October 6, 2015

Anime VS Live Action ... Mana Yang Lebih Kamu Suka ??

Beberapa hari yang lalu saya bertanya di sebuah grup anime yang cukup besar dan berisi orang-orang yang serius menanggapi pertanyaan (bukan bocah) dan bertanya pada mereka mana yang lebih baik.

Anime atau Live Action.

Dan artikel ini saya tulis berdasarkan pernyataan yang mereka buat.

Sebelum masuk ke jawaban mereka tentang pertanyaan ini, saya akan utarakan dulu opini saya tentang mana yang lebih baik, Anime atau Live Action.

Tapi sebelumnya ada baiknya kamu baca artikel saya tentang apa itu wibu dan arti sebenarnya (menurut saya)

Dan jawaban saya adalah (tentu saja) Anime.

Fanart dari Harry Potter (tidak pernah ada "anime" yang diadaptasi dari Harry Potter)
Saya sudah  menonton banyak anime, dan juga sudah menonton beberapa live action dan menurut saya “feel” yang saya rasakan lebih ngena dari anime daripada live action.

Contohnya seperti anime Danshi koukousei no Nichijo, anime ini merupakan salah satu anime komedi yang bikin saya ketawa terbahak-bahak.

Tapi saat saya nonton Live Actionnya, “feel” (komedinya) kurang dapet, memang ada beberapa bagian yang ga kalah lucunya, tapi tetap saja saya merasa ada yang kurang.

Tentu saja hal ini bisa terjadi, mengingat anime adalah karya yang “tidak mengenal batas” maksudnya, selama si pengarang cerita mampu menggambarkannya lewat “gambar”, hal semustahil apapun bisa terjadi.

Kiamat, kehancuran planet,  mahluk rasksasa super kuat dan hal lainnya bisa dibuat dengan mudah, sedangkan dalam live action hal ini sangat susah untuk dibuat (walaupun memang mungkin bisa dibuat). 

Karena itulah anime lebih baik.

Selain itu kebanyakan Live Action yang diadaptasi dari anime memiliki adegan yang di “skip” atau dikurangi, hal ini tentu saja karena durasi live action yang lebih pendek.

Biasanya adegan yang di “skip”  ini diganti dengan beberapa adegan baru yang membuat alur ceritanya lebih “sederhana”, dan adegan ini biasanya adalah adegan “penghubung”.

Dan salah satu hal penting lainnya yang membuat anime itu lebih baik dari live acton (menurut saya) adalah penjiwaan karakter.

Dalam anime si karakter akan terlihat sangat luar biasa karena “karakter yang dibawakan dalam anime” terkesan lebih natural.

Berbeda dengan aktor yang memerankan peran tertentu, dia harus menjiwai karakter tersebut dan kadang akting tersebut terkesan tidak natural.

Tentu saja ini adalah menurut pandangan saya pribadi, dan di artikel ini saya sudah mengutip beberapa pandangan orang yang memberikan jawaban di pertanyaan saya di salah satu grup anime paling besar di dunia.

#1. Jawaban Dari Seseorang Yang Bernama : D*n'* J**g*e *e (TOTS) (AFTP)

Saya lebih suka anime daripada live action karena  anime itu kelihatan lebih  baik … maksud saya, kadang ada beberapa live action “yang sangat jelek” tapi ketika live action tersebut dijadikan anime … booom …. Animenya jadi keren.

#2. Jawaban Dari Seseorang Yang Bernama : 5*C*l*b*rC*ts

Live Action tidak bisa menghasilkan “kegilaan” yang ada dalam anime, maksudnya … dalam kehidupan nyata seseorang yang  “grepe-grepe” oppai itu tidak akan menjadi seorang “harem king” hal ini bisa saja terjadi pada anime harem tapi tidak bisa terjadi, bisa  saja orang tersebut masuk penjara. Dengan kata lain, anime selalu memberikan saya cerita yang lebih baik dan menarik daripada Live Action. 

#3. Jawaban Dari Seseorang Yang Bernama : C***s

Hmmpt, sebenernya membandingkan anime dengan live action itu engga “fair”, kedua hal ini benar-benar berbeda.
Anime mampu membuat hal yang  mustahil menjadi mungkin dan Live Action memiliki banyak keterbatasan (bahkan jika menggunakan special efek yang canggih), dan tentu saja anime menang dalam hal ini.
Live action itu (buat saya) lebih realistis dibandingkan dnengan anime, karena karakternya adalah “manusia”.
Sebenaranya saya menonton anime dan juga live action, anime punya kemungkinan membuat cerita yang “luar biasa” dan “tidak pernah ada sebelumnya”,  tapi live action bisa memberikan  kesan “lebih realistis”, dan hal ini jarang saya temukan dalam sebuah anime.

#4. Jawaban Dari Seoarang Bernama : B*a*Bo*e**1 yang menjawab pernyataan dari orang yang bernama C***s (Pemberi Jawaban #3).

Saya suka dengan sudut pandang kamu dan berpikir hal yang sama tentang “keterbatasan pada live action”. Tapi tidak semua anime memiliki konsep cerita yang penuh “kegilaan” dan hal luar biasa lainnya, banyak juga anime sederahana seperti Toradora, Love Live School dan yang lain-lain seperti kebanyakan anime yang bergenre romance atau anime yang bergenre school. Mereka juga terlihat sangat realistis.

#5.  Jawaban dari seseorang yang bernama : F*l*s**r

Saya setuju dengan pernyataan “C***s” di atas, hanya karena Live Action dan Anime itu “sering berdampingan” dua hal ini sangat berbeda, dua hal ini memang “tontonan dan hiburan” tapi membuat dua hal ini berada di  kategori yang sama “bahkan sampai dibandingkan” adalah hal yang salah. Dua hal ini tidak bisa dibandingkan.
Tapi jika kamu bertanya “mana yang lebih saya sukai” tentu saja saya lebih menyukai anime, meskipun demikian saya juga sangat menyukai live action.
Tapi  jika ditanya mana yang lebih sering saya tonton, jawabannya adalah Live Action.
Durasi yang saya habiskan untuk menonton live action lebih sedikit daripada menonton anime, dan inilah salah satu kelebihan dari live action.

#6. Jawaban dari seseorang yang bernama : I*tr*g**d

Cara pandang saya adalah seperti ini, “sesuatu terlihat lebih baik jika itu adalah hal yang original”. Saya merasakan hal yang aneh ketika menonton Live Action Shingeki no Kyojin dan berpikir lebih suka dengan animenya.

Itu beberapa tanggapan orang yang menjawab pertanyaan saya, sebenaranya disukusinya semakin menarik karena banyak orang yang bales-balesan di pernyataan si “C***s” dan si “F*l*s**r” (saya juga ikutan) tapi tidak akan saya kutip karena khawatir saya kena bully.

Lupakan tentang mereka semua dan apa tanggapan kamu ?

Lebih baik mana live action atau anime ?

Disclaimer :


Pernyataan di atas sudah sedikit saya edit dan saya sesuaikan gaya bahasanya agar terlihat/terdengar lebih formal dan sopan.

Saya juga menyamarkan nama dari orang-orang yang membuat pernyataan di atas demi privasi orang tersebut.

Sedangkan jika kamu bertanya di grup mana saya bertanya, jawabannya di grup luar negeri yang ngomongnya pake bahasa alien, bercanda ... gabungan antara inggris dan negara-negara Amerika latin...