October 3, 2016

Hidup Diantara Pacar dan Teman Masa Kecil Itu Merepotkan! [Review Oreshura]

Akui saja ... kamu adalah jomblo yang tidak punya pacar ^_^

Makanya jika kamu bisa memiliki seorang pacar hal itu pasti akan sangat menyenangkan buat kamu.

Apalagi kalau yang kamu punya bukan cuman seorang pacar, melainkan juga teman dari masa kecil yang dari dulu suka sama kamu.

Manis hidup kamu ...

Sebuah setting klise di dunia anime yang ingin sekali kamu rasakan, benar kan?

Jika benar begitu maka saya sarankan menyerah saja, hal itu terlalu mustahil bagi seseorang seperti kamu. ^_^

Boleh saja kamu mengagumi hal seperti itu, asalkan jangan dibawa ke dunia nyata ... kenapa? karena tidak  mungkin ada kenyataan yang semanis itu.

Kalaupun ada, pasti bakalan runyam.

Yah seperti yang dialami oleh seorang pemuda bernama Eita Kidou, sang karakter utama dari anime Oreshura (Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru)

Eita adalah seorang murid dari sebuah sekolah menengah atas.

Eita adalah seorang yang pintar di kelasnya, dia selalu mendapatkan nilai tertinggi di setiap ujian, dan cita-citanya adalah masuk ke universitas kedokteran (karena beberapa alasan).

Untuk Eita semua hal yang menghalangi tujuannya (dalam hal ini masuk universitas kedokteran) tidak dia butuhkan, termasuk hal indah yang dinamakan cinta.

Dia tidak suka hal berbau romantisme dan mendeklarasikan diri sebagai “anti-romance”.

Dia terus memegang prinsipnya itu sampai pada suatu hari seorang gadis pindah ke kelasnya.

Gadis itu bernama Masuzu Natsukawa, seorang gadis yang memiliki rambut berwarna silver dan memiliki mata berwarna biru.

Semenjak pindah, dalam sekejap dia menjadi gadis yang paling populer di sekolah, dan secara rutin di “tembak” oleh berbagai macam lelaki.

Well ... hal ini sebenarnya wajar bagi seorang gadis populer, namun karena Masuzu terlalu populer, keseharian seperti itu (dalam hal ini ditembakin cowok) sangat menyebalkan sehingga dia berusaha untuk keluar dari situasi itu.

Dari sini hal yang menariknya dimulai.

Si Masuzu ini pada suatu hari mengutarakan cintanya terhadap Eita (sang pemuda anti-romance) dengan alasan … jika dia sudah punya pacar maka tidak akan ada lagi orang yang mengutarakan cintanya pada Masuzu.

Karena si Eita ini menganggap romance itu adalah hambatan tentu saja dia menolaknya, karena Masuzu tahu akan hal ini dia menyiapkan rencana cadangan.

Yaitu dengan mengancam si Eita ini dengan buku catatan Eita saat SMP yang isinya catatan-catatan ketika Eita masih jadi seorang Chuunibyou.

Masuzu mengancam akan menyebarkan catatan itu jika Eita tidak mau menurutinya.

Dari sini banyak sekali hal yang terjadi, dan ini adalah beberapa hal yang membuat anime ini menjadi semakin menarik...

#1. Cinta Teman Masa Kecil


Teman masa kecil ... hmmpt, mau dibilang bagaimanapun rasanya klise yah bro.

Tapi akan saya ceritakan kenapa konsep teman masa kecil itu akan kekal selamanya ...

Cinta dari teman masa kecil adalah salah satu bentuk cinta yang mendekati sempurna, alasannya karena cinta tersebut telah dipupuk dari kecil.

Tapi apa hubungannya dengan anime ini? Jadi gini. Sinopsis yang saya terangkan diatas adalah rangka cerita dari episode satu, namun banyak hal yang belum saya ceritakan (sengaja).

Anime ini dimulai dengan pengenalan dua teman masa kecil. Eita dan Chiwa. Mereka tinggal bertetangga sejak mereka kecil.

Eita berkarakter serius dan dewasa sedangkan Chiwa berkarakter easy-going dan apa adanya.

Karena orang tua mereka berdua sangat sibuk, maka Chiwa terbiasa datang ke rumah Eita untuk menghabiskan waktu, menemani Eita, dan makan bersama.

Lalu, karena terbiasa bersama, maka Chiwa pun diam-diam jatuh cinta kepada Eita. Bagi Chiwa, Eita terlihat sangat dewasa, dan sangat perhatian kepada dirinya.

Bahkan Eita rela masuk sekolah kedokteran untuk bisa menyembuhkan penyakit Chiwa.

Hanya saja, ketika  Masuzu masuk ke tengah-tengah hubungan mereka berdua, tentu saja hal ini jadi hambatan buat Chiwa untuk selalu bersama Eita.

Dari sini bisa ditebak bakalan terjadi “rebutan” antara pacar Eita (Masuzu si pacar dengan modal ancaman) dan teman masa kecil Eita (Chiwa).

Setelah baca penjelasan diatas kamu bakalan ngerti kenapa judul anime ini mengungkit kata “Ore no Kanojo” (Pacarku) dan “to Osananajimi” (dan teman masa kecil).

#2. Eighth Grader Syndrome (Chuunibyou)

Jika kamu pikir anime ini hanya cuma sebatas rebutan antara Chiwa dan Masuzu, maka saya tidak akan menyarankan kamu untuk menonton anime ini.

Kamu tahu Eighth Grader Syndrome (Chuunibyou)? adalah keinginan seseorang untuk menjadi sebuah karakter dari dunia fantasi, seperti vampire, setan, malaikat, penyihir, dll.

Sederhananya, Chuunibyou adalah bentuk fantasi seseorang yang ingin menjadi sesosok tokoh yang keren dan memiliki kekuatan yang hebat.

Eita, walaupun pintar, dia juga pernah mengalami EGS. Bagi Eita, EGS adalah sebuah masa lalu yang ingin dia kubur dalam-dalam. Karena EGS itu sangat memalukan bagi Eita.

Sepintar-pintar tupai melompat, pasti jatuh juga. Sepintar apapun Eita mengubur EGS nya, suatu saat pasti terbongkar juga.

Karena EGS inilah, maka cerita di anime ini menjadi berkembang menjadi sebuah cerita romance yang kompleks dan menarik.

Karena EGS, maka cerita-romance-yang-seharusnya-hanya-untuk-Eita-dan-Chiwa berubah total.

Kok bisa???

Yah,  seperti yang saya jelaskan diatas, hal itu jadi modal blackmail (ancaman) Masuzu terhadap Eita.

Eitts … tapi bukan cuman kisah romance antara Masuzu dan Eita doang yang terkait masalah EGS ini, ada cewek lain yang juga terkait dengan Eita karena EGS yang mamalukan tersebut loh.

Siapa gadis itu, saya jelaskan di poin #4 ^_^

#3. Girlish Lover

Di opening anime Oreshura berjudul Girlish Lover (dan gambar paling atas di artikel ini), bisa lihat ada 4 gadis disitu.

Dari 4 cewek yang ada, 2 di antaranya muncul karena EGS yang dimilik oleh Eita.

Pertama, Masuzu. Dia secara tidak sengaja menemukan buku-yang-seharusnya-tidak-dapat-ditemukan milik Eita.

Dengan menggunakan buku itu, Masuzu yang pada dasarnya sudah cantik dan terkenal, “memaksa” Eita untuk menjadi pacarnya.

Masuzu “memaksa” Eita menjadi pacarnya, agar tidak ada cowok lain yang mendekati Masuzu. Karena Masuzu tidak percaya dengan cinta sejati.

Bagi Masuzu cinta sejati hanya mitos yang tidak mungkin terjadi.

Yang mengejutkan adalah, bahwa Eita juga memiliki pandangan yang sama dengan Masuzu. Oleh karena itu, wajar jika selama ini Eita “menganggap dingin” pertanda cinta yang selalu diberikan Chiwa kepadanya.

#4. Orang Yang Ditakdirkan

Jadi, sejauh ini kamu sudah mendapatkan tiga hal menarik dari anime ini yaitu cinta dari masa kecil sebagai pembuka, lalu ditambah EGS, dan cinta palsu (Masuzu yang nembak Eita cuman agar cowok lain biar ga deketin dia).

Dengan tiga kombinasi di atas seharusnya anime ini sudah bisa menghasilkan sebuah alur yang penuh dengan konflik romance, apalagi kalau kepentingan ketiga karakter utama saling berlawanan.

Sisi kehidupan romance Eita benar-benar diuji ketika secara tidak sengaja dia bertemu dengan Himeka.

Himeka memiliki fisik yang hampir sama dengan Masuzu, dan memiliki masa lalu yang sama dengan Eita.

Ya, benar, Himeka juga seorang EGS (Chuunibyou). Dan di dalam EGS nya, Himeka yakin dirinya adalah pacar dari Eita.

“Jika Chiwa mengenal Eita dari kecil, dan Masuzu adalah pacar pertama Eita, maka aku (Himeka) adalah pacar dari kehidupan Eita yang sebelumnya”

Begitulah claim Himeka untuk bisa mendapatkan Eita.

Bagi Himeka, Eita adalah orang yang ditakdirkan untuk menjadi pacarnya. Eita boleh bersama Masuzu dan Chiwa, tetapi pada akhirnya Eita akan menjadi milik Himeka. Karena sudah ditakdirkan demikian.

Apakah Masuzu dan cinta Chiwa akan kalah oleh gadis yang (mengakunya) ditakdirkan itu?

#4. Tsundere

Tsundere … tipe gadis anime yang  paling terkenal … saya yakin kamu sudah tahu seperti apa gadsi Tsundere itu saya yakin…

Gadis Tsundere ini adalah sebuah kejutan.

Kalau kamu belum tahu, salah satu faktor yang membuat sebuah tontonan menarik untuk diikuti adalah faktor kejutan. Begitu juga dengan salah satu anime romance terbaik ini.

Ternyata teman masa kecil Eita tidak hanya Chiwa. Ada satu lagi teman masa kecil Eita, yang namanya adalah Ai.

Ai adalah seorang anggota komite disiplin di sekolahnya. Ai berkarakter sangat tegas dan disiplin.

Karena memiliki kedua sifat tersebut, maka untuk menyembunyikan perasaannya yang sebenarnya, maka Ai juga meiliki sifat Tsundere.

Yang membuat Ai merasa bisa mengungguli Masuzu, Chiwa dan Himeka, adalah karena Ai memiliki surat pernikahan yang telah ditandatangani oleh Eita.

Gila kan? Sekacau  apa  coba hidup Eita dengan 4 gadis dengan kondisi yang menyusahkan tersebut?

#4. Battleground

Nah, sekarang timbul pertanyaan, kalau semua sudah saya ceritakan di review ini, buat apa kamu menonton anime ini?

He he he.

Jangan kuatir, yang saya review di atas ini baru pendahuluannya saja, biar kamu tertarik untuk menonton anime ini.

Minimal timbul rasa penasaran. Masak sih ada anime yang memiliki cerita romance dengan hal-hal yang seperti tertulis di review ini?

Ingat, di anime ini awalnya hanya ada Chiwa dan Eita, lalu seiring berjalannya waktu, karakter semakin bertambah.

Karakter bertambah, kejutan juga bertambah. Fakta-fakta baru mulai terungkap. Hati yang tertutup mulai terbuka.

Lalu, ketika kepentingan 4 cewek saling bersilangan, maka timbullah sebuah konflik romance yang menarik dan lain daripada yang lain.

Yang satu berusaha menjatuhkan yang lain, yang satu merasa lebih berhak dari yang lain, yang satu merasa lebih dekat dari yang lain, yang satu merasa paling dicintai dari yang lain.

Sejak keempat cewek ini bertemu, maka kehidupan mereka menjadi medan perang. Medan perang cinta untuk mendapatkan Eita.

Medan perang yang menimbulkan sakit hati, air mata, keraguan, kemenangan, dan kekalahan. Medan perang yang sayang untuk dilewatkan.

Jatuh bangun dan rencana 4 cewek untuk menunjukkan kemurnian cinta mereka dan menunjukkan bahwa Eita akan memilih dirinya diceritakan dengan sangat gamblang dan terang-terangan di sini.

Konflik romance yang timbul menghasilkan beberapa fakta tentang romance yang selama ini tidak ada di drama romance atau anime romance manapun.

Saya yang sudah pernah menonton Shigatsu, Kimi Kiss, dan Nagi no Asakura, juga mendapat pelajaran cinta yang berharga dari anime ini.

#6. Kontes

Bagaimana kita menguji kemurnian emas? Dengan dibakar.

Bagaimana kita menguji kemurnian cinta? Melalui kontes ... setidaknya untuk di  anime ini.

Kontes ini terjadi tiba-tiba tanpa ada yang merencanakan … well … ini salah satu kejutan yang ada di ujung anime ini.

Setiap awal, pasti ada akhir. Begitu juga dengan konflik romance yang kompleks dan menarik yang disuguhkan di anime ini.

Eita yang mengawali dan bibi Saeko (bibi Eita) yang mengakhiri.

Saeko yang meilhat kondisi Eita, memutuskan membantu Eita dengan membuat sebuah kontes.

Melalui kontes inilah, nanti akan terlihat cinta siapa yang paling murni, cinta siapa yang berhak diterima oleh Keita.

Melalui kontes ini juga, cinta yang setengah-setengah berubah menjadi cinta yang sebenarnya. Cinta yang “tidak nampak” mulai bertumbuh.

Melalui kontes ini, Eita akhirnya menyadari bahwa ada 4 macam cinta yang unik yang disuguhkan kepada dirinya.

Kalo menurut kamu, Eita akan memilih siapa? Chiwa, Masuzu, Himeka atau Ai?

Cinta yang dimiliki 4 cewek tersebut sangat unik, menarik, jujur, terbuka dan murni.

Untuk bisa menentukan pilihanmu, maka, tunggu apalagi? Segera tonton anime yang berjudul Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru (artinya: Pacarku dan Teman Masa Kecilku Sering Bertengkar). Atau biasa disingkat Oreshura.

Secara umum, anime ini grafiknya standard, opening themenya enak lagunya, jalan ceritanya siipp, konflik romancenya menawan, alur ceritanya walaupun terlihat sederhana, tetapi sulit ditebak dan salah satu yang terpenting lucu.

Keunggulan anime ini tentu saja penjabaran beberapa jenis cinta yang terlihat serupa tetapi tak sama. Selain itu penjabaran fakta-fakta cinta yang berimbang dari kedua sisi, baik yang menang atau yang kalah.

Saksikan pertemuan Eita dengan 4 cewek yang lain. Rasakan konflik romance yang terjadi di anatar mereka berlima.

Temukan fakta-fakta romance yang selama ini mungkin belum kamu ketahui. Ikut pertempuran cinta yang timbul di setiap episode.

Dan, jadilah saksi kepada siapa dewi kemenangan akan tersenyum. Chiwa, Masuzu, Himeka atau Ai?

Akhir kata, selamat menonton dan selamat menikmati romance yang berbeda dari anime Oreshura ini. Baca Juga : 5 Anime Yang Mirip High School DxD

Sebagai bahan pengingat anime ini bergenre Comedy, Harem, Romance, School

Penulis : Kinoshita Hideaki | Editor : Yusuf Yuslogs (yang punya blog)


EmoticonEmoticon