August 22, 2015

Inilah Anime Unik Yang Memiliki Latar dan Cerita Yang Sangat Menarik : Gosick

Bosen dengan anime jepang biasa yang berlatar di jepang jaman modern ?

Atau kamu baru sadar bahwa hampir kebanyakan anime itu berlatar di jepang jaman modern saat saya menanyakan pertanyaan di atas ?

Well, kenapa kamu tidak sekali-kali menonton anime yang latarnya di jaman pertengahan…. Tepatnya di eropa jaman pertengahan.

Dan kebetulan, saya akan membahas salah satu anime yang memiliki latar yang unik (di era antara perang dunia pertama dan perang dunia kedua), dengan cerita yang sangat seru dan karakter yang super jenius.

Anime ini berjudul Gosick.

Gosick
Dan seperti beberapa anime lain yang saya bahas dalam blog ini (yang kamu bisa lihat daftar isi) anime ini kurang populer di kalangan para penggemar anime di indonesia. (Mungkin karena anime ini sudah melewati jaman keemasannya)

Anime ini merupakan salah satu anime favorit saya (akhir-akhir ini) karena memiliki alur cerita yang lumayan susah ditebak  dan memiliki ending yang lumayan memiliki impact.

Anime ini bercerita tentang Kujou Kazuya yang pindah sekolah dari jepang ke sebuah kota fiksi yang berada di eropa.


Karena Kujou memiliki rambut dan mata yang berwarna hitam, entah kenapa dia disebut dengan panggilan Kuroi Shinigami (Dewa Kematian Hitaim) dan karena julukan ini, tidak ada orang yang mau berteman dengannya.

Sampai akhirnya dia pergi ke sebuah perpustakaan besar di sekolah barunya.

Dipuncak perpustakaan tersebut, Kujou bertemu dengan seorang gadis yang memiliki rambut pirang, kulit putih dan sangat  cantik. (mirip seperti boneka)

Gadis ini bernama Victorique, dia gadis yang sangat jenius, cantik, dan juga seorang Tsundere.

Dan pertemuan inilah, yang membuat Kujou dan Victorique saling terikat dan terhubung, bahkan angin kencang yang menggetarkan dunia-pun tidak bisa memisahkan hati mereka.

Victorique dan Kujo
Anime ini cocok untuk kamu tonton kalau kamu suka dengan anime yang bergenre mystery (dengan konsep detektif-detektifan) . Tapi walaupun anime ini bergenre mystery, alur cerita dari anime  ini sangat mudah untuk diikuti (bahkan kalau kamu adalah seorang anak kelas 4 SD).

Selain menonjolkan mystery, anime ini juga dibalut dengan unsur romance,  dan bagi para penggemar anime romance saya sangat merekomendasikan anime ini  (karena saya juga memasukan Goscik ke dalam daftar anime terbaik bergenre romance karena ceritanya yang sangat romantis)

Dan juga, kamu tidak usah khawatir anime ini anime yang “berat” untuk kamu tonton karena genre utamanya mystery dan romance.

Karena anime ini juga menyelipkan sedikit unsur comedy dan moe ke dalam anime ini sehingga tidak akan bikin kamu bosan.

Saya sangat merekomendasikan anime ini untuk kamu tonton, dan tentu saja saya memiliki alasan yang sangat kuat terkait hal ini.

#1. Alur cerita dari anime ini memiliki “ritme” dan menghanyutkan


Saat saya menonton episode pertama dari anime ini, saya sangat bosan. Bosan sekali.

Episode pertama dari anime ini terkesan terburu-buru dan tidak mengasyikan untuk di tonton.

Tapi pandangan saya ini berubah ketika masuk ke  episode dua, tiga, empat, lima dan seterusnya sampai episode terakhir.

Semua episode kecuali episode satu, dibuat dengan sanga bagus, sangat tertata, dan juga saling berkaitan antara satu episode dan episode lain (karena anime ini bergenre mystery)

Dan satu hal yang saya sadari saat melihat untaian episode dari Gosick ini adalah anime ini memiliki sesuatu yang disebut ritme.

Maksud saya seperti ini.

Di episode satu (atau di awal arc baru) biasanya diawali dengan yang namanya prolog. Pengenalan karakter, kondisi dan keadaan.

Kemudian masuk ke permulaan masalah, biasanya hal ini diawali dengan cerita Kujou yang mendapatkan suatu masalah yang berkaitan dengan sebuah kasus atau misteri.

Kemudian masuk ke puncak masalah, di tahap ini, biasanya Victorique juga terlibat, dan setelah itu baru Victorique memecahkan masalah / misteri yang sedang dia hadapi.

Kejadian ini terus berulang.

Tapi walaupun berulang, anehnya selalu ada sensasi yang berbeda di tiap arc dalam anime ini dan anehnya lagi selalu membuat kita menduga-duga akhir dari arc tersebut.


Pokoknya, anime ini lumayan menghanyutkan dan sanggup membuat saya lupa untuk tidur.

Baca Juga : Netorare Anime Itu Nyesek

#2. Mystery dari anime ini tidak terlalu berat tapi tetap berbobot


Selama saya menonton anime, ada tiga jenis anime mystery yang pernah saya tonton.
  1. Anime yang memiliki mystery yang berat yang membutuhkan otak untuk berpikir
  2. Anime yang memiliki mystery yang tidak berbobot
  3. Dan yang terakhir adalah mystery yang tidak terlalu berat tapi tidak berbobot
Dan Gosick masuk ke poin ketiga dalam kriteria saya.

Biasanya mystery dalam anime ini cukup susah untuk ditebak, tapi kita masih dapat menduga-duga akhirnya bagaimana.

Karena biasanya terdapat serpihan petunjuk yang tersebar di beberapa scene dalam anime ini, dan hal ini cukup menyenangkan loh.

Selain kita jadi memiliki sedikit bayangan tentang bagaiamanaVictrique memecahkan kasus ini  tapi tentu  saja dengan cara yang sama sekali tidak akan kita duga.

Singkatnya, mystery dari anime ini juga sangat mudah diikuti, tanpa kita perlu untuk berpikir keras.

#3.  Mystery memang unsur utama dalam anime ini, tapi ada unsur lain yang membuat anime ini lebih seru untuk di tonton


Unsur lain yang saya ingin jelaskan disini adalah unsur romance, sedikit comedy, sedikit harem yang lumayan bikin iri (walaupun perempuannya cuman dua sih)  dan unsur moe.

Tanpa unsur ini, saya yakin Gosick akan menjadi hambar walaupun ceritanya seru, karena kita tahu, bahwa anime yang berat itu biasanya agak membosankan, dan unsur yang lain dari anime ini berfungsi sebagai penyegar dan pemanis.

(Walaupun di akhir yang lebih dominan genre romance-nya sihhh)

#4. Latar dari anime ini engga mainstream


Seperti yang saya singgung di atas, anime ini berlatar di sebuah kota fiksi di eropa, kota ini bernama Saubure, (mungkin Roma kalau lihat peta dunia nyata)

Dan latar waktu dari anime ini juga lumayan unik, yaitu pada tahun 1924, yaitu waktu diantara perang dunia pertama berakhir dan perang dunia kedua  akandimulai.

Dan latar yang seperti ini, membuat mystery dan romancenya terasa berbeda.

Ini mungkin hanya perasaan saya saja, tapi menurut saya latar yang seperti ini membuat anime ini menjadi sempurna .


#5. Karakter yang menyenangkan untuk kita tonton


#A.  Victorique


Ekspresi wajah paling imut Victorique
Victorique adalah seorang gadis Tsnudere, dia memiliki tubuh yang agak kecil (Loli), dia juga memiliki rambut berwarna emas dan kulit yang putih.

Dia adalah anak yang selalu diam didalam kebun yang berada di atas perpustakaan yang memiliki bentuk seperti menara.

Dan karena hal ini, muncul mitos bahwa ada peri emas yang berada di puncak perpustakaan.

Vivtorique memiliki sifat yang egois dan selalu bersikap sombong,  suka memerintah dan keras kepala, tapi sebenarnya dia sangat ingin memiliki teman untuk menemaninya.

Dan harapannya ini terkabul, saat Kujou Kazuya datang ke perpustakaan.

#B. Kujou Kazuya


Kujo Kazuya
Yang paling saya ingat dari karakter Kujou ini adalah dia selalu berteriak  “Victorique …. Victorique” sambil terengah-engah dengan wajah yang sedikit memelas dan membawa beberapa makanan yang dia bawa untuk Victorique.

Dia memiliki sifat yang baik, tapi tidak ada orang yang mau dekat-dekat dengannya karena dia memiliki julukan Kuroi Shinigami.

Dan menurut saya sifat baiknya ini sebenranya cukup untuk membuat beberapa perempuan jatuh cinta kepadanya.

Kujou datang dari Jepang ke Saubure  karena mewakili jepang yang (dalam ceritanya) memiliki jasa saat perang dunia pertama.

Dan ternyata kedatangan Kujou ke Saubure ini mengubah jalan hidupnya, karena hanya di kota ini, dia bisa bertemu dengan Victorique.

#6. Rating dan Popularitas


Di Myanimelist.net anime ini memiliki rating diatas 8 yang membuat anime ini menjadi salah satu anime yang paling berkualitas untuk di tonton.

Tapi anehnya, jarang sekali orang yang membuat rekomendasi tentang anime Gosick dan akhirnya jarang ada orang yang menontonnya. (Padahal seru sekali loh)

Sehingga saya membuat artikel ini agar anime ini mulai banyak yang nonton lagi dan kembali jaya seperti pada jaman ke-emasannya.

Epilog


Gosick merupakan salah satu anime paling berkualitas yang pernah dibuat karena memiliki  alur  cerita yang berbobot dan ending yang memuaskan.

Selain itu anime ini juga cocok untuk kamu yang menyukai anime yang  unik  dan menarik.

Saya yakin kamu akan sangat menyukai anime ini.

Percaya sama saya, karena saya tidak mungkin merekomendasikan anime untuk kamu tonton kalau ceritanya ga seru…

Simak Juga :