Langsung ke konten utama
Loading...

Ini Anime Fantasy Terbaik (Dan Terkeren) Sepanjang Masa! (Sejauh ini)

Saat kecil, saya punya seorang kakek butu yang hobi mendongeng, dia bukan tentara atau pun orang yang pernah mengalami hal besar dalam hidupnya, tapi dia punya segudang cerita menakjubkan yang membuat mata saya bersinar ketika mendengarnya, kisah yang kalau dijadikan anime mungkin akan masuk ke daftar anime fantasy terbaik yang sekarang saya tulis ... haha, well, bercanda. Cerita kakek saya gak sekeren itu ....

Salah satu cerita yang paling membekas dalam pikiran saya adalah beberapa kisah fantasy yang sepertinya dia bikin sendiri, saya sempat cek internet dan mencari kisah yang kakek buyut saya dongenkan tapi entah kenapa saya tidak pernah bisa menemukan cerita tersebut.

Ceritanya tentang seorang petani yang hidupnya berubah karena seekor ayam, kalau tidak salah, ayam itu ayam yang dianggap sakral oleh kelompok tertenu, dan si karakter utama yang namanya itu jawa banget terlibat dalam hal yang benar-benar luar biasa, seperti perang, difitnah, dan diasingkan, tapi si karakter utama juga sedikit demi sedikit makin kuat karena ayam itu sampai akhirnya dia bisa terbang, berjalan di atas air, bisa melempar burung dengan sebuah batu kecil dari jarak jauh, dan seterusnya.

Saat itu saya masih kecil dan tidak sadar kalau cerita itu punya banyak ide modern di dalamnya, saya mulai berpikir, kakek buyut saya yang sudah lama meninggal ini adalah pengelana waktu yang datang dari zaman sekarang dan kembali ke zaman dulu.

Well, itu bercanda ... setengahnya, mungkin .... tapi yang jelas, kisah fantasy yang bikin saya terkagum-kagum itu membangkitkan rasa suka saya terhadap fantasy, dan di zaman modern, dimana bentuk kisah fantasy itu bisa dilihat dalam visual, ada banyak kisah fantasy yang bisa saya tonton, kayak The Lord Of The Rings atau The Hobbit, namun film hollywood itu cuman nomor dua bagi saya, karena yang pertama, adalah anime ...

Yaps, anime fantasy. Salah satu genre favorit saya, saya udah banyak nonton anime fantasy, dan ini ....

List anime fantasy terbaik yang bisa saya susun.

#1. Spice and Wolf


Jadi, apa kamu kaget karena list yang pertama ini adalah genre fantasy yang agak kurang diminati orang? Maksud saya, kamu masuk ke daftar ini karena niat nyari anime fantasy kan? Dimana adegan bertarung dimana-mana, monster dimana-mana? Well, hal itu gak banyak terjadi di anime Spice and Wolf ini. Ini lebih ke kisah Lawrence dan Horo yang melakukan perjalanan sambil berdagang, tapi jangan salah, dari segi fantasy, anime ini termasuk high-level fantasy, anime yang bakalan kamu bikin ketagihan nonton sampai maksain baca LN-nya, ohh, dan saya lupa bilang kalau anime ini diadaptasi dari LN yang paling laris di Dengeki Bunko (kalau tidak salah).

Spice and Wolf adalah anime fantasy yang sangat seru, dan kamu harus terima fakta itu, gak bakalan orang yang bakal bilang anime ini gak seru, dan itu termasuk kamu.

#2. Full Metal Alchemist Brotherhood


Ok, yang kedua ini adalah anime fantasy dimana action dimana-mana, kisah tentang dua orang yang awalnya memiliki tujuan pribadi dan berakhir menjadi orang yang menyelamatkan dunia.

Dunia fantasy di anime ini agak berbeda dengan dunia fantasy lain, ketika kebanyakan genre fantasy di dominasi oleh pedang atau sihir, dunia fantasy yang ada di anime ini adalah dunia dimana alkimia menguasai dunia, alkimia itu semacam sihir, hanya saja untuk melakukannya, kamu perlu mengerti zat kimia yang ada dalam sebuah objek, seperti tanah, apa zat kimia yang ada di dalamnya? Terbentuk dari zat apa apa tanah itu? Baru setelah itu kamu bisa mengubah susunan dari suatu objek tertentu menjadi objek yang berbeda dengan zat penyusun yang sama, saya gak yakin kamu bisa mengerti apa yang saya omongin, namun yang jelas, di dunia ini, sesuatu yang namanya pertukaran yang sama nilainya harus dilakukan untuk melakukan alkimia, dan ini semacam hint bagi kamu yang belum menonton animenya.

Edward Elric dan Alphonso Elric berusaha mencapai tingkat tertinggi dalam alkimia, yaitu menghidupkan orang mati, namun berakhir dengan kegagalan, sampai akhirnya mereka berdua memilih untuk mendapatkan zat tertinggi dalam alkimia, yaitu batu philosoper. Untuk apa batu itu? Kamu akan mengerti saat lihat tampilan Alphonso, dan saya akan sisakan bagian itu untuk kamu yang belum menonton anime ini, silakan eksplorasi dunia Full Metal, dan kamu akan mengerti semua hal aneh yang saya bicarkan. Btw, saya sendiri agak yakin kalau anime ini adalah salah satu anime fantasy action terkeren yang pernah seaya tonton.

#3. Nanatsu no Taizai

Ehhhh! Kok gambarnya berubah?! Kenapa Ban sama King? Terakhir kali saya post, kalau gak salah masih Meliodas!

Dibandingkan dengan dua anime di atas, anime ini lebih baru, dimana semua karakter yang ada di dalamnya itu kuat, gak ada yang lemah, bahkan babi sekali pun punya sesuatu yang bikin kita bertanya-tanya (kenapa dia bisa hidup setelah terkena serangan itu?) dan Elizabeth (apa-apaan dengan mata kanan itu?)

Ceritanya tentang sebuah kelompok Ksatria yang bernama Nanatsu no Taizai, sebuah kelompok ksatria terkuat yang terdiri dari tujuh orang, namun ksatria ini difitnah dan mulai berpencar, sampai akhirnya Elizabeth bertemu dengan Meliodas, kapten dari kelompok Ksatria ini.

Ada sesuatu yang jahat yang berniat membawa kerajaan Britania ke dalam kegelapan, dan Meliodas dan kawan-kawan akan menyelamatkan dunia, well, anime ini menarik, dengan action dimana-mana, karakter kuat dimana-mana, dan misteri dimana-mana, semua itu bikin anime ini jadi anime dengan high-level fantasy, anime yang saya akui sebagai salah satu anime fantasy sekaligus anime action terbaik.

#4. Magi


Bicara tentang fantasy, hal yang pertama saya ingat itu adalah adventure, kemudian setting zaman abad pertengahan, dan yang ketiga adalah eropa, well, kalau kamu sadar, kebanyakan anime fantasy itu memiliki banyak setting eropa. Pangeran yang memiliki rambut pirang dan mata biru, kastil putih yang megah atau minimal nama eropa.

Nahh, unsur eropa itu sama sekali hilang di anime Magi ini, sejauh ini Magi punya dua season, The Labyrinth of Magic dan The Kingdom of Magic, kemudian ada spinoff-nya yang judulnya Sinbad no Bouken. Lihat judul spinoff-nya Sinbad dia bilang. Apa yang kamu ingat tentang kata Sinbad? Kalau saya adalah dongeng 1001 malam, dongeng yang latar ceritanya adalah arab zaman pertengahan, dan yaps, anime Magi ini settingnya di arab, nama karakter utamanya ajah Aladdin dan Alibaba, tapi jangan ngerasa aneh dulu, karena bukan jepang kalau setting seperti ini tidak akan menarik, genre ini digabungkan dengan beberapa hal seperti dungeon atau labyrinth, penyihir, akademi sihir, negara yang memperluas kekuasannya dll.

Ceritanya tentang seorang bocah misterius bernama Aladdin, dia tiba-tiba muncul di depan Alibaba dan sama sekali tidak punya common sense, Alibaba sendiri cuman sekedar pedagang (kalau tidak salah) namun memiliki impian untuk masuk ke dalam labyrinth dan mendapatkan harta yang banyak di sana, dan well, untuk beberapa episode pertama kamu akan melihat Alibaba yang masuk ke dalam Dungeon, sampai kamu akan salah mengira kalau karakter utamanya Alibaba.

Well, ini spoiler, tapi setelah keluar dari Dungeon, petualangan yang sebenarnya akan terjadi, misteri tentang raja Solomon, 3 penyihir (yang saya lupa nama sebutannya), dan juga mystery di balik labirin, serta action dengan konsep yang menegangkan.

Anime ini asyik karena sangat berbeda dengan anime fantasy lain, dan bahkan, salah satu teman saya adalah maniak Magi, dia akan bilang kalau Magi itu anime fantasy terbaik sepanjang masa.

#5. Code Geass


Bukan fantasy sebenernya, tapi science-fiction, anime yang benar-benar-benar-benar-benar saya benci, namun sekaligus anime terbaik yang pernah saya tonon, anime ini epic banget, namun saya benci sama anime ini, perasaan ini penuh ... kontradiksi. namun saya gak bisa nyangkal kalau anime ini super epic, walaupun genrenya sci-fi, bukan fantasy

"Oy! Terus kenapa dimasukin ke list ini?!"
"Maaf, mata saya kepleset pas nyari-nyari list anime, tehe-pero."
"Terus kenapa gak dihapus ajah?! Gak usah dimasukin!"
"Ehhh~ udah kepalang ... lagian di dunia blog, ada sesuatu yang disebut 'pantang menghapus sesuatu yang sudah di post'!"
"Gak ada yang bikin aturan kayak gitu!"
"Ahhh~ itu karena aturan itu yang bikin saya sendiri."
"..."

#6. No Game No Life


Ok, mari lihat, No Game No Life, anime super populer yang banyak banget yang minta season duanya, cuman sampai sekarang belum terkabul (seengaknya saat artikel ini ditulis, oh, dan walaupun movie-nya bakal tayang, yang saya denger movie ini diadaptasi dari arc zero (kalau gak salah), yang artinya prequel dengan main chacacter berbeda, bukan Sora dan Shiro, dan oh, sepertinya kata dalam tanda kurung ini makin banyak, makanya saya akan tutup, sekarang) Uoooh, tanda kurungnya nutup. Sekarang paragraf baru.

No Game No Life ceritanya tentang dua orang kakak beradik yang Neet, Hikikomori, Otaku + Gamer yang super jenius, namanya Sora dan Shiro, pada suatu hari mereka ditantang main catur online, dan jika menang mendapatkan hadiah untuk datang ke dunia lain (isekai), dunia dimana semuanya ... ditenutkan oleh game. Surga bagi kakak beradik yang jenius dalam semua permainan game.

Dan mereka menang, masuk ke dunia lain, bermain game ....... dan jadi raja.

Emm, well, dan kemudian menantang ras lain untuk bemain game untuk ...... memperebutkan kekuasaan?

Emmmm, dan di ujung cerita berniat menantang dewa bermain game?!

Kalau dipikir-pikir, bukannya skalanya gede banget!?

Dua karakter jenius yang latarnya bisa dibilang ideal bagi para penggemar anime, dengan cerita yang menarik dan skala yaang besar. Fantasy? Saya gak perlu ngomongin bagian fantasy dari anime ini, karena semuanya sudah saya jelaskan dari beberapa kalimat di atas, tunggu dulu ... anime ini ... luar biasa, semakin dipikir semakin luar biasa, semua aspek di dalamnya akan memuaskan semua penggemar anime, tipe karakter agak bodoh tapi baik dan berdada besar, tipe loli kuudere, dan tipe loli dengan telinga hewan? dan ekor?!

Ini anime paling ideal yang pernah saya pikirkan! Ohhh, dan saya belum ngomongin, graifs, pengisi suara, dan lain-lain! Ohh, tapi itu gak perlu, karena ini cuman bahas sesuatu tentang fantasy.

#7. Nagi no Asukara


Ok, sekarang anime yang super anti-mainstream yang jarang banget masuk list anime fantasy, padalah genrenya fantasy.

Lihat gadis di atas? di gambar atas? percayakah kamu kalau dia adalah gadis yang sebenarnya habitat alaminya adalah di dalam laut? di dunia dimana cewek di atas tinggal, ada dua ras umat manusia, satu yang ada di permukaan laut dan satu di dalam laut, dan, beda dengan yang sedang kamu pikirkan sekarang, cerita anime ini tidak akan fokus ke hal itu, well, di animenya Manaka (cewek yang di atas) dan beberapa temannya yang tinggal di dalam laut, karena efek alam harus pindah sekolah ke atas permukaan laut, mereka akan memulai kehidupan baru mereka di sekolah baru yang biasa. Jadi, apa ini genre school? Sayangnya ... bukan, ini anime bergenre utama drama-romance, anime yang disebut-sebut sebagai anime yang alur ceritanya kayak sinetron.

Jadi dimana fantasy-nya?

Well, dimana-mana, fantasy adalah tulang punggung di anime ini, walaupun genre-nya drama-romance, semuanya berkaitan dengan fantasy, atau lebih tepatnya berkaitan dengan dua ras manusia yang berbeda, ini sebenarnya agak kurang pantes masuk ke dalam list anime fantasy, tapi ini anime fantasy! Dan dilihat dari segi ceritanya, anime ini bisa dibilang salah satu anime terbaik di genrenya, di genre saling tikung menikung. Romance di anime ini parah banget, dan kadang bikin geregetan, anime yang saya harap dulu saya tidak menonton semuanya, namun tidak bisa berhenti karena ceritanya bikin penasaran.

#8. Kino no Tabi


Tahukah kamu seberapa hype saya nunggu kino yang visualnya kayak gambar di atas? Anime Kino no Tabi yang saya tahu akan diadaptasi ulang! Dan gambar di atas itu adalah visual kino terbaru! Dan, kayaknya akan jadi sangaaaaaat epic. Mengingat versi yang dulu saja bikin saya ketagihan. The Ultimate Fantasy Anime! Anime fantasy adventure yang benar-benar gak bisa di duga.

Kino no Tabi, well, sesuai judulnya bercerita tentang seorang bernama Kino yang melakukan perjalanan berkeliling dunia, dia dengan motornya yang bisa bicara, datang ke tempat yang sangat luar biasa, seperti kota dimana teknologi sangat maju, kota dimana teknologi ada di zaman pertengahan, kota dengan penduduk yang gila demokrasi, kota dengan penguasa yang tamak, kota dengan penduduk gila yang hanya berusaha membuat menara tanpa tahu alasan kenapa mereka membangunnya, kota dimana untuk jadi dewasa seseorang harus melakukan operasi di otaknya, kota dimana semua penduduknya sangat percaya dengan sebuah ramalan, kota yang berperang dengan cara menghancurkan orang-orang yang disekitarnya, dll. Kino no Tabi, tipe anime fantasy yang ..... benar-benar fantasy. Tiap tempat yang Kino kunjungi memiliki keunikan (dan kebodohan) masing-masing, sebuah tempat yang ... bagaimana mungkin kota ini bisa semaju ini, sedangkan kota sebelumnya bahkan tidak percaya kalau ada alat yang bisa membuat mereka terbang?! Kota yang masing-masing teriosolir, kota dengan kebodohan masing-masing.

Saya gak yakin anime ini untuk semua orang, tapi untuk saya, ini adalah salah satu anime fantasy-adventure yang menyenangkan, Kino, agak pasif, tapi sekali-kali, dia bisa badass juga.

Update: Emm, anime ini udah saya tonton beberapa episode barunya, seru sih, tapi yang versi lama itu lebih kerasa fantasy-nya.

#9. Sword Art Online


SAO, akronim dari Sword Art Online, adalah anime yang saya pikir lebih ke arah sci-fi daripada fantasy, tapi dilihat dari season dan arc pertama, anime ini masuk juga genre fantasy, lebih tepatnya anime fantasy yang latarnya game.

Saya curiga semua orang yang masuk ke list ini pasti sudah nonton SAO, maksud saya, ini anime sejuta umat dimana dua hal yang sangat digemari oleh banyak orang (game dan anime) digabungkan menjadi satu, yaitu anime yang bergenre game.

Well, genre fantasy SAO (untuk sekarang) terbatas di season satu, dimana season dua dan selanjutnya (mungkin saya salah) udah lebih ngarah ke arah sci-fi, singkatnya sih, anime ini adalah petualangan si 'black swordsman' aka Kirito di dunia dimana game virtual reality sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Kemungkinan deskripsi ini kurang ngena buat list ini, tapi well, kalau kamu mau baca sinopsis dan review-nya, ada segudang di internet, termasuk artikel saya yang satu ini yang mengambil tema haruskah kamu nonton SAO? 

Well, artikelnya lebih ke arah kritik (emm, kurang bener kayaknya, mungkin lebih tentang perasaan saya) terhadap SAO.

Terlepas dari semua pro kontra yang ada, saya akui SAO memang anime yang lumayan bagus. Ohh, tapi katanya novelnya itu lebih bagus dari versi animenya. Kalau kamu penasaran sama novel SAO, bisa cek di Baka Tsuki Indonesia.

#10. Akame ga Kill



Akame ga Kill, adalah salah satu anime paling traumatik yang pernah saya tonon. Sejujurnya, ini anime dengan cerita dan action yang keren, mungkin bisa dibilang salah satu anime action fantasy paling epic yang pernah saya tonton, cuman, ada sesuatu yang membuat saya menjadi agak dilema.

Di sisi lain, anime ini keren karena sesuatu yang diperjuangkan membutuhkan pengorbanan, saya suka dengan konsep ini dan sekaligus membencinya, karena biasanya pengorbanan itu terasa sangat menyakitkan. Kalau kamu pernah nonton anime ini, saya yakin kamu mengerti dengan perasaan saya, tentang beberapa karakter dan akhir hayatnya.

Well, maru move on, dan masuk ke sinopsis.

Judulnya mencatut nama Akame, dan karakter utamanya juga Akame, cuman ceritanya akan dilihat dari sudut pandang karakter lain yang namanya Tatsumi. Tatsumi ini bisa dibilang orang desa, dia dan dua temannya pergi ke kota agar bisa mendapatkan uang agar desa tempat mereka tinggal bisa selamat dari kelaparan dll (karena pemerintah yang korup).

Kalau gak salah di tengah jalan mereka bertiga terpisah, dan membuat Tatsumi pergi ke kota sendirian, di sana, Tatsumi tahu kalau negara dan ibu kota itu busuk.

Agak spoiler, tapi dua temannya ternyata mati dengan cara yang sangat-sangat-sangat kejam oleh salah satu bangsawan di ibu kota, namun selain mengetahui kebenaran itu, ada hal lain yang dia temui di 'ibu kota', yaitu teroris yang namanya Night Raid.

Dari sini, sinopsis yang saya sebutin di atas udah gak berlaku, karena dari sini ceritanya tentang Tatsumi yang gabung dengan Night Raid dan berusaha menggulingkan kerajaan (atau kekaisaram? lua sapa) yang korup.

Banyak adegan action-nya, namun dari segi fantasy, saya pikir ada banyak kekurangan, cuman semua kekurangan itu gak bikin anime ini makin jelek. Well, ini lebih ke arah action daripada fantasy, walaupun begitu, saya pikir anime ini layak untuk masuk list ini.

#11. Shingeki no Kyojin



(Harusnya shingeki no kyojin ini saya sebut lebih awal dari beberapa anime di atas, well, gak masalah juga sih sepertinya).

Ok, saya ragu kamu yang baca artikel ini gak pernah dengar anime yang satu ini. Anime yang agak anti mainstream ini sebenernya merupakan salah satu anime populer di dunia. Kalau saya pikir-pikir, ini anime kira-kira ada di zaman setelah abad pertengahan, namun tanpa ada sihir di sini.

Kalau kamu perhatikan, kebanyakan anime fantasy itu selalu memiliki konsep 'manusia yang agak beda dengan kita', entah 'manusia-manusia' itu punya kekuatan seperti sihir, alkimia, atau punya senjata yang membuat mereka makin kuat. Di anime ini, manusia ya jadi manusia. Tidak punya kekuatan yang jauh berbeda dari kita (well, kecuali karakter utama dan beberapa karakter lain).

Ceritanya tentang Eren Jeager yang ingin balas dendam dan memusnahkan semua raksasa/kyojin/titan yang ada di dunia ini. Kyojin itu makhluk raksasa yang bentuknya manusia tanpa kulit. Makannya manusia, dan sepertinya tujuannya menghancurkan umat manusia dengan cara memakannya (well, berubah di ujung season 1 dan season dua kemaren).

Saya yakin banyak yang sudah tahu judul ini, namun untuk kamu yang belum menontonnya, saya sangat sarankan anime ini. Fantasi-nya jauh berbeda dengan yang lain, dimana satu-satunya perbedaan dari dunia kita hanya adanya makhluk bernama raksasa/titan/kyojin dan manusia dengan hanya mengandalak 3 tembok raksasa dan sesuatu yang disebut 3d manouver gear berusaha hidup. Well, itu sampai karakter utamanya membangkitkan semangat manusia dengan kekuatannya yang baru.

Epic, dan untuk reviewnya kamu bisa dilihat di banyak artikel di internet. Bejibun, sampai saya gak perlu reveiw lagi.

#12. Soul Eater


Tahukah kamu kalau Soul Eater adalah salah satu anime yang saya tonton pas awal-awal, emm, well, tentu saja gak tahu, karena saya gak pernah membicarakannya ... anime ini dulu menarik saya dengan judulnya yang keren, Soul Eater, atau bahasa indonesianya pemakan jiwa, dulu saya gak baca sinopsisnya dan sikat langsung animenya ... dan saya tidak menyesal!

Anime ini sangat keren, ceritanya tentang dunia fantasy (well, dunia alternatif di zaman kita) yang dimana manusia itu terbagi menjadi dua jenis, satu adalah manusia yang bisa berubah jadi senjata dan satu lagi adalah orang yang menggunakan senjata tersebut, menggunakan senjata tersebut untuk apa? Untuk mengalahkan sesuatu yang disebut sebagai kishin, atau telur iblis, atau iblis yang lahir dari jiwa manusia.

Karakter utama di anime ini Maka (dan Soul) beserta lima orang lainnya (Death The Kid, dan dua senjatanya, serta Black Star dengan satu senajatanya yang bisa berubah jadi tiga senjata, wuoah, lihat semua nama keren itu!) di sebuah sekolah yang namanya Shibusen, sekolah yang kalau lulus dari sana akan menerima gelar Meister (S1) bagi pengguna senjata, dan Death Scythe bagi si senjata. Untuk lulus, si senjata harus memakan 100 jiwa kishin dan 1 jiwa penyihir (atau kalau gak salah 99 jiwa kishin dan 1 jiwa penyihir?). Mereka diberi kesempatan untuk 'berburu' kishin dan penyihir dari sesuatu yang bisa dibilang sebagai 'quest' yang ditempel di mading sekolah (well, unsur sekolahnya sebenarnya gak terlalu nonjol, jadi lupakan saja).

Hal yang ada di atas itu adalah konsep dasar dari Soul Eater (cukup detil dan keren kan?!), namun semua itu tidak akan pernah bisa bikin anime menarik kalau unsur utama dari sebuah anime, yaitu cerita, gak keren. Ada hal besar yang sedikit demi sedikit terjadi dan membuat dunia dalam bahaya, dan tugas kamu adalah menonton Maka dan yang lainnya menyelamatkan dunia!

Itu saja, Soul Eater selesai! Masuk ke list selanjutnya!

#13. Kenapa Saya Bisa Lupa Sama One Piece?!


One Piece gak butuh deskripsi, kamu tahu kan kalau ini adalah cerita tentang Luffy yang berusaha jadi raja bajak laut! Kalau kamu gak tahu, maka saran saya tonton semua episode One Piece!

#14. Log Horizon (Lebih baik dari SAO)


Ini adalah anime yang kemungkinan besar tidak akan pernah ada season tiganya, alasannya karena authornya sempat bermasalah, hanya saja saya tetap berharap akan ada season tiganya.

Premis anime ini sama seperti SAO, tentang para pemain game yang terjebak di dunia virtual reality, totalnya ada tiga puluh ribu player game Elder Tale yang terjebak dan tidak bisa log out.

Walaupun premisnya mirip, anime ini jauh berbeda dari SAO, SAO sendiri memfokuskan ceritanya ke 'bagaimana cara keluar dari game' dan keluar dari game yang namanya SAO (arc pertama), well, kita semua tahu kalau Kirito dan semua playernya bisa keluar dari game, dan melanjutkan ceritanya dengan genre sci-fi.

Tapi kalau Log Horizon tidak begitu, karakter utama di sini namanya Shiro, dia merupakan salah satu player terkuat di game Elder Tale dan anggota sebuah party legendaris yang namanya Debauchery Tea Party, yang lebih epic lagi, si Shiro ini bukan tipe yang biasa bermain di garis depan, dia lebih ke Support Class dalam game, namun tetap bisa jadi yang terkuat.

Di anime ini juga tidak ada 'jika mati di dunia virutal, maka mati di dunia nyata', kalau mati mereka akan hidup lagi, hanya saja ada efek sampingnya, efek sampingnya ini spoiler, jadi saya gak kasih tahu.

Tapi itu bukan hal yang membedakan SAO dan Log Horizon, Log Horizon itu lebih ke 'ekspolorasi' dunia game dan memecahkan berbagai macam misteri dan masalah yang ada di dunia game itu sendiri.

Pake multiple PoV juga, jadi kita tahu seberapa epic-nya Shiro dan party barunya, serta rumitnya dunia game yang mulai jadi kenyataan bagi para player yang terjebak di dalamnya.

#15. Overlord


(Kisah sang tengkorak tampan, Momonga, Our Lord and Savior, hail Ainz Oal Gown!)

Deskripsi menyusul tapi ini juga tentang virutal reality. Dunia game. Kalau saya ditanya susunan anime tentang game terbaik, saya akan jawab Overlord -> Log Horizon -> SAO.

Postingan populer dari blog ini

[Jangan Liat] 37+ Anime Hentai Terbaik Yang Seharusnya Tidak Kamu Tonton!

Kamu pikir sebejad apa saya sampai berani-berainya bikin daftar anime hentai terbaik ?

Jawabannya, tidak sebejad itu ^_^

Saya bukanlah orang (yang terlalu) mesum yang suka dengan anime hentai, saya hanya orang biasa yang berbagi informasi kepada orang-orang seperjuangan yang sedang mencari anime-anime harta karun

Informasi ini sebenarnya terlalu berharga untuk di sebarkan ke khalayak umum, tapi karena beberapa  desakan  maka saya berusaha untuk memenuhi keingin  publik dengan membuat artikel  ini

Untuk artikel kali ini, saya tidak akan membagikan cover atau gambar tentang anime yang bersangkutan, karena yahh … kalau saya pakai gambar yang “begitu” maka kemungkinan besar blog saya akan kena sanksi

Jadi maaf …

Sebelum saya mulai, saya ingin memberikan beberapa peringatan

Jika kamu adalah anak di bawah umur tolong segera pergi dari artikel iniJangan berpikir buruk terhadap saya karena membuat artikel terkutuk  ini (serius … jangan)Dan jika kamu kebetulan kenal dengan saya di dunia nyata,…

41 Anime Harem Ecchi Terbaik Yang Dijamin Mantab! | 2016

Saya yakin banyak penggemar anime di dunia ini yang suka dengan anime bergenre harem.
Benar kan ??
Kamu juga suka dengan anime harem kan ?
Saya yakin begitu, karena harem adalah mimpi dan impian para laki-laki (jones) yang suka terhadap anime.
Menjadi soerang laki-laki yang selalu dikelilingi wanita cantik adalah impian setiap lelaki… Tapi karena hal ini 95 persen tidak terjadi di dunia nyata maka satu-satunya cara untuk melampiaskan impian itu adalah dengan menonton anime bergenre harem.
Dan berikut ini saya rangkum beberapa anime harem yang kemungkinan akan kamu suka.
Tapi tentu saja daftar atau list ini belum sempurna karena saya belum menonton semua anime harem yang pernah tayang.. Jadi kalau kamu tahu anime genre harem yang bagus dan belum masuk dalam list atau daftar ini tolong beri tahu saya.
#1. Saenai Heroine no Sodetakata
Anime yang pertama saya bahas dalam list kali ini adalah Saekano, anime ini merupakan salah satu harem romance yang seru untuk di tonton.

Tentu saja ada a…

TOP 82 Anime Romance Terbaik Yang Akan Mengubah Hidup Kamu!

Kamu sedang mencari anime terbaik yang memiliki genre romance ? jika benar maka kamu masuk ke tempat yang tepat. Percaya sama saya, anime yang saya sarankan di bawah ini pasti menambah arti dalam hidup kamu


Artikel yang saya buat ini adalah daftar anime romance terbaik yang saya rekomendasikan untuk kamu tonton.

Apa Itu Wibu? Ini Pengertian Kata Wibu Yang Sebenarnya dan Mendetail!

Saya bukan mau menggurui, hanya berbagi wawasan.

Tujuan Saya menulis di blog ini adalah untuk memberi Kamu dan orang lain rekomendasi tentang anime yang seru.

Namun kadang Saya merasa “gatal” untuk menulis sesuatu yang lain.

Dan sesuatu yang lain ini sedang Saya tulis sekarang.

Kadang ada beberapa orang di internet yang berbicara tentang anime, otaku, dan beberapa orang sering menyinggung kata Wibu.

Apa Itu Wibu?

Banyak sekali orang yang salah mengerti tentang kata Wibu dan mengecap seseorang dengan sebutan Wibu.

Artikel ini Saya buat dengan harapan orang-orang “umum” mengerti dengan apa itu Wibu yang sebenarnya.

Tapi meskipun demikian, Saya yakin yang membaca artikel ini pasti orang yang mengerti kata Wibu, jadi saya mohon kamu mau men-share artikel ini.

Ok, untuk permulaan mari kita mulai dengan pertanyaan yang sederhana yang ditunjukan untuk saya pribadi.

Apa Kamu dan Saya seorang Wibu ?
Seperti yang Saya bilang, kata Wibu di internet sekarang bukanlah kata yang asing, di komunitas…

15 Anime Dengan Ending Terbaik Yang Pasti Akan Membuat Kamu Emosional dan Terkesima

Apa bagian yang paling banyak diingat para penggemar otaku setelah selesai menonton sebuah anime ?
Menurut kamu apa ??
Menurut saya jawabannya adalah ending.
Ending biasanya akan lebih sering diingat karena ending biasanya berupa untaian klimaks (puncak cerita) dan penyelesaian masalah.
Oiah, sepengalaman saya ending juga yang menentukan sebuah anime itu ditanggapi positif atau negatif (anime itu bagus atau jelek) oleh para penggemar anime.
Salah satu contoh ending anime jepang yang cukup populer adalah Aldnoah.Zero
Anime ini menurut saya keren, karakternya keren, pertarungannya keren, dan intirik dari anime ini juga keren, bahkan saya masukan ke daftar anime terbaik 2015.

Saya sangat penasaran dengan ending dari anime ini terutama tentang konflik cinta segi tiganya.
Tapi saat saya melihat ending dari anime ini (season 2)
Saya sangat terpukul.
Saya sangat kebingungan dengan ending dari Aldnoah.Zero ini (kenapa bisa berakhir seperti itu ??), dan ternyata bukan hanya saya saja yang ber…