat Ryuuji tidak sadrakan diri. Dan pada saat Ryuuji bangun di rumah sakit, game ini dimulai.

---

Di game ini Ryuuji Takasu mengalami amnesia, dokter bilang mungkin karena demam panas yang dialaminya.

Dan dari sini, ceritanya mulai berubah dari cerita aslinya yang berada dalam anime.

Atau lebih tepatnya ceritanya dimulai dari awal lagi.

Di game ini kamu harus mencari cara untuk mengembalikan ingatan Ryuuji dan disisi lain kamu juga harus memulai kembali kisah cinta yang telah dialami Ryuuji.

Di game ini, Ryuuji berakhir dengan siapa (pacaran atau menikah) adalah tergantung dengan pilihan kamu, saya pernah berakhir menjadi budak Kawashima Ami (ini bad ending), dan yang terakhir saya malah berakhir dengan pernikahan Ryuuji dan gurunya.

Selain itu di game ini kamu juga bisa melihat true ending yang tidak ada dalam anime antara Ryuuji dan Taiga, Ryuuji dan Kushieda atau Ryuuji dan Ami.

Semuanya tergantung pilihan kamu. (dan tergantung keberuntungan kamu)

#2. Banyak jebakan dalam game ini


Salah satu hal yang paling menyenagkan dalam memainkan visual novel adalah dengan mencapai happy ending (true ending).

Tapi hal ini tidak mudah.

Dalam game eroge ada yang disebut dengan “jebakan” dan kalau kamu masuk kedalam jebakan ini maka kamu akan dipastikan akan mendapatkan bad ending.

Tapi justru dengan adanya “jebakan” ini, visual novel jadi lebih menantang.

Di game Toradora! Portable ini, terdapat banyaaaaak sekali jebakan, dan sepengalaman saya memainkan visual novel (sejak beberapa tahun yang lalu), game ini yang paling banyak jebakannya.

Baca Juga : Anime NTR Yang Harus Kamu Tonton

Bagaimana tidak, mengobrol dengan burung peliharaan di rumah saja bisa membuat ceritanya berubah.

Ada beberapa bad ending yang pernah saya alami dalam memainkan game ini yaitu (1) Ryuuji berakhir menjadi budak Kawashima Ami (2) Ryuuji berakhir dengan gurunya (3) Ryuuji berakhir menjadi pasangan Homo dengan temannya yang bernama Kitamura (4) Jadi jones dan kerja di NASA Amerika dengan Kitamura (5) Menjadi “tiga serangkai” dengan Haruta dan Noto dan membuka sebuah restoran italia. 

Untuk saat ini baru lima bad endig saja yang saya alami, tapi saya yakin masih banyak bad ending dalam game ini yang artinya masih banyak jebakan yang tersembunyi dalam game ini.

Sekedar spoiler, game ini punya 21 rute, 3 normal ending, 3 true ending dan sisanya bad ending.

#3. Happy ending dalam game ini lebih memuaskan daripada happy ending dalam anime


Saya serius. Dalam anime Toradora! Ryuuji berakhir dengan Taiga, namun mereka harus berpisah selama setahun.

Di episode terakhir, happy ending hanya terjadi 20 detik saja, dan berakhir dengan tidak terlalu jelas.

Tapi di game ini, semuanya berakhir dengan jelas bahkan sangat jelas, kalau tidak percaya coba lihat gambar di bawah ini, sangat jelas bukan kalau ini (true) happy ending.

True Happy Ending (Aisaka Taiga)
Dan yang lebih hebat, di game ini Happy Endingnya tidak terjadi dengan hanya satu Heroine saja, tapi juga dengan Heroine lain (3 Heroine Utama : Aisaka Taiga, Kushieda Minori, Kawashima Ami)

Dan sejujurnya ini sangat menyenangkan.

Kamu bisa memilih mana waifu yang akan kamu jadikan pasangan sejati. Walapun menurut saya waifu yang ada dalam anime ini tidak terlalu cantik, tapi mereka semua punya kepribadian yang kuat dan punya daya tarik masing-masing.

#4. Ada game extranya


Ini menurut saya adalah kelebihan dari game ini (yang menurut saya tidak terlalu penting) namun tetap perlu dibahas.

Tidak seperti visual novel lainya, Toradora! Portable punya yang namanya Mini Games.

Jika bingung, kamu bisa lihat screenshotnya.

Mini Game Toradora Portable!
Sejujurnya, game mini ini cukup menyenangkan…

Ketika kamu sedikit bosan dengan game ini (karena banyak menemui “jebakan”) maka kamu bisa me-refresh otak kamu dengan mini games ini.

Epilog


Game ini adalah visual novel paling menyenangkan (untuk saat ini) yang pernah saya mainkan seumur hidup. Dan saya sangat menyukainya.

Jadi kalau kamu suka dengan animenya, maka kemungkinan kamu akan sangat suka dengan game ini dan Saya rekomendasikan kamu untuk kamu mendownload game Toradora! Portable ini.


Warning : 

Dari awal sebenarnya game ini ditujukan untuk PSP jadi kalau kamu mau memainkan game ini kamu harus download dulu emulator semacam PPSSPP. 

Saya selalu memiliki masalah menginstall PPSSPP ini di Windows 7, jadi saya memainkan game ini di tablet (android) dan berjalan sangat mulus.

Dan satu lagi, game ini berbahasa inggris jadi kalau kamu kurang mengerti dengan bahasa inggris mungkin kamu akan sangat kesulitan untuk memainkan game ini.

Tapi tenang saja, bahasa inggris dalam game ini cukup mudah kok dan seharusnya anak SMP juga mengerti (SMP internasional haha).

Dan kalau kamu cukup sering menonton anime jepang, audio yang ada dalam game ini juga cukup membantu karena audionya masih bahasa jepang dan menggunakan kosa kata yang sering kita dengar.

Ok, inilah akhir dari artikel pendek ini, saya yakin kalau kamu mengerti dengan tulisan saya ini kamu pasti akan langsung mendownload game Tordora! Portable ini.

Percaya sama saya, game ini menyenangkan dan kamu harus coba untuk memainkan game ini.

Ooops tapi bagi yang belum nonton animenya, kamu harus nonton dulu biar kamu lebih mengerti dan lebih mudah untuk memainkan game ini.