July 2, 2016

Buat Kamu Yang Belum Nonton dan Masukan Kiznaiver Kedalam Daftar Favorit Kamu, Ini Ulasannya!

Mari kita mulai dengan sebuah pertanyaan biasa ^_^

Pernahkah kamu terluka?

Hmmpt, maaf bertanya hal konyol seperti itu, sebenarnya saya juga tahu kalau semua orang pasti pernah mengalami hal yang namanya terluka (baik fisik maupun mental)

Tapi kalau pertanyaannya saya ganti jadi … Pernahkah kamu “membagi luka”?

Apakah masih terdengar konyol?

Maksud saya …

Jika kamu memikirkan luka yang bersifat fisik, walaupun ilmu kedokteran sekarang sudah berkembang, “membagi luka” masih mustahil dilakukan kan?.

Dan bagi kamu yang memikirkan luka yang bersifat mental (psikis/hati) maka pasti akan ragu-ragu, karena walaupun pernah “menceritakan luka” kepada seseorang bukan berarti orang yang diceritakan tersebut akan mengalami luka tersebut.

Sebenarnya jika saya jelaskan lebih lanjut tentang hal ini maka tidak akan ada habisnya karena yang bisa saya lakukan hanya membuat teori.

Tapi sangat penting bagi saya untuk menekankan kata ”membagi luka” di artikel ini karena sangat erat hubungannya dengan anime yang akan saya bahas.

Sebelum mulai, saya ingin kamu bayangkan sesuatu.

Misalnya … misalnya semua orang di dunia ini saling terhubung dan saling berbagi rasa sakit baik fisik maupun mental, kira-kira apa yang akan terjadi pada dunia ini?

Contoh sederhananya, ketika ada seorang yang memukul kamu, tidak hanya kamu yang merasakan sakitnya, melainkan temanmu, keluargamu, kekasihmu bahkan orang yang memukul kamu juga merasakan luka yang kamu rasakan.

Kira-kira akan bagaimana dunia ini?

Contoh lainnya, ketika kamu dihina dan dipermalukan habis-habisan oleh seseorang, maka yang akan merasakan sakit karena dipermalukan itu bukan hanya kamu saja melainkan juga orang yang menghina kamu, kelaurgamu dan seluruh manusia yang ada di muka bumi.

Jika hal ini benar-benar terjadi, apa kira-kira yang akan tejadi pada dunia?

Untuk jangka pendek mungkin akan terjadi kekacauan, tapi dalam jangka waktu panjang akan tercipta yang namanya Utopia.

Tapi kita tidak akan sampai ke pembahasan Utopia, karena ini hanya contoh saja ^_^

… contoh penting yang harus saya berikan.

Saya menceritakan hal itu karena Utopia tersebut adalah tujuan dari anime ini, anime yang berisi tentang hubungan manusia melalui luka.

Anime yang berjudul Kiznaiver.

#Prolog

Anime ini berlatar di sebuah kota misterius yang kabarnya adalah kota yang dibangun demi sebuah percobaan tertentu.

Awalnya kota ini adalah tempat tinggal para ilmuan dan orang yang berhubungan dengan penelitian, tapi sepertinya sekarang juga ditempati oleh warga sipil.

Termasuk seseorang yang bernama Katsuhira.

Katsuhira adalah karakter utama dari anime Kiznaiver ini, dan ciri yang paling mencolok dari Katsuhira adalah dia tidak bisa merasakan sakit dan selalu memiliki ekspresi biasa saja walaupun dihajar habis-habisan.

Katsuhira
Sebenarnya daripada disebut kalem, lebih tepat kalau dibilang dia TIDAK BISA peduli dengan hal yang ada disekitarnya.

Selain Katsuhira, ada juga 6 orang lainnya yang memiliki kepribadian yang “unik” yang nantinya jadi fokus utama cerita di anime ini.

Pada suatu hari 6 orang ini + Katsuhira tiba-tiba diculik oleh sekelompok orang yang memakai kostum aneh.

Pas diculik
7 orang ini tidak tahu akan dibawa kemana mereka. Namun saat bangun mereka tiba di sebuah tempat yang tidak diketahui.

7 orang ini untuk pertama kalinya dalam seumur hidup bertemu dan menemukan bahwa mereka telah menjadi bahan percobaan dari penelitian yang disebut Kiznaiver.

Sebuah sistem yang memungkinkan 7 orang ini berbagi rasa sakit satu sama lain.

Pertemuan Pertama (hanya 6 orang, karena orang nomor 7 agak berbeda)
Sebagai contoh, ketika Katsuhira dipukuli oleh seseorang maka yang merasakan sakitnya bukan cuman dia saja, melainkan 6 orang lainnya, begitu pula sebaliknya.

Bisa dibilang, ini adalah percobaan untuk menciptakan dunia yang saya sebutkan di pengantar di atas ^_^ (walaupun untuk sekarang hanya bisa membagi luka dari fisik saja)

Dari sini, mereka bertujuh harus menjalani musim panas bersama-sama yang nantinya akan membuat hidup mereka pernuh dengan warna, roman dan drama.

Mungkin kedengarannya anime ini serius, tapi tenang aja, ini bukan anime serius seperti yang khayalan liar kamu bayangkan.

Karena walaupun saya bicara kesana-kesini, intinya anime ini cuman bercerita tentang 7 anak SMA yang mengisi waktunya dengan kisah pertemanan, roman dan kesedihan.

Singkatnya, tidak jauh berbeda anime school yang sudah banyak sekali kamu tonton ^_^

Jadi apa yang menarik dari anime ini? Sebelum saya mulai ada baiknya saya bilang kalau unsur Sci-fi di anime ini hanya sedikit dan yang membuat saya suka anime ini adalah …

#1. Tidak Ada Karakter Yang Membosankan

Ciri khas yang paling mencolok dari anime ini adalah karakternya … karena memang setting cerita anime ini adalah tentang pertemuan 7 orang remaja yang memiliki kepribadian dan sifat yang unik.

Dengan sifat mereka … normlanya 7 orang ini tidak akan pernah menjadi teman … dan karena HARUSNYA tidak pernah bertemu, menurut kamu apa yang terjadi ketika mereka bertemu?

Yang terjadi di anime ini sih … adalah terciptanya sebuah kelompok unik yang terhubung dengan ikatan yang sangat kuat (setidaknya ujungnya).

di awal-awal anime ini tayang, disebutkan juga bahwa mereka mewakili tujuh dosa mematikan versi modern. (walaupun engga terlalu di tekankan)

Karakter favorit saya di anime ini adalah Nico, dia enerjik, sedikit bodoh, paling lugu dan kekanakan, namun senyumannya manis ^_^

Nico
Intinya selain plot ceritanya, anime ini sangat menekankan pada karakternya sehingga saat menonton kamu tidak akan merasa bosan sedikitpun dengan obrolan dan apa yang mereka lakukan.

#2. Plot Cerita Tentang Persahabatan

Seperti yang saya bilang, walaupun di prolog saya bilang anime ini kedengeran seperti sci-fi serius, tapi sebenarnya tidak seperti itu.

Walaupun memang “main problem” di anime ini adalah sistem Kizna, tapi sistem itu juga yang memicu persahabatan di anime ini.

Sebenarnya untuk plot ceritanya tidak terlalu rumit, hanya tentang remaja yang harus menghabiskan musim panasnya bersama-sama kemudian saling mengenal lebih dalam (lewat trauma, kesedihan, dan waktu yang menyenangkan).

Tapi walaupun begitu, entah kenapa walaupun sederhana anime ini tetap menarik, dan saat saya mencari tahu alasannya ternyata memang di unsur itu.

Unsur persahabatan (dan romance ‘nya)

Intinya sih, walaupun alur ceritanya tidak terlalu rumit ada beberapa bagian yang agak mengejutkan dan agak susah di tebak.

Dan alasan kenapa susah di tebak adalah karena anime ini mengutamakan unsur persahabatan (dan sedikit romance)

#3. Soundtrack Yang Menambah Feel

Hal lain yang mencolok dari anime ini adalah backgorund music ‘nya.

Saat susana menjadi penuh kebahagian background music dari anime ini menambah feel ‘nya, dan saat suasana menjadi agak “drama” tiba-tiba background music ‘nya berubah jadi penuh tekanan.

Background music ‘nya menyatu dengan sangat baik, sehingga kadang kita ga bakalan sadar kalau dalam sebuah adegan ternyata juga diiringi oleh background music.

Yah … saya sih engga terlalu mengerti tentang background music ini, tapi yang jelas unsur ini menyatu dengan baik, dan menghasilkan feel yang lumayan.

Btw, lagu opening dan ending dari anime ini juga lumayan enak didenger loh…

#4. Ada Sedikit Cinta-Cintaan

Oiah, saya belum bilang yah, kalau 7 orang karakter ini teridiri dari 3 orang perempuan dan 4 orang laki-laki + 1 lagi perempuan (sebenernya 8 orang sih)

Dan karena mereka menghabiskan banyak waktu bersama-sama, jadi wajar saja kalau ada diantara mereka yang saling suka.

Gimana menurut  kamu?
Tapi situasinya jadi rumit karena timbul yang namanya lingkaran cinta. (pengen bilang segitiga sih, tapi ini lebih dari 3 orang)

Mungkin kamu-kamu yang nonton anime buat cari baper cocok nonton anime ini ^_^

Oiah, tentang unsur romance di anime ini … sebenarnya ga ada adegan “lovey dovey”, cuman dari tengah ke ujung unsur romance ‘nya agak mendominasi itupun berhubungan dengan kebenaran dari penelitian sistem Kizna.

Kalau kamu aktif di Facebook mungkin pernah denger rumor tentang anime ini yang masuk kategori NTR (NTR versi Indonesia) dan mungkin saja hal itu benar loh ^_^

Saya sih awalnya tidak berpikir anime ini akan masuk ke alur tersebut, tapi romance dari anime ini jadi bumbu keren yang bikin persahabatan di anime ini jadi lebih asyik.

#Epilog

Entah kamu baca artikel berantakan diatas atau tidak, yang jelas menurut saya anime ini lumayan seru, plot ceritanya asyik, persahabatannya dapet, dan romancenya lumayan.

Sebenarnya, saya engga terlalu berharap dengan anime ini, tapi menurut saya anime ini cocok untuk kamu yang suka dengan anime-anime yang berbau romance school.

Saya sendiri tidak memasukan anime Kiznaiver ini kedalam daftar anime terbaik (yang khusus saya bikin sendiri di excel komputer saya) tapi setidaknya anime ini masuk ke daftar saya tentang anime yang lumayan menyenangkan.

Buat kamu yang penasaran dengan anime ini, saran saya tonon 7 episode pertama sekaligus yah, karena dari episode itu kamu mulai mengerti dengan karakter dan kondisi di anime ini.

Saya minta maaf karena artikelnya agak berantakan, tapi saya harap artikel ini bikin kamu penasaran sama anime Kiznaiver…

Btw, tentang art dan grafis, saya pribadi menganggap grafisnya bagus dan artnya enak di pandang, tapi kata beberapa orang terlalu banyak warna.

Jadi saya ga masukin di point di atas (lagian saya bingung juga kalau ngobrolin tentang grafis)

Buat kamu yang belum nonton saya sarankan kamu untuk segera menontonnya ^_^

#Bonus







Tambahan .... cek artikel  saya yang lain di daftar isi, dan  cek daftar anime romance terbaik yang sudah saya susun jadi 49 judul ^_^


EmoticonEmoticon