September 25, 2016

Sebuah Review Jujur Tentang Aldnoah.Zero!

Kamu pernah punya keinginan untuk menjadi manusia yang “sempurna”? Pintar, tampan, kuat, dapat diandalkan, selalu menjadi harapan? Setiap ada kamu masalah apapun pasti selesai?

Jika iya, maka karakter Kaizuka Inaho, adalah salah satu karakter yang bisa kamu contoh. Dia memiliki semua hal yang diperlukan untuk menjadi manusia yang “sempurna”. Bisa dikatakan dia adalah salah satu karakter yang sempurna.

Tetapi apakah dengan kesempurnaan yang dia miliki, maka dia otomatis dapat menyelesaikan setiap masalah yang ada semudah pepatah vidi vini vici? Apakah dengan kesempurnaan, maka semua orang otomatis akan bahagia dan happy ever after?

Pada Summer 2014, A-1 Pictures, dan TROYCA membuat sebuah anime dengan durasi 24 episode untuk menjawab pertanyaan di atas. Anime dengan genre mecha ini juga akan menjawab apakah dengan kesempurnaan saja kita dapat menjalani hidup di dunia ini.

Saya langsung saja ya, kamu baca review mengenai anime dengan judul ΛLDNOΛH.ZERO di bawah ini. Saya mereview anime ini, karena anime ini salah satu anime mecha yang sangat menarik dan sangat special.

Selamat membaca, dan selamat menonton anime ini.

Heaven's Fall


LET JUSTICE BE DONE, THOUGH THE HEAVENS FALL

Tagline di atas adalah tagline yang menjadi ciri khas dari anime ini. Dari membaca taglinenya, anime ini sudah bisa menarik rasa penasaran saya. Tagline ini sangat menggelitik. Justice itu apa? Heavens Fall itu apa??

Dengan berbekal penasaran, maka saya pun menonton anime ini. Anime ini dibuka dengan kedatangan seorang putri yang berasal dari Mars untuk berkunjung ke bumi. Kedatangan putri yang bernama Asseylum Vers Allusia bersama dengan rekannya yang bernama Slaine Troyard adalah untuk misi perdamaian.

Misi perdamaian? Dari apa? Di episode 1 yang berjudul Princess of VERS dijelaskan bahwa manusia terbagi menjadi dua, ada yang tinggal di Mars, dan ada yang tinggal di Bumi. Lalu karena suatu hal, timbul perselisihan di antara kedua ras manusia itu.

Buah dari perselisihan itu adalah Heaven's Fall. Heaven's Fall adalah peristiwa hancurnya Bulan. Ada banyak teori yang berkembang untuk menjelaskan kronologis Heaven's Fall. Pihak bumi menyalahkan pihak Mars, begitu juga sebaliknya.

Kembali ke misi perdamaian sang putri. Walaupun berlabel misi perdamaian, tetapi pihak bumi dan pihak mars masih tetap mempersiapkan senjata dan militer masing-masing. Seolah-olah kedua pihak tidak ingin ada misi perdamaian.

Bagaimana? Setelah membaca beberapa kalimat pendahuluan ini? Kamu sudah tertarik dan ingin segera menonton karena penasaran? Apa kamu merasa kalimat di atas terlalu khayal bahkan untuk tingkat anime??

Sabar, keseruan baru akan dimulai, karakter utama dan robotnya saja belum di review. Robot? Yah, tentu saja robot. Salah satu faktor yang menonjol di anime ini adalah robot.

Genius dan Aldnoah


Sesuai dengan keinginan kedua pihak, misi perdamaian gagal, dan kegagalan ini dijadikan alasan bagi kedua pihak untuk saling mengalahkan.

Pihak Mars dengan Orbital Knights yang terdiri dari 37 clans dan robot yang mereka temukan di planet Mars yang bernama Aldnoah ingin menguasai bumi.

Pihak Bumi yang berkumpul di bawah United Forces of Earth (UFE) dan robot rakitan sendiri yang bernama KG-series ingin bertahan dari serangan musuh dan ingin menguasai teknology Aldnoah.

Baik Aldnoah maupun KG-series, konsep, bentuk dan struktur robotnya benar-benar bagus. Yang satu terkesan sederhana, yang lain terkesan sangat futuristik. Walaupun saya kurang suka dengan robot, tetapi untuk robot di anime ini benar-benar luar biasa.

Detailnya bagus, gerakan dan efek penggambarannya sangat mendetail. Belum lagi pertempurannya, efek 3D dan kejelasan 2D nya benar-benar siippp dan sangat padu. Bisa menghasilkan sebuah karya robot yang istimewa.

Dengan latar belakang seperti itu, muncullah seorang heroine yang “sempurna”. Karakter yang memiliki sifat-sifat yang saya sebutkan, dan kamu idam-idamkan.

Kaizuka Inaho, namanya. Di awal cerita dialah adalah seorang pilot-trainee untuk KG-6 Sleipnir. Kelak, kombinasi manusia “sempurna” yang biasa dan robot ex-latihan berwarna orange ini akan mengubah jalannya pertempuran yang telah berlangsung di antara pihak Bumi dan Mars.

Secara teori, dengan kesempurnaan yang dimiliki Inaho, pertempuran ini seharusnya tidak berlangsung lama. Ya, paling lama 5 episode saja lah, kan karakter utamanya sudah “sempurna”?

Steel Step Suite


Di anime ini dibuktikan, bahwa “sempurna” bukanlah segalanya. Walau “sempurna”, Inaho tetap harus berpikir keras dan banyak bertindak hanya sekedar untuk bisa menyelamatkan diri dan teman-temannya.

“Sempurna” tetapi jika tidak disertai usaha, kerja sama, belajar, maka “sempurna” itu tidak akan menjadi “sempurna”

Hal-hal yang tidak sempurna lah yang membuat diri kita menjadi sempurna. Kata-kata ini tergambar jelas di dalam anime ini.

Bagaimana Inaho yang “hanya” menggunakan “robot latihan” berhasil mengejutkan pihak Mars yang notabene teknology dan robotnya jauh lebih segalanya dari robot bumi.

Bahkan secara teori, pihak Mars dengan teknology yang sangat maju seharusnya bisa menguasai bumi dengan mudah.

Tetapi, beberapa kali pihak Bumi yang dipimpin oleh Inaho berhasil membuat bingung dan mengalahkan Pihak Mars.

Dari anime ini, kamu nanti bisa belajar, bahwa dengan ketekunan dan kerja keras, maka kamu dapat  berhasil mengatasi masalah yang ada di depanmu, dan membuat orang-orang di sekitarmu menjadi kaget dan tidak percaya.

Sembari berusaha untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di antara pihak Mars dan pihak Bumi, kamu akan dimanjakan dengan pertarungan mecha yang sangat keren. Strategi dari si genius Inaho diadu dengan teknology “di luar nalar” yang dimiliki pihak Mars.

Lalu ditambah dengan drama-drama yang timbul di saat para karakter “beristirahat”, benar-benar membuat alur cerita yang awalnya terkesan sederhana, menjadi sebuah alur cerita yang sangat dalam dan kompleks.

Apa pihak Mars hanya seperti itu? Tidak ada perlawanan yang berarti? Jadi musuh yang pupuk bawang?

Eeiitts, jangan salah. Jika pihak Bumi memiliki Inaho, maka pihak Mars memiliki Slaine Troyard.

The Beautiful and Damned


Slaine pada awalnya adalah “hanya teman” dari sang putri. Tetapi, seiring berjalannya waktu, Slaine mulai dimunculkan sebagai karakter yang menjadi lawan yang sepadan untuk Inaho.

Inaho dan Slaine beberapa kali berhadapan langsung, satu lawan satu. Duel di antara kedua karakter ini memang layak untuk ditonton.

Adu strategi, kata-kata untuk menjatuhkan mental lawan, adu skill, pertarungan jarak dekat menggunakan robot. Hal-hal tersebut digambarkan dengan sangat bagus dan dengan slow motion yang memikat hati.

Saya sangat suka waktu mereka berdua bertemu. Sangat kereeennnn.

Season pertama anime ini ditutup dengan penuh ketegangan, kelegaan, petualangan, dan banyak tanda tanya, yang membuat kamu semakin penasaran untuk menonton season 2 nya.

Salah satu keunggulan anime ini adalah alur cerita dan perubahan sifat dan sikap para karakter. Karena Inaho dan Slaine berhasil mengambil keputusan untuk bertindak, maka tindakan mereka mampu mengubah sifat dan sikap dari karakter yang ada di sekitar mereka.

Perubahan


Karena pengorbanannya, maka Inaho diganjar dengan perubahan besar dalam dirinya, dirinya menjadi semakin “sempurna”

Karena keyakinannya, maka sang putri “digantikan” dengan adik kandungnya yang bernama Lemrina Vers Envers.

Karena keberhasilannya, maka Slaine diangkat menjadi salah satu Knights dan mendapatkan Kataphract Tharsis.

Perubahan pada ketiga karakter utama, membuat alur cerita di season 2 menjadi semakin menarik dan penuh intrik. Selain itu, alur cerita jadi memiliki cabang-cabang cerita yang semakin menarik, semakin tegang, dan semakin bikin penasaran.

Selain itu, karena kemauan keras seorang veteran perang yang bernama Marito Koichirō, maka pihak Bumi bisa memberikan bantuan yang tepat waktu kepada Inaho, yang tentu saja membawa kemenangan tidak hanya kepada pihak Bumi, tetapi juga pihak manusia.

Karena perjuangan Inaho, maka beberapa knight pihak Mars mulai menyadari siapakah yang seharusnya mereka lindungi dan untuk siapa mereka harus mengorbankan dirinya.

Saya waktu melihat season 2, cuma bisa bergumam “Kok bisa ya, alur ceritanya berkembang menjadi semenarik dan seasyik ini.”

Jika Inaho dapat berpikir A, maka yang lainnya dapat berpikir B, C, atau D. Dengan semakin banyak yang dapat mengambil keputusan di saat yang tepat, anime ini menunjukkan bahwa setiap karakter di dalamnya benar-benar memiliki peran yang dapat mengubah alur cerita.

Misalnya, walau di season 1, pihak Mars “terlihat” tidak berpikir atau membuat rencana yang dalam, tetapi di akhir season 1, pihak Mars berhasil mengejutkan pihak Bumi dan tentu saja pasti akan mengejutkanmu yang sedang asik menonton anime ini.

“Oohh, ternyata begitu”. Mungkin kata-kata itu yang bisa kamu lontarkan setelah melihat kejutan yang diberikan oleh pihak Mars.

Selain perubahan karakter, di season 2 juga mengalami perubahan sudut pandang. Jika season 1 lebih fokus ke bumi, maka di season 2 fokus ke Mars. Semua pertanyaan yang timbul di season 1, akan terjawab di season 2.

Happy Ending?


Setelah melewati sebuah petualangan yang full mecha, petualangan, penuh strategi, dengan grafik robot dan pertempuran yang keren.

Ditambah bumbu drama slice of life, drama peperangan batin, dan pemikiran Inaho-Slaine yang seolah-olah berada 2 langkah di depan para penontonnya.

Membuat anime ini benar-benar sebuah suguhan yang komplit bagi kamu para penggemar anime mecha.

Di anime ini ditunjukkan bahwa sebelum kamu melakukan peperangan secara fisik, kamu akan menghadapi peperangan batin terlebih dahulu. Peperangan batin inilah yang menentukan hasil dari peperangan fisik yang akan kamu tempuh.

Di anime ini juga ditunjukkan bahwa jika kamu membenci seseorang, maka orang tersebut dan orang-orang yang ada di sekitar dirinya juga akan kamu benci. Pihak Bumi dan Pihak Mars sama-sama saling membenci.

Kebencian itu membuat kedua pihak menjadi buta, dan ingin saling menghancurkan. Hanya karena Inaho dan Slaine maka, kehancuran umat manusia bisa dibatalkan.

Karena pertempuran mereka berdualah, maka kedua pihak pun tercelikkan dari kebutaan mereka.

Ingin tahu, apa sih yang Inaho dan Slaine lakukan? Apa saja yang mereka alami dan mereka jalani untuk bisa mendapatkan happy ending dari pertempuran ini?

Seseru apakah sih pertempuran di anime ini? Drama-drama apa saja yang disuguhkan di anime ini?

Nah, untuk itu kamu wajib menonton anime ini. Sekarang juga.

Agar kamu bisa menjawab pertanyaan di atas, dan membuktikan bahwa anime mecha yang satu ini memang super mecha dan super seru.

Jika kamu suka dengan anime jepang ini, kamu bisa share ke teman, saudara, pacar, agar mereka juga dapat merasakan pertempuran yang super keren di dalam anime ini.

Selamat menonton. Selamat berperang. Terima Kasih. Baca Juga : Review Anime Sidonia no Kishi

Penulis  : Kinoshita Hideaki


EmoticonEmoticon