August 29, 2016

Wawancara Eksklusif Dengan Watanabe Saki : Orang Penting Dalam Anime Shinsekai Yori!

Wawancara ini hanya fiktif belaka, dan hanya sebuah fanfiction.

Kamu pernah merasa bahwa ada yang aneh dengan keadaan di sekitarmu?

Maksud saya ketika kamu perhatikan dengan seksama ada sesuatu yang mengganjal walaupun semuanya terlihat normal.


“Aku tahu, ada hal yang tidak beres disekitarku, walau aku tidak tahu itu apa.” Mungkin itu yang akan kamu pikirkan.

Nah, jika kamu dalam kondisi seperti itu, ada seorang heroine yang juga pernah memiliki perasaan yang sama dengan yang kamu miliki namanya Watanabe Saki dan dunianya yang bernama Shinsekai Yori.

Mengapa Saki?

Karena Saki adalah salah satu dari sedikit heroine yang tidak mengetahui hal-hal dasar tentang dunia yang dia tinggali.

 Dia memiliki banyak pertanyaan tentang dunia ini, lingkungan disekitarnya dan orang-orang di dekatnya.

Dengan mengikuti perjalanan Saki dalam anime Shinsekai Yori, kamu bisa menentukan apakah yang kamu rasakan itu benar atau salah.

Kamu akan tahu apakah dunia disekitar kamu, orang-orang di dekat kamu, dan di rumah kamu terdapat hal yang tidak beres.

Nah, bagi kamu yang ingin berkenalan dengan Saki, tenangkan hati dan pikiran, siapkan buku catatan, dan bersiap untuk tenggelam di dalam dunia penuh fantasy dan petualangan.

Karena ini adalah wawancara saya Kinsoshita Hideaki (KH) dan Watanabe Saki sang orang penting di anime Shinsekai Yori.

Symphony No. 9 (Dvořák), 2nd Movements, Largo


Musik instrument di atas adalah musik yang saya dengar waktu saya bertemu dengan Saki di ruang tamunya.

“Aku sudah mendengarkan musik itu sejak kecil. Musik yang penuh dengan kenangan. Aku tidak menyangka bahwa biography diriku telah dijadikan light novel, manga dan anime. Sampaikan terima kasihku pada A-1 Pictures” kata Saki membuka awal interviewnya dengan saya.

KH : Memang musik ini sangat special, karena musik ini dibuat oleh Dvořák dengan pengaruh dari kebudayaan Afrika dan Amerika, yang notabene keadaan lingkungannya hampir sama dengan keadaan lingkungan di mana anda tinggal saat itu.

WS : Memang benar, dengan latar belakang suasana pedesaan yang asri, lagu ini memang sangat cocok dengan tempat tinggal saya, dalam hal ini cocok dengan anime ini. Mengingat judul anime ini memiliki arti yang sama dengan judul instrument ini, yaitu Dari Dunia Baru.”

KH : “Seperti halnya musik ini, anime Shinsekai Yori juga mampu membawa para penontonnya untuk lebih terhanyut, dan menimbulkan rasa penasaran mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya. Apakah anda sependapat dengan saya?”

WS : “Saya setuju, karena saya memang mengalaminya sendiri. Di tengah-tengah begitu banyak pertanyaan, saya dan teman-teman saya masih harus menjalani beberapa petualangan yang sangat seru dan menegangkan. Petualangan dengan nuansa misteri yang kental. Benar-benar menghanyutkan bagi yang menonton anime ini.”

Tanpa sadar Saki menitikkan air mata

WS : “Maaf, saya teringat dengan beberapa teman masa kecilku yang hilang secara misterius. Lagu ini selalu kami dengarkan bersama di waktu sore. Lagu yang menjadi alarm bagi kami, anak-anak untuk segera pulang ke rumah. Saya sangat merindukan saat bersama dengan mereka.”

Kemampuan Psychic


KH : “Jadi, semua bermula ketika pada suatu hari beberapa orang di dunia, tiba-tiba kehilangan kontrol atas sebuah kemampuan yang aneh. Kemampuan Psychic. Kemampuan yang mereka sendiri tidak sadar bahwa mereka memilikinya, karena kehilangan kontrol maka dengan kemampuan itu mereka menjadi pribadi yang berbeda dan mulai membunuh orang-orang yang ada di sekitar mereka.”

WS : “Cerita berlanjut dengan menggambarkan tentang kehidupan di sekolah. Kehidupan sekolah saya dan teman-teman saya. Jika dilihat secara umum, ceritanya jadi agak tidak nyambung.”

Saya tertawa mendengar perkataan Saki.

KH : “Masak tidak nyambung sih?? Kalo menurut saya sih nyambung. Karena di awal kan temanya Kemampuan Psychic, lalu disambung dengan Saki yang bersekolah di sekolah yang berhubungan dengan Psychic juga kan??”

WS : “Memang kalo dilihat dari sisi itu memang agak nyambung. Tapi bagi saya tetap agak maksa nyambungnya. He he he. Maafkan saya, Masashi Sogo-san. (penulis naskah anime Shinsekai Yori)”

KH : “Anime dengan genre kemampuan psychic kan juga banyak dipasaran, kalo menurut Saki, apa yang membuat Shinsekai Yori layak untuk ditonton??”

Saki berpikir sebentar, lalu berkata “Hmm, karena anime ini sendiri juga memiliki kemampuan psychic untuk menarik rasa ingin tahu dan penasaran dari para penontonnya.”

KH : “Untuk hal itu saya setuju, saya sudah menonton anime ini dua kali. Saat saya menonton 2-3 episode awal anime ini, saya memang bingung, tetapi walaupun bingung, saya juga makin penasaran dengan jalan ceritanya.”

WS : “Apalagi apa yang kita ingin tahu, tidak langsung dijawab oleh anime ini. Anime ini menjawab sedikit, lalu memberi lebih banyak fakta, pernyataan, dan pertanyaan kepada kita. Jadi secara tidak langsung para penonton jadi semakin ingin menonton kelanjutannya.”

KH : “Kalo saya boleh menambahkan, yang menjadi daya tarik anime ini adalah walaupun para heroinenya memiliki kemampuan psychic, tidak lantas semua tantangan bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah. Butuh lebih dari sekedar kemampuan psychic untuk bisa bertahan hidup.”

Saki mengangguk setuju.

Masa Lalu atau Masa Depan??


WS : “Wah, anda jujur sekali. Aki-san. Memang agak membingungkan judulnya Dari Masa Depan, alur waktunya 1000 thn setelah tahun 2013, tetapi kok tidak ada teknology sama sekali. Bahkan yang menjadi setting lokasi anime ini adalah, pedesaan, pegunungan, hutan. Pokoknya tidak tercermin masa depan sama sekali.”

KH : “Saya mewakili isi hati para penikmat anime.”

WS : “Kalo menurut saya teknology dan peradaban di dunia itu sama seperti roda yang berputar. Ada saatnya peradaban ada di bawah (masih belum maju), ada saatnya di atas (sudah sangat maju). Hmm, seperti peradaban Atlantis dan Mahabarata, kurang lebih. Aki-san tahu kan kedua peradaban ini?”

KH : “Ya, saya tahu. Ada teori yang mengatakan bahwa peradaban Atlantis dan Mahabarata sangat maju. Bahkan untuk Mahabarata sudah menemukan laser, lalu karena peradaban kembali turun dan sulit untuk menemukan benda yang sesuai dengan laser, maka laser diganti dengan panah. Ribuan panah yang melayang pada saat yang bersamaan.”

WS : “Metode untuk mensubtitusikan hal-hal atau benda-benda yang sifatnya modern dengan hal-hal atau benda-benda yang ada pada saat itu juga dilakukan di dalam anime ini. Seperti android perpustakaan yang sangat canggih yang disamakan dengan mahluk supranatural yang ganas dan berbahaya.”

KH : “Setelah saya menonton anime ini, saya jadi semakin yakin bahwa dahulu, pada peradaban Atlantis dan Mahabarata, teknology sudah lebih maju daripada sekarang.”

WS : “Terlihat sederhana, tetapi sudah maju. Dikatakan maju, tetapi teknologynya tidak terlihat. Anime ini memang sangat menarik untuk diikuti.”

We Are Not Alone


WS : “Salah satu kata-kata paling populer. Selain kita disuguhi dengan pertanyaan, fakta, dan lebih banyak pertanyaan; di anime ini juga diperkenalkan beberapa mahluk selain manusia. Seperti Goma dan Akki.”

WS : “Ada beberapa yang terlihat tidak berbahaya, ada yang sangat berbahaya, ada yang tidak berbahaya. Kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap mahluk digambarkan dengan jelas di anime ini.”

KH : “Bahkan ada beberapa mahluk di dalam anime ini yang menjadi faktor penentu dan faktor penyebab sang heroine mengalami beberapa petualangan yang sangat menegangkan.”

KH : “Selain itu dengan adanya kesadaran bahwa 'kita tidak sendiri', memberi sensasi tersendiri bagi para penonton setiap kali mengikuti petualangan para heroine. 'Jangan-jangan', 'Apa yang terjadi?', 'Kok jadi seperti itu?' seperti inilah kata-kata yang timbul dari efek we are not alone - nya Shinsekai Yori.

WS : “Jangan lupa, 'kita tidak sendiri' bisa diartikan bahwa ada seseorang yang selalu memperhatikan kita, dan muncul dihadapan kita di saat yang tidak kita duga. Melakukan interview ini membuat saya jadi ingin menonton anime ini lagi. Banyak hal yang ingin saya nikmati kembali, terutama rasa tegang dan rasa petualangannya.”

Manusia


WS : “Yang bisa saya dapatkan dari anime ini adalah, selain rasa tegang, rasa penasaran, rasa takut, rasa petulangan, rasa thriller, rasa kejutan, rasa mencekam, anime ini menunjukkan bahwa semua berawal dan berakhir oleh manusia. Manusia yang memulai manusia yang mengakhiri.”

WS : “Dengan kata lain, anime ini secara tidak langsung mendorong para penontonnya untuk berani mencoba, dan berani untuk mempertahankan apa yang dimiliki. Karena pada akhirnya mereka yang mampu bertahanlah yang akan menang.”

KH : “Walaupun didesak oleh berbagai banyak mahluk, pada akhirnya manusialah yang berdiri paling akhir. Tentu saja perjuangan manusia tidak mudah. Sangat tidak mudah. 25 episode anime ini menjabarkan dengan jelas bagaimana perjuangan manusia untuk selamat dan untuk membayar kesalahan yang telah mereka buat.”

Jadi, setelah kamu membaca dan mengikuti wawancara saya dengan Saki, apakah kamu menjadi tertarik untuk melihat anime ini?? Apakah perasaanmu masih bingung? Kalo masih bingung dan merasa ada yang aneh, berarti hatimu memang ingin kamu untuk menonton anime ini. He he he.

Jika kamu penggemar misteri atau thriller, kamu wajib nonton anime ini. Jika kamu tidak terlalu suka, kamu bisa mulai belajar menyukai genre misteri atau thriller dengan menonton anime ini. Saya jamin setelah menonton anime ini, kamu akan mulai tertarik dengan anime yang bergenre sejenis.

Yang bisa saya jamin dari anime ini untuk kamu adalah rasa tegang dan penasaran. Ditambah dengan latar belakang sejarah, fakta-fakta yang mengejutkan, perubahan-perubahan alur cerita, membuat anime ini benar-benar sangat berkenan di hati.

Seperti kata Saki, setelah saya menulis review ini, saya jadi ingin menonton anime yang mulai tayang pada fall 2012 ini. Dengan background sound dan teknik penggambaran yang khas, anime ini menjadi anime menegangkan pertama yang saya tonton dan saya suka.

Akhir kata, saya dan Saki mengucapkan selamat menonton. Nikmati ketegangan dan petualangannya. Terima kasih. Baca juga : Review Zankyou no Terror dan Persamaan Antara Anime Rezero dan Steins;Gate.

Penulis : Kinoshita Hideaki


EmoticonEmoticon