August 16, 2015

Inilah Anime Musik Yang Katanya Mirip Dengan Shigatsu wa Kimi no Uso : Nodame Cantabile

Suka dengan anime yang bergenre musik ?

Kalau iya, kamu pasti akan sangat suka dengan anime Nodame Cantabile ini…

Kalaupun kamu tidak menyukai anime yang bergenre musik, saya yakin kamu juga pasti akan suka dengan anime ini.

Nodame Cantabile
Anime ini merupakan salah satu anime terbaik yang pernah saya tonton dan anime ini merupakan anime yang berhasil membuat saya terbawa oleh cerita yang seru dan selalu senyum senyum sendiri karena comedy-nya yang lucu.

Anime ini memiliki alur cerita yang tidak luar biasa, tapi anehnya anime ini sanggup membuat cerita yang (sebenarnya) biasa-biasa saja menjadi luar biasa.

Katanya anime ini mirip sama Shigatsu wa kimi no Uso, tapi menurut saya anime ini sama sekali tidak mirip dengan Shigatsu wa kimi no Uso. Memang… Anime ini memiliki genre musik dan anime ini juga melibatkan piano, tapi hanya karena itu saja tidak membuat kedua anime ini mirip.

Malahan, dari segi cerita anime ini jauh lebih menarik (dan engga nyesek).

Kita semua tahu bahwa anime Shigatsu wa Kimi no Uso lebih menonjolkan unsur romance-nya dan karena hal ini saya memasukan anime ini ke daftar anime romance terbaik, sedangkan Nodame Cantabile ini lebih mengedepankan genre musiknya.

Ok, mari kita mulai artikel ini dengan penjelasan alur cerita dari anime ini.

#1. Alur cerita dari anime ini sederhana, mudah dipahami, dan tentu saja menarik


Anime ini bercerita tentang seorang pemain musik jenius bernama Chiaki Dia merupakan seorang jenius musik (dia sangat jago bermain piano) dan memiliki cita-cita menjadi seoran konduktor orkestra namun dia memiliki sifat yang agak sombong.

Karena kesombongannya ini, musik miliknya tidak berkembang, bahkan dosen yang mengajarinya piano-pun tidak mau lagi mengajarinya karena sifat sombongnya ini.

Baca Juga : Daftar Anime Romance Comedy Terbaik

Chiaki juga memiliki phobia naik pesawat terbang dan juga kapal laut, dan ini menyebabkan dia tidak bisa pergi ke luar negeri sehingga dia tidak bisa mengembangkan musikinya ke level yang lebih tinggi lagi.

Sampai akhirnya dia berfikir untuk berhenti dari dunia musik.

Tapi hal ini tidak terjadi. Karena Chiaki bertemu dengan seorang gadis aneh yang bernama Nodame.

Nodame tinggal di sebelah apartemen Chiaki dan juga merupakan seorang mahasiswa yang mengambil jurusan Piano.

Nodame selalu berfikir positif, selalu ceria, dan dia juga tidak suka yang namanya bersih-bersih, sampai-sampai apartemen yang dia tinggali lebih mirip tempat pembuangan sampah akhir daripada kamar seorang gadis.

Tapi walaupun begitu Nodame sangat mahir bermain piano.

Walaupun saat bermain dia sama sekali tidak mengikuti partitur musiknya, namun tetap saja musik yang dia hasilkan sangat indah, sampai-sampai membuat hati Chiaki bergetar.

Saat mereka berdua bertemu, hidup Chiaki menjadi lebih berwarna dan lebih ceria, (walaupun kesehariannya berubah karena harus mengurus Nodame dan lebih sering marah-marah karena kelakuan yang dilakukan oleh Nodame).

Oiah, setelah Nodame bertemu dengan Chiaki, dia langsung jatuh cinta dengan Chiaki, setiap hari dia selalu menumpang makan di rumah Chiaki dan dia juga selalu bersikap seperti isteri Chiaki (walaupun karena sikap ini dia sering sekali dimarahi oleh Chiaki).

Cerita dari anime ini sangat panjaaaaang sekali, dan semua bagian cerita dari anime ini dibuat dengan tidak terburu-buru dan juga sangat rapih.

Saya yakin kamu pasti akan suka dengan cerita dari anime ini…

#2. Musik dari anime ini juga enak di dengar karena semuanya bertemakan klasik


Yang saya maksud musik dalam anime ini bukanlah ost. Melainkan beberapa lagu yang dibawakan oleh Chiaki dan Nodame dalam anime ini.

Ada beberapa lagu yang dibawakan dalam anime ini, seperti lagu milik Rachmaninof, Beethoven dan juga dari Brahms.

Dan semuanya merupakan lagu yang tidak pernah saya dengar sebelumnya (tapi membuat saya menyukai musik-musik klasik).

Adegan konser musik di anime ini biasanya berdurai 3 sampai 5 menit dan menurut saya ini lumayan panjang mengingat anime ini hanya memiliki durasi 20 menit’an saja.

Selain itu kolaborasi dan juga orkestra dalam anime ini benar-benar enak untuk dilihat dan juga didengar.

Tadinya saya ingin memasukan lagu-lagu ini kedalam daftar ost anime terbaik, tapi dikarenakan ost merupakan kependekan dari Original Soundtrack, jadi saya memutuskan untuk tidak memasukannya ke dalam daftar yang saya buat.

#3. Banyak yang bilang anime ini adalah anime romance dan mereka benar hanya saja kurang tepat


Seperti yang saya bilang di atas, anime ini terlalu banyak dibanding-bandingkan dengan Shigatsu wa Kimi no Uso hanya karena anime ini bergenre musik dan di foto cover myanimelist.net anime ini menunjukan dua orang yang sedang bermain biola dan piano.

Dan karena ini juga, banyak yang menggolongkan bahwa anime ini adalah anime romance, sedangkan menurut saya sebagian besar dari anime ini adalah comedy dan drama slice of life (dan di akhir baru romance).

Tapi walaupun begitu, romance dari anime ini (yang letaknya di akhir cerita) lumayan bikin greget.

#4. Rating dan Popularitas


Di Myanimelist.net anime ini memiliki skor rating 8.53, dan wow... ini adalah skor yang sangat besar.

Sedangkan untuk populartias, karena anime ini tergolong anime lawas maka untuk sekarang anime ini tidak terlalu terkenal (padahal dulu terkenal banget).

Di indonesia sendiri, sedikit sekali orang-orang yang tahu tentang anime ini dan kebanyakan orang yang tahu adalah pecinta anime yang sudah veteran.

Oleh karena itu, kamu harus nonton anime ini, biar kamu bisa kasih tahu ke orang lain bahwa anime ini ada dan biar para wibu newbie di indonesia tidak terjebak dalam anime harem dan echi saja.

Epilog


Anime ini merupakan anime yang sangat seru untuk kamu tonton, dan anime ini menurut saya bisa ditonton oleh semua penggemar anime indonesia karena anime ini sangat mudah diikuti ceritanya dan juga sangat mudah dinikmati.

Baca Juga : Anime Yang Bergenre NTR

Walaupun sebenarnya di tengah-tengah cerita anime ini menjadi sedikit membosankan, tapi saat mulai mendekati akhir anime ini mulai seru lagi.

Selain itu, untuk kamu orang yang suka dengan anime romance dan comedy kamu juga pasti akan suka dengan anime ini.

Sedangkan untuk comedy dari anime ini cukup untuk membuat saya senyum-senyum sendiri, walauapun tidak sampai se-ngakak saya saat menonton Gekkan Shojou Nozaki-kun tapi tetap saja comdy dari anime ini merupakan unsur pendukung yang paling dominan.
Baca rekomendasi selanjutnya!15 Anime Dengan Ending Terbaik Yang Pasti Akan Membuat Kamu Emosional dan Terkesima>