September 18, 2016

Suka Anime Moe dan Slice of Life, Kamu Wajib Tonton Gochūmon wa Usagi Desu ka!

Spring 2014 adalah salah satu season “surga” bagi para penggemar anime. Bagaimana tidak? Ada total 43 anime baru yang direlease di musim itu. Sebut saja Baby Steps, Captain Earth, Date A Live II, Dragon Ball Kai, Fairy Tail, Haikyuu!!, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan persaingan yang begitu ketat, dan berhasil merelease Sonico The Animation pada Winter 2014, studio anime White Fox dengan percaya diri menggandeng Hashimoto Hiroyuki untuk membuat sebuah anime moe yang sangat luar biasa.

White Fox mungkin sudah kamu kenal melalui anime berikut : Steins;Gate, Jormungand, Sonico, Akame ga Kill, Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu. Dan untuk Fall 2016, White Fox akan mengeluarkan Soushin Shoujo Matoi.

Sedangkan Hashimoto Hiroyuki adalah seorang animator yang juga seorang director anime yang sudah sangat dikenal dari hasil karyanya seperti : Accel World, Angel Beats!, Another, Azumanga Daioh, Code Geass: Lelouch of the Rebellion, Eureka Seven, Mobile Fighter G Gundam, Robotics;Notes, Rurouni Kenshin.

Dengan seiyuu : Sakura Ayane, sebagai Natsumi di Non Non Biyori, Tsubaki di KimiUso, dan Nao di Charlotte. Minase Inori, sebagai Naruse di Kokosake, Yuki di Gakkou Gurashi,  dan Rem di  Re:Zero

Dan ditambah seiyuu kawakan seperti Taneda Risa, Sato Satomi dan Uchida Maaya; anime yang sangat moe, sangat sederhana, tetapi sangat menarik ini secara meyakinkan berubah menjadi anime dengan 2 season dan 24 episode yang paling menarik dan paling ditunggu.

Bahkan ada beberapa penggemar anime bergenre non-moe yang “iri” dengan kepopuleran anime ini. Kalo saya, anime ini yang season 1 sudah saya tonton 2 kali, yang season 2 baru 1 kali.

Saya tidak tahan dengan moe, cerita, kelinci, kopi yang ada di dalam anime ini. Ingin selalu menonton kembali. Bahkan karena sangat menarik, saya sudah punya kalender original 2016 dan cd opening dari anime ini.

Kamu sudah bisa menebak anime apa yang saya bicarakan? Jika kamu belum tahu maka jawabannya adalah Gochūmon wa Usagi Desu ka atau GochiUsa.

Pada kesempatan kali ini, dengan bangganya saya akan memberikan review tentang salah satu anime slice of life terbaik ini kepadamu. Dengan harapan kamu akan menyukai anime ini dan mulai menonton.

Jadi mulai membaca dan “Irasshaimase Goshujinsama” (selamat datang di cafe ini)

Moe Rangers (Petit Rabbits)


Di sebuah kota kecil yang sederhana dan bergaya eropa, tinggal 4 karakter yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi sosok ranger dengan kekuatan yang luar biasa. Ungu, Biru, Hijau, dan Kuning; itu adalah kode warna mereka.

Tetapi mereka tidak bisa berubah, selama mereka belum menemukan pemimpin mereka, Merah. Mereka ingin segera berubah menjadi ranger, karena dengan kekuatan itu mereka dapat melindungi dan menjaga kota yang mereka cintai.

He he he. Kamu percaya dengan review di atas? Itu hanya bercanda kok

Tapi Review di atas tidak sepenuhnya juga salah.

Anime ini dibuka dengan kedatangan Cocoa ke kota kecil untuk bersekolah. Cocoa akan tinggal Kafu selama bersekolah di kota itu. Karena hari itu adalah pertama kalinya Cocoa datang ke kota itu, sudah sewajarnya kalo dia tersesat.

Di saat dia tersesat, Cocoa tiba di sebuah cafe yang bernama Rabbit House. Begitu membaca Rabbit, yang terbayang di benak Cocoa adalah kelinci. Kelinci yang fuwa-fuwa dan mofu-mofu (kedua kata ini artinya hampir sama yaitu empuk, ringan, lembut)

Cocoa langsung masuk dan mulai berburu kelinci. Tetapi, Cocoa tidak menemukan kelinci, melainkan dia menemukan Chino. Nah, pertemuan dengan Chino inilah yang menjadi awal petualangan Chino si Ranger Merah di kota itu.

Pertemuan ini jugalah yang menjadi awal petualanganmu di dunia moe yang sangat lucu, asyik, dan penuh karakter yang moe. Moe no Sekai.

Senpai-Kouhai dan Satomi

Kalo saya boleh jujur, waktu saya melihat anime ini, saya masih sedang tergila gila dengan Tainaka Ritsu (dari anime K-ON) dan tentu saja seiyuu nya yang cantik Sato Satomi.

Oleh karena itu dari 5 ranger yang ada yang paling aku perhatikan yang hijau, yaitu Chiya.

Chiya adalah karakter yang memiliki sifat yang pas dengan seiyuunya. Hyper, terlihat tenang, gampang melamun, dan cantik.

Chiya mulai diperkenalkan di episode 2. Cocoa bertemu dengan Chiya, saat Cocoa tersesat saat akan pergi ke sekolah. Di saat itulah Cocoa bertemu dengan kelinci yang sebenarnya.

Selain bertemu Chiya yang bekerja di cafe Ama Usa An, Cocoa juga berkenalan dengan Rize (Sempai) dan Syaro (Kuohai). Mereka berdua adalah teman satu sekolah. Sedangkan Syaro dan Chiya adalah teman masa kecil.

Rize bekerja di Rabbit House bersama dengan Chino dan Cocoa. Syaro bekerja di cafe Fleur de Lapin.

Dengan berkumpulnya 5 rangers, yaitu Merah (Cocoa), Ungu (Rize), Biru (Chino), Hijau (Chiya), dan Kuning (Syaro), maka mereka dapat bergabung untuk membentuk megarobot yang bernama MoeKaizer.

He he, ini cuman bercanda ... jangan anggep serius!

Dengan sifat unik yang mereka miliki dan kebiasaan serta tingkah laku yang polos, lugu, dan apa adanya, pasti akan membuat kamu tertawa terbahak-bahak melihat tingkah laku mereka.

Yang menjadi daya tarik dari anime penuh ke-moe-an ini adalah jalan cerita yang sederhana, tetapi tetap bikin penasaran.

Jalan cerita yang terlihat normal, tetapi saat dijalani oleh para ranger moe, jalan ceritanya berubah menjadi suatu petualangan yang sangat menarik, moe, dan lucu.

Setiap hari, saya sudah sibuk bekerja, mungkin kamu sibuk sekolah, atau kuliah, atau bekerja.

Nah setelah seharian yang penuh dengan hal-hal serius dan hal-hal yang memenatkan pikiran, maka anime GochiUsa sangat cocok sebagai hiburan yang dapat menenangkan otak dan hati kita.

Ditambah dengan kualitas gambar yang sangat bagus, GochiUsa memang anime paling moe yang pernah saya tonton.

No Poi dan Daydream Cafe


Dengan jajaran seiyuu seperti itu wajar jika seiyuu para rangers, menyanyikan opening untuk anime ini. Judulnya adalah No Poi untuk season 2, dan Daydream Cafe untuk season 1.

Untuk Daydream Cafe, NBCUniversal Entertaiment bahkan membuatkan MV (Music Video) nya. MV nya sangat bagus dan menghibur, lagunya juga sangat enak.

Oleh karena itu, ketika saya tahu bahwa GochiUsa akan ada season keduanya, saya langsung membeli openingnya yang berjudul No Poi. Dan, benar, dugaan saya benar, No Poi lagunya juga sangat enak dan nyaman untuk didengar.

Baik opening, maupun endingnya, benar-benar sangat menunjang dan sangat padu dengan anime ini. Karena teringat lagunya, saya jadi ingin menonton anime ini. Setelah menonton anime ini, jadi teringat dengan lagunya.

Di season 1, Daydream Cafe, artinya kamu akan diajak memasuki suatu dunia yang laksana cafe. Cafe di mana kita bisa melamun sembari menikmati kopi atau teh yang tersedia.

Di cafe itu juga, kamu bisa saling berbagi cerita, atau sekedar mendengarkan cerita orang lain.

Di season 2, No Poi, artinya tidak membuang sesuatu. Dengan kata lain, setelah kamu mendapatkan sesuatu dari season 1, maka tolong sesuatu tersebut disimpan.

Agar kamu dapat membagikannya kepada yang lain, saudara, teman, pacar.

Agar mereka juga dapat merasakan apa yang kamu rasakan saat kamu menonton anime ini.

Mocha-poi


Season 2 ini benar-benar penuh kejutan, saya tidak menyangka bahwa Cocoa memiliki seorang kakak. Benar-benar sebuah ide yang sangat bagus.

Seperti film-film rangers pada umumnya, pasti ada rangers ke enam. Petit Rabbits juga begitu. Di season kedua, kamu akan diperkenalkan dengan ranger Putih yang bernama Mocha. Mocha adalah kakak dari Cocoa.

Coklat biasa, kopi susu juga biasa, tetapi saat kamu menggabungkan keduanya akan menjadi sebuah minuman yang luar biasa. Cocoa seorang perempuan biasa, Mocha seorang kakak biasa, tetapi saat mereka berdua bertemu, maka akan menjadikan season 2 GochiUsa menjadi sebuah sekuel yang sangat luar biasa.

Dari perkenalan dengan Mocha, kamu nanti akan bisa mengetahui lebih dalam tentang siapa itu Cocoa. Dan mengapa Cocoa bisa memiliki kepribadian yang unik seperti itu.

Tidak hanya kamu yang akan mengenal Cocoa, ke empat rangers yang lain juga akan mengetahui kebiasaan, sifat, karakter yang selama season 1, ditutup rapat oleh Cocoa.

Lalu dengan semakin dekatnya para rangers, maka secara tidak sadar, mereka akan membuka karakter asli dan kebiasaan asli mereka.

Di samping itu dengan jalan cerita yang semakin keren, penuh tawa, dan menghibur, season kedua GochiUsa memang benar-benar layak ditonton.

Chi-Ma-Me


Episode yang paling berkenan bagi saya adalah episode 5 dan episode 10 dari season 1.

Episode 5 menceritakan bagaimana para moe rangers berjuang dengan keras untuk mengikuti kegiatan olahraga di sekolah mereka. Sangat lucu, mengibur dan bikin tertawa terpingkal pingkal. Alur cerita dan karakter para rangers sangat padu dan menghasilkan sitkom-sitkom yang sangat bagus.

Episode 10 merupakan awalnya dari terbentuknya nama Chi-Ma-Me. Selain itu yang saya suka adalah saat Cocoa dan Chiya belajar bersama. Saya membayangkan hal ini saja sudah tertawa.

Dua karakter yang sangat tidak terlalu pintar mencoba belajar bersama. Seperti orang buta menuntun orang buta. Apalagi waktu mereka belajar bahasa inggris, benar-benar top.

Kalo season 2, saya suka semuanya. He he he.

Selain sangat menghibur, GochiUsa juga memberikan beberapa pelajaran berharga, seperti : tetap bangga menjadi diri sendiri, jujur dan terbuka terhadap sahabat, saling percaya dan peduli, bersedia berubah demi sahabat.

Saya sarankan sebaiknya langsung saja menonton GochiUsa, nikmati sitkom, jalan cerita, sifat2 yang lucu, karakter yang moe dan tsundere.

Sama seperti Maya dan Megumi yang selalu menemani Chino, biarkanlah GochiUsa menemani hari-harimu dengan kegembiraan, kelucuan, dan kehangantan yang akan kamu terima saaat kamu menonton anime ini.

Selamat menonton. Terima kasih, oiah kalau kamu belum tahu, anime GochiUsa ini juga salah satu favorit dari orang yang punya blog ini loh (Yusuf Yuslogs), buktinya dia menyebutkan anime ini di daftar anime favoritnya ...

Penulis : Kinoshita Hideaki


EmoticonEmoticon