January 2, 2017

Salah Satu Best Underrated Anime [Review Ushinawareta Mirai o Motomete]

Kamu bosan dengan anime-anime yang itu-itu saja? Kamu sudah terlalu sering melihat anime dengan alur dan pola yang begitu-begitu saja? Mungkin baru melihat beberapa menit, kamu bisa menebak bagaimana akhir dari anime tersebut??

Di awal tahun ini, mungkin kamu sedang mencari anime dengan alur dan jalan cerita yang lain daripada yang lain?? Yang lebih menantang mungkin??

Nah, jika benar demikian, saat ini adalah saat yang tepat bagi kamu untuk membaca review ini. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan mereview sebuah anime yang lain daripada yang lain.

Tentu saja anime ini “lebih” daripada anime-anime pada umumnya. Sebagai hint untuk membantu kamu menonton anime ini, saya anjurkan kamu untuk mengingat-ingat atau membuat catatan kecil di setiap episodenya.

“À la recherche du futur perdu” adalah judul anime ini dalam bahasa Prancis. Judul aslinya Ushinawareta Mirai o Motomete.

Sato Satomi


Kamu familiar dengan nama seiyuu di atas?? Sato Satomi adalah alasan utama mengapa saya mulai mencoba untuk menonton anime ini. Pada waktu itu saya masih demam dengan anime K-ON, lalu saya mulai mencari anime di mana para seiyuu yang ada di K-ON ikut mengisi suara. Dan Ushinawareta adalah salah satunya.

Lalu waktu saya mendengarkan lagu openingnya, saya langsung terkejut. Saya rasa saya pernah mendengar suara ini. He he he. Dan memang benar opening theme yang berjudul Le jour (yang artinya Hari) dinyanyikan oleh Sato Satomi.

Anime ini dibuka dengan sebuah plot cerita yang sederhana. Ada seorang cowok bernama Akiyama So. Dia memiliki teman masa kecil bernama Sasaki Kaori. So dan Kaori pergi ke sekolah yang sama. Di situ mereka mengikuti club astronomy bersama.

Hampir 15 menit awal, anime ini terlihat sangat normal dan biasa. Sampai pada suatu saat Kaori mengalami kecelakaan dan meninggal.

Salah satu karakter utama meninggal di episode pertama?? Nah, ini salah satu kelebihan dari anime ini. Alur ceritanya langsung meninggi di episode awal.

Lalu apa dong kelanjutannya? So putus asa, tidak melanjutkan sekolah, dan tamat??

Ke Masa Lalu


Siapa bilang pergi ke masa lalu adalah hal yang mudah?? Jika kamu melihat Doraemon, mungkin kamu membayangkan betapa sangat mudahnya untuk pergi ke masa lalu. Cukup masuk ke dalam laci meja, gerakkan beberapa tuas, dan kita berpindah ke masa lalu. He he he.

Itu Doraemon. Kalo di anime ini tidak. He he he. Anime ini sedikit lebih realistis. Walaupun yang dikirim sama-sama robot, tetapi perjalanan ke masa lalu tidaklah semudah yang dilakukan oleh Doraemon.

Jadi, rencana So pada intinya adalah pergi ke masa lalu dan menyelamatkan Kaori dari kecelakaan. Kalo ada Doraemon, masalah ini cukup selesai dalam 15 menit. Tidak perlu 12 episode. He he he.

Tetapi ya itu tadi, anime ini lebih realistis daripada anime Doraemon.

So mengirim manusia buatan yang bernama Furukawa Yui, untuk menyelamatkan Kaori dari kecelakaan.

Cat In The Box


Kamu tahu Cat In the Box. Cat In the Box adalah sebuah eksperimen di mana sebuah kucing dimasukkan sebuah kotak besi yang dilengkapi dengan beberapa peralatan. Jika terjadi perubahan secara radioaktif, maka peralatan tersebut akan mengeluarkan racun dan membunuh kucing itu.

Yang menarik dari percobaan itu adalah bahwa perubahan secara radioaktif yang dimaksud itu terjadi secara random, atau tidak bisa ditebak. Sehingga kita tidak tahu apakah kucing tersebut masih hidup atau sudah mati. Atau berapa lama kucing tersebut akan hidup??

Dari percobaan di ataslah maka timbul sebuah teori yang bernama Dunia Paralel. Kembali ke anime ini.

Di akhir episode pertama, tiba-tiba Kaori hidup kembali dan di ruang club terlihat sebuah kotak hitam dan sesosok cewek muncul di sekolah. Cewek tersebut adalah Yui.

Kotak Hitam


Jika pada saat itu Yui bisa “langsung” ingat dengan tujuan kedatangan dia ke masa lalu, anime ini pasti sudah selesai di episode 2. He he he.

Tetapi, kenyataannya tidak demikian. Yui mengalami gangguan di otaknya, sehingga dia lupa dengan tujuan dia datang ke masa lalu. Dalam waktu singkat Yui pun menjadi dekat dengan So dan kawan-kawan.

Yang membuat Yui teringat adalah saat dia melihat kotak hitam yang ada di ruang club. Tetapi, tidak hanya itu yang dia ingat. Dia juga memiliki ingatan akan apa saja yang akan terjadi pada saat dia datang sampai Kaori mengalami kecelakaan.

Bagaimana bisa? Yui kan baru pertama kali datang ke masa lalu?? Apa So yang memasukkan ingatan itu ke dalam pikiran Kaori?

Semakin menarik bukan?? Untuk membantu mengingat semua kejadian yang menarik, di saat tertentu akan muncul tanggal. Nah, jika kamu menjumpai tgl tersebut, kamu catat tgl dan apa yang terjadi di dalam catatan kamu. Percayalah hal ini akan sangat menarik dan membuat kamu menjadi semakin penasaran dengan jalan ceritanya.

Paradox


Robot lupa?!? boleh lha. Masih wajar. Tetapi kalo Robot sudah memiliki perasaan cinta?? Nah ini bisa menimbulkan apa yang disebut dengan paradox.

Paradox bisa diartikan sebagai suatu keadaan di mana saat kita menghadapi sebuah masalah dan setelah kita mengikuti beberapa langkah yang kita anggap benar untuk memecahkan masalah tersebut, kita akan kembali ke kondisi awal.

Yui ternyata memiliki perasaan kepada So, dan Kaori menyadari hal ini. Di sinilah Yui menjadi bingung. Di satu sisi dia harus menyelamatkan Kaori, di sisi lain Yui ingin memiliki So. Yui menjadi bingung.

Di sisi Kaori, Kaori juga menjadi bingung. Dia suka dengan So. Tetapi melihat So dan Yui begitu dekat, Kaori menjadi cemburu, dan putus asa. Kaori lalu menjauhi So dan Kaori, sehingga saat kecelakaan terjadi, tidak ada yang bersama dirinya.

Jadi, karena perasaan yang dia miliki, Yui gagal menyelamatkan Kaori.

Siapa yang Mengirim Kaori??


Waktu pun terus berjalan, Kaori dalam kondisi koma, So belajar dengan keras untuk dapat menyembuhkan Kaori. Lalu di saat dunia kedokteran tidak bisa menyelamatkan Kaori, So memutuskan untuk mulai meneliti Yui dan kotak hitam.

Dari penelitian, ternyata Yui itu manusia buatan, dan kotak hitam itu menjadi semacam alat pemancar gelombang di dalam sebuah aliran waktu. Dengan kata lain, dengan “mencari” gelombang yang dipancarkan oleh kotak tersebut, maka Yui dapat dikirim kembali ke masa lalu.

Jadi, Yui memang dikirim oleh So dari masa depan, tetapi siapa yang pertama kali mengirimkan Yui dan kotak tersebut? Karena So tidak membuat Yui, So hanya mengirim ulang Yui ke masa lalu.

Sedangkan untuk kotak hitam, So di masa depan pun masih belum bisa mempelajari kotak hitam tersebut.

Di sinilah timbul Paradox. Paradox, karena Yui harus mengulangi lagi untuk menyelamatkan Kaori. Dan karena pengulangan tersebut, maka Yui pun mulai menyadari mengapa ingatannya kok kembali berkurang, dan baru kembali setelah dia memegang kotak hitam.

Siapa yang mengirim Yui??

Raison D'être


Setiap hal yang ada di dunia ini pasti memiliki tujuan. Itulah arti ungkapan Bahasa Prancis di atas. Begitu juga dengan hal-hal yang kamu lihat di dalam anime ini.

Karena cinta, maka Yui gagal menyelamatkan Kaori. Karena Kaori gagal, maka Kaori bisa dekat dengan So. Karena dekat dengan So, maka Yui memiliki perasaan kepada So, sehingga dia bersedia dikirim ke masa lalu untuk menyelamatkan Kaori.

He he he. Review ini memang agak paradox juga. He he he.

Tapi, jangan kuatir, animenya tidak akan seberat review ini. Percayalah. Artikel ini ada juga memiliki sebuah tujuan tertentu, yaitu untuk memperkenalkan kamu dengan anime yang sangat menarik dan menantang ini.

Saya yang awalnya hanya tertarik dengan Sato Satomi, perlahan juga mulai penasaran dengan anime ini.
“Bisa tidak ya Yui menyelamatkan Kaori?” “Apa yang harus dilakukan Yui terhadap rasa curiga Kaori kepada dirinya?” “Siapa sih yang sebenarnya mengirim Yui?” Itu beberapa pertanyaan yang timbul di saat saya menonton anime ini.

Dengan alur yang menarik dan menantang, lalu ditambah dengan bumbu romance, membuat anime ini menjadi sangat special, bahkan mungkin salah satu anime romance terbaik. Lalu jika kamu memperhatikan nanti, kamu akan tahu, bahwa yang menyukai So tidak hanya Kaori dan Yui. Ada orang ketiga yang menyukai So. Romance di anime ini pun menjadi semakin komplek dan rumit.

Masa Depan


Kembali ke kucing. Kucing tersebut dapat dikatakan mati dan hidup pada saat yang bersamaan. Yui juga dapat dikatakan seperti kucing tersebut. Dia bisa dikatakan gagal dan berhasil di saat yang bersamaan. Dia berhasil, karena bisa mencapai masa lalu, tetapi dia gagal karena Kaori gagal diselamatkan.

Jika Kaori berhasil diselamatkan, maka akan terjadi kontradiksi. Karena jika Kaori selamat, buat apa Yui dibuat di masa depan. Jika di masa depan Yui tidak dibuat, maka tidak ada Yui yang datang ke masa lalu. Terus, yang menyelamatkan Kaori siapa??

Karena Yui gagal, maka Yui dapat dikirim ke masa lalu untuk menyelamatkan Kaori. Tetapi, jika hal ini terus berulang-ulang, apa gunanya Yui diciptakan? Lalu karena memiliki perasaan kepada So, keputusan Yui pun semakin tidak tepat dan akurat dan membuat apapun yang Yui lakukan pasti tidak bisa menyelamatkan Kaori.

Sekilas apapun yang terjadi, menjadi sebuah paradox bagi Yui. Tetapi apa betul begitu??

Nah, jika kamu penasaran, maka segeralah kamu tonton anime ini. Siapkan buku catatan, ikuti kehidupan So dan Kaori di dalam club astronomy yang penuh dengan keceriaan, kebersamaan, romance yang manis, dan hal-hal supranatural yang terjadi di sekolah mereka.

Saksikan juga, bagaimana cara Yui untuk keluar dari 2 jalan paradox yang ada di hadapannya. Bagaimana dia membuka jalan baru, jalan ketiga, yang tidak menimbulkan paradox.

Jalan di mana Kaori dapat hidup, dan Yui tetap ada.

Selamat menonton.

Penulis : Kinoshita Hideaki


EmoticonEmoticon

Today's Okazu!