Langsung ke konten utama
Loading...

Tanggapan Makoto Shinkai (Sang Pencipta Kimi no Na wa.) Tentang Anime Movie Sakasama no Patema!


Jadi, apa kamu tertarik membaca artikel ini karena melihat judulnya?

Maksud saya, bagi kamu yang belum pernah denger judul anime Sakasama no Patema dan kebetulan suka sama anime Kimi no Na wa. pasti ingin tahu sebenarnya anime apa sih yang dikomentari oleh Makoto Shinkai ini?

Dan kalau kamu pernah denger Sakasama no Patema dan nonton anime-nya, pasti kamu ingin tahu dong komentar seperti apa yang diberikan Makoto Shinkai terhadap anime ini…

Namun sayangnya, hal itu tidak akan terjadi di artikel ini…

Di artikel ini kamu tidak akan membaca pendapat Makoto Shinkai tentang anime Sakasama  no Patema.

Saya membuat judul diatas hanya agar kamu mau meng-klik dan membaca artikel ini.

Tapi jangan pergi dulu.

Urungkan niat kamu untuk mengklik tombol close dan baca artikel ini, saya yakin kamu tidak akan rugi meluangkan waktu kamu yang berharga dengan membaca artikel ini.

Saya memang bukan Makoto Shinkai, namun saya yakin amatir seperti saya bisa menggambarkan anime apa Sakasama no Patema itu, apa kelebihannya, dan kenapa anime ini layak untuk kamu tonton (atau setidaknya kamu tonton ulang)

Ini ulasan saya tentang anime Sakasama no Patema!

Tentang apa anime ini?


Sakasama no Patema atau Inverted Patema memiiki arti Patema yang terbalik, tapi apa itu Patema?

Patema adalah seorang gadis, dia adalah karakter utama dari anime ini

Judul anime ini punya format yang sama seperti Kino no Tabi, Masamune no Revenge, Shokugeki no Souma, dll, dimana nama karakter utama di taruh di dalam judul anime.

Tapi yah, kita tidak akan bahas judulnya lebih jauh, karena arti dari judul anime ini akan jelas terlihat saat kamu menonton anime ini.

Jadi siapa itu Patema?

Seperti  yang saya bilang, dia adalah seorang gadis, dia tinggal di bawah tanah karena leluhurnya juga seperti itu, semua orang termasuk Patema dipaksa untuk mengikuti peraturan tersebut dan harus tinggal di bawah tanah.

Tapi kenapa? Well, baca artikel ini lebih jauh.

Patema adalah seorang gadis yang bisa dibilang eksploratif, dia tidak diam di satu tempat dan menerima peraturan itu, dia sering pergi ke beberapa daerah yang dianggap sebagai zona bahaya demi memuaskan keingin tahuannya.

Sepertinya ini adalah sifat yang dia serap dari seorang bernama Lagos, saya sekali lagi menyebutkan sebuah nama, tapi untuk sekarang itu tidak penting.

Walaupun karakter utama yang disebut di judul adalah Patema, cerita di anime ini lebih banyak melihat dari sudut pandang seorang pemuda yang bernama Age.

Yapz seorang pemuda bernama Age yang arti nama tersebut umur atau zaman.

Beda dengan Patema yang tinggal dibawah tanah, Age tinggal diatas tanah, dia tinggal disebuah negara yang sangat tertib yang mengharuskan semua rakyatnya patuh pada hukum.

Sekilas tempat  itu terlihat seperti surga, tapi sebenarnya tempat itu bukan surga, bagi saya itu adalah tempat yang disebut sebagai Dystopia, tempat yang  menyediakan segalanya kecuali kebebasan.

Anime ini akan dimulai dengan pertemuan dua karakter utama di anime ini, Patema dan Age.

Tapi yang paling mengesankan dari anime ini bukanlah pertemuarn “Romeo dan Juliet” melainkan kondisi dari sang “Romeo dan Juliet” ini

Ini poin penting di anime ini

Walaupun tinggal di tempat yang bisa dibilang “daratan yang sama” (walaupun patema di dalam tanah) gravitasi kedua bangsa ini berbeda (bangsa Age dan bangsa Patema)

Untuk mempermudahnya kita buat langit sebagai Patokan.

Bagi Age, langit berada di atas kepalanya, sedangkan bagi Patema, langit adalah jurang tanpa dasar yang terletak di bawah kakinya

Tentang asal-usul dari keanehan ini sebenarnya dijelaskan secara rinci di dalam animenya.

Setting dari anime ini adalah sebuah Dystopia, tapi bukan cuman itu, melainkan Dystopia yang terjadi setelah bencana yang sangat besar (post-appocalyptic-dystopia) <- ga yakin tulisannya bener

Pada zaman dahulu, para ilmuan berpikir untuk membuat gravitasi sebagai energi yang tidak terbatas, namun sayangnya percobaan itu gagal dan membuat bencana maha dahsyat.

Semua  benda yang menempel pada tanah seolah tertarik ke atas dan “ditelan oleh langit”, termasuk manusia.

Tapi tidak semuanya … hanya beberapa orang saja yang tidak tertarik gravitasi dan “jatuh ke langit”, mereka yang bertahan adalah mereka yang membuat dystopia tersebut.

Sedangkan sebagian orang-orang yang akan “jatuh ke langit” bersembunyi di dalam tanah agar mereka semua tidak “jatuh”

Itu kebenaran antara kedua bangsa ini, bangsa Patema dan Age.

Walaupun demikan, pada awal cerita Patema sebenarnya tidak mengetahui hal ini, dia hanya melakukan eksplorasi ke berbagai tempat dan berakhir di dunia yang “terbalik”

Ke arah mana cerita di anime berjalan?


Hmmpt, orang-orang yang tinggal dalam Dystopia, menganggap bahwa orang yang ditelan langit adalah orang-orang yang berdosa, pendapat ini ditanamkan kepada semua orang oleh pemimpin di negeri ini.

Bahkan penguasa negeri tersebut membuat sebuah lukisan seperti gambar di bawah ini yang bermakna orang yang jatuh ke langit adalah orang yang berdosa


Dan Patema tidak sengaja masuk  ke dalam negeri ini!

Menurut kamu apa yang terjadi ketika seseorang dari “bangsa yang dibcenci” muncul dihadapan orang-orang?

Kamu bisa bayangkan arahnya kan?

Kalau peran Age?

Age adalah anak dari seseorang yang melihat “langit sebagai hal yang indah”, berbeda dengan pemikiran para penguasa dimana langit adalah tempat orang-orang yang berdosa.

Lagipula saya juga bilang sesuatu tentang Romeo dan Juliet kan? Yahhh, kearah sana ceritanya.

Oiah, kalau kamu perhatikan ada unsur romance di anime ini, dan kalau kamu jeli, ada sesuatu yang mungkin akan kamu lihat namun dilewatkan oleh kebanyakan orang, apa itu? Cari tahu sendiri ^_^

Yang paling menarik dari anime ini


Tentu saja adalah konsepnya, sebelum menonton anime ini saya tidak pernah berpikir langit yang harusnya berada di atas kepala saya tiba-tiba menjadi jurang di bawah kaki saya.

Tapi tentu saja bukan konsep saja yang membuat saya terkagum-kagum dengan anime ini, banyak adegan dimana anime ini memainkan perspektif pandangan, saya pikir agak menakjubkan ketika ada sebuah adegan dimana “kamera” diputar menjadi terbalik sehingga menghasilkan perspektif yang berbeda.

Di beberapa scence saya sempat menekan tombol pause, dan memutar balik sendiri laptop yang saya pegang ^_^

Coba deh, liat gambar ini


Dan gambar ini


Coba perhatikan gambar tersebut dan setelah selesai coba balik layar laptop atau smartphone kamu, nanti kamu akan lihat perspektif pandangan yang berbeda dari dua gambar diatas

Tapi tentu saja bukan cuman itu yang jadi kekuatan utama anime ini

Development karakter utama di anime ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan anime lain, orang yang paling akan kita mengerti adalah Age karena kita melihat dunia dari sudut pandang dia, namun yang benar-benar menyangkut di pikiran saya adalah antagonis di anime ini.

Si antagonis, sukses berperan sebagai seorang penjahat dimana saya ingin masuk ke dalam anime dan merobek-robek wajah dia (karena saking bencinya)

Selain itu di anime ini digambarkan banyak tempat indah yang dilihat dari 2 perspektif yang berbeda, saya pikir itu juga kelebihan di anime ini.

Kekuarangan di anime ini


Awalnya sebenarnya saya kurang srek sama pengisi suara Patema, rasanya ada yang ganjil atau suaranya kurang nendang di telinga saya, tapi lama-lama membaik dan tidak menjadi masalah.

Ada juga beberapa plot hole di anime ini (bukan plot hole sih, apa yah …)

Jadi, orang yang membuat anime ini membuat break down cerita dengan sangat baik seperti …

(1) patema bertemu manusia kelalawar (2) dia jatuh ke dalam lubang (3) sampai di dunia terbalik (4) tasnya jatuh (5) dia berusaha mengambil tasnya (6) Patema bertemu age.

Tapi sayangnya ada beberapa bagian yang dipaksakan antara poin ke poin, contohnya dari poin (1) menuju poin (2) sepertinya si pembuat anime ini kehabisan akal dan  tidak punya "alasan yang lebih baik" kenapa Patema bisa jatuh.

Setidaknya saya melihat ada 3 kejadian yang terkesan di paksakan di anime ini, di awal, di tengah dan di akhir.

Ada hal yang sebenarnya terlihat, dan kita akan bilang hey … jangan lakukan itu, apa kau tidak ingat dengan kondisimu (sesuatu yang mengikat kakimu) dll.

Tapi kalau itu tidak dilakukan maka ceritanya tidak akan berjalan lagi, terkesan seperti anime ini dibuat dengan garis besar yang utuh namun saat pembuatan beberapa detil kecil dikesampingkan.

Perdebatan Kecil


Sebelum masuk ke penutup, ada sebuah pengalaman yang agak susah untuk saya lupakan tentang anime ini, yaitu  perdebatan saya dengan salah satu sahabat karib saya.

Sebut saja nama sahabat saya ini Budi.

Budi ini dari mulai SMK  suka banget sama film, terutama film hollywood yang temannya tentang sci-fi atau  fantasy.

Banyak film yang sudah dia tonton,  dan saat kami satu kelas, dia sering jadi bandar film hollywood yang sering sekali dikerumuni oleh orang-orang yang berebut untuk copy film-film koleksi dia

Dulu, saat masih SMK  saya belum terlalu mengenal  Anime, si Budi ini sudah tidak asing dengan yang namanya anime, dulu dia sempet bilang  awal mula dia download film-film hollywood awalnya karena sering download Naruto di Samehadaku (saya ga tahu detilnya kenapa dia bisa jadi pecinta film hollywood  yang diawali  dari Samehadaku ?)

Tapi mari kita lewati bagian itu dan beranjak ke beberapa saat yang lalu, mungkin sekitar setahun yang lalu saat kami berdua sudah lulus SMK dan sudah punya pekerjaan masing-masing.

Saat itu saya sudah menonton banyak anime dan tiba-tiba si Budi ini minta rekomendasi anime sama saya, karena kebetulan saat itu saya baru selesai nonton  anime Sakasama no Patema saya rekomendasikan anime itu.

Beberapa saat kemudian  si Budi menghubungi saya lagi, dan bilang kalau ternyata film Sakasama no Patema ini mengambil ide dasar dari film Upside Down (kalau ga salah)

Dia bilang anime ini plagiat dan sebagainya

Saya yang waktu itu baru selesai nonton dan merasa bahwa film ini bagus ga terima semua omongan si Budi dan terjadilah perdebatan pertama kami setelah lulus SMK.

Yah, masalah itu sudah selesai dengan kami yang sama-sama mengalah, film ini (katanya) memang terinspirasi dari Upside Down (kalau ga salah) namun dengan beberapa detil dan alur cerita yang berbeda.

Kesimpulan


Anime ini bagus dan bisa di tonton oleh kebanyakan fans anime, kamu tidak perlu menonton banyak anime untuk mulai tertarik dengan anime ini, bahkan kalaupun kamu suka anime genre harem ecchi saya pikir anime ini akan tetap menarik buat kamu.

Ceritanya seru, dan beberapa karakternya agak susah dilupakan … walaupun ada beberapa “miss” yang saya lihat di anime ini, hal itu sama sekali tidak menurunkan kualitasnya.

Keseluruhan anime ini sangat bagus dan sangat menghibur untuk diri saya pribadi.

Emmmmpt, kalau saya ditanya berapa nilai anime ini antara 1/10 saya akan bilang nilainya di sekitar angka 8.

***

Saya pikir itu saja … artikel ini selesai …

Saya berterima kasih buat kamu yang baca dari awal sampai akhir dan jangan lupa kasih komentar, saya seneng kalau ada temen yang pengen tanya-tanya tentang anime ini sebelum menontonnya.

Keep watching anime, sampai jumpa di artikel selanjutnya

Penulis : Yhuzu Yhuzu


Postingan populer dari blog ini

TOP 82 Anime Romance Terbaik Yang Akan Mengubah Hidup Kamu!

Kamu sedang mencari anime terbaik yang memiliki genre romance ? jika benar maka kamu masuk ke tempat yang tepat. Percaya sama saya, anime yang saya sarankan di bawah ini pasti menambah arti dalam hidup kamu


Artikel yang saya buat ini adalah daftar anime romance terbaik yang saya rekomendasikan untuk kamu tonton.

[Jangan Liat] 37+ Anime Hentai Terbaik Yang Seharusnya Tidak Kamu Tonton!

Kamu pikir sebejad apa saya sampai berani-berainya bikin daftar anime hentai terbaik ?

Jawabannya, tidak sebejad itu ^_^

Saya bukanlah orang (yang terlalu) mesum yang suka dengan anime hentai, saya hanya orang biasa yang berbagi informasi kepada orang-orang seperjuangan yang sedang mencari anime-anime harta karun

Informasi ini sebenarnya terlalu berharga untuk di sebarkan ke khalayak umum, tapi karena beberapa  desakan  maka saya berusaha untuk memenuhi keingin  publik dengan membuat artikel  ini

Untuk artikel kali ini, saya tidak akan membagikan cover atau gambar tentang anime yang bersangkutan, karena yahh … kalau saya pakai gambar yang “begitu” maka kemungkinan besar blog saya akan kena sanksi

Jadi maaf …

Sebelum saya mulai, saya ingin memberikan beberapa peringatan

Jika kamu adalah anak di bawah umur tolong segera pergi dari artikel iniJangan berpikir buruk terhadap saya karena membuat artikel terkutuk  ini (serius … jangan)Dan jika kamu kebetulan kenal dengan saya di dunia nyata,…

197 Rekomendasi Anime Jepang Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Mati! (Seriusan)

Kata beberapa orang (termasuk saya) anime itu adalah teman hidup.

Seriusan loh…

Banyak penggemar anime yang tidak tahan kalau tidak menonton anime jepang dalam satu hari.

Apa ini wajar? … Saya tidak tahu.

Tapi saya sendiri orang yang jika tidak menonton anime dalam satu hari (minimal rewatch), ngerasa  kayak ada yang “ganjil”
an
Apa kamu juga pernah merasakan hal yang sama? Atau ini hanya terjadi pada saya saja?

Btw … untuk artikel ini, saya tidak ingin mengomentari atau memberi solusi pada orang-orang yang “tidak bisa hidup tanpa anime” ini.

Melainkan untuk membagikan sebuah daftar yang berisi 197 rekomendasi anime yang sudah saya susun selama setengah tahun.

(Wuihh gila, setengah tahun)

Apa beneran saya susun setengah tahun?

Haha … saya bercanda … sejujurnya setengah tahun yang lalu saya sama sekali  tidak berencana membuat daftar ini.

Saya hanya membuat beberapa daftar rekomendasi anime dan tidak terasa (dan tanpa sengaja) sudah menyusun lebih dari 190 judul rekomendasi anime dar…

5 Anime Harem Ecchi Super Seru Yang Mirip High School DxD

Siapa yang tidak tahu dengan anime High School DxD ?

Hampir kebanyakan penggemar anime (khususnya yang laki-laki) pasti pernah menonton (atau setidaknya tahu) tentang anime ini

Anime ini adalah salah satu anime legendaris yang mempopulerkan tentang  Oppai dan Dragon, selain itu walaupun anime ini bukan versi bd tapi tidak memiliki sinar dewa  didalamnya

Tapi tahukah kamu ?

Ternyata ada beberapa anime yang memiliki beberapa kesamaan dengan High School DxD, dan berikut ini saya membuat minima-list yang berisi  anime-anime yang mirip dengan High School DxD

Walaupun memang tidak semuanya mirip, tapi tetap saja memiliki kelebihan masing-masing dan sangat  layak  untuk  di tonton

Berikut ini daftarnya.

#1. Dakara Bokuwa, H ga Dekinai
Anime ini merupakan salah satu anime yang hampir mirip dengan High School DxD, kemiripannya ada di bagian konsep dan alur cerita

Anime ini bercerita tentang seorang pemuda yang bisa dibilang “mesum” (suka dengan hal erotis) dan dianugerahi dengan kekuatan luar…

41 Anime Harem Ecchi Terbaik Yang Dijamin Mantab! | 2016

Saya yakin banyak penggemar anime di dunia ini yang suka dengan anime bergenre harem.
Benar kan ??
Kamu juga suka dengan anime harem kan ?
Saya yakin begitu, karena harem adalah mimpi dan impian para laki-laki (jones) yang suka terhadap anime.
Menjadi soerang laki-laki yang selalu dikelilingi wanita cantik adalah impian setiap lelaki… Tapi karena hal ini 95 persen tidak terjadi di dunia nyata maka satu-satunya cara untuk melampiaskan impian itu adalah dengan menonton anime bergenre harem.
Dan berikut ini saya rangkum beberapa anime harem yang kemungkinan akan kamu suka.
Tapi tentu saja daftar atau list ini belum sempurna karena saya belum menonton semua anime harem yang pernah tayang.. Jadi kalau kamu tahu anime genre harem yang bagus dan belum masuk dalam list atau daftar ini tolong beri tahu saya.
#1. Saenai Heroine no Sodetakata
Anime yang pertama saya bahas dalam list kali ini adalah Saekano, anime ini merupakan salah satu harem romance yang seru untuk di tonton.

Tentu saja ada a…