September 4, 2016

KimiKiss, Anime Ini Romance-nya Bisa Disejajarkan Dengan Clannad!

Jika berbicara tentang tahun 2007, maka pada tahun itu saya masih berumur 23 tahun dan baru lulus kuliah, saat itu sedang gencar-gencarnya saya yang sedang mencari cinta (curhat).

Terus, kalo berbicara tentang anime romance di tahun 2007, terutama fall 2007, maka kamu akan mendapatkan 3 anime romance yang paling yahud dan baper. Ada Clannad, ef - a tale of memories, dan KimiKiss.

Di antara 3 anime romance tersebut, yang paling kamu tahu pasti adalah Clannad. Benar bukan? Awalnya saya juga begitu.

Saya menemukan KimiKiss di tahun 2013, dan mulai menontonnya di tahun 2014. Yang membuat saya tertarik dengan anime buatan J. C. Staff ini adalah insting. Aneh? He he.

Memang, benar, insting. Waktu itu saya melihat sebuah list anime yang panjang dari yang berawalan A sampai Z, saya lihat satu persatu secara sekilas, lalu insting saya mengatakan anime KimiKiss ini bakalan bagus, maka judulnya pun saya catat.

Karena insting yang kebetulan tepat ini, saya bisa menikmati sebuah perjalanan romance yang unik, dan menarik dengan tema yang sederhana namun sangat mendalam di dalam anime dengan total 24 episode ini.

Kamu sudah pernah nonton KimiKiss?? Bagaimana, suka dengan anime ini?? NTR?? Sederhana?? Biasa?? Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin mengubah pandanganmu tentang anime ini dengan membuatkan kamu sebuah review.

Review yang akan mengungkap alasan mengapa KimiKiss saya katakan salah satu yang terbaik dan bisa disejajarkan dengan Clannad dan ef.

Bagi kamu yang belum menonton anime ini, saya harap kamu bakalan tertarik untuk menonton anime ini.

#Teman Masa Kecil : Yang Mengingini dan Yang Memberi


Di dalam bahasa jawa ada ungkapan “Tresno jalaran soko kulino”, yang artinya “Jatuh Cinta karena sudah sering bertemu/sudah terbiasa bertemu”

Dengan siapa kamu biasanya sering bertemu? Selain dengan orang tua atau saudara, mungkin adalah teman masa kecil.

Karena sering bertemu, akhirnya kamu jadi mempunyai rasa yang khusus kepada dia. Akhirnya kamu ingin dia menjadi kekasihmu dan menghabiskan hidup dengan berada di sampingnya selamanya.

Pola ini adalah pola yang umum digunakan di anime romance. Pola dimana teman masa kecil yang sewaktu-waktu bisa jadi seorang kekasih.

Kembali ke KimiKiss, anime ini dibuka dengan pertemuan 3 teman masa kecil yaitu Koichi, Kazuki dan Mao.

Setelah reuni yang singkat, cerita mulai berlanjut dengan pertemuan antara Koichi dan Yumi. Yumi adalah cinta pertama Koichi. Begitu pula sebaliknya. Keduanya ingin mencintai tetapi malu untuk mengatakannya.

Di sisi lain, Kazuki bertemu dengan Eriko. Ketika pertama kali bertemu, Kazuki sudah tertarik dengan Eriko yang memiliki wajah yang cantik. Kazuki menjadi bingung, ketika Eriko memberi dia sebuah ciuman.

Jadi, di episode pertama kamu sudah mendapatkan Koichi “Yang Mengingini” untuk mencintai Yumi dan Eriko “Yang Memberi” kiss pada Kazuki. Benar-benar sebuah pembukaan anime romance yang kelihatan menjnjikan dan akan menghanyutkan.

#Cinta : Romeo & Juliet


Saya sudah beberapa kali menonton anime, series, drama, sinetron, film yang bergenre romance. Semua cerita romance tersebut memiliki pandangan yang hampir sama, terutama dalam hal penceritaan dialog di antara dua heroine utama.

Contoh : Romeo menelpon Juliet, mereka bercanda, lalu membuat rencana untuk date. Telepon selesai, Romeo tersenyum, lalu cerita berlanjut keesokan harinya.

Nah, kalo di KimiKiss, contoh di atas ditambah Setelah menutup telepon, diperlihatkan apa sih yang ada di dalam hati Juliet. Bagaimana perasaan Juliet setelah ditelepon oleh Romeo. Apa yang akan mereka lakukan esok pagi. Jadi cerita tentang romancenya benarasa-benar lebih detil dan akhirnya makin te.

Yang membuat KimiKiss menarik adalah anime ini menunjukkan banyak sisi-sisi dalam dunia romance yang tidak ditunjukkan di cerita romance yang lain. Sisi yang sekilas terlihat biasa, tetapi merupakan titik balik dan titik penentu untuk bagaimana cerita romance ini akan berlanjut.

Waktu saya menonton anime Jepang ini, saya beberapa kali berkata dalam diri : “Begini toh yang dirasakan si dia, setelah kita menelponnya?” atau “Ooh, wajah yang demikian menunjukkan bahwa si dia sedang ...”.

Selain itu, di dalam sisi-sisi tersebut anime ini juga menambahkan bumbu prasangka. Prasangka yang baik atau yang buruk.

Mungkin kamu belum sadar saat menontonnya, tapi prasangka dan salah paham yang ada di anime ini yang sering jadi bahan utama konflik.

“Jangan-jangan”, “Jika”, “Apakah” adalah bumbu prasangka yang membuat cerita romance ini sangat menarik untuk diikuti.

Dari mengikuti anime ini, saya makin mengenal apa itu cinta, dan mulai mengenal sisi dan karakter cinta yang selama ini tidak ditunjukkan di dalam cerita romance yang lain. Cinta itu indah, dalam, dan romantis.

#Orang ke Tiga : Hoby & Tsundere


Jika bicara anime romance yang agak serius, kita pasti bertemu yang satu ini, orang ketiga. Karena di dalam kehidupan nyata pun demikian. Dalam 25 tahun perjalanan cinta saya, saya sudah sering melihat dan mengalami hal ini (curhat).

Kadang saya menjadi orang ketiga dari sebuah hubungan, kadang ada orang ketiga dalam hubungan yang saya jalani. Dari pengalaman saya, orang ketiga bisa dikatakan sebagai bumbu romance yang agak pedas. He he.

Tetapi di anime ini berbeda, orang ketiga di sini adalah bumbu yang manis dan menyegarkan. Mereka selalu ada dan selalu menemani duo heroine utama di anime ini, kerasa aneh?

Kebetulan di anime ini orang ketiganya, sama-sama teman masa kecil. Jadi kedekatan mereka dengan heroine tidak akan menimbulkan pertanyaan dari orang-orang yang ada di sekitar mereka.

“Wajar mereka dekat, mereka kan teman masa kecil.” begitulah alasan yang muncul.

Selain itu alasan kedekatan orang ketiga di anime ini juga cukup normal, yang satu olahraga yang lainnya tsundere. Yang olahraga, berawal dari persaingan untuk menjadi yang paling baik berubah menjadi sebuah kekaguman. Yang tsundere, dari yang awalnya malu menjadi percaya diri.

Dari hal-hal biasa terbentuk suatu hal yang luar biasa. Itu adalah romance dan cinta.

Nah, karena heroine di anime ini ada 2, maka di anime ini-pun cerita tentang orang ketiga juga ada dua jenis. Ada yang orang ketiganya akrab dan dekat dengan pasangan utama, ada orang ketiga yang tidak mengenal sama sekali dengan pasangan utama.

Yang saya suka dari anime ini adalah bagaimana kedua jalan cerita tentang orang ketiga ini berjalan dengan menarik dan pas. Pas dalam artian timingnya, kapan mereka bertemu, kapan mereka menyadari udan kapan mereka mulai mempertanyakan sesuatu.

Benar-benar membuat saya menikmati setiap moment romance yang terjadi.

Lalu yang menarik lagi adalah tantangan. Setelah mengetahui ada orang lain yang mungkin suka atau disukai oleh pasangan kita, apa yang akan kita lakukan?

Dengan reaksi yang normal dan bagaimana akibat dari reaksi tersebut, anime ini membuat saya menjadi semakin memahami apa itu cinta, dan apa itu baper.

Tidak ada manusia yang sempurna. Di anime ini juga ditunjukkan, bahwa setiap orang memiliki kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan yang pernah mereka perbuat.

Kesalahan mengambil keputusan, kesalahan anggapan, kesalahan karena memulai sesuatu, dan masih banyak lagi.

Banyak kesalahan yang diambil oleh semua karakter di dalam anime ini, tetapi kesempatan kedua selalu terbuka.

Bagaimana para karakter melihat dan mengambil kesempatan itu adalah salah satu daya tarik utama di anime ini.

#Agape : Yang Dibutuhkan & Yang Dipahami


Agape adalah salah satu jenis cinta yang paling tinggi di dunia ini. Agape menggambarkan sebuah cinta yang tulus, tanpa syarat, tanpa ada harapan untuk dibalas.

Cinta yang tetap diberikan bagaimanapun situasi dan kondisinya. Cinta yang tidak lekang oleh panas, tidak lapuk oleh hujan.

Bisakah kamu memiliki cinta yang seperti ini? Saya jawab bisa.

Caranya? Berkorban, mencucurkan air mata, jatuh bangun, tetap mempertahankan cinta.

Sulit? Berat? Memang. Emas akan menunjukkan kemurniannya setelah ditempa di dalam api. Semakin lama ditempa, emas akan semakin murni, demikian juga cinta.

Anime ini sukses menunjukkan bagaimana cara membentuk cinta yang awalnya malu-malu dan bimbang menjadi sebuah cinta agape yang murni dan tidak tergoyahkan.

Melalui gelombang kesedihan dan paparan kehangatan, Mao dan Eriko akhirnya berhasil mengubah perasaannya menjadi sebuah cinta yang murni dan tidak tergoyahkan.

Mao berhasil menyadari siapa yang benar-benar dia butuhkan dan dia menyadari siapa alasan bagi dirinya untuk melakukan semuanya.

Eriko berhasil mengusir perasaan bahwa dia hanya sendiri. Ada seseorang yang memperhatikan dirinya. Ada orang yang bersedia memilih dan menerima dirinya apa adanya. Eriko menyadari bahwa dirinya berharga di mana orang lain.

Mao adalah seorang pribadi yang berhasil menyadari cinta murni di dalam dirinya, sedangkan Eriko adalah seorang pribadi yang berhasil melihat dan menerima cinta murni yang diberikan kepadanya.

Memang, cinta selain harus bisa disadari, cinta harus bisa dilihat dan diterima.

Jadi, bagi kamu yang sedang cari monyet. He he. Cari cinta, saya sarankan untuk menonton anime dengan ending terbaik ini.

Ikuti perjalanan cinta untuk mempertemukan pribadi-pribadi yang ada di sekitar mereka. Ada pemberi cinta, penerima cinta, pemelihara cinta, pe-sharing cinta, pahlawan cinta, penunjuk cinta.

Di anime ini ditunjukkan bahwa cinta tidak hanya kokuhaku (pengungkapan perasaan). Ada keberanian, perjuangan, kejujuran pada diri sendiri, air mata, percaya diri, ketulusan dan memberi.

Ada banyak yang harus direlakan dan dikorbankan demi cinta. Ada banyak yang harus ditunjukkan agar cinta itu memang layak.

KimiKiss benar-benar sesuatu banget. Romancenya benar-benar terasa dan enak untuk diikuti. Saya menikmati saat-saat romantis, menangis, kebersamaan, dating, prasangka dalam hati yang ada di dalam anime ini.

Akhirnya, tontonlah anime ini, pahamilah cinta, dan cinta akan memahami dirimu dan memberi apa yang dibutuhkan oleh hatimu, sekali lagi saya tekankan, KimiKiss ini bisa disejajarkan dengan anime seperti clanna dan ef. Terima kasih.

Penulis : Kinoshita Hideaki | Edit dan  Publish : Yuslogs (Yusuf)

Yuslogs yang bilang :

Btw, untuk romance anime KimiKiss ini memang bisa disejajarkan dengan Clannad, tapi jangan berharap anime ini akan seperti Clannad.

Maksud saya, ini adalah anime yang ceritanya tentang lika-liku kisah percintaan masa muda (ga sampai nikah, punya anak, meninggal tapi ternyata ga jadi meninggal) ^_^

Mungkin akan lebih baik, kalau kamu berharap anime ini seperti Nagi no Asukara hanya saja dengan pembawaan cerita yang agak lebih ringan.

Kinoshita Hideaki maaf, saya tambahin sedikit komen saya tentang anime ini ^_^


EmoticonEmoticon