Langsung ke konten utama

[Review/Rekomendasi K-On]


Kamu tahu arti dari momentum? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) momentum adalah saat yang tepat atau kesempatan (untuk melakukan sesuatu yang datang pada waktu tertentu).

Kesempatan bisa diartikan sebagai suatu saat di mana sesuatu disodorkan di dalam kehidupan kita dan jika kita mau kita bisa memiliki sesuatu tersebut.

Sesuatu itu bisa berupa barang, uang, makanan, ide, seseorang, pengalaman, waktu, hiburan, semangat, pelajaran hidup, kesenangan hati, dan masih banyak yang lain.

Setiap orang pasti memiliki momentum-momentum di dalam hidup mereka. Momentum yang mampu merubah jalan hidup mereka atau yang mampu membawa seseorang ke dalam suatu dunia baru yang belum mereka kenal sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan momentum berharga yang saya miliki. Momentum yang membuat saya dapat menulis artikel anime seperti saat ini. Momentum di mana saya mulai menyukai dan menikmati anime. 11 Anime Bagus Bertema Persahabatan

Semuanya berawal ketika saya bertemu dengan sebuah review anime di sebuah koran nasional. Koran tersebut jarang membuat artikel anime, jadi ketika artikel itu muncul, saya lantas membacanya. Dan waktu saya melihat wajah Hirasawa Yui, saya langsung tahu bahwa anime ini bakal menjadi sesuatu yang luar biasa.

Ya, pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk mereview sebuah anime “luar biasa” dan “sangat menggebrak” pada tahun 2009 dan 2010, yang berjudul K-ON. Sebuah anime yang sangat menjanjikan sehingga jumlah episode di season 2 lebih banyak daripada di season 1. Sebuah anime yang benar-benar fokus kepada musik dan menghasilkan beberapa lagu-lagu yang sangat hits di waktu itu. Bahkan Fuwa-Fuwa Time adalah satu dari sedikit lagu di dunia yang paling sering dinyanyikan ulang (lagu dan musiknya) dan diupload di YouTube.

Mungkin kamu ada yang bertanya-tanya, mengapa sih anime ini bisa begitu booming waktu itu? Apa sih kelebihannya?

Nah saat ini adalah juga momentum bagimu untuk mengetahui lebih dalam tentang K-ON. Karena anime ini bertema musik, maka saya juga akan membahas beberapa single K-ON yang terkenal.

Saya harap setelah membaca review ini, kamu akan tertarik untuk menonton anime terbaik sepanjang masa versi Hideaki ini. Jangan lupa, untuk diceritakan kepada teman, saudara, tetangga kamu, agar mereka juga bisa menikmati anime ini seperti kamu.

Hirasawa Yui


Kamu di sini ada yang bisa main musik? Atau ada yang suka main musik? Alat musik apa yang bisa kamu mainkan? Keyboard? Drum? Bass? Gitar? Atau yang lain? Kalo saya bisa gitar dan drum. Saya belajar sendiri untuk kedua alat musik ini. Saya tahu persis bagaimana sulitnya belajar bermain gitar.

Jadi, ketika di awal anime, diceritakan bahwa Hirasawa Yui akan belajar bermain gitar, saya agak ragu. Bagaimana mungkin Yui, yang seperti itu kok bisa bermain gitar, apalagi sampai masuk ke dalam keion-bu (club musik).

Tainaka Ritsu


Di sisi lain, karena keinginannya untuk bisa mengadakan konser di Budokan (sebuah indoor arena yang terletak di Tokyo), Ritsu berinisiatif untuk membangkitkan kembali club musik yang ada di sekolahnya.

Di saat itulah Ritsu bertemu dengan Yui. Ini adalah pertemuan yang bersejarah. Ritsu membutuhkan satu orang lagi agar langkah pertama menuju impiannya dapat terwujud. Sedangkan Yui membutuhkan sebuah club yang seringan light musik (diartikan club alat musik yang ringan oleh Yui) agar Yui tidak disebut NEET (Orang yang tidak berpendidikan, tidak bekerja dan tidak terlatih, dengan kata lain tidak bisa apa-apa).

“Nantoka naru” (dengan jalan tertentu pasti bisa). Dengan modal kata-kata tersebut Ritsu menerima Yui dalam club musiknya dan berharap kepada 2 anggota yang lain untuk mengajari Yui bermain gitar.

Akiyama Mio


Mio adalah teman masa kecil Ritsu. Mio sudah bermain bass sejak dia kecil, sedangkan Ritsu bermain drum. Mio tahu dan Mio mendukung impian Ritsu untuk dapat tampil di Budokan.

Jadi ketika Mio dipaksa Ritsu untuk bergabung dalam club musik, Mio yang awalnya ingin masuk club literatur, jadi berubah haluan dan bergabung dengan Ritsu.

“Ritsu, kita butuh 4 orang, sedangkan kita cuma 2.” gumam Mio. Dengan kekurangan 2 anggota tentu membuat Ritsu menjadi bingung.

Kotobuki Tsumugi


Di saat itulah Mugi datang. Mugi awalnya hanya ingin melihat-lihat club musik, mengingat dia sangat ahli dalam bermain keyboard, dan dia sebenarnya ingin bergabung dengan club paduan suara.

Tetapi dengan bujuk rayu Ritsu dan Mio, akhirnya Mugi bersedia menjadi orang ketiga di club itu. Pemain drum ada, pemain bass ada, pemain keyboard ada, yang belum tinggal satu, pemain gitar.

Mio sebenarnya bisa bermain gitar, tetapi dia sangat pemalu jika harus tampil di depan banyak orang. Maka mereka memutuskan mencari orang keempat.

Orang keempat itu adalah Yui. Dan yang mengajari Yui bermain gitar adalah Mio dan Mugi.

Bukan Club Musik Biasa


Yang membuat band sekolah yang bernama Houkago Tea Time / HTT ini begitu istimewa adalah mereka mengetahui salah satu kunci sukses untuk dapat membentuk sebuah band yang kokoh dan solid. Hal itu adalah Keterbukaan dan Ikatan yang timbul dari Pemahaman antar anggota.

Pada umumnya, masa SMA adalah masa di mana cewek atau cowok mulai belajar untuk memilih apa yang berguna bagi masa depan. Dalam masa memilih tersebut, sering timbul keraguan terhadap apa yang telah dipilih. Keraguan membuat beberapa orang menjadi malas untuk mencoba memilih dan mulai menutup diri terhadap pilihan yang ada.

Tetapi HTT lebih memilih untuk lebih terbuka. HTT memilih jalan yang jarang dipilih oleh anak SMA pada umumnya. Setiap anggota HTT memiliki keraguan, bahkan mereka sering ragu dengan apa yang ada di depan mereka. Tetapi dalam menghadapinya, mereka lebih memilih untuk berbagi dengan sesama anggota band.

Nah, karena mereka bersedia untuk terbuka satu sama lain, maka mereka dapat saling memahami satu sama lain. Tea set yang mereka gunakan selama 3 tahun di SMA menjadi saksi, bagaimana Yui cs menjalin sebuah ikatan persahabatan dan ikatan persaudaraan yang kuat. Bagaimana mereka saling terbuka dan saling membantu satu sama lain.

Tea dan Cake


Kalo sekedar latihan bersama dan “terlihat” memiliki tujuan yang sama, semua orang juga bisa melakukannya. Tetapi, yang mampu menerima kekurangan, mengorbankan kepentingan pribadi, lebih percaya kepada sesama anggota band, lebih terbuka untuk dapat membangun ikatan, hanya sedikit band yang melakukannya, dan salah satunya adalah HTT.

Itulah sebabnya di anime ini, jarang “diperlihatkan” waktu Yui cs berlatih, karena anime ini ingin menunjukkan apa yang lebih penting daripada latihan bersama, yaitu cara untuk terbuka dan cara untuk membangun ikatan dengan sesama anggota band.

Selain itu, HTT juga membuahkan hasil. Hasilnya adalah perubahan yang drastis dalam kehidupan Yui. Yui, kalo pada awalnya tergesa-gesa ke sekolah dengan tujuan hanya agar tidak terlambat, maka Yui yang sekarang tergesa-gesa karena memiliki tujuan.

Jika awalnya, kehidupan sekolah Yui sangat monoton dan membosankan, tetapi sekarang Yui memiliki kehidupan sekolah yang lebih berwarna. Sebuah kehidupan berwarna, yang tentu saja dia raih melalui banyak usaha, dan latihan. Tetapi Yui menghadapi semua itu dengan senang hati karena Yui tidak sendiri, ada Ritsu, Mio, dan Mugi yang bersama dirinya.

Yah, kehidupan Yui cs di SMA, benar-benar manis, seperti tea dan cake yang mereka nikmati setiap hari. Walaupun banyak masalah, naum tea dan cake selalu menunggu mereka untuk “memaniskan” hati dan hari mereka.

Lagu Hits


Yang menjadi kelebihan dari anime ini adalah band HTT juga menghasilkan buah yang manis. Buah tersebut adalah lagu/single. Didukung oleh para pemain musik kawakan, anime ini memang menelurkan lagu-lagu yang sangat keren.

Anime ini ingin menunjukkan bahwa, HTT “tidak sekedar” minum tea. Ada buah yang dihasilkan dari “latihan tersembunyi” mereka.

## Fuwa Fuwa Time


Lagu ini bercerita tentang cewek dan saat-saat sebelum dia tidur. Seperti yang kebanyakan dibayangkan seorang cewek, cewek di lagu ini juga membayangkan cowok. Cowok yang dia suka.

Segala yang ada dipikiran cewek tersebut, kegembiraan, kekuatiran, kesenangan, kegugupan, dan beribu emosi yang lain diutarakan di dalam lagu ini.

Yang menarik, di bagian reff, si cewek menyerahkan semuanya itu ke tangan TUHAN. Dia hanya bisa berharap dan berdoa kepada-Nya. Jadi, lagu ini bisa dikatakan juga sebagai doa cewek yang sedang jatuh cinta saat dia belum tidur.

Pada akhirnya, yang dia minta adalah waktu agar dia bisa dekat dengan si dia.

## Ichiban Ippai


Lagu ini benar-benar pas dan cocok dengan perasaan para penggemar K-ON saat mereka melihat movie K-ON. Rasa gembira, rasa sedih, rasa penasaran, rasa cinta, semua berbaur di dalam hati para penggemar saat mereka mendengarkan opening movie ini.

Perasaan para penggemar ternyata tidak bertepuk sebelah tangan, karena Yui membalas perasaan tersebut dengan bertanya “Seberapa besarkah hati seseorang? Ada yang tahu bentuknya seperti apa? Tidak tahu, tetapi di situlah (di hati para penggemar), aku (Yui dkk) merasakan cinta.”

Tidak hanya itu, Yui membesarkan hati para penggemarnya dengan berkata “Nomor satu tidak hanya satu. 100;1.000; bahkan 1.000.000.000 adalah juga nomor satu.” Dengan kata lain setiap perasaan para penggemar adalah sangat berharga bagi Yui dkk.

Di sisi lain, lagu ini juga mengajarkan kepada kita bahwa semua hal yang ada di sekitar kita, baik hal yang menyenangkan maupun hal yang tidak menyenangkan, semuanya adalah sesuatu yang berharga. Karena semua itulah yang akan mewarnai hati dan cinta yang ada di dalamnya.

## U & I


Lagu ini adalah sebuah keajaiban, sekaligus sebuah pengakuan yang tulus dari seorang kakak. Lagu ini ditulis Yui kepada adiknya Ui, sebagai bentuk rasa bersyukur karena Ui telah menjadi seorang adik yang sangat berharga bagi Yui.

Yui, tidak merasa malu terhadap kekurangan dirinya, atau bagaimana dia selalu bergantung kepada adiknya. Yui melalui lagu ini, mengakui bahwa dia memang tidak berdaya jika Ui tidak ada di sampingnya. Ui adalah segalanya bagi Yui.

Lagu ini keajaiban, karena lagu ini muncul di saat yang tidak terduga. Tidak satupun yang menyangka bahwa Yui “yang seperti itu” bisa menulis lirik seperti ini. Bahwa Yui bisa merendahkan diri seperti ini, dan mengakui bahwa dia memang sangat bergantung pada Ui.

Lagu ini bisa kamu gunakan untuk menyatakan kepada seseorang bahwa kamu sangat membutuhkan dirinya. Karena lagu ini sebenarnya adalah bentuk pernyataan cinta Yui kepada Ui adiknya. Cinta kakak kepada adiknya.

Selamat menonton. Terima kasih.

Penulis : Kinoshita Hideaki

Komentar

Pos populer dari blog ini

TOP 72 Anime Romance Terbaik Yang Akan Mengubah Hidup Kamu!

Kamu sedang mencari anime terbaik yang memiliki genre romance ? jika benar maka kamu masuk ke tempat yang tepat. Percaya sama saya, anime yang saya sarankan di bawah ini pasti menambah arti dalam hidup kamu

[Jangan Liat] 37+ Anime Hentai Terbaik Yang Seharusnya Tidak Kamu Tonton!

Kamu pikir sebejad apa saya sampai berani-berainya bikin daftar anime hentai terbaik ?

Jawabannya, tidak sebejad itu ^_^

Saya bukanlah orang (yang terlalu) mesum yang suka dengan anime hentai, saya hanya orang biasa yang berbagi informasi kepada orang-orang seperjuangan yang sedang mencari anime-anime harta karun

Informasi ini sebenarnya terlalu berharga untuk di sebarkan ke khalayak umum, tapi karena beberapa  desakan  maka saya berusaha untuk memenuhi keingin  publik dengan membuat artikel  ini

Untuk artikel kali ini, saya tidak akan membagikan cover atau gambar tentang anime yang bersangkutan, karena yahh … kalau saya pakai gambar yang “begitu” maka kemungkinan besar blog saya akan kena sanksi

Jadi maaf …

Sebelum saya mulai, saya ingin memberikan beberapa peringatan

Jika kamu adalah anak di bawah umur tolong segera pergi dari artikel iniJangan berpikir buruk terhadap saya karena membuat artikel terkutuk  ini (serius … jangan)Dan jika kamu kebetulan kenal dengan saya di dunia nyata,…

197 Rekomendasi Anime Jepang Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Mati! (Seriusan)

Kata beberapa orang (termasuk saya) anime itu adalah teman hidup.

Seriusan loh…

Banyak penggemar anime yang tidak tahan kalau tidak menonton anime jepang dalam satu hari.

Apa ini wajar? … Saya tidak tahu.

Tapi saya sendiri orang yang jika tidak menonton anime dalam satu hari (minimal rewatch), ngerasa  kayak ada yang “ganjil”
an
Apa kamu juga pernah merasakan hal yang sama? Atau ini hanya terjadi pada saya saja?

Btw … untuk artikel ini, saya tidak ingin mengomentari atau memberi solusi pada orang-orang yang “tidak bisa hidup tanpa anime” ini.

Melainkan untuk membagikan sebuah daftar yang berisi 197 rekomendasi anime yang sudah saya susun selama setengah tahun.

(Wuihh gila, setengah tahun)

Apa beneran saya susun setengah tahun?

Haha … saya bercanda … sejujurnya setengah tahun yang lalu saya sama sekali  tidak berencana membuat daftar ini.

Saya hanya membuat beberapa daftar rekomendasi anime dan tidak terasa (dan tanpa sengaja) sudah menyusun lebih dari 190 judul rekomendasi anime dar…

5 Anime Harem Ecchi Super Seru Yang Mirip High School DxD

Siapa yang tidak tahu dengan anime High School DxD ?

Hampir kebanyakan penggemar anime (khususnya yang laki-laki) pasti pernah menonton (atau setidaknya tahu) tentang anime ini

Anime ini adalah salah satu anime legendaris yang mempopulerkan tentang  Oppai dan Dragon, selain itu walaupun anime ini bukan versi bd tapi tidak memiliki sinar dewa  didalamnya

Tapi tahukah kamu ?

Ternyata ada beberapa anime yang memiliki beberapa kesamaan dengan High School DxD, dan berikut ini saya membuat minima-list yang berisi  anime-anime yang mirip dengan High School DxD

Walaupun memang tidak semuanya mirip, tapi tetap saja memiliki kelebihan masing-masing dan sangat  layak  untuk  di tonton

Berikut ini daftarnya.

#1. Dakara Bokuwa, H ga Dekinai
Anime ini merupakan salah satu anime yang hampir mirip dengan High School DxD, kemiripannya ada di bagian konsep dan alur cerita

Anime ini bercerita tentang seorang pemuda yang bisa dibilang “mesum” (suka dengan hal erotis) dan dianugerahi dengan kekuatan luar…

41 Anime Harem Ecchi Terbaik Yang Dijamin Mantab! | 2016

Saya yakin banyak penggemar anime di dunia ini yang suka dengan anime bergenre harem.
Benar kan ??
Kamu juga suka dengan anime harem kan ?
Saya yakin begitu, karena harem adalah mimpi dan impian para laki-laki (jones) yang suka terhadap anime.
Menjadi soerang laki-laki yang selalu dikelilingi wanita cantik adalah impian setiap lelaki… Tapi karena hal ini 95 persen tidak terjadi di dunia nyata maka satu-satunya cara untuk melampiaskan impian itu adalah dengan menonton anime bergenre harem.
Dan berikut ini saya rangkum beberapa anime harem yang kemungkinan akan kamu suka.
Tapi tentu saja daftar atau list ini belum sempurna karena saya belum menonton semua anime harem yang pernah tayang.. Jadi kalau kamu tahu anime genre harem yang bagus dan belum masuk dalam list atau daftar ini tolong beri tahu saya.
#1. Saenai Heroine no Sodetakata
Anime yang pertama saya bahas dalam list kali ini adalah Saekano, anime ini merupakan salah satu harem romance yang seru untuk di tonton.

Tentu saja ada a…