April 24, 2016

18 Anime Terpopuler 2012 (Yang Beberapa Diantarnya Masih Populer Sampai Sekarang)

Apa di tahun 2012 kamu sudah jadi penggemar anime?

Katanya sih tahun itu adalah salah satu tahun diamana anime-anime berkualitas tayang loh, dan saya sangat penasaran dengan hal itu.

Jadi saya membuat daftar ini untuk mencari tahu anime mana saja yang saat itu populer di tahun 2012.

Tapi tahukah kamu?

Tahun 2012 itu saya belum segila sekarang sama anime, jadi saya tidak memiliki banyak referensi anime apa yang populer saat itu.

Jadi demi menyusun daftar anime terpopuler tahun 2012 ini, mau tidak mau saya hanya mengandalkan bantuan “Rating” dari Myanimelist.net

Mungkin daftarnya agak mengecewakan, tapi banyak diantara anime yang saya sebutkan ini memang sangat populer saat itu, bahkan sampai sekarang masih populer.

Dan berikut ini daftarnya, tapi sebelum mulai  alangkah baiknya kalau  kamu cek juga artikel saya tentang daftar karakter anime terkuat yang saya susun beberapa saat yang lalu (jangan khwatir terbuka di tab baru)

#1. Gintama': Enchousen  


Ini Gintama season kedua, setelah hiatus beberapa bulan (kalau ga salah setengah tahun) setelah berakhirnya season pertama, akhirnya Sunrise memutuskan untuk sekali lagi mengangkat Gintama ke layar kaca.

Tentu saja, komedi dan kegokilan yang ada di anime ini tidak berubah, tetap absurd dan sangat luar biasa menarik.

Kalau ga salah anime ini dimulai dari arc Kintama (koreksi saya kalau salah) dimana setelah Gintoki pergi beberapa bulan dan meninggalkan Yorozuya, dia kembali.

Namun dia terkejut karena orang lain telah menggantikan posisinya sebagai leader Yorozya, dan nama orang yang menggatikannya adalah Kintoki (Kin = Emas, Gin  = Perak).

Kintoki ini bisa dibilang Gintoki versi sempurna dimana dia punya SEMUA KELEBIHAN dari Gintoki namun TIDAK MEMILIKI SEMUA KELEMAHAN Gintoki.

Awalnya sih agak absurd dan kocak banget, tapi di tengah jadi seru banget, dan diujung dipoles dengan parody anime-anime school jaman sekarang.

Btw, kok saya malah bahas arc Kintoki yah bro? Yang saya bahas kan Gintama ^_^

Biarlah, karena anime Gintama sendiri tidak bisa dijelaskan oleh kata-kata, anime ini menarik dari segala sisi.

Kalau kamu pengen cerita komedi super lucu yang bikin ngakak, Gintama punya, kalau pengen cerita serius, Gintama juga punya, bahkan action dan adegan pertarungan epic Gintama juga punya.

Jadi pantas saja kalau di tahun 2012 (saat awal-awal rilis) anime ini katanya booming banget, sama kayak ketika s3 anime ini muncul.

#2. Fate/Zero 2nd Season

Saya sudah nonton anime Fate/Zero dan saya sangat suka dengan anime ini, pas saya tonton S1 di episode terakhir ternyata ceritanya masih gantung banget karena tamat pas adegan battle.

Makanya (asumsi saya) season kedua dari anime ini begitu ditunggu pada tahun 2012.

Sama kayak Fate/Zero season satu, anime ini masih bercerita tentang terusan perang “Cawan Suci” dimana semua master dan servant saling bertarung untuk mendapatkan “Cawan Suci” yang bisa mengabulkan apa saja.

Anime ini menurut saya sih masuk ke kategori “anime berat” dimana tidak ada satupun adegan yang bisa dibilang “Happy”

Anime ini berlatar pada kejadian 10 tahun lalu dari seri Fate/Stay Night (saat bencana terjadi, dan seluruh keluarga Shiro mati)

Anime ini agak unik loh, biasanya kalau kita nonton anime maka kita akan menonton perjalanan hidup dari sudut pandang satu orang (Main Character)

Tapi anime ini menampilkan cerita dari semua sudut pandang karakter, ini yang bikin saya suka sama anime ini.

#3. Natsume Yuujinchou Shi

Anime ini adalah season keempat dari seri Natsume Yuujinchou, salah satu anime “paling damai”  yang pernah saya tonton.

Isinya masih tentang Natsume Takashi yang setiap hari terlibat masalah dengan Ayakashi (karena Natsume Takashi bisa melihat dan berkomunikasi dengan Ayakashi)

Saat kecil Takashi selalu dijauhi orang-orang karena dia selalu mengatakan hal yang aneh (dianggap berbohong) akhirnya dia dijauhi oleh semua orang.

Penderitaannya bertambah ketika kedua orang tuanya meninggal, alhasil dia mau tidak mau berpindah-pindah di rumah saudaranya (yang kebanyakan juga menjauhi Takashi)

Tunggu dulu, kalau begitu anime ini bukan anime yang “damai” dong?

Haha, kan ceritanya dimulai ketika dia bertemu dengan keluarga yang sangaaaaat baik, dan beberapa teman yang sangaaaaat baik yang mau menerimanya.

Anime ini bercerita tentang seorang anak yang awalnya sendirian, namun lama kelamaan memiliki banyak teman, baik dari kalangan manusia, maupun Ayakashi.

Kalau mau lebih tahu tentang plot ceritanya coba baca artikel ini yah, ini yang saya tulis beberapa waktu yang lalu ^_^

#4. Bakuman 3

Season ketiga dari Bakuman bro, dimana ending dan klimaks terjadi, jadi pantas saja di tahun 2012 anime ini populer sekali.

Masih bercerita tentang duo mangaka Ashirogi Muto yang mencoba meraih impiannya, banyak terjadi masalah di season ini namun mereka berhasil mengatasinya.

Animenya menarik sekali, apalagi kalau kamu nonton anime ini dari awal sampai akhir, kita akan menonton duo mangaka ini dari awal mula karirnya yang mati-matian agar manga buatan mereka di publikasikan sampai akhirnya sukses.

Saya pikir, saya tidak bisa banyak memberikan bocoran tentang anime ini karena khawatir spoiler.

(Alah alesan, bilang aja lupa) ^_^

#5. Uchuu Kyoudai

Kamu pernah denger anime ini? Saya pikir mungkin sebagian masih belum denger.
Anime ini sebenarnya adalah anime komedi, namun berisi banyak sekali adegan yang “heartwarming” (apa sih bahasa indonesianya?) dan cerita yang menunjukan betapa susahnya untuk menjadi seorang astronot.

Anime ini punya banyak sekali episode, jadi ceritanya benar-benar lengkap, detil dan realistis, mungkin salah satu anime terbaik yang pernah dibuat.

Anime ini bercerita tentang seorang lelaki bernama Mutta, saat kecil dia dan adiknya bercita-cita menjadi astronot, namun yang menjadi astronot hanya adiknya saja, sedangkan Mutta hanya sebagai karyawan biasa.

Pada suatu hari Mutta dipecat dari pekerjaannya dan mau tidak mau harus kembali tinggal bersama orang tuanya lagi.

Tapi tanpa diduga-duga, ibunya mengirimkan resume Mutta ke JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) atas permintaan adiknya setelah dia tahu bahwa kakaknya sudah tidak bekerja lagi.

Mutta pun diterima dan diperbolehkan mengikuti ujian seleksi untuk menjadi Astronot.

Mutta selama ini berkeyakinan bahwa seorang kakak harus berada di depan adiknya. Tapi justru sekarang adiknyalah yang berada di depannya dalam mencapai cita-cita tersebut.

#6. Kuroko no Basket

Kalau ditanya tentang anime basket yang akhir-akhir ini sedang populer, saya yakin kebanyakan penggemar anime sekarang pasti jawab Kuroko no Basuke (Kuroko no Basket)

(tapi beda lagi ceritanya kalau yang ditanya anime basket terbaik sepanjang masa ^_^)


Anime ini bercerita tentang tim basket SMA Seirin yang sebenarnya tidak terlalu mencolok, tim ini awalnya mungkin tidak akan bisa memenangkan kejuaraan nasional.

Tapi ceritanya berubah ketika dua orang anak baru berbakat masuk ke klub basket SMA Seirin.

Dua orang anak berbakat ini bernama Kagami dan Kuroko, dua orang yang nantinya bisa bersaing dengan para Kiseki no Sedai (apa ini? Kalau belum nonton coba tonton yah)

Kagami adalah murid yang pindah dari Amerika, dia memiliki kemampuan dan insting alami dalam bermain basket, bisa dibilang bakat.


Sedangkan satu lagi bernama Kuroko, dia tidak memiliki badan yang proporsional untuk bermain basket, lemah dalam dribbling, apa lagi shooting, namun anehnya kunci kemenangan Seirin ada di si Kuroko ini ^_^


Dengan kerjasama dan kepercayaan tim yang solid, ditambah dua kombinasi super dari Kagami dan Kuroko tim ini siap untuk merebut piala kejuaraan nasional.

Untuk saya yang hobi dengan anime sport, anime ini cukup menarik loh, dan karena anime ini bergenre sport (+super power) maka saat di tahun 2012 anime ini cukup populer.

#7. Psycho-Pass

Ini salah satu anime super seru yang bikin bulu kuduk saya merinding karena saking serunya anime ini.

Anime ini berlatar di jepang modern dimana tingkat kriminalitas seseorang itu bisa diukur dengan sebuah sistem yang bernama Sibyl System.

Dengan menggunakan sistem ini, jepang menjadi negara dengan tingkat kriminalitas yang sangat rendah, hal ini dikarenakan sebelum tindak kriminal terjadi, pelakunya sudah ditangkap.

Terdengar gila kan? Masa ada orang yang ditangkap sebelum berbuat kriminal? ^_^

Sistem Sibyl ini bisa dibilang “sistem yang absolut” karena dia bisa memprediksi semuanya dengan tepat.

Karena hal ini, semua sektor disandarkan kepada Sibyl sistem, bahkan pekerjaan dan pendidikan seseorang tidak bisa ditentukan sendiri.

Sistem ini seperti pedang bermata dua, disisi lain dia bisa membuat jepang menjadi negeri yang damai tapi disisi lain sistem ini membuat rakyatnya frustasi karena merasa kebebasannya di renggut.

Anime ini berputar disekitar Tsunemori Akane, seorang perempuan muda yang berbakat dan bisa memilih pekerjaan apapun yang dia inginkan (berdasarkan Sibyl sistem).

Namun anehnya, dia malah masuk ke biro keamanan yang sama sekali tidak diminati semua orang.

(bisa dibilang seperti polisi unit khusus)

Dari sini Akane ditugaskan bersama para kriminal laten (kriminal yang ditetapkan oleh Sibyl Sistem yang belum melakukan tindak kriminal)

Dan saat bertemu dengan bernama Kogane, dia mulai memenuhi takdirnya dan sedikit demi sedikit mengungkap kebenaran dari Sibyl Sistem.

Wuahh ... ga sadar saya malah cerita terlalu banyak, soalnya anime ini menarik sih ^_^ bagi kamu yang belum nonton sebaiknya cepet-cepet nonton yah, dijamin epic deh.

#8. Shinsekai yori  

Anime ini bercerita di dunia dimana 0,1% populasi terkena wabah yang menyebabkan mereka bisa menguasai kekuatan Psikokinesis (terkesan familiar?) baca kelanjutannya.

Karena adanya orang-orang yang memiliki kekuatan ini, dunia dengan cepat berubah dan menyulut api peperangan dan pergolakan, setelah dunia ini menjadi sangat kacau, akhirnya manusia di zaman ini mulai bisa mendapatkan kedamaian dengan cara mengisolasi masyarakat.

Hal ini menciptakan sebuah dunia baru yang terisolasi dan terikat oleh aturan yang sangat rumit.

(kedengeran seru?)

Anime ini berputar disekitar anak yang bernama Saki Watanabe, seorang anak yang kekuatannya baru saja bangkit, bersama dengan beberapa temannya dia masuk ke sebuah sekolah khusus untuk mereka yang memiliki kekuatan.

Anime ini menurut saya sangat menarik karena segala hal yang ada di anime ini berkaitan dan saling terhubung, saya yakin orang yang membuat Shinsekai Yori adalah orang jenius.

Anime ini adalah anime berat dengan konflik yang serius. Salah satu anime tersukses di tahun 2012.

#9. Sakamichi no Apollon

Anime ini bercerita tentang seorang anak pendiam yang bernama Kaoru Nihsimi, dia baru saja pindah ke Kyushu untuk melanjutkan sekolahnya ke tingkat Sekolah Menengah Atas, karena dia sadar dia pendiam dan agak susah beradaptasi maka dia selalu sendirian.

Selalu sendirian sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang yang bernama Sentarou Kawabuchi.

Sentarou sangat menyukai musik Jazz sampai akhirnya menginspirasi Kaoru untuk mempelajari genre ini, hasilnya dia bisa memulai kehidupannya yang baru dan mendapatkan seorang teman.

Anime ini adalah anime yang bercerita tentang persahabatan, musik dan cinta antara Kaoru, Kawabuchi dan seorang gadis.

Konsepnya sebenarnya unik loh, ceritanya juga seru, namun ada beberapa bagian yang membuat anime ini kurang saya suka.

#10. Sakurasou no Pet na Kanojo

Salah satu anime yang sampai sekarang masih ditunggu-tunggu season keduanya karena bearkhir dengan menyisakan banyak pertanyaan.

Anime ini bisa dibilang sangat menarik untuk para penggemar anime yang hobinya nonton anime genre school, romance + comedy.

Anime ini punya kisah cinta yang romantis, kisah persahabatan yang berakhir jadi cinta dan kisah penuh drama yang dialami oleh para penghuni asrama Sakurasou.

Asrama Sakurasou sendiri adalah asrama yang ditujukan untuk murid-murid bermasalah (lebih tepatnya unik) sebuah sekolah kesenian (saya lupa namanya :P)

Anime ini berputar disekitar murid biasa yang bernama Kanda Sorata, berbeda dengan beberapa orang dari asrama Sakurasou dia pindah ke asrama ini bukan karena masalah atau apapun, melainkan karena dia ingin menyelamatkan kucing.

(Asrama biasa tidak boleh memasukan hewan)

Namun di asrama ini dia bertemu dengan seorang gadis jenius yang hebat dalam hal seni namun tidak bisa melakukan hal lain (bahkan ga bisa pake baju sendiri)

Dari sini kisah Sorata yang penuh rintangan dan cinta dimulai.

(Btw, kalau salah koreksi yah, saya nulis ini berdasarkan ingatan ajah) ^_^

#11. Danshi Koukousei no Nichijou

Anime ini sampai sekarang masih dikenang sebagai salah satu anime komedi sekolah yang melegenda karena komedinya yang gokil.

Anime ini beda dengan anime-anime komedi yang lain yang konsepnya Baka dan Tsukomi (si orang bodoh dan si orang yang suka berkomentar) kayak gintama dan lain-lain.

Saya agak susah jelasinnya karena di anime ini tidak perlu ada yang dijelaskan.

Alur cerita dari anime ini juga agak susah dijelaskan karena isinya cuman tentang beberapa anak muda yang menjalani masa mudanya.

Tapi jangan remehkan anime ini yah, karena saya yakin di semua artikel tentang anime komedi terbaik anime ini pasti nyelip diatara salah satunya.

Hal ini wajar ajah, karena anime ini sangat-sangat lucu dan gokil ^_^ makanya di tahun 2012 anime ini juga sangat populer (bahkan sampai sekarang masih populer deh)

#12. Kingdom

Ada yang saya mau bilang ke kamu tentang anime Kingdom ini.

Ternyata setelah saya berusaha dengan keras dan mencoba mengingat-ngingat plot ceritanya saya tidak bisa ingat.

Ini menandakan bahwa saya ternyata belum nonton anime ini ^_^

Jadinya saya engga bisa banyak cerita tentang anime ini. (Tehe – Gomen :P)

Tapi mungkin ini sebagai perbandingan saja, katanya anime ini punya beberapa kemiripan dengan anime Arslan Senki.

#13. Magi: The Labyrinth of Magic

Kalau anime ini dengan mudah bisa saya ingat kalau saya pernah menontonnya.

Karena memang anime Magi adalah anime pertama yang bikin saya begadang semalaman untuk nonton semuanya sekaligus :D

Anime ini juga punya latar yang unik, yaitu berlatar di peradaban Arab dengan nama karakter utamanya Aladin dan Alibaba.

(makanya mudah sekali untuk diingat)

Di anime ini ada sebuah bangunan labirin yang disebut dengan Dungeon, nah Dungeon ini konon katanya muncul dari tanah atas perintah para Magi.

Magi adalah tipe penyihir langka yang hanya ada 3 saja di dunia ini, mereka punya kekuatan yang luar biasa dan jika mereka memihak sebuah negara maka negara tersebut akan jadi damai dan maju.

Kembali lagi ke Dungeon.

Di Dungeon ini terdapat mahluk supranatural yang disebut “Jin”, dan dia akan menjadi pengikut bagi orang-orang yang bisa menaklukan Dungeon.

Orang yang memiliki Jin memiliki kekuatan yang luar biasa, kekuatan yang bisa membuat tanah menjadi bergetar dan laut menjadi Tsunami (ini gambaran luasnya ajah ^_^)

Nah, karakter utama di anime ini bernama Aladin dan Alibaba.

Aladin adalah seorang anak yang tidak diketahui dari mana asalnya, namun dia adalah anak yang memiliki kekuatan luar biasa dan memiliki hati yang baik.

Dipercaya bahwa Aladin adalah Magi, namun ini aneh karena jika Aladin adalah seorang Magi maka di dunia jumlah Magi menjadi 4 (ini misteri yang belum diselesaikan di season pertama dan season kedua)

Pada suatu hari Aladin bertemu dengan seorang pemuda yang bernama Alibaba.

Alibaba adalah pemuda baik hati yang semangat dan ambisius, cita-citanya adalah menaklukan sebuah Dungeon dan mendapatkan harta yang berlimpah.

Saat Aladin dan Alibaba bertemu, benang takdir mulai terhubung dan mereka berdua harus memenuhi takdirnya di dunia ini. ^_^

Karena ceritanya yang seru dan konfliknya yang bener-bener bikin penasaran, saya pikir wajar saja anime ini jadi salah satu anime yang populer.

#14. Nisemonogatari

Anime ini adalah season kedua dari Monogatari Series, tepatnya sequel dari Bakemonogatari.

Fokus cerita utama di season kedua ini adalah tentang Kaiki Deishu, (kalau kamu nonton Bakemonogatari pasti inget masalah pertama tentang Senjougahara Hitagi!)

Dai Kaiki ini adalah biang keladinya.

Monogatari Series sendiri memang anime yang disebut-sebut sebagai salah satu anime master piece yang super seru.

Jadi wajar ajah anime ini jadi populer saat tayang di tahun 2012.

#15. Zetsuen no Tempest

Kalau yang ini adalah salah satu anime favorit saya ^_^

Zetsuen no Tempest pernah saya bahas di artikel ini dan  di artikel ini, dan menurut saya Zetsuen no Tempest merupakan anime yang sangat keren.

Anime ini dasar ceritanya berdasarkan dari sebuah karya Shakespears, dan kebanyakan orang yang sudah menonton anime ini juga berfikiran anime ini merupakan anime yang keren.

Cerita dan karakter dari anime ini keren, konflik dari anime ini juga keren dan greget, selain itu endingnya mengejutkan.

Animenya tentang sepasang sahabat yang bernama Fuwa Mahiro dan Takigawa Yoshino.

Mereka berdua sama-sama suka dengan seorang gadis yang sama yang bernama Fuwa Aika.

Yang jadi agak ribet adalah karena Fuwa Aika adalah adik angkat dari Fuwa Mahiro, dan Mahiro tidak tahu bahwa adiknya itu ternyata sudah berpacaran dengan sahabatnya Yoshino.

Apa ini Ntr? Haha, bukan kok

Karena di awal cerita, Fuwa Aika meninggal!.

Dua orang sahabat ini ingin mencari siapa orang yang membunuh Fuwa Aika menjadikan anime ini sebagai “kisah tentang orang yang balas dendam”

Tidak disangka bahwa kematian Fuwa Aika menuntun dua orang sahabat ini mengetahui tentang kebenaran dunia, dan terlibat dengan konflik yang berpotensi menghancurkan dunia.

Yang saya suka dari anime ini ada di plot ceritanya yang bisa berubah drastis dan ceritanya yang sama sekali ga bisa ditebak.

#16. Hyouka

Saya pikir anime ini sampai sekarang masih terkenal karena karakter utamanya yang agak unik.

Karakter utama di anime ini merupakan seorang jenius namun terkenal sebagai si “penghemat energi” dia tidak mau terlibat dalam hal yang merepotkan, mungkin bisa dibilang pemalas.

Namanya, Houtarou Oreki.

Hidupnya awalnya dipenuhi dengan kedamaian dan kententraman sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang gadis bernama Chitanda Eru.

Eru adalah gadis yang enerjik dan sangat ingin tahu, bisa dibilang dia adalah kebalikannya Oreki.

Eru meminta Oreki untuk bergabung dengan sebuah klub sastra klasik di sekolahnya, dia dipaksa untuk bergabung sehingga dia tidak bisa menolaknya.

Dari sini Oreki mulai masuk ke sebuah kasus misteri yang meliputi klub sastra klasik selama 45 tahun, dan dengan kejeniusannya, keingin tahuan Eru dan bantuan beberapa temannya mereka menyelediki misteri ini.

Kedengeran berat yah? Yah anime ini memang bikin kita “berpikir” karena penjelasan Oreki yang merangsang kita untuk berpikir.

Mungkin ini yang bikin banyak orang suka.

Btw, seriusnya cuman awal dan pertengahan kok, setelah itu anime ini berubah genre jadi ke slice of life dan school.

#17. Kimi to Boku. 2

Kimi to Boku 2 adalah salah satu anime yang saat tahun 2012 sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar anime.

Saya pikir kamu harus nonton anime seru ini yang ceritanya tentang persahabatan 5 orang yang bernama Shun, Yuuta, Yuuki, Kaname dan Chizuru.

(kalau kamu belum nonton season pertamanya sebaiknya tonton dulu bro)

Anime ini adalah salah satu anime damai yang bisa bikin hari kamu lebih baik, karena semua ceritanya berisi tentang “kisah bahagia” dari persahabatan.

Apa perbedaan season ini dan season sebelumnya? Hmmmpt, tidak memiliki banyak perbedaan sebenarnya, sederhananya ini cuman terusan season satu.

(tapi saya pikir season yang ini lebih berwarna dari sebelumnya karena ada beberapa “konflik” kecilnya)

#18. Kamisama Hajimemashita

Anime ini merupakan salah satu anime shojou romance yang disukai banyak orang, terutama penggemar anime perempuan.

Wajar ajah sih, karena anime ini anime shojou romance, yang artinya karakter utama dari anime ini adalah perempuan.

Sama halnya dengan laki-laki yang suka anime harem, dimana karakter cowoknya dikelilingi banyak cewek, ternyata cewek suka dengan anime dimana karakter ceweknya dikelilingi banyak cowok keren (reverse harem)

Anime ini punya plot cerita romance yang lumayan seru dan komedi yang lumayan lucu.

Sebenarnya saya sendiri agak kurang tertarik dengan anime ini, tapi adik perempuan saya sangat suka dengan anime ini dan dia bilang harus dimasukin ke daftar anime romance terbaik.

Ceritanya tentang seorang perempuan bernama Nanami Momozono, dia terlilit hutang dan rumahnya disita karena ayahnya yang hobi berjudi.

Ditengah-tengah keputusasaannya dia diselamatkan oleh seorang pria dan bilang boleh tinggal dirumahnya.

Namun betapa kagetnya Momozono karena rumah yang akan dia tinggali mulai sekarang ternyata adalah sebuah kuil, dan dia adalah dewa baru di kuil tersebut.

Di kuil tersebut dia bertemu dengan Tomoe, pelayan di kuil tersebut, nah kisah romantisnya adalah tentang Tomoe dan Momozono.

Animenya seru, dan karena itu di tahun 2012 (sampai sekarang) anime ini lumayan terkenal.

Epilog


Jadi gimana menurut kamu, apa ada yang salah atau ada anime yang belum saya masukan di daftar ini?

Kalau iya, tolong kasih tahu saya di form komentar untuk lebih menyempurnakan artikel ini.

Salam hangat dari sahabatmu Yuslogs ^_^, oiah jangan lupa juga, cek artikel saya tentang daftar anime harem terbaik yah..


EmoticonEmoticon