May 21, 2016

Review Heavy Object, Kisah 2 Sahabat Yang Hobi Bercanda Sampai Jadi Legenda!

Anime yang saya bahas kali ini kalau digambarkan dalam satu kata maka yang paling tepat adalah kata ASYIK.

Bisa dibilang anime ini mengutamakan kenyamanan para penontonnya, anime ini ada unsur actionnya tapi entah kenapa seserius apapaun keadannya kita tidak akan tegang.

Hal ini disebabkan karena sifat dan tingkah karakter utamanya.

Sebelum mulai ke poin-poin asyik anime ini, saya akan jelaskan dulu sedikit tentang anime yang judulnya Heavy Object ini.

Heavy Object itu adalah anime mecha yang tayang pada tahun 2015, anime ini asyik dan sangat saya suka saya lupa memasukan anime ini ke daftar anime terbaik tahun 2015 tapi ya sudahlah

Beda dengan anime mecha biasa yang tentang robot besar (gundam misalnya), anime ini tentang sebuah kendaraan super besar yang namanya Object.

Object ini bila dilihat dari bentuknya, seperti sebuah bola raksasa yang bisa bergerak kemanapun dan memiliki banyak meriam.

Bentuknya kayak gini ...

Tingginya sekitar 50 meter dan beratnya lebih dari 200 ribu ton, kendaraan ini sangat kuat sampai-sampai bisa meluluhlantahkan sebuah negara dan tidak akan hancur walaupun diserang menggunakan bom nuklir.

Karena benda ini sangat efektik dalam peperangan, maka semua negara berlomba-lomba untuk membangun Object.

Dampaknya peperangan kuno yang melibatkan ribuan orang diganti dengan perang menggunakan object.

Hal ini menghasilkan perang yang lebih bersih, perang yang tanpa perlu mengorbankan ribuan nyawa.

Normlanya karakter utama anime mecha itu adalah pilot dari robot (atau benda lain), tapi kalau karakter utama di anime ini juga pilot Object maka anime ini jadi engga jauh beda sama Crush Gear.

Karakter utama di anime ini ada dua yaitu seorang mahasiswa magang yang jadi seorang mekanik Object yang bernama Qwenthur dan seorang ahli radar yang bernama Havia.

Mereka berdua walaupun ada di garis depan peperangan, tapi hanya melakukan tugas-tugas kecil seperti mengeruk salju disekitar markas atau hal-hal lain.

(tentu saja ini semua berkat peperangan antar Object)

Namun pada suatu hari, Object yang ada di pihak mereka yang bernama Baby Magnum yang  dipiloti oleh seorang putri bernama Milinda Brantini kalah.

Normalnya ketika sebuah Object kalah maka peperangan berakhir, namun berbeda dengan peperangan kali ini, walaupu Object yang bernama Baby Magnum kalah, musuh tetap menyerang dan meluluh lantahkan markas.

Semua orang berusaha melarikan diri dari markas dan putri Milinda yang sudah kalah menjadikan dirinya sebagai umpan untuk memancing Object musuh.

Tapi ini tidak diterima oleh Qwenthur (dan Havia mengikuti), dia ingin menyelamatkan sang putri namun dengan resiko harus bertarung melawan monster mekanik yang beratnya 200 ribu ton.

(detilnya nonton ajah yah ^_^)

Singkat cerita mereka berhasil mengalahkan Object dan mendapatkan penghargaan, namun anime ini baru dimulai dari sini.

Karena Qwenthur dan Havia pernah mengalahkan sebuah Object, mereka akhirnya dikirim ke berbagai tempat untuk mengulangi keajabian yang pernah mereka buat (mengalahkan object)

Mulai dari bertarung melawan Object di tengah laut tropis, di gurun pasir, sampai di kutub utara.

Oiah ... walaupun saya bilang bertarung ini bukan berarti pertarungan yang memakai fisik loh, Qwenthur dan Havia menggunakan akal dan otak mereka untuk mensabotase Object-Object tersebut.

Singkatnya sih, anime strategi yang menggunakan otak sebagai senjata …

Setelah cerita pendek ini, saya yakin banyak yang salah paham dan punya gambaran berbeda tentang anime ini.

Tapi saran saya, coba tonton dulu saja anime ini dan kamu akan mengerti kenapa saya bilang anime ini asyik.

Kamu ga perlu jadi fans anime mecha untuk nonton anime ini, karena saya percaya ... anime ini bisa ditonton oleh kebanyakan fans anime.

Bahkan kalau kamu penggemar anime romance, anime harem komedi, atau bahkan anime fanservice, kamu tetap akan menikmati anime ini.

Untuk meyakinkan kamu nonton anime ini, saya akan kasih beberapa alasan lagi.

Tapi sebelumnya, ada baiknya kamu juga  baca tentang artikel anime romance anti mainstream yang judulnya Gosick bro, seru banget  loh.

#1. "Temen Ngoceh"

Normalnya sebuah anime punya satu karakter utama.

Tapi di anime ini karakter utamanya ada dua yaitu Qwenthur dan Havia (walaupun mungkin Qwenthur itu lebih mendominasi)

Nah, Qwenthur dan Havia ini selalu bersama-sama menjalankan misi apapun, dan ocehan mereka berdua saat ada dalam keadaan yang serius bikin keadaan serius itu jadi ga serius lagi.

Mereka berdua jadi kayak karakter badass yang banyak ngoceh namun pada saatnya akan mengalahkan Object yang mustahil dikalahkan manusia.

Yah intinya duet mereka berdua bikin anime ini makin ringan dan makin asyik untuk di tonton.

Biasanya Qwenthur yang sering jadi pemimpin dan Havia yang paling sering ngoceh tentang keadaan mereka.

Si Havia ini juga otaknya agak koplak.

Pokoknya mungkin jika dua karakter ini tidak dibuat seperti ini  (hobi ngoceh), anime Heavy Object mungkin tidak akan jadi seru kayak gini ^_^

#2. Semua Tentang Otak, Kesempatan, Keberuntungan dan Keberanian

Diatas saya kan bilang, Qwenthur dan Havia itu berkali-kali berhadapan dan menghancurkan sebuah Object.

Nah, untuk menghancurkan Object tersebut dibutuhkan Otak, kesempatan keberuntungan dan keberanian.

Biasanya sih kita akan dibikin tegang dengan kondisi Qwenthur dan Havia yang ada di ujung tanduk, kemudian Qwenthur tiba-tiba dapet ide setelah itu harus nyari celah agar ide dan strategi Qwenthur bisa dijalankan.

Ini bagian asyiknya bro, jadi disini kita akan diperlihatkan bagaiamana seorang manusia bisa menang melawan “Monster” (Object) walaupun terkesan musthail.

Dan ini dilakukan Qwenthur dan Havia berkali-kali di anime ini, yang membuat mereka berdua dikenal dan diwaspadai seluruh dunia.

Dijelaskan juga (di akhir) kalau mereka mungkin bisa menjadi orang yang mengubah pertarungan antar Object.

Bisa mengubah ke jalan tanpa perang, atau perang Object yang lebih parah.

#3. Plot Cerita Berulang Namun Asyik

Mungkin ada beberapa diantara kamu yang bingung kenapa saya sebut “Plot Berulang”, yah sebenarnya karena memang berulang.

Contohnya seperti ini, sebuah arc akan dimulai dengan sebuah prolog, kemudian nanti akan ada misi yang ditugaskan sama Qwenthur dan Havia, kemudian di tengah misi itu ada yang terjadi, dan mereka berhadapan dengan Object.

Arc ‘nya cuman muter-muter disitu ajah, ga ada plot cerita bersambung atau misteri yang bikin kita bingung di tiap arc ‘nya.

Biasanya plot cerita berulang ini beresiko membuat penonton membosankan, tapi karena ocehan Qwenthur dan Havia entah kenapa walaupun plot ceritanya berulang tapi tetep seru.

Plot cerita berulang yang normlanya bisa jadi senjata makan tuan, malah jadi bikin anime ini makins ayik ajah bro.

Karena kita semua suka kan kemenangan mustahil yang berulang? ^_^

#4. Karakter Utama Yang Punya Banyak Nyawa

Maksudnya engga secara harfiah bro.

Qwenthur dan Havia berkali-kali berada dalam keadaan terjepit dan tanpa harapan, namun biasanya ide-ide cemerlang Qwenthur yang muncul saat keadaan mendesak menyelamatkan mereka berdua.

Terkesan mereka sering banget lolos dari kematian, makanya saya bilang punya banyak nyawa.

Contohnya saat arc yang bertempat di gurun.

Qwenthur sudah terluka parah karena serangan Object dan Havia juga tidak bisa melakukan banyak hal, tapi entah kenapa mereka tetap bisa hidup.

Mungkin ini juga faktor keberuntunga, tapi hey … kalau mereka berdua mati bukannya anime ini ga lanjut lagi ? ^_^

Intinya sih … sang creator anime ini pengen banget bikin penonton merasakan bahwa keberuntungan dan keajaiban bisa dicapai dengan otak yang cemerlang dan kerja  keras yang disertai strategi.

#5. Hal Mustahil Yang Dilakukan

Salah satu hal yang bikin anime seru yaitu ketika si karakter utama mematahkan pandangan orang-orang terhadap suatu keadaan.

Dan keadaan yang ada di anime ini adalah “Manusia tidak bisa mengalahkan Object”.

Namun saat Qwenthur dan Havia bisa menghancurkan Object semua orang benar-benar kaget dan tidak percaya, berkat itu mereka juga  mendapatkan penghargaan dan dipanggil pahlawan.

Mungkin kalau mau digambarkan, keadannya sama seperti saat Naruto mengalahkan Pain dan disambut oleh seluruh warga desa.

Bedanya walaupun Qwenthur dan Havia dipanggil pahlawan, ini malah bikin nasib mereka makin apes karena berkat itu mereka sering melakukan misi untuk menghancurkan Object.

Selain itu, mengalahkan lawan yang mustahil bener-bener bikin penonton jadi terkagum-kagum sama karakter yang ada di dalamnya, plus dengan  impact yang besar … anime ini akan lebih terasa menyenangkan.

Kamu ngerti maksud saya kan? Bayangkan kalau kamu bisa menghancurkan sebuah bom nuklir yang sedang menuju ke arah kamu, dan ada orang yang melihat kamu melakukannya, dia menyebarkan keseluruh dunia tentang kehebatan kamu.

Bukannya kamu akan seneng ^_^

#6. Karakter Sedikit

Semakin banyak karakter penting dalam anime maka akan semakin rumit alur ceritanya, nampaknya hal ini tidak diterapkan di anime ini.

Karena kalau saya tidak salah, karakter yang benar-benar berperang penting di anime Heavy Object itu cuman 4 orang, yaitu Qwenthur, Havia, Putri Milinda, dan Mayor Floraytia.

Qwenthur itu pasangannya putri Milinda dan Havia pasanganya Floraytia (walaupun saya bilang pasangan tapi bukan kekasih).

Berkat karakter yang sedikit ini, anime ini jadi bener-bener sederhana dan sangat mudah untuk dinikmati.

Walaupun nantinya makin bertambah karakternya (kalau ga salah 2 karakter cewek lagi) tapi tetep yang diutamakan Cuma 4 orang itu.

Oiah, tentang penambahan karakter ini, sebenarnya sempet terjadi penambahan karakter yang belebihan di episode 17'an.

Waktu itu saya pikir nyebelin banget karena tiba-tiba nambahin 5 karakter sekaligus, entah kenapa  arc itu adalah arc yang paling saya tidak sukai di anime ini.

Tapi sepertinya bukan saya saja yang memiliki perasaan yang sama, melainkan orang-orang yang mengerjakan Light Novel dan anime ini.

Karena habis itu 3 karakter itu mati dalam sekejap, 1 menghilang tanpa jejak setelah arc dan satu jadi karakter yang agak penting kalau anime ini jadi season dua.

Yah  … pokoknya anime ini lebih bagus dengan karakter yang tidak terlalu banyak, karena pada akhirnya fokusnya cuman ke 4 orang ajah (Qwenthur, Havia, Putri Milinda dan Florraytia) ^_^

#7. Ada Pemanisnya Juga

Anime ini punya dua pemanis bro, yaitu Milinda dan Floraytia  (dua karakter penting juga).

Milinda itu lebih ke arah gadis manis sedangkan Floraytia itu lebih ke sexy, nah biasanya yang jadi subjek fanservice itu yang si Floraytia.

Dua karakter ini juga memiliki peran yang sangat penting di anime ini, yaitu Milinda sebagai pilot Object Baby Magnum (di pihak Qwenthur dan Havia) sedangkan yang menyusun strategi itu Floraytia.

Kombinasi dua cewek ini, bikin anime ini makin asyik dan manis ^_^

Saya sendiri lebih suka keimutan putri Milinda yang tulus melindungi semua orang.

Sifatnya yang agak cemburuan dan kekanakan juga bikin dia imut.

Putri Milinda itu tipe saya, kalau aja ada scence dia  pakai kacamata, udah pasti saya jadiin waifu sih.

Tapi kalau masalah body dan fanservice tentu saja  Floraytia menang kemana-mana ^_^

Epilog

Saya mungkin terlalu banyak ngoceh di review ini, tapi saya pikir tidak ada salahnya kalau kamu coba dulu tonton anime Heavy Object.

Saya yakin kamu akan suka kok, karena animenya memang asyik.

Bagi yang masih ragu-ragu dengan anime ini, sebaiknya download dulu ajah 5 episode, dan saya yakin kamu akan ketagihan.

Anime ini bukan anime serius atau anime yang punya Big Impact, tapi anime ini benar-benar salah satu anime yang menyenangkan dan asyik.

Walaupun ada beberapa bagian yang mungkin bagi kamu akan terasa membosankan (tapi saya engga), secara keseluruhan saya sangat suka dengan anime ini.

Ini adalah anime Mecha-Military pertama yang benar-benar saya sukai  ...  btw kalau  kamu suka dengan artikel ini, mungkin kamu juga harus baca artikel saya tentang Plastic Memories yang udah bikin banyak orang nge-feel. ^_^


EmoticonEmoticon