October 16, 2016

[Review Tokyo Ghoul] Hidup Ken Kaneki Sebagai Manusia Setengah Ghoul Itu Bagaikan Neraka!

Pernah dengar istilah “Pandora Box”?

Menurut mitology Yunani, “Pandora Box” adalah sebuah sebuah guci yang diberikan oleh Dewa Zeus kepada Prometheus, karena dia telah mencuri Api dari surga.

Guci itu seharusnya diberikan kepada Epimetheus (kakak dari Prometheus), tetapi ada orang lain yang membukanya.

Nama orang yang membuka guci tersebut adalah Pandora, perempuan pertama di bumi (berdasarkan mitology Yunani).

Ketika guci itu dibuka, keluarlah berbaagai macam setan dan iblis. Pandora berusaha menutup guci itu, tetapi terlambat, karena semua setan dan iblis yang ada di dalam guci itu telah keluar.

Yang tersisa adalah Elpis (artinya Harapan / Yang diharapkan) yang tergeletak di dasar guci.

Istilah “Pandora Box” memiliki arti melakukan suatu tindakan yang terlihat remeh, tetapi mengakibatkan sesuatu atau peristiwa yang merusak dan negatif.

Nah, anime yang akan saya kenalkan kepada kamu juga memiliki persamaan dengan Pandora Box.

Anime ini judulnya Tokyo Ghoul.

Anime ini memiliki 24 episode dan 2 OVA.

Tapi sekedar mengingatkan, anime ini penuh dengan adegan kekerasan, sehingga ada beberapa adegan anime yang harus diblur, karena kekejamannya.


Well, mari mulai review anime Tokyo Ghoul Ini ...

パンドラの箱 (Pandora Box dalam Bahasa Jepang)


“Sudah jatuh tertimpa tangga”. Yang kebagian “jatah” untuk “membuka” “Pandora Box” di dalam anime ini adalah Kaneki Ken.

Maksud hati ingin melepas status jomblo dengan berkencan bersama seorang gadis yang dia kenal di sebuah cafe, eeeh, bukannya bisa berpacaran, malah dapat masalah.

“Gadis” yang dia suka ternyata seorang Ghoul.

Ghoul berasal dari mitology Arab yang artinya monster atau roh setan yang dihubungkan dengan kuburan dan suka memakan tubuh manusia.

Sedangkan di anime ini Ghoul digambarkan sebagai salah satu jenis manusia yang memiliki kekuatan yang lebih kuat dari manusia dan dipersenjatai dengan organ tubuh yang disebut sebagai Kagune.

Dan yang paling menarik walaupun dari luar terlihat seperti manusia biasa, Ghoul bertahan hidup dengan cara memakan manusia.

Kembali ke topik ...

Di saat Ken sedang berduaan dengan si gadis Ghoul, gadis tersebut menunjukkan kepada Ken siapa dirinya yang sebenarnya dan hendak memakan Ken.

Ken tahu apa Ghoul itu namun sama sekali tidak menyangka bahwa dia akan menjadi salah satu korban dari mereka..

Kehidupan yang dia pikir akan normal dan damai secara tiba-tiba berubah karena didepan matanya saat itu ada seorang Ghoul yang berusaha memakannya.

Jika seandainya Ken dimakan bulat-bulat oleh si gadis, maka anime ini selesai dalam satu episode saja.

Entah bisa disebut sebagai “keberuntungan” saat Ken sudah berada di ujung tanduk tiba-tiba ada banyak besi konstruksi yang jatuh dari langit.

Besi itu menimpa Ken dan sang gadis Ghoul.

Jatuhan besi tersebut menyelamatkan Kaneki dari ujung maut dan seketika membunuh sang gadis Ghoul.

Lalu setelah menjalani operasi, Ken berhasil selamat dari kematian, dan Ken hidup bahagia selamanya.

Tamat??

He he he. Belum.

Bukan Manusia Bukan Ghoul


Memang, Ken berhasil tetap hidup setelah tertimpa besi konstruksi, namun dia selamat bukan sebagai manusia 100% lagi, melainkan manusia setengah Ghoul.

Penyebabnya? karena beberapa organ tubuh si gadis Ghoul ditransplantasikan ke tubuh Ken.

Tentu saja keadaan ini membuat Ken menjadi bingung dan frustasi.

Apa yang harus dia lakukan? Apa yang sebaiknya dia lakukan? Dia harus bertemu dengan siapa? Bagaimana cara dia untuk dapat menjadi manusia normal kembali?

Otaknya dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit dan membingungkan.

Selain itu, Ken juga mengalami perubahan dalam hal selera makan. Dia tidak berselera terhadap segala jenis makanan manusia. Setiap kali dia mencoba untuk makan, tubuhnya akan menolak dan memuntahkannya.

Di sisi lain, setiap kali melihat manusia, rasa laparnya mulai timbul dan bergejolak. Tubuhnya ingin memakan daging manusia.

Keadaan ini membuat Ken menjadi semakin bingung dan membingungkan.

Sampai pada suatu saat, ketika Ken berada di ujung kegilaan karena kelaparan, dia mencium bau yang sangat enak, bau yang sama seperti bau masakan ibunya.

Ken yang sudah hampir gila berlari sekuat tenaga untuk mencari sumber bau yang enak tersebut.

Namun saat menemukan sumber bau tersebut Ken terkejut tidak kepalang, karena bau yang enak tersebut bersumber dari manusia yang sedang dimakan oleh Ghoul.

Ken menjadi semakin gila dan semakin tidak karuan. Dia kelaparan namun dia tidak mau memakan manusia.

Saat itu dia menyadari bahwa walaupun belum mati dia sudah berada di neraka.

Saat dia menyadari keadaan yang pahit tersebut ada seorang Ghoul lagi yang muncul, rupanya dia adalah Ghoul penguasa tempat tersebut dan marah karena ada orang yang berburu di daerah kekuasannya.

Ghoul pertama yang sedang menikmati daging manusia tersebut langsung dibunuh dan setelah ghoul tersebut maka selanjutnya adalah Kaneki yang akan dibunuh.

Ini kedua kalinya dia berada dalam posisi berada di ujung tanduk.

Saat Kaneki berada dalam keputusasaan ini, Ghoul keempat datang dan menyelamatkan Kaneki.

Seorang gadis Ghoul yang bernama Kirishima Touka. Saat ini Kaneki belum tahu bahwa pertemuan tersebut adalah cahaya harapan bagi dirinya.

Anteiku


Seperti Pandora yang menemukan Elpis di dasar guci, demikian juga Ken. Dia mulai merasakan apa itu harapan saat dia bertemu dengan Touka.

Touka membawa Ken kesebuah kedai kopi di mana Ken biasa menghabiskan hari-harinya.

Disini dia bertemu sang pemilik kafe yang bernama Kuzen.

Melalui pertemuan dengan Kuzen, Ken mulai menyadari bahwa tidak semua Ghoul itu mahluk jahat seperti yang dia kira.

Kuzen juga adalah pimpinan dari sebuah kelompok Ghoul yang bernama Anteiku. Kelompok ini dibentuk dengan tujuan untuk menampung para ghoul yang ingin hidup menyendiri dan hidup damai dengan manusia.

Nah, yang saya ceritakan di atas adalah sedikit dari dasar cerita tentang anime Tokyo Ghoul ini.

Terus terang, sebelum saya menonton anime ini, anime ini terkesan seperti anime dengan tema anak-anak. Ada yang baik, ada yang jahat. Yang baik mengalahkan yang jahat, yang jahat mati, tamat.

Awalnya saya berpikir begitu.

Apa kamu juga punya pikiran seperti itu? He he he. Berarti kita sama. Sama-sama tertipu.

Kenapa?

Karena, setelah saya lihat anime ini, ternyata Tokyo Ghoul tidak hanya sekedar yang baik versus yang jahat.

Berikut kelebihan anime Tokyo Ghoul yang diproduksi oleh Pierrot.

1. Sangat Realistis


Jika kamu membayangkan anime, maka anime pasti berkaitan dengan hal-hal yang berbau fantasi yang kebanyakan hanya terjadi di dunia mimpi dan imajinasi.

Tetapi anime ini tidak demikian. Anime ini bisa dibilang sangat realistis.

Para karakter utama, walaupun memiliki kekuatan dan kedudukan, tetaplah karakter yang memiliki kekurangan dan berbuat salah.

Tidak ada karakter yang benar-benar sakit bin ajaib di anime ini. Selalu ada karakter yang lebih kuat, dan lebih baik. Benar-benar bikin penasaran.

Alur ceritanya sangat bagus dan menghanyutkan. Selama Ken masih bingung dengan apa yang akan dia lakukan, alur cerita di anime ini “tidak diam” dan menunggu Ken tersadar untuk bertindak.

Dengan kata lain, siap atau tidak, Ken harus bisa secepatnya menerima keadaan dan secepatnya mengambil keputusan dan bertindak, karena waktu tidak akan menunggu dirinya.

2. CCG dan Aogiri Tree


CCG adalah sebuah badan yang dibentuk manusia untuk mengawasi ghoul dan menjaga keselamatan manusia, mengingat ghoul bertahan hidup dengan memakan daging manusia, maka manusia harus membentuk badan khusus terhadap Ghoul.

Aoigiri Tree adalah kelompok yang dibentuk oleh Ghoul untuk memerangi CCG, mengingat ternyata CCG tidak semulia yang dipikirkan oleh manusia.

CCG, demi untuk bisa melenyapkan ghoul, mereka tidak segan-segan menculik dan bereksperimen dengan ghoul yang tidak berdaya atau ghoul yang tidak ingin bertempur dengan manusia.

Anime ini tidak hanya bercerita tentang kehidupan Ken saja, melainkan juga menceritakan tentang karakter dan konflik yang ada di sekitar CCG dan Aogiri Tree.

Anime ini tidak menggambarkan dengan jelas bahwa CCG pasti yang benar, Aogiri Tree itu yang salah. Manusia selalu benar, yang bukan manusia selalu salah.

Anime ini ingin para penontonnya, termasuk kamu, untuk memutuskan, mana yang kamu pilih? Pihak CCG atau pihak Aogiri Tree?

Kebaikan dan kesalahan kedua pihak digambarkan dengan jelas di sini. Alasan kedua pihak untuk saling mengalahkan juga sangat masuk akal.

3. Manusia Super


Di anime ini diceritakan bahwa, baik Ghoul maupun manusia, jika dia berani berkorban dan berani berjuang sampai akhir, maka dia pasti akan menang.

Hal ini tergambar dengan jelas dari perjuangan Ken.

Ken yang awalnya hanya manusia lemah dan penakut, lalu setelah melewati banyak tantangan (baik selama di pihak manusia, maupun di pihak ghoul), Ken akhirnya bisa melewati setiap tantangan yang ada di hadapannya.

Tentu saja karakter utama dari CCG dan Ghoul, juga berkembang menjadi karakter yang super. Mereka juga berhasil mengatasi kelemahan masing-masing, sehingga perkembangan karakter mereka menjadi sebuah bumbu cerita yang menarik di anime ini.

CCG mengembangkan senjata hasil dari eksperimen dengan para ghoul yang mereka tangkap. Di sisi lain, Aogiri Tree mengumpulkan para ghoul dengan kekuatan khusus, seperti Ken, dengan harapan dapat mengalahkan CCG dan melepaskan teman-teman mereka yang ditangkap oleh CCG.

Menurut kamu, siapa yang benar?

CCG? Dengan alasan menyelamatkan manusia, mereka mengorbankan ghoul yang tidak bersalah?

Atau, Aogiri Tree? Dengan alasan untuk menyelamatkan teman dan takdir bahwa mereka lebih baik dari manusia, lalu ghoul merasa berhak memakan manusia dan menghancurkan CCG?

Bagaimana? Bingung?

Ken di anime ini mengalami kebingungan yang sama di sepanjang anime ini.

Tetapi walau bingung, Ken memutuskan untuk tetap menghadapi apa yang ada di depannya.

Jika keputusannya benar, maka semua akan beres, tetapi jika dia salah, maka dia harus bersiap-siap untuk menjalani akibatnya.

4. Pertempuran dan Teknik


Salah satu kelebihan anime ini adalah penggambaran teknik pertempuran mereka. Sangat bagus. Sangat keren.

Baik manusia maupun ghoul, memakai strategi yang bagus. Jadi mereka tidak asal bertempur ala tawuran antar kampung.

Bagaimana manusia memojokkan ghoul di sebuah daerah, atau bagaimana ghoul berhasil menembus penjara ghoul modern dan super canggih yang dibuat manusia.

Lalu, bagaimana walaupun sudah terpojokkan oleh pihak musuh, manusia atau ghoul masih bisa menyelamatkan diri atau bahkan membalikkan keadaan.

Intinya, waktu melihat episode pertempuran, waktu terasa sangat cepat berlalu.

Penggambaran teknik yang dimiliki oleh karakter utama CCG dan Aogiri Tree juga sangat mengagumkan.

Walau sekilas senjata CCG terlihat lemah, jika dibandingkan dengan kemampuan para ghoul, tetapi, jika senjata tersebut berada di tangan orang yang tepat, maka senjata tersebut akan menjadi senjata yang mematikan bagi ghoul.

Begitu juga dengan ghoul, walaupun sudah dipojokkan oleh manusia, jika merasa nyawa mereka terancam, maka ghoul dapat berevolusi dan berubah menjadi ghoul yang lebih kuat.

5. Ken Kaneki Berambut Putih


Sebenarnya ini hanya detil kecil, tapi perubahan Kaneki ini yang bikin fans anime selalu ingat dengan Tokyo Ghoul.

Bagi yang belum nonton ini mungkin spoiler, namun akan saya katakan bahwa pada suatu hari rambut Ken akan berubah menjadi putih dan menjadi karakter yang badass.

Kesimpulan


Jadi jika kamu mencari:
  1. anime dengan tema pertempuran manusia dengan mahluk non-manusia yang tidak terlalu memihak manusia
  2. anime tentang seseorang yang tiba-tiba berubah menjadi sesuatu yang baru, dan karena itu menempatkan dirinya di sebuah kondisi yang sulit dan menegangkan
  3. anime yang mengajarkan bagaimana cara kita untuk menghadapi nasib buruk yang tiba-tiba menimpa diri kita.
  4. anime yang tidak hanya menyajikan hal-hal yang sangat khayal, tetapi juga sangat realistis.
  5. anime dimana karakter utama semakin berkembang dan menjadi semakin kuat

Maka, kamu wajib dan harus untuk menonton anime Tokyo Ghoul ini.

Saya yang awalnya tidak terlalu suka dengan anime ini, setelah menonton, menjadi sangat tertarik, dan ingin memberitahu kepadamu mengenai kelebihan anime ini, melalu artikel yang baru saja selesai kamu baca ini.

Saya harap setelah membaca artikel ini, kamu bakal penasaran banget, dan ingin segera menontonnya.

Menonton pertempuran, menonton Ken, dan menonton perjuangan manusia dan ghoul untuk mempertahankan idealisme masing-masing.

Selamat menonton. Terima kasih.

Sebagai bahan pengingat anime ini bergenre Action, Drama, Horror, Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural dan jika ada waktu baca review tentang anime Deadman Wonderland yang memiliki konsep yang sama seperti Tokyo Ghoul.

(Kehidupan manusia biasa yang tiba-tiba berubah menjadi Neraka!)

Penulis : Kinoshita Hideaki |  Edit By : Yhuzu (Yuslogs)


EmoticonEmoticon