Kisah Balas Dendam Angelo Lagusa Yang Penuh Aksi [Review 91 Days]


Siapa bilang anime hanya untuk bersenang-senang atau hanya untuk hiburan semata? Banyak lho anime yang juga mengandung dan mengangkat tema-tema pelajaran yang ada di sekolah atau bahkan yang ada di kuliah.

Tidak percaya? Hmm, sebut saja Prohibition. Kamu tahu apa itu Prohibition? Prohibition adalah salah satu bab pembahasan yang ada di dalam pelajaran Sejarah. Prohibition di Amerika Serikat lebih tepatnya.

Seingat saya, selama saya SD sampai SMA, saya belum pernah mendengar istilah ini di pelajaran Sejarah. Tetapi belum tahu lagi, jika di kurikulum yang baru bab pembahasan ini sudah dimasukkan.

Prohibition adalah suatu gerakan nasional yang melarang proses produksi, impor, distribusi, dan penjualan minuman berakohol di seluruh negara bagian Amerika Serikat. Gerakan ini terjadi pada tahun 1920 sampai dengan 1933. Anime Romance-Mystery Yang Ceritanya Epic [Review Gosick]

Nah, mungkin kamu sudah bisa menebak anime apa yang saya maksud. Jika belum, jangan kuatir, akan saya beritahu. Judul anime tersebut adalah 91 Days.

Bagi saya anime ini adalah anime dengan tema sejarah kedua yang saya tonton di tahun ini. Anime yang pertama adalah Joker Game, dan anime ini akan saya review juga dalam waktu dekat.

Anime dengan latar belakang kehidupan di Amerika Serikat saat terjadi Prohibition ini sangat menarik rasa ingin tahu saya. Minimal apa sih Prohibition itu? Walau, kalo boleh jujur, saya kurang suka dengan pelajaran sejarah, tetapi jika pelajaran sejarah tersebut ditampilkan dalam bentuk anime atau dokumentari, saya dengan senang hati akan menontonnya.

Balas Dendam


Ada kata bijak yang berbunyi demikian : “Pembalasan (dendam) itu adalah hak-Ku (TUHAN). Akulah yang akan menuntut pembalasan”.

Tetapi sering kali manusia tidak dapat bersabar dan ingin mewakilkan Tuhan untuk membalas dendam, seperti yang dilakukan oleh Angelo Lagusa, karakter utama di dalam anime ini.

Tujuh tahun yang lalu, ayah, ibu, dan adik perempuannya dibantai secara sadis oleh 4 orang mafia. Walaupun ayahnya sempat melawan, tetapi karena kalah jumlah, ayah Angelo dapat dikalahkan, lalu mereka juga membunuh ibu, dan adik perempuannya. Dengan keberuntungan yang tinggi Angelo berhasil melarikan diri dari para mafia tersebut.

Sekarang, dengan menggunakan nama samaran Avilio Bruno, dan didampingi oleh teman masa kecilnya yang bernama Corteo, Angelo berniat untuk membalaskan dendam ayahnya. Lalu dari surat yang dia terima dari seseorang yang mengaku sebagai teman ayahnya, Angelo mengetahui bahwa yang membantai keluarganya adalah mafia yang bernama Vanetti.

Di dalam surat itu 3 orang nama disebutkan yaitu Vincent, Nero dan Clemente

Mafia


Kembali ke Prohibition, sebenarnya tujuannya sih baik, untuk mengurangi tingkat konsumsi minuman berakohol di masyarakat Amerika. Karena jika dalam pengaruh alkohol, orang akan cenderung untuk melakukan tindakan kriminal.

Dan memang tingkat konsumsi alkohol mulai menurun, dan tingkat kriminal mulai agak menurun, tetapi hal itu tidak bertahan lama. Mengapa??

Hukum Ekonomi jawabannya. Jika permintaan bertambah, tetapi jumlah stock berkurang, maka akan menyebabkan harga melambung. Dengan diperketatnya minuman berakohol menyebabkan harga minuman berakohol menjadi semakin mahal, dan hal ini menarik beberapa pihak untuk berinvestasi di bidang minuman keras tersebut.

Mereka membuat pabrik minuman keras, mendistribusikan, dan menjual minuman keras secara ilegal. Lalu dengan uang yang didapat, mereka pun membentuk keluarga dan memiliki anak buah bersejata sendiri. Bahkan karena kekayaan yang melimpah mereka dapat “menguasai” sebuah kota.

Nah, mereka itulah yang disebut mafia. Mafia seperti inilah yang dihadapi oleh Angelo. Salah satu mafia yang terkenal yang hidup di masa Prohibition adalah Alphonse Gabriel Capone atau yang lebih akrab dengan nama Al-Capone.

Mereka Tidak Sendiri


Kaget dan bingung. Mungkin hal itu yang pernah kali muncul di benak Angelo. Bagaimana tidak, balas dendam yang seharusnya bisa dia jalankan, ternyata lebih sulit dari yang dia perkirakan dan rencanakan.

“Aku pikir, Mafia di Illinois ya cuma Vanetti, tapi ternyata ada 2 mafia lagi yang ada di situ. Menghadapi satu saja sudah sulit (karena Angelo hanyalah pemuda biasa tanpa bakat, kekuatan super, dan keahlian khusus), apalagi menghadapi 3 mafia. Bagaimana kalo ketiga mafia itu memiliki hubungan yang baik? Bakal sulit untuk mendekati 3 buruanku.”

Mungkin begitulah yang ada di benak Angelo waktu mengetahui bahwa masih ada 2 mafia lagi yang ada di Illinois.

Yang pertama adalah Orco. Orco dan Vanetti sudah bersaing dari dulu untuk dapat menguasai Illinois. Mereka berdua saling jegal dan saling sikut. Kota Illinois menjadi lahan pertempuran kedua mafia tersebut.

Mungkin jika pimpinan Orco tidak sepintar dan selicik yang Angelo kira, maka Angelo dapat menggunakan Orco untuk dapat membalaskan dendamnya. Tetapi, sebagai rival dari Vanetti, sudah sewajarnya kalo Orco juga pasti “keras” dan “sulit” untuk didekati oleh Angelo. Karena jika Orco tidak “keras” dan “sulit”, pasti Orco sudah dikalahkan dari dulu oleh Vanetti.

Nah, yang kedua ini yang agak berat. Galassia. Galassia ini sudah hampir menguasai kota sekelas Chicago dan ingin mengembangkan sayapnya ke Illinois. Bisa dikatakan Galassia berada di level yang berbeda dengan Vanetti dan Orco. Jika Galassia adalah gajah, maka yang lainnya adalah semut.

Dengan kelebihan yang dia miliki, Galassia berhasil menjadi “penengah” di antara Vanetti dan Orco. “Penengah” yang selalu siap untuk membasmi Vanetti dan Orco setiap saat. Mendekati yang semut saja sulit, apalagi mendekati yang gajah??

Jika secara tiba-tiba pimpinan Vanetti terbunuh, maka tidak perlu waktu lama, sebelum Galassia akan menemukan Angelo dan membunuhnya.

Atau jika “perselisihan harian” antara Vanetti dan Orco, tiba-tiba berakhir dengan kematian pimpinan Vanetti, maka akan lebih cepat lagi, Galassia akan menemukan Angelo.

Lawless Heaven : Dīvide Et Īmpera


Lalu bagaimana cara Angelo menuntaskan dendamnya kepada Vanetti?? Mencuri uang dalam jumlah besar, lalu menyogok Galassia untuk menghabisisi Vanetti dan membungkam Orco??

He he he. Bukan. Kalo ceritanya seperti itu, anime ini tidak perlu dibuatkan series, cukup movie saja. Terus judulnya tidak perlu 91 Days, he he he.

Nah, untuk mengetahui bagaimana caranya, kamu harus tonton sendiri anime ini. Saksikan bagaimana Angelo menjalankan rencananya untuk membalaskan dendam kepada keluarga Vanetti. Bagaimana Angelo dan Corteo dengan cerdiknya mengubah sesuatu yang mustahil menjadi mungkin. Dengan kecerdikan dan kelicikan, Angelo bisa menyusup ke dalam ketiga mafia tersebut.

Penasaran?/ Makanya segera tonton anime ini.

Di anime ini kamu juga akan melihat langsung, bagaimana efek negatif dari Prohibition di tengah-tengah masyarakat kurang mampu Amerika Serikat. Kamu juga bisa melihat fakta tentang kehidupan sehari-hari keluarga mafia. Tentang perselisihan, rencana, tipu muslihat, pengkhianatan dan trik yang ada di dalam keluarga mafia.

Walaupun bertema kehidupan mafia di Amerika yang notabene penuh kekerasan dan pertumpahan darah, anime ini tidak terlalu menitik beratkan ke adegan yang penuh tembak-tembakan, darah di mana mana, seperti yang digambarkan di film film barat dengan tema yang sama.

Anime ini lebih mementingkan taktik dan dugaan yang dimiliki dan dijalankan oleh para karakter yang ada. Dari kedua hal tersebut, akan menimbulkan rasa keingintahuan dan ketegangan bagi kamu.

Tentu saja, kamu nanti juga akan teperdaya oleh salah satu taktik dan tipu muslihat yang dimiliki oleh karakter yang ada di dalam anime ini. Dan ini akan membuat kamu menjadi semakin tertarik untuk mengetahui kelanjutan dari anime ini.

Dan yang tidak kalah penting, adalah apakah Angelo bisa membalas dendam kepada Vanetti. Lalu apakah kata bijak di atas akan memberikan hasil yang memuaskan kepada Angelo? Dengan kata lain, apakah dengan membalas dendam, maka Angelo akan dapat mengobati sakit hatinya??

Action ada, Drama ada, Perang strategi ada, Sejarah ada, Realistis jelas, Theme song menarik, Jalan Cerita seru, Plot menarik, jadi?? Yah ayo ditonton.

Lalu, karena kamu telah membaca review ini sampai akhir, maka sebagai bonus, saya akan memberikan sedikit bocoran. Bagaimana cara Angelo menyukseskan rencananya.

Angelo menyukseskan rencananya dengan 2 langkah yaitu Lawless Heaven dan Dīvide Et Īmpera.

Lawless Heaven adalah sebuah minuman keras yang dikembangkan oleh Corteo. Dengan menggunakan minuman keras tersebut, Angelo dan Corteo berusaha untuk mendapatkan kepercayaan dari Vanetti. Kepercayaan dan uang tentu saja, karena mereka berdua adalah pemuda yang miskin.

Jadi, minuman keraslah yang menyebabkan keluarganya terbunuh, yang menyebabkan dia menjadi miskin, tetapi, minuman keras jugalah yang menjadi tiket masuk Angelo untuk bisa menjalankan balas dendamnya.

Dīvide Et Īmpera, artinya membagi dan menguasai. Cara yang digunakan oleh Belanda untuk dapat menguasai dan menjajah Indonesia. Memecah sebuah bangsa yang bersatu sehingga timbul kecurigaan dan permusuhan; lalu di saat kesatuan dan rasa saling percaya di dalam bangsa tersebut hilang, maka bangsa tersebut akan lebih muda untuk ditaklukan dan dikuasai.

Demikian juga Angelo, nanti kamu akan saksikan bagaimana Angelo akan menggunakan taktik yang sama untuk memecah Vanetti, Orco dan Galassia. Berhasil atau tidaknya taktik ini, akan dapat kamu temukan di dalam anime ini.

Selamat menonton. Terima kasih.

Penulis : Kinoshita Hideaki

Postingan populer dari blog ini

[Jangan Liat] 37+ Anime Hentai Terbaik Yang Seharusnya Tidak Kamu Tonton!

41 Anime Harem Ecchi Terbaik Yang Dijamin Mantab! | 2016