October 23, 2016

Kisah Pelik Tentang Manusia Vs Monsters Vs Manusia Yang Ingin Menghancurkan Dunia [Review Black Bullet]

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar istilah medan magnet? Ingat Fisika? atau hal lain?

Kalo medan magnet bumi? Ya, bumi juga memiliki medan magnet.

Salah satu fungsi medan magnet bumi adalah untuk melindungi bumi dari solar wind. Jika tidak ada medan magnet, maka solar wind tersebut akan dapat merusak lapisan ozon yang ada di bumi.

Dengan rusaknya lapisan ozon maka kehidupan di bumi akan berada di ambang kepunahan.

Tetapi … tahukah kamu bahwa selain medan magnet bumi, ada suatu medan magnet yang berhasil dikembangkan oleh manusia. Sebuah medan magnet buatan.

Medan magnet tersebut dibuat untuk melindungi umat manusia dari serangan parasite yang bernama Gastrea.

Untuk bisa mengalahkan parasite tersebut, maka manusia menggunakan sebuah metal yang bernama Varanium.

Dapatkah manusia bertahan dari serangan Gastrea dengan menggunakan metal Varanium yang mereka temukan?

Jika kamu penasaran, sebaiknya kamu baca dulu review saya kali ini mengenai perjuangan umat manusia mengalahkan Gastrea yang diceritakan di dalam anime Black Bullet. Download Occultic Nine Subtitle Indonesia

Monolith


Anime ini berlatar di tahun 2021, sebuah virus yang bernama Gastrea tiba-tiba menyerang umat manusia. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia, dan mengubah manusia menjadi sesosok monster yang kemudian disebut Gastrea.

Setelah virus ini menyebar, maka dengan cepat umat manusia berada di ambang kepunahan.

Tetapi umat manusia tidak tinggal diam. Mereka berhasil menemukan sebuah metal yang dapat mengeluarkan medan magnet yang dapat melemahkan dan membunuh Gastrea. Nama metal tersebut adalah Varanium.

Dengan menggunakan Varanium, umat manusia menciptakan sebuah peluru yang disebut Black Bullet. Selain itu manusia juga menciptakan sebuah barrier setinggi 1,618 km dengan ketebalan 1 km yang diberi nama Monolith.

Setiap kota yang selamat dari serangan virus Gastrea pasto dikelilingi oleh Monolith tersebut.

Lalu, serunya anime ini di mana? He he he.

Tenang, ini baru latar belakangnya saja, kamu akan menemukan keseruan anime ini di bawah ini.

Promotor dan Initiator


Karakter utama dari anime adalah Satomi Rentarō. Dia bekerja di sebuah agensi pemusnah Gastrea yang bernama Tendō Civil Security. Tugas utama Rentarō adalah memusnahkan semua Gastrea yang ada.

Dalam menjalankan tugasnya, Rentarō dibantu oleh rekannya yang bernama Aihara Enju. Dengan memiliki kemampuan manusia super, Enju bertindak sebagai seorang Initiator.

Tugas utama Initiator adalah melaksanakan perintah dari Promotor.

Tentu saja yang menjadi Promotor adalah Rentarō. Tugas Promotor adalah menganalisa keadaan, dan dapat mengambil keputusan yang tepat, ketika mereka berhadapan dengan Gastrea.

Konsepnya kayak Pokemon dan Trainer, bedanya Initiator ini adalah seorang gadis kecil yang memiliki kekuatan super dan Promotor yang juga ikut bertarung

Pria Bertopeng


He he he. Tenang, tenang, tidak ada karakter shinchan di sini. Tidak ada pahlawan bertopeng di sini.

Yang membuat anime ini tidak hanya sekedar anime-pemusnah-Gastrea-saja adalah munculnya pahlawan bertopeng, eehh, salah tulis. Pria bertopeng.

Sesosok pria bertopeng tiba-tiba muncul ketika Rentarō melaksanakan tugasnya untuk memburu Gastrea.

Pria bertopeng tersebut tidak membunuh Gastrea, tetapi membunuh manusia yang menemukan Gastrea.

Lah?

Melihat hal itu, tentu saja membuat Rentarō menjadi naik darah. Rentarō pun segera menyerang Pria bertopeng.

Tetapi, sekuat dan sekeras apapun usaha Rentarō untuk mengalahkan Pria bertopeng, tetap tidak ada hasilnya.

Pria bertopeng berhasil mengalahkan Rentaro dengan sangat mudah.

Hal ini membuat Rentaro menjadi frustasi. Dan yang membuat Rentaro menjadi bertambah frustasi adalah pernyataan Pria bertopeng untuk memusnahkan manusia yang ada area Tokyo, area di mana Rentaro tinggal.

Siapakah Pria bertopeng tersebut? Mengapa dia ingin memusnahkan manusia?

Cursed Child


Virus Gastrea ternyata tidak hanya mengubah manusia menjadi Gastrea, tetapi juga mengubah manusia menjadi suatu mahluk yang lain yaitu … Manusia dengan kemampuan super.

Mereka disebut Cursed Child. Mereka lahir dari ibu mengandung yang terserang virus Gastrea.

Enju karakter utama perempuan (loli) di anime ini adalah salah satu dari Cursed Child tersebut. Dengan kemampuan super yang dia miliki, dia membantu Rentaro untuk memusnahkan Gastrea.

Tetapi, walaupun Enju bisa dibilang berjasa, Enju tetap tidak disukai oleh manusia.

Mengapa?

Karena bagi manusia, Enju bukan manusia. Dia adalah Gastrea, karena di dalam tubuh Enju terdapat virus tersebut.

Maka Enju, dan anak-anak yang lain pun dikucilkan oleh manusia, dalam hal ini oleh masyarakat Area Tokyo.

Jadi, selain kamu akan melihat pertempuran Rentaro dan Enju yang sangat keren, dengan jalan cerita yang menarik untuk diikuti, kamu juga akan dihadapkan dengan masalah yang sangat dilematis ini.

Pahlawan yang dipuja tetapi juga dibenci. Dipuja karena menyelamatkan manusia, dibenci karena bukan manusia.

The New Human Creation Plan


Ternyata, sebelum menemukan Cursed Child, manusia yang benar-benar benci dengan Gastrea telah mengadakan sebuah percobaan terhadap sesamanya.

Mereka mengganti beberapa bagian tubuh manusia dengan metal Varanium. Manusia yang tubuhnya telah dilengkapi dengan metal Varanium disebut Mechanical Soldier.

Walaupun, tidak memiliki kekuatan sehebat Cursed Child, Mechanical Soldier juga memiliki suatu kekuatan yang hebat.

Proyek ini segera dihentikan, ketika manusia mengetahui cara membuat manusia super yang lebih “manusiawi”. Cara itu adalah Cursed Child. Proyek Mechanical Soldier ini dianggap kurang manusiawi karena mengorbankan manusia.

Mungkin kamu sudah bisa menebaknya…

Dan yah … Rentaro adalah salah satu dari Mechanical Soldier tersebut. Begitu juga Pria bertopeng.

Lalu jika kamu menebak, bahwa Pria bertopeng juga berpasangan dengan seorang Cursed Child, maka kamu benar lagi.

Hmm, bertambah lagi alasan kamu untuk segera menonton anime ini. Alasannya, adalah ternyata selain melawan Gastrea, Rentaro dan Enju akan menghadapi konflik dengan sesama manusia.

Bukan manusia biasa lagi, tetapi Mechanical Soldier dan Cursed Child.

Seharusnya sebagai sesama  Mechanical Soldier dan Cursed Child, mereka dapat saling membantu, tetapi di anime ini, mereka justru memiliki cara pandang yang berbeda.

Cara pandang yang menghasilkan konflik yang menarik.

Pleiades & Aldebaran


Tentu saja di setiap cerita pasti ada “bos besar” yang harus dihadapi. Baik karakter utamanya siap atau tidak, si bos besar pasti akan datang, dan akan menghancurkan apa yang selama ini sudah dipertahankan oleh karakter utama.

Salah satu faktor yang wajib ada di setiap cerita dan anime.

Karena dengan menghadapi si bos besar, maka kita dapat mengetahui apa saja yang telah dipelajari oleh karakter utama, dan sudah berapa kuat karakter utama berkembang.

Nah, di anime ini, bos besarnya adalah Gastrea stage IV yang bernama Pleiades dan Aldebaran. Aldebaran dapat dengan mudah menghancurkan Monolith dan tidak dapat dilumpuhkan dengan Black Bullet.

Dua Gastrea super kuat ini bekerja sama untuk mengalahkan manusia, Pleiades dapat mengeluarkan semcam sinar merkuri yang dapat membunuh manusia dengan seketika, sedangkan Aldebaran yang super kuat, bisa mengendalikan  ribuan Gastrea Stage 1 sampai Stage III.

Bisa dibilang, Aldebaran adalah komandan yang mengerahkan pasukan untuk maju, sedangkan Pleaides sebagai pemanah yang melindungki komandannya (Aldebaran) dan ribuan Gastrea  kecil dari belakang, dua kombinasi ini bikin Rentaro dan yang lainnya kewalahan.


Kok bisa sih ada ribuan Gastrea tiba-tba muncul di dunia ini?

Karena Gastrea pada awalnya kan manusia, dan pada saat itu, jumlah manusia yang tersisa tinggal sedikit, maka dapat kamu bayangkan ada berapa milyar Gastrea yang ada di bumi?

Sudah kombinasi Pleaides dan Aldebaran muncul, ditambah dengan ada beberapa pihak yang ingin menghancurkan Area Tokyo dengan jalan mengurangi komposisi Varanium di dalam Monolith. Hal ini menyebabkan salah satu Monolith runtuh.

Monolith runtuh, Bos Besar muncul, Rentaro masih harus berhadapan dengan Pria bertopeng.

Yang mana yang harus diselesaikan oleh Rentaro? Yang mana yang lebih dulu akan memunahkan manusia di Area Tokyo? Apakah kombinasi Mechanical Soldier (Rentaro) dan Cursed Child (Enju) dapat menyelesaikan masalah-masalah ini?

Atau apakah mereka akan kehabisan waktu, dan hanya bisa melihat kepunahan manusia?? Sudah manusia punah, dibunuh lagi sama Pria bertopeng??

Penasaran??

Makanya, segera cari anime ini dan segera tonton.

Nikmati pertempuran, konflik, dilema, perjuangan yang digambarkan dengan jelas di anime ini.

Di sini kamu juga bisa melihat salah satu sisi pahlawan yang jarang diceritakan di dalam anime atau film pahlawan pada umumnya. Bahwa, tidak semua pahlawan ini hidup enak, bahagia, dan disukai oleh yang dilindungi.

Tidak semua pahlawan yang walaupun memiliki kekuatan yang luar biasa bisa serta merta menyelesaikan setiap malasah yang ada di depannya.

Tidak semua pahlawan tidak mempunyai masalah, dan memiliki hidup yang sempurna dan tanpa kesalahan.

Di anime ini diceritakan bahwa pahlawan juga manusia. Mereka bisa menangis. Mereka bisa terluka. Mereka bisa kalah, minder, menyerah, bingung, dan marah.

Tetapi yang membedakan pahlawan dan manusia biasa adalah sifat dan sikap untuk tidak menyerah dan terus berjuang.

Di anime ini Rentaro dan Enju berjuang dengan keras, untuk dapat menghadapi dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Jadilah saksi bagaimana Rentaro dan Enju menjadi pahlawan Area tokyo dan membuktikan bahwa predikat pahlawan yang diberikan kepada mereka memang benar.

Sebagai bahan pengingat anime ini bergenre Action, Mystery, Sci-Fi, Seinen + sedikit unsur comedy dan jika ada waktu baca review tentang anime Tokyo Ghoul

Selamat menonton. Terima kasih.

Penulis : Kinoshita Hideaki


EmoticonEmoticon

Today's Okazu!