October 4, 2015

Rute #4 Visual Novel Grisaia no Kaijitsu : Matsushima Michiru (Heroine Terbaik di VN ini)

Saat saya pertama kali memainkan visual novel Grisaia no Kajitsu (salah satu anime harem terbaik dan school life terbaik), ada seorang gadis yang dari awal sudah menarik perhatian saya.

Gadis ini memiliki rambut pirang dan selalu menjadi sasaran bully Yuuji dan gadis lainnya di Mihama Academy.

Gadis ini berisik, selalu bertingkah bodoh dan selalu mengatakan kata-kata bodoh dan aneh untuk mewakili perasaanya, kata-kata aneh yang dia ucapkan mengingatkan saya kepada Nodame dari anime Nodame Cantabile.

Seperti kata “Uguguguh”, “kiiiiii” atau yang lainnya.

Gadis luar biasa ini bernama Matsushima Michiru.

Adegan saat Yuuji dan Michiru maen pacar-pacaran, mereka janjian jam 1 siang, tapi michiru udah nunggu di situ dari jam 10 pagi saking semangatnya mau (pura-pura) nge-date. Imut banget ^_^
Di common story (cerita pembuka / sebelum masuk rute salah satu heroine) Michiru adalah orang yang selalu bisa membuat orang disekitarnya tersenyum karena kebodohannya.

Memang tidak sopan saya mengatakan hal ini, tapi “kebodohannya” membuat orang-orang disekitanya merasa nyaman berada di sekitar Michiru.

Dia memiliki karakter enerjik, dan entah kenapa berusaha menjadi seorang tsundere (padahal dia bukan tsundere)

Michiru juga merupakan sasaran bully dari Yuuji dan juga gadis-gadis di Mihama Academy, walaupun di bully, Michiru adalah bagian penting dari Yuuji dan Mihama Academy.


Cara masuk ke rute Matsushima Michiru.


Untuk masuk ke rute Michiru, caranya sama seperti masuk ke rute Komine Sachi, bedanya jika untuk masuk ke rute Sachi kita harus memilih “Praise Sachi” maka jika ingin masuk ke rute Michiru maka jawabannya adalah “Ask for an alternate penalty”.

Dari sini kamu hanya tinggal ikuti ceritanya sampai kamu sampai  ke pilihan yang seperti terlihat di gambar di bawah.

Pilihan yang menentukan rute michiru, jawabannya adalah "I want to ask you something" dan tidak lama kemudian mereka akan berciuman.
Jawaban untuk masuk ke rutem Michiru adalah “I want to ask you something.” Kalau kamu pilih yang satunya kamu akan masuk ke rute Yumiko.

Alur Cerita rute Matsushima Michiru

Kalau kamu sebelumnya sudah baca tentang alur cerita dari rute Komine Sachi, saya bilang di artikel tersebut banyak hal yang luar biasa  yang terjadi di rute tersebut.

Seperti, pilihan antara membunuh ibu Sachi atau membunuh Sachi, atau kejadian dimana Yuuji meledakan sekolah untuk mengobati trauma Sachi.

Hal-hal seperti itu "tidak akan kamu temukan" di rute Michiru.

Karena rute Michiru itu lebih mengarah ke genre drama yang dibalut dengan supernatural dan juga romance dan sedikit komedi (di awal rute).

Di rute ini, kamu akan mengetahui semua hal tentang Michiru, mulai dari alasan kenapa dia selalu bersikap bodoh, memaksakan diri untuk jadi tsundere, bahkan juga tentang “gadis lain” yang berada di dalam Michiru.

Sebenaranya ada kesamaan alur cerita antara rute Michiru dengan rute Sachi, yaitu keduanya berkaitan dengan masa lalu dan trauma.

Hanya saja jika Sachi tentang keluarga - Michiru tentang sahabat

Di beberapa adegan di common story (cerita sebelum masuk ke sebuah rute) dan juga adegan di awal rute Michiru ada adegan dimana tiba-tiba dada Michiru sakit ketika mendengar kata “sahabat”.

Di rute ini kamu juga akan tahu “penyakit” apa yang sebenarnya Michiru rasakan.

Terus terang, memang alur cerita Michiru tidak punya impact sebesar rute Sachi, tapi rute ini memiliki “kerumitan” tersendiri. 

Di mana alur ceritanya tidak to the point. 

Selain itu, rute ini merupakan salah satu alur cerita yang paling banyak komedinya.

Untuk urusan drama, alur cerita rute Michiru memang tidak terlalu menyentuh, namun untuk bagian “happy ending” rute ini tidak kalah bahagianya daripada rute Komine Sachi.

Endingnya sangat memuaskan sampai-sampai saya berpikir terusan dari rute Michiru ini tidak perlu ada.

Kebenaran Tentang Michiru

Dalam visual novel ini, di setiap rute pasti ada bagian dimana kita bisa melihat dari sudut pandang heroine.

Biasanya ini terjadi  saat sang heroine terlibat dalam sebuah masalah yang “memicu” trauma di masa lalu.

Nahh di bagian ini kita akan  mengetahui apa yang sebenaranya terjadi di masa lalu heroine tersebut.

Kita  akan masuk ke adegan dimana kita melihat sebagai heroine  tersebut,  maksudnya kita akan melihat dari sudut pandang heroine tersebut dan melihat masa lalunya.

Singkatnya, ada adegan flashback, dan di adegan flashback  tersebut kita akan melihat masa lalu Michiru.

Di rute Michiru, kamu akan tahu beberapa hal yang  mungkin tidak akan kamu ketahui lewat anime Grisaia no Kajitsu  (dan hanya ada di visual novelnya saja).

Kamu akan tahu, bahwa Michiru memiliki masa lalu yang agak suram, dan juga kamu akan tahu alasan kenapa  Michiru menjadi seoang fake tsundere.

Selain itu  kamu juga akan mengetahui bahwa Michiru memiliki sebuah “penyakit” dimana penyakit ini mengubah Michiru menjadi gadis yang satunya.

Pokoknya banyak masa lalu Michiru yang terungkap, dan semuanya terbongkar sampai tidak ada satupun hal yang mengganggu pikiran kita.

Dua gadis dalam satu tubuh.

Kamu mungkin  akan menyaradari ini, tapi seperti  yang  terlihat dari animenya, di dalam tubuh Michiru ada dua orang gadis.

(Satu) Michiru yang enerjik yang selalu bersikap  bodoh, (Dua) seorang gadis yang memiliki sifat kalem dan selalu  berbicara hal yang rumit.

Kamu akan tahu kebenaran tentang gadis “yang satunya” ini di masa lalu Michiru di salah satu adegan di visual novel tersebut.

Dan juga kamu akan mengatahui bagaiamana  “gadis yang satunya” bisa ada di dalam tubuh Michiru.

Hint :  Sesuatu tentang penyakit dan transplantasi jantung.

Peran Yuuji dalam rute ini. 


Dalam rute komine Sachi, Yuuji punya peran sebagai “kunci” untuk menyembuhkan trauma Sachi dengan mengatur rencana untuk menyembuhkan Sachi secara detil.

Di rute ini Yuuji juga berperan sebagai “kunci”  untuk menyembuhkan trauma mihciru, hanya saja di rute ini Yuuji tidak melakukan banyak hal.

Satu-satunya hal  (besar) yang dilakukan Yuuji (yang membuat Michiru “sembuh”) adalah membuat Michiru jatuh cinta dan mengubur Michciru.

Mengubur Michiru secara harfiah. (Yuuji memasukan Michiru ke dalam kotak, menggali lubang, dan memasukan kotak yang berisi Michiru ke lubang tersebut dan menutupnya dengan tanah).

Ini tindakana gila.

Tapi tindakan ini tidak menyelamatkan Michiru,  Michiru selamat  dengan kekuatannya sendiri, dan Yuuji (dan tindakan gilanya itu) hanya memberikan kesempatan kepada Michiru untuk lepas dari masalah yang mengikatnya.

Dan tindakan gila ini berada pada klimaks cerita di rute ini.

Ini  adalah adegan puncak yang menentukan  Michiru  hidup (bahagia) atau mati.

Setelah hal (gila) ini selesai, jika Michiru membuat keputusan yang benar  maka dia akan menjalani hidup yang bahagia.

Baca Juga : Anime NTR Yang Nyesek

Oiah di rute ini,  Yuuji menjadi jadi pacar Michiru pas sudah sampai di ending, dan di rute ini Yuuji berpacaran dengan dua orang gadis sekaligus.

Dan bagian terbaik pada rute ini.


Bagian terbaik dari rute ini tentu saja sama seperti rute lainnya, yaitu bagian ending (lebih spesifiknya happy ending).

Dalam ending ini, semua masalah terjawab dan terpecahkan, mulai dari trauma Michiru sampai dengan masalah gadis yang satunya.

Endingnya sangat memuaskan.

Dalam  ending ini terlihat jelas bagaiamana  kebahagaiaan Michiru  dan Yuuji (dan gadis satunya), mereka menjadi kekasih yang penuh kebahagiaan.

Oiah, sebelum masuk happy ending, (kalau kamu memainkan game  ini) ada dua pilihan yang menentukan alur cerita.

Jika kamu memilih pilihan yang tepat (rute happy ending) maka hal yang akan terjadi seperti yang tertuang dalam artikel ini.

Tapi  jika kamu memilih pilihan yang salah kamu akan masuk rute yang – bad ending.

Makanya, maenin Visual Novel Grisaia no Kajitsu…