September 20, 2015

6 Fansub Yang Sering Saya Kunjungi di Summer 2015 (Yang Sangat Berjasa Bagi diri Saya Pribadi)

Fansub merupakan jenis website yang paling sering saya datangi selain Facebook dan blog saya sendiri.

Hal ini wajar, karena fansub merupakan bagian penting dalam hidup saya, fansub sangat berjasa untuk saya karena merekalah yang menerjemahkan anime.

Tanpa adanya fansub, saya pikir hidup saya akan terasa hampa.

Memang ada yang menganggap fansub itu sebagai pihak yang tidak baik karena berusaha mendapatkan keuntungan dari menerjemahkan anime (ini tindakan ilegal)

Apa  yang kamu pikirkan tentang fansub ?
Di artikel ini, saya tidak ingin memuji atau menjelek-jelekan fansub, di artikel ini saya hanya ingin menulis tentang beberapa fansub yang sering saya kunjungi untuk mendownload anime di summer 2015.

Oiah … Saya adalah tipe penggemar anime yang lebih suka download anime daripada streaming anime dan berikut ini daftarnya.

#1. Samehadaku


Saya pikir, semua penggemar anime pasti tahu fansub yang satu ini, fansub Samehadaku ini memang lumayan sudah terkenal di kalangan penggemar anime.

Khususnya penggemar anime Naruto.

Yapz, setelah saya perhatikan, konten utama dari website ini adalah anime Naruto, dan kebanyakan pengunjung dari website ini datang hanya untuk mendownload anime naruto.

Saya sendiri sudah tidak menonton/mendownload naruto untuk sekarang, tapi saya sering mengunjungi  Samehadaku untuk mendownload salah satu anime harem terbaik dan favorit saya di tahun 2015 yaitu Jitsu wa Watashi, walaupun anime ini seru tapi engga saya masukan ke daftar anime terbaik 2015 karena beberapa alasan…

Ada alasan lain kenapa saya sering mengunjungi fansub ini, yaitu karena kebetulan saya mengenal pemilik fansub tersebut (walaupun tidak pernah bertemu, tapi saya sering chat sama yang punya samehadaku di sebuah forum).

Untuk kualitas video dan subtitle, fansub ini tidak berubah dari dulu, fansub ini lebih mengutamakan kualitas daripada kecepatan update, (kadang telat update).

Tapi di sisi lain, terjemahan dari fansub ini lumayan bagus, bisa di mengerti. Walaupun ada beberapa anime yang diterjemahkan secara “apa adanya” tapi tetap saja fansub ini merupakan salah satu fansub yang paling berkualitas.

Selain itu fansub ini juga satu-satunya fansub yang memiliki format dan ukuran video yang lengkap, mulai dari MKV,MP4 HD, MP4 480p bahkan 3GP juga ada.

Salah satu ciri khas dari fansub ini adalah, fansub ini selalu menggunakan video hardsub.

Artinya, video dan subtitle dari anime ini menyatu dan tidak bisa dipisahkan.

#2. Oploverz


Kalau fansub yang ini biasanya dikunjungi para penggemar anime One Piece.

Saya juga sudah tidak lagi menonton One Piece, tapi setiap hari saya menyempatkan untuk mendatangi fansub ini.

Anime yang biasa saya download dari Oploverz (di summer 2015)  adalah salah anime yang mirip sword art online, yaitu Overlord  dan anime favorit saya Non Non Biyori, Gintama dan lain-lain.

Setahu saya, fansub ini merupakan fansub terbesar (untuk saat ini) di indonesia, karena beberapa hari ini saya perhatikan, jumlah kunjungan Oploverz sangaaaat banyak.

Bahkan kadang satu menit saja Oploverz mendapatkan lebih dari 800 pengunjung.

Untuk kecepatan update, Oploverz merupakan salah satu fansub yang paling cepat updatenya.

Walaupun cepat, Oploverz juga mengutamakan kualitas subtitle yang dihasilkan, dan saya sendiri sangat menyukai anime hasil terjemahan Oploverz.

Kalau kamu tidak percaya, coba download salah satu episode Gintama di Oploverz, dan saya yakin kamu akan mengerti apa yang saya maksud berkualitas.

#3. Tonansub


Fansub yang satu ini terbilang baru, dan semenjak fansub ini  baru di buat (waktu itu di Tonansub masih bisa streaming) saya sudah sering mengunjungi fansub ini.

Pertama kali saya mengunjungi fansub ini adalah ketika mencari anime Gekkan Shojou Noazaki-kun yang seharusnya sudah rilis tapi tidak saya temukan di fansub manapun.

Dan semenjak itu, saya sering sekali mengunjungi Tonansub.

Masa keemasan Tonansub, terjadi beberapa musim yang lalu, saat fansub ini mengerjakan hampir semua anime yang tayang pada saat itu (saat Fate/Stay night : UBW).

Walaupun jika dibandingkan sekarang, jumlah anime yang dikerjakannya jauh lebih sedikit (saat summer 2015), saya tetap sering mengunjungi fansub ini.

Sedangkan untuk kualitas video dan subtitle yang dihasilkan dari fansub ini terbilang cukup bagus.

Ukuran video yang dihasilkan fansub ini standar, tapi dulu fansub ini pernah mengeluarkan anime dengan format 480p Mini dengan ukuran yang cukup kecil namun kualitasnya bagus.

Sedangkan untuk kualitas subtitle, di awal fansub ini dibuat, ada beberapa subtitle yang bisa dibilang jelek, tapi saya perhatikan, lama kelamaan kualitas terjemahannya semakin bagus.

#4. Gantzid


Fansub ini saya bilang cukup keren karena admin-admin disana gokil-gokil, terutama si master of cangcut mereka keren sekali ^_^.

Berbeda dengan fansub-fansub di atas yang memberikan perhatian kepada kecepatan rilis, fansub ini sama sekali tidak mempedulikan hal  itu.

Bahkan ada beberapa anime yang di delay sampai dua hari.

Tapi untuk kualitas terjemahan, fansub ini adalah salah satu yang terbaik, saya tahu fansub ini merupakan salah satu fansub lama, tapi fansub ini jarang terlihat di Google.

Beberapa hal yang saya sukai dari fansub ini adalah minimnya iklan, dulu bahkan fansub ini sama sekali tidak ada iklannya.

Tapi sekarang, (mungkin untuk bayar host dan domain) fansub ini menggunakan iklan jenis Pop Ads (itu loh, iklan yang tiba-tiba muncul).

#5. Kentutneraka.org


Ada yang familiar dengan fansub ini ? fansub ini merupakan fansub yang sangat ikhlas dalam mengerjakan anime garapannya.

Karena di fansub ini, sama sekali tidak ada iklan atau short link yang biasanya dipakai para fansub untuk menghasilkan uang.

Fansub ini hampir tidak pernah muncul di google, tapi karena ada beberapa fanshare yang me-link ke fansub ini akhrinya saya tahu ada fansub yang namanya Kentutneraka (namanya gokil vroh).

Anime yang dikerjakan fansub ini juga tidak banyak, bahkan masuk ke kategori sedikit.

Setahu saya, maksimal dua anime yang dikerjakan dalam satu musim.

Untuk musim sekarang (saat artikel ini ditulis) anime ini hanya mengerjakan beberapa judul saja.

di Kentutneraka biasanya saya mendownloa Ore Monogatari (yang termasuk salah satu anime romance terbaik) dan Prison School.

Waktu rilis dari anime ini juga cukup lama, karena mungkin fansub ini tidak mengharapkan apapun dari hasil pekerjaannya.

#6. AWsub


Fansub ini  merupakan salah satu fansub yang lumayan sering saya kunjungi musim ini (bahkan beberapa musim yang lalu saya hanya mendownload anime dari fansub ini saja)

Fansub ini merupakan salah satu fansub yang paling rame pengunjungnya, fansub ini juga punya ribuan penggemar setia.

Tapi untuk musim ini (summer 2015) saya jarang mendownload di fansub ini karena lebih suka dengan beberapa fansub di atas.

Alasannya karena ukuran video yang ada di fansub ini (biasanya) lebih besar dari 5 fansub di atas, (kecuali Kentutneraka.org).

Epilog


Itulah beberapa fansub yang sering saya kunjungi akhir-akhir ini, walaupun memang menjadi fansub adalah hal ilegal, tanpa fansub dunia anime di indonesia kemungkinan akan mati.

Ada beberapa orang yang menganggap beberapa fansub yang saya sebutkan di atas sebagai fansub yang hanya mencari kenutungan semata.

Dan memang benar …

Tapi menurut saya, wajar jika fansub ingin menereima “imbalan” atas pekerjaan mereka.

Karena saya dulu juga seorang Translator (walaupun cuman pengganti  dan hanya menerjemahkan beberapa episode saja)

Jadi apa fansub yang paling sering kamu kunjungi musim ini ?? kasih tau saya, siapa tahu fansub yang kamu sebutkan belum saya ketahui.