January 19, 2016

8+11 Anime Terbaik Winter 2016 Yang Rugi Kalau Tidak Kamu Tonton Dari Sekarang!

Hari baru, koin baru, Ini kata Spongebob. Kalau kata saya. Musim baru, Anime baru.

Dan yeeaahhh …

Dengan sudah tayangnya semua anime jepang di Winter 2016, saya pikir sudah saatnya untuk mengatakan bahwa …

Anime Winter 2016 resmi dimulai ^_^

Tahukah kamu bahwa sebenarnya musim ini adalah musim yang sangat berwarna loh, banyak anime dengan konsep yang sangat unik.

Ada beberapa anime unik di Winter 2016 yang benar-benar menarik perhatian saya ketika selesai menonton episode satunya, dan berikut ini adalah beberapa judulnya.

Btw, rencananya anime di bawah ini akan saya tonton saat ongoing.

#1. Boku Dake ga Inai Machi

Boku Dake ga Inai Machi

Ini adalah anime yang paling mengejutkan saya ^_^, anime ini membuat saya benar-benar tertarik untuk menontonnya.

Sebenarnya musim lalu ada anime yang memiliki “rasa” yang sama, judulnya Subete ga F ni Naru, walaupun memang sama-sama berkutat di “misteri” tapi Boku Dake ga Inai Machi lebih menarik karena punya unsur supranatural.

Menurut saya anime ini akan menjadi salah satu anime yang paling menarik, paling populer, dan terbaik di winter 2016.

Anime ini bercerita tentang seorang pemuda berumur 29 tahun yang bernama Fujinuma, di episode satu dijelaskan bahwa dia berusaha menjadi seorang mangaka namun sepertinya di tolak terus menerus.

(percaya sama saya, bagian tentang mangaka dari anime ini hanya 1 persen dari keseluruhan cerita)

Dan sekarang dia bekerja di sebuah restoran cepat saji dan menjadi pengantar makanan.

Dari luar Fujinuma mungkin terlihat seperti seorang pemuda yang gagal, tapi sebenarnya ada hal luar biasa yang selalu terjadi padanya.

Dia menyebut hal luar biasa ini dengan “Revival”

Revival adalah sebuah fenomena supranatural yang sering dialami oleh Fujinuma, fenomena ini membuatnya kembali beberapa menit ke masa lalu (sekitar 1 sampai 5 menit ke masa lalu).

Hmmppt … kalau kamu pernah nonton Charlotte, kamu pasti tahu apa itu TimeLeap kan ? nah kira-kira seperti itu, hanya saja fenomena ini tidak dikehendaki oleh Fujinuma dan setiap dia kembali maka pasti akan ada hal buruk yang terjadi.

(normlanya sesuatu yang berkaitan dengan kematian)

Pada suatu hari, dia mengalami sebuah kasus yang berkaitan dengan masa lalunya.

Berkaitan dengan kasus yang sangat misterius yang dia alami saat kelas 5 SD, dan dia bahkan dianggap sebagai pelakunya.

Karena shock dengan kejadian yang terjadi, dia mengalami Revival yang agak berbeda dari sebelumnya, yaitu dia kembali ke tahun 1988 di mana dia saat itu masih kelas 5 SD.

Kembalinya Fujinuma ke masa ini bukanlah suatu kebetulan, dia harus bisa menyelesaikan kasus besar yang terjadi dan menyelamatkan seorang gadis.

Mungkin dari apa yang saya ceritakan anime ini kurang menarik, tapi saya yakin setelah kamu nonton episode satunya kamu akan sangat penasaran.

Pengisi suara, dialog, internal dialog, soundtrack/ost, karakter dan plot ceritanya sempurna dan sangat menarik.

Salah satu anime yang wajib di tonton.

#2. Musaigen no Phantom World

Musaigen no Phantom World

Alasan saya menonton anime ini cukup sederhana.

Karena anime ini rilis duluan makanya saya tonton duluan.

Awalnya saya pikir ini adalah anime yang serius dan berat tapi setelah menonton episode satu ternyata tidak seberat itu.

Anime ini adalah tipe anime yang memiliki konsep seperti ini = Adem ayem di awal -> di tengah baru serius.

Sama seperti beberapa anime seperti Kyoukai no Kanata dan anime-anime lainnya.

Sejujurnya konsep ceritanya sangat menarik, yaitu tentang segala sesuatu yang berdasarkan perpektif otak. Banyak teori “cerdas” yang ada di anime ini.

Tapi untuk alur cerita sepertinya akan sedikit mainstream.

Saya tidak yakin apakah anime ini bisa dikategorikan harem, tapi yang jelas karakter laki-laki dari anime ini hanya satu dan sisanya gadis cantik.

Yah … walaupun memang tidak epic seperti Boku Dake ga Inai Machi, tapi menurut saya tetap lumayan untuk di tonton secara ongoing.

Sejujurnya saya suka dengan Musaigen no Phantom World ini.

Dan saya harap kamu juga suka dengan anime ini

(oiah, kayaknya banyak orang yang akan menjadikan karakter cewek dari anime ini sebagai waifu, karena selain cantik dia juga “Gede” ‘If you know what I mean’ ^_^)

#3. Dagashikashi

Dagashikashi

Dagashi Kashi adalah anime yang fokus utamanya ada pada Karakter Utama dan pembicaraannya, anime ini genrenya komedi dan slice of life makanya begitu.

Ada beberapa bagian dari anime ini yang bikin saya ngakak karena tingkah karakter ceweknya yang super koplak.

Dan menurut saya karakter utama cewek dari anime ini adalah yang paling unik dan menarik dari anime lain di musim ini.

Konsep ceritanya adalah tentang seorang pemuda yang bernama Kokonotsu, dia memiliki mimpi menjadi seorang mangaka namun di paksa ayahnya untuk meneruskan usaha keluarga sebagai pemilik kedai jajanan.

Sampai suatu hari muncul seorang gadis yang bernama Hotaru Shidare (dia gadis yang saya maksud koplak)

Hotaru menginginkan ayah Kokonotsu untuk bekerja di perusahaan milik ayahnya, namun sang ayah Kokonotsu menolaknya.

Kecuali Hotaru bisa meyakinkan Kokonotsu untuk mengubur mimpinya menjadi mangaka dan mau menjadi penerus usaha toko Jajanan kecil.

Dan yahh … Hotaru menerima syarat ini.

Anime ini super seru loh, komedinya lumayan lucu dan karakternya unik dan koplak semua, di anime ini kamu juga bisa belajar tentang jajanan tradisional jepang.

Satu yang unik dari semua “gambar” karakter dari anime itu di bagian mata.

Hotaru punya mata yang cantik sedangkan karakter lain seperti punya “bayangan” di bawah matanya (keliatan kayak orang yang habis begadang)

Dan saya pikir ini memang gaya dari sang creator dan sangat saya suka (walaupun untuk sebagian besar orang detil kecil ini tidak berarti).

Yah … ini salah satu anime yang pokoknya harus di tonton oleh orang yang suka dengan genre komedi.

#4. Dimension W

Dimension W

Anime ini merupakan salah satu anime yang prediksi saya akan menjadi salah satu anime yang underrated.

Sebenarnya actionnya dari anime ini keren abis dan konsep ceritanya unik, hanya saja karena target anime ini sepertinya penggemar anime dewasa makanya kurang dilirik.

Tapi ada kemungkinan anime ini bisa laris di kalangan penggemar anime remaja mengingat actionnya yang keren abis dan ada satu karakter gadis manis di dalamnya.

Anime ini punya konsep cerita yang seperti ini.

Setting Dimension W ada di masa depan, dimana telah ditemukan beberapa dimensi yang diantaranya X, Y, dan Z.

Tidak lama setelah ketiga dimensi itu diketahui, muncul sebuah dimensi baru yang diberi nama Dimensi W, dimensi W ini agak unik karena memiliki sumber daya yang energi yang tidak terbatas.

Nahh ini yang dimanfaatkan oleh para ilmuan dunia dan perusahaan yang beranamNew Tesla untuk menciptakan Energi yang abadi.

Dan terciptalah sebuah sumber daya yang bernama Coil (sebuah perangkat yang memungkinkan menarik energi ke Dimensi W ke bumi)

Nahh … anime ini bercerita tentang Mabuchi Kyouma yang merupakan orang yang sangat membenci Coil (yang saya pikir berhubungan dengan masa lalunya)

Walaupun memang benci Coil, tapi dia memiliki “pekerjaan sampingan” sebagai Kolektor Coil Ilegal.

(jika diibaratkan seperti pembunuh bayaran, tapi pekerjaannya bukan membunuh tapi untuk mendapatkan Coil Ilegal yang dibuat dan digunakan oleh para kriminal)

Kalau kamu hanya baca gambaran Dimension W saja, saya yakin kamu tidak akan terlalu tertarik, oleh karena itu saya sangat menyarankan kamu untuk menonton episode satu dulu.

Percaya sama saya anime ini sangat keren dan menarik.

#5. Hai to Gensou no Grimgar

Fanart (hidungnya ga kaya gini) Hai to Gensou no Grimgar

Dan muncul lagi, anime yang mirip dengan SAO.

Anime ini sebenarnya daripada mirip SAO, lebih mirip gabungan Log Horizon dan Danmachi, karena memang konsepnya yang agak berbeda dengan SAO.

Di Log Horizon mereka tidak mengetahui alasan kenapa mereka bisa masuk ke dunia game, sedangkan di Danmachi dunianya memang terlihat “RPG” tapi sebenarnya tidak ada kaitannya dengan game, hanya dunia fantasy.

Nah Hai to Gensou no Grimgar memiliki dua konsep itu.

Para karakter dalam anime ini tidak tahu kenapa mereka muncul di dunia lain, dan dunia lain yang saya maksud adalah dunia Fantasy bukan dunia game.

Konsep cerita dari anime ini kira-kira seperti itu.

Oiah sepertinya anime ini bukanlah anime yang dari awal sudah seru, saya (saat menulis artikel ini) sudah menonton dua episodenya, tapi walaupun sudah dua episode, anime ini masih ada di bagian prolog dan kurang “nendang”.

Saya percaya cerita dari anime ini akan sangaaaaaat panjang, jadi saya pikir menontonnya saat ongoing akan membuat anime ini kurang menarik dan malah terlihat membosankan.

Seriusan … saran saya tonton anime ini nanti setelah tamat (mungkin akan lebih seru)

(tapi saya sendiri akan menontonnya saat masih ongoing)

Btw, saya yakin anime ini akan sangat menarik untuk beberapa orang yang suka dengan anime-anime berbau fantasy RPG, atau lebih jauh, suka dengan SAO.

Saya tidak bisa menebak alur cerita dari anime ini tapi saya yakin pasti (nanti) akan menarik.

#6. Ao no Kanata no Four Rhythm

Ao no Kanata no Four Rhytm (Menu Start di VN-nya)

Bagiamana jika manusia bisa terbang dengan bebas tanpa menggunakan pesawat?

Di anime ini kamu akan melihat hal itu terjadi, anime ini bercerita tentang dunia dimana sudah diciptakan sebuah teknologi anti gravitasi yang memungkinkan manusia terbang di beberapa tempat di bumi yang gravitasinya rendah.

Katanya, terbang dalam anime ini diibaratkan seperti naik sepeda.

Tapi itu baru konsep animenya, sedangkan konsep ceritanya saya yakin akan menarik bagi orang-orang yang suka dengan anime romance.

Anime ini bercerita tentang seorang gadis ceroboh (doji-ko) yang bernama … dia sepertinya sangat terobesesi dengan terbang.

Pada suatu hari dia akhirnya bisa pindah ke sebuah sekolah (lebih tepatnya pulau) dimana orang-orang bisa terbang dengan menggunakan sepasang sepatu.

Dihari pertama dia pindah, dia melakukan hal ceroboh dan membuatnya menghilangkan kunci rumahnya, dan saat itu dia bertemu dengan seorang pria (keren dan tampan) yang mau membatunya mencari kunci rumahnya yang hilang.

Rupa-rupanya pria ini dulunya adalah seorang atlit Flying Circus, sebuah olahraga yang bisa dilakukan dengan menggunakan sepatu anti gravitasi.

Saya sih belum melihat ini, tapi saat saya baca di sinopsisnya katanya si cowok ini mulai ingin terbang lagi setelah melihat gadis ceroboh ini melakukan manuver hebat yang tidak sengaja saat pertandingan (pertandingan yang tidak diduga, coba tontoh ajah deh, susah jelasinnya)

Saya yakin, anime ini akan seru bagi orang yang suka dengan anime romance

Karena dari awal saya curiga genre utama dari anime ini adalah drama dan romance, yahh saya sepertinya sanggup menonton anime ini asalkan tidak ada ntr-nya dan  jika unsur comedy romance-nya lebih di perbanyak.

Anime ini cukup menarik dan saya sarankan kamu untuk nonton episode satunya dulu.

33 + 11 Anime Terbaik Yang Tayang di Tahun 2015 (Siapa Lagi Yang Ingin Tahu?)  

#7. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!


Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!

Sama seperti Hai to Gensou no Grimgar, anime ini punya kemiripan dengan SAO.

Namun menurut saya konsep ceritanya agak mirip dengan Hai to Gensou no Grimgar.

Anime ini memang tidak bercerita tentang dunia game, tapi bercerita tentang dunia fantasy RPG yang sistem kerjanaya sama seperti game.

Bedanya anime ini menurut saya lebih berwarna dari Hai to Gensou no Grimgar karena memiliki unsur komedi yang kuat dan plot ceritanya sepertinya tidak terlalu berat.

Anime ini bercerita tentang seorang Otaku dan NEET yang tidak pernah keluar rumah, pada suatu hari dia harus keluar rumah pagi-pagi buta untuk membeli sebuah game di Akhibara .

Semuanya sebenarnya berjalan dengan baik.

Tapi saat di perjalanan pulang, dia melihat seorang gadis yang akan ditabrak oleh sebuah kendaraan, tiba-tiba dia melompat ke depan kendaraan itu (berharap untuk menyelamatkan gadis itu) dan mati dengan seketika.

Awal ceritanya terkesan berat yah?

Padahal di situ letak komedinya loh … haha, coba tonton deh, dan cari tahu apa penyebab kematiannya dan bagaimana kondisinya saat mati, ngenes dan apes banget ^_^

Nahh … karena sudah mati dia masuk ke dalam dunia antara dunia dan akhirat

Disana dia bertemu dengan seorang dewa bloon namun cantik yang bernama Aqua, dia ditawari untuk hidup di dunia fantasy, dimana sihir, guild, kesatria, monster dan raja iblis benar-benar ada.

Dia bisa memulai hidupnya disana tanpa kehilangan ingatan yang dia miliki, dan langsung hidup dari umur 17 tahun (kayaknya).

Aqua bilang dia bisa membawa “kekuatan” sebagai bekal untuk hidup di dunia fantasy tersebut.

Namun yang koplak si Otaku ini tidak meminta kekuatan, kecerdasan, atau skill apapun.

Namun malah meminta Aqua untuk ikut bersamanya ke dunia fantasy tersebut, dari situ kehidupan ngenes bin ajaibnya dimulai dengan ditemani seorang dewa yang cantik dan dua karakter lainnya.

Anime ini sebenarnya mungkin tidak cocok di tonton semua orang, mengingat sepertinya genre anime ini akan lebih mengarah ke komedi, fantasy.

Tapi menurut saya coba kamu tonton satu episode dulu, dan jika suka teruskan nonton.

Saya sendiri sudah memutuskan bahwa akan menonton anime ini saat masih ongoing karena sangat tertarik dengan ceritanya.

#8. Koukaku no Pandora

Koukaku no Pandora

Kalau yang ini adalah anime tentang sesuatu yang sangat saya suka.

Kamu pernah denger kata-kata ini.

“Loli itu kebenaran”

Dan anime ini adalah tentang “kebenaran” tersebut … haha bercanda, anime ini adalah anime yang dipenuhi dengan karakter loli-moe dan sepertinya akan sedikit nyerempet genre Yuri.

Sebenarnya tidak ada hal menarik yang bisa saya jelaskan tentang anime ini, selain karakternya yang moe dan alur ceritanya yang tidak terlalu “seru untuk di tonton”

Memang anime ini punya beberapa adegan action yang lumayan keren di dalamnya, ada juga “joke” ecchi yang lumayan bikin greget, tapi cuman itu saja.

Untuk kamu yang suka anime-anime action atau harem mungkin tidak akan tertarik.

Tapi kalau kamu seperti saya,

Suka dengan anime adem ayem yang didalamnya banyak karakter moe, pasti akan sangat-sangat tertarik dengan anime ini, terus terang saya tidak memiliki ekspektasi tentang anime ini.

Saya hanya ingin menonton anime dimana karakter utamanya “moe” dan dipenuhi dengan “loli” cantik ^_^ (#SayaBukanPedofil)

---

Dan hanya itu beberapa anime musim ini yang menarik perhatian saya dan akan saya tonton secara ongoing, awalnya saya berharap kepada anime yang judulnya Ajin, tapi pas di tonton kurang greget.

Awalnya saya sangat menunggu-nunggu anime ini karena ceritanya menarik, tapi karena animasinya pake CG saya kapok dan tidak akan menonton anime ini, dan hanya akan membaca manganya saja.

Btw, walaupun saya bilang anime-anime diatas itu menarik, itu hanya dari sudut pandang saya saja loh,

Walaupun memang orang-orang punya selera yang beda-beda tapi saya yakin ada beberapa orang yang punya selera yang sama dengan saya.

Satu hal lagi.

Ini adalah beberapa judul anime yang sudah saya tonton episode satunya dan menurut saya lumayan bagus dan harus kamu tonton.

Semua anime di bawah ini tidak akan saya tonton saat ongoing, namun rencanaya akan saya tonton nanti saat animenya sudah selesai.

Saya yakin ada beberapa orang yang suka dengan anime dibawah ini (coba tonton satu episode dulu ajah)

  1. HaruChika: Haruta to Chika wa Seishun Suru
  2. Ansatsu Kyoushitsu (TV) 2nd Season
  3. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri 2nd Season
  4. Prince of Stride: Alternative
  5. Shoujo-tachi wa Kouya wo Mezasu
  6. Bubuki Buranki
  7. Saijaku Muhai no Bahamut
  8. Durarara!!×2 Ketsu
  9. Schwarzesmarken
  10. Akagami no Shirayuki-hime 2nd Season (s1-nya merupakan anime terbaik 2015)
  11. Mahou Shoujo Nante Mou Ii Desu kara.

Jadi menurut kamu gimana anime musim ini? dan apa anime yang kamu ikutin di musim ini? saya akan senang mendengar cerita kamu di form komentar ^_^


Baca rekomendasi selanjutnya!Katanya Sih Epic, Tapi Haruskah Saya Menonton Sword Art Online? >