September 27, 2015

Rute #3 Visual Novel Grisaia no Kaijitsu : Komine Sachi (Rute Ini Penuh Dengan Drama Yang “Mungkin” Akan Membuat Kamu Menangis)

Grisaia no Kajitsu ...

Merupakan salah satu anime yang paling saya suka, anime ini punya karakter utama  yang agak unik dibandingkan dengan anime lain.

Anime  ini bahkan saya masukan ke dalam daftar anime harem terbaik yang saya rekomendasikan (dan seharusnya juga saya masukan daftar anime school life terbaik).

Sebenarnya anime Grisaia no Kajitsu memiliki kelemahan (yang saya sadari), yaitu ada pada alur ceritanya yang agak terburu-buru.

Kamu mungkin akan menyadari ini, “seperti ada beberapa adegan yang di “skip” di tengah cerita”.

Dan sebenarnya memang ada adegan-adegan yang benar-benar di “skip”.

Grisaia no Kajitsu adalah anime yang diadaptasi dari visual novel yang juga memiliki judul “Grisaia no Kajitsu” dan visual novelnya sendiri sebenarnya masuk ke salah satu visual novel terbaik yang sudah dimainkan oleh puluhan ribu orang di seluruh dunia (semenjak 2010).

Hanya saja ketika di adaptasi menjadi anime, terlalu banyak adegan yang di skip, karena memang durasi animenya yang cuman 20 menitan dan cuman memiliki belasan episode.

Hasilnya anime ini jadi kurang menarik.

Tapi untuk sekarang, saya tidak akan membahas  tentang anime Grisaia no Kajitsu.

Yang saya akan bahas kali ini adalah visual novel  Grisaia no Kajitsu, visual novel ini memiliki alur cerita yang lebih lengkap daripada animenya dan saya sendiri sangat menyukai visual novel ini.

Saya juga setuju dengan ribuan orang lainnya dan berpendapat bahwa visual novel Grisaia no Kajitsu merupakan salah  satu visual novel terbaik yang pernah dibuat.

Girsaia no Kajitsu memiliki 10 rute, 5 rute happy ending, dan 5 rute bad ending, dan semua rute ini tergantung dari pilihan dan heroine yang kamu pilih.

Ada 5 heroine di game ini yaitu Irisu Makina, Suou Amane, Komine Sachi, Matsushima Michru  dan juga Sakaki Yumiko.

Dan untuk kali ini, yang akan saya bahas adalah rute #3 yaitu rute yang heroinenya Komine Sachi.

Komine Sachi
Dan tahukah kamu… ?

Saya yakin kamu akan menangis kalau kamu memainkan rute Komine Sachi ini.

Bagi kamu yang sebelumnya tidak tahu apa itu visual novel, bisa baca penjelasan di artikel yang berjudul “Apa itu visual novel” ini, atau bisa saja menonton video ini.

Cara Masuk  Ke Rute Komine Sachi


Untuk sekarang, hal pertama yang akan saya bahas adalah bagaimana caranya agar bisa masuk ke dalam rute Komine Sachi.

Pertama kamu perlu mendownload gamenya dan menginstallnya seperti visual novel biasanya, kamu bisa download visual novel ini di link yang saya berikan di sini.

Setelah terinstall mainkan game ini seperti biasa.

Game ini memiliki common story (cerita pembuka sebelum masuk rute salah satu heroine) yang lumayan panjang.

Ikuti saja alur ceritanya dan kamu akan mendapatkan beberapa pilihan yang akan membuat kamu menjalani sebuah rute yang  spesifik (maksudanya pilihan kamu akan menentukan siapa yang akan jadi heroine utama dari 5 karakter yang ada).

Ini beberapa  pilihan untuk sampai ke rute Komine Sachi

#1. Help Sachi

#2. Mr. Standoffish Man

#3. Help Sachi

(Sebenarnya 3 pilihan ini tidak menentukan, cuman pemanasan aja, dan 3 pilihan ini masih berada di common stroy "cerita pembukaan")

Jika kamu sudah melewati 3 pilihan di atas maka  kamu akan dihadapkan kepada pilihan yang menentukan kamu akan berakhir dengan siapa diantara 5 gadis tersebut (Makina, Amane, Sachi, Michiru atau Yumiko)

Jika kamu sampai pada pilihan selanjutnya yang seperti gambar di bawah ini,  maka pilihan yang harus kamu ambil adalah “Reject the money”.

Pilihan #1 Masuk Rute Komine Sachi
Kalau kamu  pilih “Accept the money”kamu akan masuk ke rutenya makina.

Dari sini kamu cuman perlu mengikuti alur certitanya saja dan kamu akan sampai pada pilihan selanjutnya yang akan kamu lihat seperti gambar di bawah ini.

Pilihan #2 Masuk Rute Komine Sachi
Kalau  kamu mau sampai ke rute Sachi maka jawaban yang harus kamu pilih adalah yang kedua yaitu “This is idiotic. Can’t let myself get caught up in her nonsense

Kalau kamu pilih pilihan yang satunya maka kamu akan masuk ke rute Amane.

Setelah ini, kamu perlu mengikuti alurnya lagi, sampai ke pilihan selenjutnya yang seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Pilihan #3 Masuk Rute Komine Sachi
Dan pilih “Praise Sachi”, kalau kamu pilih pilihan “Ask for an alternate penalty” maka kamu akan masuk ke rute Michiru atau Yumiko.

Dari sini kamu akan membuat Sachi sebagai pemeran utamanya, jadi jangan heran tokoh wanita yang lain jarang kelihatan.

Alur Cerita Dari Rute Komine Sachi


Untuk alur cerita dari rute #3 Komine Sachi, menurut saya memiliki alur cerita yang sangat dramatis dan romantis.

Andaikan rute ini dijadikan anime, pasti akan  saya masukan ke daftar anime romance terbaik.

Ttapi  karena ini visual novel  maka saya tidak bisa memasukannya kedalam list tersebut.

Ada dua unsur yang paling menonjol di rute ini, yaitu romance dan juga drama, inti ceritanya ada di unsur drama dan unsur romance disini adalah sebagai “alasan/motivasi” Yuuji untuk menyelamatkan Sachi.

Saya berani bilang unsur drama dalam  rute ini sangat mengoyak hati, saya yakin 70% orang yang memainkan rute ini pasti akan menangis dan 30% sisanya pasti akan berkaca-kaca.

Alur cerita dari Komine Sachi, berhubungan dengan “Teman masa kecil”, “Trauma”,“Perasaan bersalah” dan  juga “Keluarga”

Di visual novel ini juga dijelaskan dengan rinci, siapa itu Yuuji bagi Sachi, dan saya tidak tahu ini ada dalam animenya atau tidak.

Tapi Sachi dan Yuuji ternyata sudah berteman sejak kecil.

Sachi dan Yuuji

Kebenaran Tentang sachi


Kamu mungkin akan sadar, kalau Sachi itu tidak pernah berkata “tidak” pada setiap peemintaan yang ditujukan kepadanya.

(di anime memang hal ini tidak terlalu terlihat,  tapi dalam visual novel hal ini terlihat jelas)

Contohnya saat Makina meminta Sachi untuk membelikannya “susu yang paling enak” sachi berniat pergi ke Hokkaido untuk membeli susu tersebut.

Aneh banget kan ? dan alasan kenapa hal ini bisa terjadi adalah berkaitan dengan masa lalu dan trauma yang dialami Sachi.

Ada sebuah rahasia besar dibalik sikap Sachi yang selalu berkata “Iya “.

Dan seperti yang saya bilang di atas, sesuatu yang menyebabkan hal ini adalah “Trauma” ,“Perasaan Bersalah” dan juga “Gadis baik atau gadis nakal”

Kalau kamu ingin tahu kebenaran dan cerita masa lalu Sachi (versi lengkap) maka saya sangat menyarankan kamu untuk memainkan visual novelnya.

Karena banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak terbayangkan yang terjadi pada sachi yang tidak diperlihatkan dalam animenya.

Bahkan pilihan terakhir  yang saya mainkan dalam game ini adalah pilihan yang membuat saya frustasi.

Sekedar spoiler ini pilihan terakhir yang harus dipilih sebelum alur ceritanya berubah jadi happy ending atau bad ending.

“I have to kill myself” atau “I have to kill my mom”

Pilihan Terakhir Rute #3 Komine Sachi
Kalau secara logika, kedua pilihan ini benar-benar tidak akan menuntun sachi ke happy ending, tapi sachi harus memilih.

Dan hal ini tergantung kamu sebagai orang yang memainkan game ini.

Peran Yuuji dalam Hidup Sachi


Kazami  Yuuji adalah pemeran  utama dalam visual novel ini, dan ketika kamu memilih untuk masuk ke rute sachi maka kamu memutuskan agar Yuuji untuk menyelamatkan Sachi dari trauma yang dialaminya.

Yuuji merupakan orang paling penting dari rute ini.

Tanpa Yuuji, Sachi akan terus berada dalam kutukan “Gadis Baik” dan akan menghabiskan sisa hidupnya dalam jurang penyesalan.

Ada banyak hal luar biasa yang dilakukan oleh Yuuji salah satunya seperti bisa kamu lihat di gambar di bawah ini (mengandung spoiler)

Mihama Academy #1
Mungkin kamu akan bingung, gambar apa yang saya tunujukan di atas, di bawah ini adalah gambar sebelum kejadian di atas terjadi.

Mihama Academy #2
Yuuji bahkan melakukan hal gila seperti ini untuk menyelamatkan sachi..

Selain itu, Yuuji juga merupakan kunci utama agar sachi bisa meraih kebahagiaan, mengetahui  kebenaran, dan melupakan masa lalu.

Kamu pasti akan menangis


Saat kamu sampai ke klimaks cerita dari rute Komine Sachi (tepat setelah plihan terakhir yang paling sulit di pilih).

Saya yakin kamu akan menangis.

Ending dari rute ini sangat menyentuh.

Ketika Sachi akhirnya tahu kebenaran tentang perasaan ayah dan ibunya.

Ketika Sachi tahu terusan dari kata-kata terakhir yang ibunya ucapkan.

Ketika Sachi tahu bahwa dia tidak seharusnya tenggelam dalam perasaan bersalah.

Saya yakin kamu (atau setidaknya saya) akan terbawa oleh alur cerita yang sangat mengharukan.

Selain itu, setelah Sachi tahu kebenarannya, Sachi bisa hidup bahagia dengan senyum lebar di wajahnya.

Selain itu, sesaat setelah semuanya selesai … Yuuji melamar Sachi untuk menikah…

Sachi Happy Ending
(Salah satu happy ending yang paling memuaskan yang pernah saya tonton), (sungguh momen bahagia)

Epilog.


Sebelumnya saya minta maaf karena memberikan spoiler, tapi  saya yakin walaupun saya beritahu beberapa spoiler di atas, tidak akan pernah bisa mengurangi feel yang ada pada ending di rute Komine Sachi.

Jadi, kalau kamu memang suka dengan Grisaia no Kajitsu, kamu harus cobain visual novelnya, karena alur ceritanya yang lebih lengkap, dan feel nya lebig ngena.

Saat ini, (saat artikel ini selesai di tulis) saya sedang berusaha untuk menyelesaikan rute Michiru (Heroine terbaik yang ada pada anime dan visual novel Grisaia no Kajitsu).

Sebenarnya saya juga telah menulis alur cerita dari rute Komine sachi ini, tapi karena artikel yang saya buat itu berisi 90% spoiler, makanya saya ubah artikel tersebut menjadi artikel singkat yang kamu baca sekarang ini.

(awalnya artikel yang saya buat berisi 4000 kata dan berjumlah 9 halam di MS.Word, tapi sekarang saya persingkat menjadi 1000 kata saja)

Tambahan : Ada 4 H-Scence dalam rute sachi (H-Scence = Hentai Scence) dan kamu tidak bisa melanjutkan ceritanya kalau tidak melewati bagian ini.