November 9, 2015

20 Anime Sport Terbaik, Ter-epic, Terseru Yang Harus Kamu Tonton!

Saya sangat suka dengan anime sport.

Anime sport biasanya adalah anime jepang super seru yang mengajarkan kita untuk bekerja keras dan solidaritas antar tim.

Anime-anime genre sport biasanya menginspirasi.

Sebagai contoh, setelah saya nonton Kuroko no Basuke saya merasa pengen coba maen basket, atau setelah nonton Haikyuu! Saya pengen nyoba maen voli

(well … walaupun engga saya lakukan sihhh ^_^)

Selain memang karena ceritanya seru, biasanya anime sport juga selalu memiliki unsur komedi, jadi anime sport sama sekali engga bikin bosan.

Saya harap … setelah ini kamu mau menonton anime yang bergenre sport dan semoga setelah menonton salah satu dari anime ini, kamu mulai mau “menggerakan badan” setelah sekian lama hanya menonton anime di kamar saja.

Dan berikut ini adalah beberapa anime sport yang saya susun yang mudah-mudahan bisa menginspirasi kamu.

#1. Kuroko No Basuke


Season 3 dari anime  ini baru selesai beberapa musim yang lalu dan saya yakin tidak akan ada orang yang protes kalau Kuroko no Basuke saya masukan ke dalam daftar anime sport terbaik ini.

Anime ini adalah anime yang membuat saya suka dengan genre sport, anime ini juga merupakan anime sport pertama yang saya tonton.

Awal cerita dari anime ini sebenarnya mainstream, yaitu tentang sebuah tim yang “tidak terlalu bagus dalam bermain”, kemudian ada anggota (2 orang) yang bergabung, dan karena dua orang  ini, tim ini jadi makin kuat dan membangkitkan kekuatan tim yang terpendam.

Baca Juga : 47 Anime Romance Terbaik Yang Mungkin Salah Satunya Belum Kamu Tonton

Anime ini bercerita tentang olah raga bola basket, awalnya (mungkin) anime ini tidak bisa lepas dari anime Slam Dunk yang katanya anime basket terbaik (kadang dibandingin) … tapi lama lama anime ini malah menjadi lebih terkenal dari Slam Dunk

Oiah … dari segi grafis, menurut saya anime ini yang paling unggul dari semua anime sport yang ada di daftar ini karena memang anime ini yang paling baru.

… Yang bikin anime ini keren adalah karena banyak karakter yang overpower  di dalamnya (walaupun semuanya di libas oleh tim karakter utama).

(siapa yang ga kenal sama Kiseki no Sedai ?)

#2. Haikyuu!


Anime ini nih merupakan salah satu anime sports yang baru mulai tayang (season duanya) saat artikel ini di tulis, dan sebenarnya saya adalah fans berat Haikyuu!

Anime ini menurut saya punya kemiripan dengan Kuroko no Basuke, yaitu di bagian “kombinasi dua orang yang luar biasa”.

Anime ini sepertinya satu-satunya anime sport yang bertema Voli.

Awalnya saya enggan menonton anime ini karena konsep utamanya tentang bola Voli, ehh pas udah mulai saya ga bisa berenti.

Anime ini sebenarnya tidak beda jauh dengan beberapa anime sport lainnya, yaitu tentang tim yang di pandang sebelah mata.

Saat dimasuki oleh “orang-orang yang memiliki potensi” (dan berjuang keras) menjadi tim yang sangat kuat dan mampu masuk turnamen nasional (di season satu mereka kalah sih ini cuman prediksi.

Oiah  … sama kayak anime sports lainnya, di anime ini juga ada genre comedy-nya (selain itu engga garing kaya Kuroko no Basuke) jadi kamu ga bakalan bosen nonton anime ini.

(Salah satu anime yang waaajiiiib di tonton)

#3. Yowamushi Pedal


Gimana jadinya kalau seorang Otaku harus balapan di Inter High.

Well … cerita ini bisa kamu tonton dalam anime Yowamushi Pedal.

Sejujurnya, anime Yowamushi Pedal ini adalah salah satu anime sport yang paling saya suka, bahkan anime ini saya masukan ke dalam daftar anime favorit saya.

Konsep dari anime ini sebenarnya agak mainstream dan engga beda jauh dengan beberapa anime di atas.

Yaitu tentang seorang otaku yang “memiliki bakat dan potensi” dalam balap sepeda, dia kemudian bergabung dengan tim balap sepeda di sekolahnya.

Dan yahh … dari sini dia mulai berlatih, dari yang awalnya payah sampai bisa bertanding mati-matian di Interhigh.

Untuk plot cerita memang ga terlalu berkesan … tapi dari segi ketegangan dan sensasi anime ini punya “sesuatu yang berbeda”.

Agak sulit jelasinnya, tapi yang jelas … waktu sama sekali tidak terasa saat sedang menonton anime ini.

(perasaan baru tadi opening … kok udah ending lagi … padahal durasinya 23 menit)

Hal ini sering saya alami saat menonton Yowamushi Pedal

#4. Over Drive


Anime ini juga merupakan anime yang berkonsep tentang balap sepeda, sama kaya Yowamuhsi Pedal.

Bedanya … kalau Yowapeda bercerita tentang tim sepeda balap sebuah sekolah di Chiba yang berusaha memanangkan Inter High, Over Drive ada di level yang lebih berat.

Pertandingan yang harus dia menangkan dalam anime ini adalah Tour de France, sebuah lomba balap sepeda tingkat internasional.

Yang bikin saya suka dengan anime ini adalah karena karakter utamanya yang polos, dan alasan dia mulai bersepeda dan ikut Tour de France adalah karena dia disuruh perempuan (yang ngomongnya ceplas-ceplos) yang dia suka.

Pokoknya anime ini super seru dan kocak dehh … terutama karena karakter utamanya “katanya” berbakat dan punya “nafas” yang tidak mudah habis (maksudnya ga gampang cape)

… Komedinya juga lucu banget bray ...

#5. Eyeshield 21


Saya yakin semua orang yang pernah nonton anime pasti tau Eyeshield 21.

Yapz … anime ini adalah salah satu anime yang pernah tayang di TV indonesia, walaupun memang seru dan saat  itu punya rating yang bagus, sepertinya Eyeshield 21 tidak lulus sensor oleh KPI.

Sebenarnya, saya tidak pernah menonton anime ini sampai tamat, tapi karena memang ceritanya bagus, dan memang  bergenre  sport, anime ini saya masukan kedalam daftar anime sport terbaik ini.

Olahraga yang dijadikan “konsep utama” dalam anime ini adalah Rugby atau American Football, salah satu olah raga yang paling terkenal di dunia dan yang paling banyak peraturannya (setahu saya).

Awal cerita dari anime ini agak mainstream, yaitu tentang sebuah tim yang “tidak terlalu bagus dalam bermain”, kemudian ada anggota yang bergabung, dan karena orang  ini, tim ini jadi makin kuat dan melaju ke tingkat nasional (dan internasional)

(kali yahh ?? saya lupa soalnya)

#6. Major 


Yang membuat saya sangat tertarik dengan Major adalah karena anime ini punya season yang agak banyak dan memiliki puluhan episode.

Terakhir yang saya lihat, anime ini sudah punya 5 (atau 6 season …. Kali yahhh … lupa soalnya)

Anime ini adalah salah satu anime yang bercerita tentang base ball, yahh sebenarnya alurnya ga beda jauh sama anime-anime base ball biasa

Tapi karena ketegangan dan alur ceritanya yang menarik makanya membuat anime ini disukai banyak orang dan memiliki banyak season.

Sebenarnya saya juga belum menonton semua season dari anime ini, karena keterbatasan kuota.

#7. Ookiku Furikabutte


Ini juga salah satu anime yang bercerita tentang olahraga Base Ball, bedanya di awal anime ini lebih mengarah ke slice of life.

Anime ini merupakan anime yang tayang pada tahun 2007, tapi menurut saya grafis dari anime ini lebih baik dari anime-anime lain yang tayang di tahun yang sama.

Well … karena anime ini anime sport tentu saja anime ini berfokus pada pertandingan, yahh … walaupun (menurut saya) masih kalah sama anime bertema base ball lainnya, tapi tetap saja anime ini merupakan salah satu anime sport yang cukup bernilai untuk di tonton.

Di tambah … anime ini tidak begitu populer di indonesia, dan saya yakin kebanyakan dari kamu yang baca artikel ini baru pertama kali baca judulnya kan ?

Jadi, kalau kamu sudah kehabisan watch list dan ingin menonton anime sport, coba saja anime ini ^_^

#8. One Outs


Anime ini  juga merupakan anime yang mengangkat olah raga Base Ball sebagai konsep utamanya.

Tapi bedanya, anime ini sama sekali tidak memiliki “konsep yang mirip” dengan anime lain dan sangat anti mainstream.

Karakter utama dalam anime ini adalah karakter yang badass, dia mampu mengalahkan lawannya karena kejeniusannya.

Kalau kamu lihat di Mal, anime ini punya genre Psychological, dan kamu pasti kaget gimana caranya genre Psychological dan sport bisa di gabung.

Anime ini, tidak memiliki  usnur komedi di dalamnya, tapi karena karakternya keren, yahh tetep seru untuk di tonton.

(kekurangannya … susah banget cari link downloadnya)

#9. Slam Dunk

Anime ini merupakan anime yang cukup lawas.

Dan uniknya, saya tahu anime ini dari sebuah film lawas buatan cina, (di dalem film itu banyak banget poster Slam Dunk)

Anime ini bercerita tentang seseorang yang bernama Hanamichi Sakuragi, yang memutuskan untuk menjadi seorang pemain basket karena terpikat oleh kecantikan seorang gadis yang bernama Haruko.

Haruko sendiri sangat menyukai basket dan sangat mengagumi para pemain basket.

Anime ini super kocak, dan sangat cocok bagi yang suka dengan anime yang penuh tawa.

#10. Diamond No Ace


Nahh … anime ini  juga merupakan salah satu anime sport yang baru-baru ini tayang (dan saat  artikel ini di tulis masih tayang)

Anime  ini bercerita tentang olahraga Base Ball, Awal ceritanya ga kalah mainstreamnya sama anime-anime yang saya sebutkan di atas dan membuat saya malas untuk mengulangnya ^_^

Menurut saya, anime ini merupakan salah satu anime sport terbaik karena “ketegangan” yang dihasilkan dari pertandingang-pertandingan yang ada  di Diamond no Ace itu asyik untuk di rasakan.

Btw … anime ini adalah salah satu anime sport yang paling sukses loh, kalau belum nonton saya saranin buat segera nonton (episodenya banyak soalnya)

Saking seru dan tegangnya anime ini, anime in terus berlanjut dari tahun 2015 sampai tahun 2016, dan di  tahun 2015  anime ini termasuk salah satu anime terbaik  yang tayang di tahun 2015.

#11. Hajime no Ippo


Saya tidak suka dengan olahraga tinju.

Tapi saya sangat suka dengan Hajime no Ippo, saya tidak tahu anime ini ada berapa season (saya males nyari info) karena kemaren saya cuman nonton season 1 nya ajah.

Anime ini menurut saya merupakan anime yang alur ceritanya sangat bagus, yaitu bercerita tentang seorang yang lemah, dan dengan usaha dan kerja keras dia menjadi semakin kuat.

Grafis dari anime ini sihh agak jelek, dan karakter  utamanya engga tampan, tapi  kalau memang kamu nyari anime anti mainstream, anime ini sangat memenuhi syarat loh.

(saya yakin kamu akan ketagihan setelah menonton beberapa episode dari anime ini)

#12. Ping Pong The Animation


Ini nih … anime sport dengan salah satu style gambar paling unik, dari gambarnya mungkin kamu berpikir kalau grafis anime ini jelek ... tapi sebenarnya memang style anime ini unik bahkan ada beberapa bagian yang bahkan gambarnya lebih detil dari anime biasa.

Anime ini bercerita tentang olah raga “Ping Pong” dan kalau tidak salah baru selesai beberapa musim yang lalu (saat artikel ini dituil).

Kalau kamu memang suka genre sport … saya yakin kamu akan suka dengan anime ini, jurus-jurusnya mantep dah bro ^_^

#13. Prince Of Tennis


Anime ini merupakan anime yang juga banyak disukai oleh orang-orang.

Sepertinya anime ini juga yang menginspirasi Baby Steps.

Seperti anime sport yang lainnya, anime ini punya banyak episode dan memiliki lebih dari satu musim.

Anime ini bercerita tentang seorang pemain tenis jenius bernama Echizen Ryoma.

Dia telah memenangkan kejuaraan tenis di amerika selama 4 tahun berturut-turut. Namun pada suatu hari karena urusan keluarga, dia dan seluruh keluarganya harus kembali kejepang.

Dan di jepang pun dia tetap mengikuti kejuaraan tenis. Di umurnya yang masih 12 tahun, dia mengikuti kejuaraan tenis U-16 padahal seharusnya masuk ke U-12 atau U14.

Hmmpt, untuk orang yang suka dengan anime overpower, kayaknya cocok deh dengan anime ini.

#14. Free


Anime ini sebenarnya tidak di tujukan untuk penggemar anime yang berjenis kelamin laki-laki.

Saya sendiri (sejujurnya) tidak terlalu suka dengan anime ini.

Anime ini lebih cocok di tonton oleh perempuan karena alur cerita dan fan servicenya cocok untuk perempuan.

Daripada anime sport anime ini lebih mengarah ke anime yang bertema persahabatan antar laki-laki (dalam artian yang tidak macho – lebih mengarah ke maho)

(ini yang saya lihat dari anime ini, tapi saya engga tahu gimana tanggapan orang lain tentang anime ini)

Btw … walaupun saya kurang suka dengan anfime ini, entah kenapa saya menonton anime ini sampai habis.

#15. Baby Steps


Anime ini merupakan salah satu anime sport yang season keduanya tayang di tahun 2015.

Anime ini bercerita tentang olah raga tenis.

Sejujurnya …. Saya belum menonton anime ini, tapi karena anime ini merupakan salah satu anime sport terbaik dan lumayan populer makanya saya masukin aja ke daftar ini.

Saya tidak tahu bagaiamana plot dan “ketegangan” yang dihasilkan anime ini, tapi jika dilihat dari screenshotnya anime ini lumayan seru.

Btw … katanya anime ini juga merupakan anime yang karakter utamanya yang tadinya ga bisa tapi karena bekerja keras makanya bisa (ini katanya lohhh)

#16. Air Gear


Saya sebenarnya agak bingung mau memasukan anime Air Gear ke dalam daftar anime sport ini karena “unsur sport” dari anime ini agak kurang.

Memang … anime ini adalah anime yang bercerita tentang sepatu roda (tepatnya sepatu roda mekanik yang ada gas dan rem-nya)

Tapi sebenarnya anime ini lebih mengarah ke anime action.

Well … apa salahnya memasukan anime ini ke dalam daftar anime sport terbaik, karena saya yakin kamu akan suka dengan anime ini.

Anime ini merupakan salah satu anime paling menarik yang pernah saya tonton, dan anime ini juga pernah tayang di tv indonesia.

#17. Giant Killing


Anime ini adalah salah satu anime yang bertema tentang sepak bola dan tayang pada tahun 2010, namun anehnya di tengah animo masyarakat yang besar terhadap sepak bola anime ini kurang populer.

Anime ini bercerita tentang sebuah klub papan bawah J-League yang bernama East Tokyo United (ETU) yang tengah berjuang ketika krisis keuangan melanda.

Belum lagi tekanan yang datang dari supporter garis keras mereka yang menginginkan perubahan terhadab klubnya agar menjadi lebih baik membuat Gotou mencari pelatih baru untuk ETU.

Gotou diutus oleh manajemen ETU untuk mencari pelatih baru.

Akhirnya ia menunjuk Takeshi Tatsumi, mantan pemain bintang ETU yg pernah menjadi pemain Timnas Jepang.

Penunjukan Tatsumi dikarenakan prestasinya yg mampu membawa klub amatir divisi 5, FC Eastham menembus 32 besar FA Cup setelah sebelumnya berhasil mengalahkan klub-klub dari Premier League (Portsmouth FC) dengan julukan (Giant Killing)

#18. Area No Kishi


Cerita dimulai dengan Aizawa Suguru, kapten timnas Jepang U-16 membawa kemenangan timnya atas Brazil.

dan Yapz ... Aizawa Suguru adalah kakak dari tokoh utama yaitu Aizawa Kakeru.

Suguru yang masih berumur 15 tahun kala itu adalah Midfielder hebat yang bersekolah di Kamakura. Adiknya yaitu Aizawa Kakeru mengagumi dirinya.

Aizawa Kakeru menganggap dirinya tidak berbakat bermain sepak bola, sedangkan Aizawa Suguru berpikir bahwa adiknya memiliki bakat yang terpendam.

Dan karena hal ini berkali-kali mereka bertengkar.

Cerita dari anime ini cukup seru, karena selain mereka mampu menembus level nasional, mereka juga bisa menembus level internasional

#19. Ro Kyu Bu


Siapa bilang anime sport itu cuman berisi anime yang nyerempet “humu” ?

Coba deh tonton Ro Kyu Bu dan saya yakin kamu akan kaget dengan anime sport yang satu ini.

Kira-kira kenapa coba ? karena anime ini adalah anime berkonsep moe yang digabung dengan genre sport.

Olahraga dari anime ini adalah bola basket, anime ini bercerita tentang sekelompok anak SD (lolI) yang hobi sekali bermain basket.

Namun mereka tidak memiliki pelatih.

Nah … karakter utama dalam anime ini adalah si pelatih, dia adalah seorang anak SMA yang sangat jago bermain basket namun sudah tidak bermain lagi.

Sang pelatih lolicon ini (walaupun kalem dan kelihatan keren) melatih anak-anak ini agar bisa bermain lebih baik dan lebih hebat.

Dan yahh … unsur moe – harem – dan soft-yuri ada dalam anime ini.

Baca Juga : Dijamin Kamu Iri Dengan 41 Anime Harem Yang Terbaik Ini!

#20. Sekai de Ichiban Tsuyoku Naritai!


Yang ini adalah anime sport yang dilarang ditonton oleh anak di bawah umur.

Anime ini bercerita tentang olah raga gulat perempuan, selain kostumnya yang memang agak “terbuka” dan suara desahannya yang bikin mupeng.

Anime ini adalah salah satu anime sport yang mengedepankan fan service, dan alur ceritanya tidak begitu kuat.

Saya sendiri tidak terlalu suka dengan anime ini,  tapi untuk kamu yang suka anime ecchi +  sport, anime ini pasti bakalan seru untuk kamu tonton.

(mungkin lebih tepatnya, untuk kamu dengar ^_^)

---

Sebenernya ada beberapa anime sport yang ingin saya tambahkan ke daftar di atas yaitu beberapa judul di bawah ini.

#Moshidora

#Tsuritama

#Bamboo Blade

#Kenkou Zenrakei Suieibu Umishou

BTW Initial D itu juga olahraga kan yah ? Olahraga balap mobil...

Namun karena saya belum sempet nonton dan juga nyari link downloadnya yang sesuai agak susah, saya akhiri artikel anime sport terbaik ini sampai di sini.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan tolong berikan komentar di bagian bawah :D