August 13, 2016

Apa Cuman Saya Yang Ngerasa Kalau Re:Zero Itu Mirip Sama Steins;Gate?!

Di pertengahan 2016 ini, ada sebuah anime yang bikin fans anime di seluruh dunia kaget dan terkesan.

Judul animenya Re:Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu, atau sinonim pendeknya Rezero.

Rezero bercerita tentang seorang pemuda yang tiba-tiba berada di dunia lain.

Konsepnya mungkin agak mainstream tapi alur ceritanya epic banget, saya pikir Rezero ini  adalah Steins;Gate yang digabung sama Konosuba

Artikel ini saya buat sebelum episode 19 muncul.

Seperti yang kita semua ketahui bahwa anime ini bercerita tentang Natsuki Subaru yang tiba-tiba berada di dunia lain dan singkat cerita terlibat banyak masalah.

Nah ... di anime ini ada satu hal penting yang bikin anime ini jadi epic yaitu kemampuan/kutukan yang ditanamkan pada Subaru.

Kemampuan ini mampu membuat Subaru kembali ke masa lalu di checkpoint tertentu, namun kemampuan ini hanya aktif ketika Subaru mati.

Kemampuan ini mengingatkan saya sama Time Leap nya Steins;Gate.

Awalnya sih cuman iseng ajah tapi setelah dipikir-pikir ternyata banyak sekali kemiripan antara anime Rezero dan Steins;Gate

Dan ini adalah 8 alasan kenapa saya berpikir Rezero itu mirip banget sama Steins;Gate

#1. Time Leap

2 Orang Yang Melakukan Time Leap
Kekuatan Subaru dan alat yang dikembangkan Okabe Rintaro dkk hakekatnya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengirimkan pengalaman dan pengetahuan ke masa lalu.

Hanya saja karena Rezero itu fantasy maka kemampuan tersebut didasari oleh sihir sedangkan di Steins;Gate kemampuan itu bisa dilakukan karena Okabe tidak sengaja menciptakan alat yang bisa mengirim pesan ke masa lalu..

Tentu saja kalau cuman bicara tentang time leap ada 2 anime lain yang didalamnya terdapat hal yang sama, yaitu Time Leap di anime Charlotte dan Revival di Boku Dake ga Inai Machi

(ada juga film Hollywood yang judulnya Edge of Tomorrow dan manga All You Need is Kill)

Alasan karakter utama di dua anime ini kembali ke masa lalu juga sama yaitu untuk menolong seseorang.

Seriusan, saya jadi inget sama game-game VN kalau nonton dua anime ini.

Maksud saya anime ini sama ketika kita sedang main VN karena sama-sama harus mencari jalan keluar dari sebuah masalah, mencari pemicu event tertentu, dan melakukan hal yang sama berulang-ulang agar bisa menyelesaikan masalah dan bisa selamat.

Karena itu saya pikir aman kalau saya bilang pondasi cerita dari dua anime ini sama.

Selanjutnya adalah ...

#2. 2 Heroine

Heroine Yang Punya Peranan Sama
Di Steins;Gate 2 Heroine utamanya adalah Shiina Mayuri dan Makise Kurisu sedangkan di Rezero 2 Heroine utamanya adalah Emilia sama Rem.

Kalau kamu jeli mereka berempat memiliki kemiripan.

Kalau kamu perhatikan Makise Kurisu punya peran yang sama seperti Rem sedangkan Mayuri punya peran yang sama seperti Emilia.

Begini ... Rem dan Kurisu selalu mencoba membantu karakter utama dalam keadaan apapun sedangkan Emilia dan Mayuri jadi karakter yang berusaha untuk ditolong karakter utama.

Bukankah ini mirip?

Walaupun sifat mereka berbeda tapi fungsi perannya sama.

Bagi yang tidak setuju coba inget-inget lagi semua hal yang dilakukan Makise Kurisu untuk Okabe Rintaro, walaupun tidak se-ekstrim Rem tapi Kurisu juga berusaha untuk menolong karakter utama.

Selain itu dua karakter ini juga sama-sama suka karakter utama, bedanya kalau Kurisu itu Tsundere sedangkan Rem Deredere.

Disisi lain Emilia dan Mayuri juga punya kemiripan peran, mereka berdua adalah orang yang paling ingin ditolong sama karakter utama.

Walaupun sifat dan setting mereka berdua berbeda, sekali lagi saya bilang mereka punya peran yang sama, peran sebagai karakter yang berusaha untuk di tolong.

Bukankah ini juga mirip?

#3. Tokoh Utama Yang (Awalnya) Tidak Berguna dan Hanya Bisa Mengoceh

Karakter Yang Kadang Terlalu Percaya Diri dan Kadang Tidak Berguna
Okabe Rintaro adalah seseorang yang memberi julukan dirinya sendiri sebagai “Mad Scientist” dia punya kepribadian yang agak konyol dan sangat percaya diri.

Sedangkan Natsuki Subaru adalah seorang yang fleksibel dalam menilai keadaan dan sama seperti Rintaro dia juga sangat percaya diri.

Sekilas dua karakter ini terlihat mirip, tapi di poin ini bukan kemiripan itu yang ingin saya bahas melainkan mereka berdua sama-sama pernah terjebak dalam keadaan “tidak berguna”.

Karena mereka bedua sama-sama memiliki kepercayaan diri yang tinggi, mereka berdua sering bertingkah dan membuat dirinya seolah-olah bisa melakukan segalanya dan bisa diandalkan.

Tapi hal ini berbanding terbalik saat mereka mengalami masalah yang sebenarnya, berulang kali saat terjadi masalah mereka berdua gagal untuk menyelamatkan orang-orang yang mereka cintai.

Dan ini alasan kenapa saya bilang mereka berdua tidak berguna, mungkin agak kejam sih tapi saya pikir itu kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan mereka.

Tentu saja ketidak bergunaan ini menjadi hal positif buat dua anime ini karena membuat karakter utamanya menjadi lebih realistis dan mirip dengan kebanyakan orang di dunia nyata.

Bahkan dua-duanya juga sempat ingin menyerah, tapi tentu saja hal ini hanya untuk sementara.

#4. Depresi Tokoh Utama

Subaru dan Rintaro dua-duanya pernah depresi dan hampir gila dengan alasan yang sama yaitu tidak kuat melihat orang yang mereka ingin lindungi mati berkali-kali.

Namun beruntung karena mereka berdua ditolong oleh perempuan yang menyukai mereka yaitu Kurisu dan Rem.

Titik dimana depesi ini muncul ini juga sama yaitu saat mereka merasa diri mereka tidak berguna (poin 2)

Dan fungsi dari depresi dan kegilaan di dua anime ini juga sama, yaitu sebagai titik balik keadaan dari Subaru dan Rintaro.

Bedanya Depresi Subaru lebih ekstrim daripada Rintaro.

#5. Bencana di Masa Depan

Di Steins;Gate ada 2 bencana besar yang harus dicegah dan diperbaiki oleh Rintaro, sedangkan di Rezero walaupun sudah jelas akan terjadi 2 bencana besar tapi bisa saja jumlah bencananya bertambah.

Saya pikir setting ini juga mirip karena si karakter utama selain berusaha untuk menolong orang-orang yang mereka sayangi juga secara tidak langsung mencegah terjadinya bencana tersebut.

Saya tidak bisa mengungkapkan banyak hal tentang ini karena Rezero sendiri belum tamat dan agak susah untuk prediksi ujungnya.

Tapi yang jelas konsep di bagian ini sama.

#6. Organisasi dan Orang Misterius

Moeka (gadis di kanan gambar) dan Betelegeuse
Mungkin akan memancing perbedaan pendapat tapi ini menurut saya.

Orang misterius di anime Steins;Gate adalah John Titor, orang yang mengaku datang dari masa depan dan orang yang memberitahu Rintaro tentang “Leading Steiner”

Sedangkan di Rezero orang misteriusnya ada beberapa orang, tapi menurut saya yang paling misterius adalah Satella.

Sedangkan untuk Organisasi misterius, dua organisasi ini sama-sama berniat untuk menguasai dunia dan jadi ancaman utama untuk Heroine yang akan diselamatkan (Mayuri sama Emilia)

Perbedannya mungkin hanya tentang kebenaran Satella dan John Titor saja karena kalau kamu sudah nonton Steins;Gate kamu tahu kalau John Titor itu adalah kawan sedangkan Satella adalah penyihir yang paling dibenci.

Tapi sebenarnya ini juga belum jelas apakah Satella itu adalah tokoh antagonis atau bukan, karena bisa saja ada sebuah kejadian tertentu yang memaksa Satella harus berperan sebagai orang jahat.

Btw, karena saya bilang organisai akan tidak lengkap rasanya kalau tidak menyebutkan dua karakter utama yang jadi “wajah” dari organisasi misterius tersebut yaitu Betelgeuse dan Kiryuu Moeka.

Walaupun Moeka sama Betelegeuse memiliki motif, sifat dan kelakuan yang berbeda mereka berdua punya peran yang sama, yaitu sebagai ancaman untuk karakter utama.

#7. Karakter dan Interaksi Yang Menjadi Kunci

Seperti yang saya sebutkan di poin pertama, dua anime ini serasa seperti kita sedang memainkan sebuah VN.

Karakter utama harus berinteraksi dengan karakter tertentu agar bisa mengatasi sebuah masalah.

Contohnya di anime Steins;Gate Rintaro harus berinteraksi dengan si gadis pekerja paruh waktu untuk bisa bertemu dengan John Titor (no spoiler)

Sedangkan di anime Rezero Subaru terkesan harus melakukan sesuatu agar seseorang mau membantunya.

Contohnya seperti Subaru yang harus meyakinkan Rem walaupun dia memiliki “Bau penyihir” tapi dia bukanlah musuh (dan membuatnya jatuh cinta).

#8. Studio Yang Sama

White Fox
Sebenarnya ini adalah hal yang baru saya ketahui tapi ternyata setelah saya cek dua anime ini dibuat oleh studio yang sama, yaitu White Fox.

Ini juga yang membuat anime ini memiliki plot yang “tanpa lubang”, karena setahu saya White Fox itu terkenal karena memiliki kelebihan di “cerita yang rapih”.

Walaupun agak berbeda dua anime ini juga punya kemiripan di bagian art, yah wajar sih karena studionya sama.

#Hal yang saya harapkan dari Rezero

Jika membandingkan dua anime maka tentu akan mengerucut ke sebuah pertanyaan yaitu:

"Mana yang lebih bagus Rezero atau Steins Gate?"

Kalau dibandingkan seperti ini sebenarnya saya ga bisa jawab karena dua-duanya sama-sama epic dan sangat menarik.

Tapi menurut saya pribadi Rezero memiliki kemungkinan untuk melakukan pelebaran cerita yang lebih luas.

Masih banyak hal yang bisa di eksploitasi dari setting, karakter dan semua dialog dari Rezero.

Maksud saya, walaupun sudah satu season anime ini masih belum mengungkapkan siapa itu Satella, alasan Subaru dipanggil (dikirim) ke dunia lain, perjanjian dengan Naga, hubungan Puck dan Emilia, hubungan Emilia dan Satella, Hubungan Puck dan Satella, asal mula Majuu dan hal lainnya.

Jadi saya sangat berharap pada anime Rezero yang belum selesai ini.

#Kesimpulan

Mungkin tidak akan ada banyak orang yang setuju sama saya, karena walaupun dengan 8 alasan diatas jika dipikir secara sederhana anime Rezero itu engga terlalu mirip sama Steins;Gate.

Tapi saya berani bilang kalau pondasi dari anime Rezero ini sama dengan pondasi dari anime Steins;Gate, dan itu dasar saya kenapa berani bilang kalau Rezero itu mirip Steins;Gate.

Kalau menurut kamu bagaimana? Apakah setelah dilpikir-pikir anime Rezero itu memang mirip Steins;Gate? Atau ada poin kemiripan lain yang saya lupakan? Atau ada kesalahan di artikel ini?

Semuanya bisa kamu ungkapkan di form komentar ^_^ btw, jangan lupa untuk share artikel ini, biar semua orang tahu tentang persamaan dua anime ini ...


EmoticonEmoticon