September 12, 2016

Review Anime Toaru Hikūshi e no Koiuta (Adventure, Drama, Romance)

Salah satu impian manusia yang terbesar adalah terbang. Terbang seperti burung. Bebas, menembus angkasa, merasakan awan tipis yang menembus badan. Menikmati keindahan awan, merasakan hangatnya sinar matahari, meilhat bintang dari dekat.

Impian yang awalnya hanya sebuah dongeng tetapi dapat diwujudkan menjadi sebuah kenyataan. Ya. Manusia dapat terbang, walaupun masih belum bisa seperti burung. Manusia menggunakan pesawat untuk dapat memenuhi keinginannya.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga memiliki impian yang sama? Terbang seperti burung? Mengepakkan sayap seperti burung? Ingin menjelajah angkasa biru?

Jika iya, saya punya rekomendasi anime yang memiliki tema yang pas dengan impian kamu. Judulnya Toaru Hikūshi e no Koiuta, yang artinya Lagu Cinta Untuk Seorang Pilot.

Lalu, jika setelah membaca judul di atas, dan kamu menebak anime ini memiliki nuansa romance, maka tebakan kamu benar. Tetapi, jangan salah, romance yang diusung oleh anime jepang dengan 13 episode ini berbeda dari cerita romance pada umumnya.

Apa yang terjadi jika impian digabungkan dengan romance?? Apa yang akan dihasilkan?? Jika kamu penasaran, saya sarankan kamu membaca review saya tentang anime ini, setelah itu jangan lupa menonton animenya. Agar apa yang telah kamu baca, dapat segera kamu rasakan.

#Awal Dari Sebuah Akhir


Anime ini dibuka dengan seorang anak bernama Kal-el Albus yang masuk ke Cadoques High's Aerial Division untuk mengejar impian masa kecilnya. Dia masuk ke sekolah itu bersama dengan adiknya yang bernama Ariel Albus.

Kadang, Kal-el teringat dengan sosok dari masa lalunya yang dia sebut ibu. Ketika dia teringat akan hal itu, dia menjadi sedikit tidak tenang.

Rasa tidak tenang itu pun segera menguap ketika dia harus mengalami 2 hal yang pertama kali dia lakukan. Pertama, melalukan tes terbang secara resmi di sekolah, yang tentu saja membuat dia sangat gugup.

Kedua, pertemuan dengan seorang gadis yang bernama Claire Cruz. Gadis yang dia sukai saat dia memandangnya untuk pertama kali.

Lalu, ditambah dengan sedikit penjelasan tentang sejarah negeri di mana Kal-el tinggal, dan ambisi untuk melakukan perjalanan menuju End of The Sky, anime ini benar-benar mantab dan padat di episode pertamanya.

Kesan pertama saya setelah menonton episode pertama anime ini adalah puas.

Perjalanan  menuju tempat bersejarah untuk membuktikan sebuah legenda dengan membawa sebuah pulau yang melayang, yang bernama Isla.

Ditambah dengan perjalanan sang karakter utama untuk mulai terbang menuju masa depan, bersama dengan adiknya. Di situ, dia bertemu dengan cinta pertamanya.

Padat, tetapi juga menarik. Menarik untuk ingin lebih tahu lagi. Menarik karena ingin lebih tahu lagi.

#Terbang dan Melayang


Salah satu hal yang kusuka dari anime ini adalah bentuk pesawatnya. Sangat sederhana, tetapi sangat kompak. Dengan mesin yang dapat bergerak 90°, membuat pesawat ini dapat melayang dengan lebih cepat (seperti helikopter).

Tetapi karena memiliki dua mesin, maka untuk menyeimbangkan pesawat ini pada waktu melayang butuh keahlian dan skill yang bagus. Kal-el sudah membuktikan hal ini di episode pertama.

Terus terang, pada mulanya yang membuat saya tertarik dengan anime ini adalah seiyuu yang bernama Taketatsu Ayana. Ayana saya kenal sebagai seiyuu di 2 anime favorit saya yaitu K-ON dan Tamayura Hitotose.

Jadi, ketika saya melihat nama Ayana di anime ini, saya jadi tertarik dengan anime ini. “Coba ah.” begitu yang ada di hati saya waktu itu.

Yang saya tidak tahu adalah, bahwa saya dan Kal-el mengalami sebuah sensasi yang sama, yaitu Terbang dan melayang.

Kal-el terbang untuk memulai hal yang baru dan untuk mewujudkan impiannya. Seiring berjalannya waktu, impian Kal-el berubah, dan karena mengejar impian yang baru itu, Kal-el dapat memperoleh sesuatu yang selama ini dia tidak miliki.

Kal-el melayang ke dalam sebuah perjalanan yang sangat menarik dan membuat dia berubah menjadi seorang pribadi yang baru. Perjalanan yang penuh dengan masa lalu, sekolah, keluarga, cinta, dan mitos. Semuanya itu membuat Kal-el benar-benar bisa belajar untuk menikmati hidup.

Saya terbang karena saya benar-benar menjadi tertarik untuk mengikuti apa yang akan terjadi selanjutnya? Apa yang sudah terjadi di masa lalu?

Saya melayang karena anime ini memang tidak hanya Ayana. Ayana yang awalnya saya anggap sebagai tujuan utama, pada akhirnya anime inilah yang membuat Ayana bisa ada di dalamnya.

#Bridge Over Troubled Water


Setiap orang pasti memiliki masalah. Masalah yang kadang-kadang mendorong orang untuk bersikap egois. Masalah yang menempatkan orang di antara dua pilihan, diri sendiri atau orang lain.

Kalo kamu memiliki masalah yang demikian apa yang akan kamu lakukan? Siapa yang akan kamu korbankan diri sendiri atau orang lain? Apalagi jika ditambah bahwa kamu selama ini sudah berkorban banyak, sedangkan orang lain belum pernah berkorban?

Apakah kamu akan mengorbankan orang lain, dengan alasan kamu sudah berkorban banyak? Atau kamu akan kembali berkorban demi orang lain?

Bagaimana? Bingung? Pusing? Gugup? Mungkin di dalam dirimu banyak perasaan yang melebur menjadi satu. Mungkin juga membuat kamu menjadi stress. Membuat kamu menjadi putus asa, dan patah semangat.

Hal ini jugalah yang dialami oleh Kal-el. Dengan mulai terbukanya misteri masa lalunya, dia menjadi semakin bingung dalam menghadapi masalah yang dia hadapi.

Dia seharusnya adalah korban, dan karena dia telah berkorban banyak, dia merasa yakin bahwa tindakan dia untuk mengorbankan orang lain demi menyelesaikan masalahnya adalah benar.

Pikiran berkata kiri, hati berkata kanan. Pikiran ingin bertindak, tetapi hati menyanggah. Timbul masalah baru bagi Kal-el.

Ditambah dengan budaya kasta yang mencolok, membuat anime ini menjadi anime yang penuh dengan masalah yang harus dipecahkan. Selagi sang heroine sibuk mencerna satu masalah, timbul masalah baru.

Bisa diartikan menonton anime ini sama seperti kamu sedang belajar mengemudikan pesawat. Di satu sisi kamu akan merasa senang, terperangah, kagum, bahagia karena bisa terbang, tetapi di sisi lain kamu akan merasa takut karena khwatir terjatuh.

Apakah Kal-el berhasil melewati masalah yang dia miliki? Siapa yang akan dia korbankan?? Sebaiknya kamu segera menyelesaikan membaca review ini dan mulai menonton anime ini.

#Pertempuran dan Pengorbanan


Jika kamu tidak mengganggu orang, bukan jaminan bahwa kamu tidak akan diganggu orang. Oleh karena itu muncul istilah pertahanan diri.

Demikian juga dengan Isla (tempat di mana Kal-el dan teman-temannya tinggal selama melakukan perjalanan). Karena mereka memasuki wilayah kekuasaan sebuah koloni, spontan Isla pun diserang habis-habisan.

Pertempuran menjadi satu lagi daya tarik anime ini. Grafiknya sangat bagus. Gerakan pesawat dan pelurunya sangat bagus. Adegan kejar mengejar antar pesawat, strategi mengalahakan pesawat lawan, straegi mengejar pesawat lawan digambar dengan sangat bagus di anime ini.

Selain itu pertempurannya juga realistis. Peluru yang mereka bawa ada batasnya. Badan pesawat juga tidak sakti dan mandraguna. Keahlian di antara para heroine juga tidak jauh berbeda. Jadi tidak ada manusia super di anime ini.

Peluru habis, yang untung kalo selamat. Pesawat tertembak di bagian vital, langsung meledak. Salah ambil keputusan, nyawa bisa melayang.

Di setiap pertempuran pasti ada pengorbanan. Pengorbanan yang benar-benar bikin baper. Tapi, pengorbanan yang patut diacungi jempol.

Pengorbanan yang semakin menguatkan hati dan pikiran Kal-el untuk mengambil langkah yang benar-benar pas dan sesuai dengan yang dia butuhkan untuk dapat menyelesaikan masalah yang dia hadapi.

#Pangeran & Cinta


Setiap karakter pangeran pasti memiliki pasangan seorang puteri. Memang tidak semua pangeran dan puteri dapat bertemu dengan mudah, lalu happy ending.

Anime ini juga demikian, bahkan status Kal-el sebagai pangeran pun tidak diketahui banyak orang. Tetapi dia seakan-akan ditakdirkan untuk menjadi pangeran pasangan dari sang puteri yang bernama Nina Viento.

Yang pada awalnya mereka berdua tidak mengenal cinta, tetapi setelah takdir mempertemukan mereka, maka mereka pun bisa mencicipi dan menikmati apa itu cinta.

Cinta yang mendorong mereka berdua untuk melakukan apa yang orang lain tidak bisa lakukan. Karena cinta mereka menyelesaikan masalah, mereka berkorban, dan mereka berubah menjadi pribadi yang baru.

#Surat yang Terbuka


Setelah saya menyelesaikan menonton anime ini, pandangan saya terhadap anime ini benar-benar berubah. Yang awalnya hanya Ayana yang saya lihat, tetapi pada akhirnya, cerita dan cinta yang saya ingat dari anime ini.

Alur cerita menarik dan sederhana. Ada beberapa kejutan yang menarik. Grafik pertempuran yang special. Penggambaran hubungan antar karakter yang sangat dalam (seperti di dalam anime bergenre romance).

Penggambaran sifat dan karakter Kal-el yang sangat mendetail. Perkembangan masalah dan penyelesaian masalah yang diluar dugaan. Perubahan karakter pada heroine ketika menghadapi, menyelesaikan, dan berhasil / gagalnya para heroine dalam menghadapi masalah.

Saya sangat banyak belajar dari anime ini. Anime ini memberikan jalan keluar untuk beberapa pertanyaan yang sering timbul ketika saya menghadapi masalah.

Apa yang sebaiknya saya lakukan, kapan saya harus bertindak, jika saya salah bertindak, bagaimana saya harus menebusnya, kapan saya harus jujur dengan perasaan saya.

Pertanyaan di atas akan terjawab dengan sedirinya, setelah kamu menonton dan menikmati anime ini.

Jadi, setelah kamu membaca surat yang terbuka ini, segeralah menonton anime ini. Nikmati romancenya, nikmati pertempurannya, nikmati dramanya, nikmati kejutannya. Dan siap-siap untuk dibuat terkejut dan terkagum-kagum oleh alur cerita anime ini.

Jika kamu penggemar pesawat,  perang atau penggemar romance, maka kamu wajib menonton anime ini.

Jika kamu ingin mencari sebuah cerita yang berbeda, tetapi tetap seru dan menakjubkan, saya sarankan kamu menonton anime ini.

Jika kamu ingin membuktikan keakuratan dari review ini, saya wajibkan kamu untuk menonton anime ini. Tontonlah dan saksikan bagaimana anime ini akan mengubah cara pandang dan cara berpikirmu dalam menghadapi masalah yang ada.

Akhirnya, jika setelah menonton anime ini, kamu menjadi suka dengan anime ini, jadilah surat yang terbuka, beritahukanlah anime ini kepada teman-temanmu. Supaya mereka juga bisa menikmati apa yang kamu telah nikmati dari anime ini. Terima kasih.


EmoticonEmoticon