Langsung ke konten utama

OS-Brain Bab 4: Kapan Olimpiadenya Akan Dimulai?

“Aku tidak menyangka OS-Brain benar-benar memiliki fitur eksplorer! Ditambah, bukan hanya itu saja, OS-Brain juga punya 4 fitur lain!”

Dokumen ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu satu, tentang apa itu OS-Brain dan cara kerjanya, dan dua 5 fitur utama yang ada di OS-Brain, yaitu [Eksplor], [Cari], [Install], [Buat], dan [Monitor].

“OS-Brain kah, jadi begitu. Jika aku tidak gila, ini benar-benar sistem yang menakjubkan!” gumam Nui.

Nui sempat berpikir mungkin saat di rumah sakit, ada seseorang yang menanam komputer di kepala Nui dan menjadikannya sebagai bahan percobaan. Namun mengingat teknologi di zaman sekarang, hal ini masih belum bisa dicapai oleh ilmuan sekarang.

‘Tapi bukan berarti itu tidak mungkin juga. Ada kemungkinan kalau aku menjadi kelinci percobaan dari ilmuan tertentu.’

Di dunia ini tidak ada yang pasti, dan mengatakan “mustahil” tentang sesuatu tidak mungkin dilakukan. Di zaman dulu, banyak orang yang mengatakan mustahil bagi manusia untuk terbang di udara, namun di zaman sekarang, pesawat sudah jadi kendaraan yang lumrah digunakan. Begitu juga dengan telepon, video call, dll. Semuanya dulu dianggap mustahil.

Jadi tidak mustahil ada orang yang menciptakan OS-Brain dan memasangnya di kepala Nui.

Yang jadi masalah adalah siapa dan kenapa.

Nui membaca kalau OS-Brain diciptakan oleh sebuah perusahaan yang namanya Clay & Maria Corporation. Namun seingat Nui, tidak ada perusahaan yang memiliki nama seperti ini. Walaupun Nui tahu perusahaan di balik OS-Brain, itu tetap tidak menjawab pertanyaan “siapa” karena Nui tidak tahu perusahaan ini, dan kenapa Nui? Itu juga tidak bisa dijawab.

OS-Brain singkatnya adalah sistem yang membuat otak bisa difungsikan sebagai komputer.

Sistem operasi ini memungkinkan otak manusia mengeluarkan potensinya secara penuh. Sistem operasi ini bisa mengorganisir file yang ada di dalam kepala seseorang, file yang dimaksud di sini adalah ingatan dan informasi yang disimpan di otak, baik informasi yang dimasukan secara sadar, atau pun informasi yang dimasukan secara tidak sadar. Di bagian pembuka dokumen pengenalan. Otak menyimpan segala informasi dari sejak manusia lahir sampai sekarang, namun sebagian besar informasi ini disimpan di alam bawah sadar. Si pengguna lupa akan hal ini, namun otak tidak melupkannya. Dengan fitur [Eksplor] dan [Cari], pengguna bisa dengan mudah menemukan “File” yang dulu pernah dimasukan.

“Ini lumayan gila!”

Di bagian bawah pandangan Nui, (Saat Nui melihat lurus ke depan, kira-kira di dekat dagu Nui) melayang lima fitur dengan icon masing-masing.

Eksplor memiliki icon berbentuk folder, Cari memiliki icon berbentuk kaca pembesar, Insatall memiliki icon berbentuk flash drive dengan tanda panah ke bawah, fitur Buat memiliki icon plus (+) dengan berbagai macam file kecil di belakangnya yaitu dokumen kosong, video player, gambar, dan juga flash drive, gambarnya sangat kecil sehingga Nui perlu melihatnya dengan seksama, dan yang terakhir, Monitor, memiliki icon yang terlihat seperti speedometer yang biasa ada pada mobil.

Ini juga dijelaskan di dokumen pengenalan.

Di sana dijelaskan kalau otak adalah ‘inti’ dari tubuh manusia, manusia bergerak dengan menggunakan informasi sebagai landasannya. Contohnya seperti ini, mata melihat sebuah apel berwarna merah, mata memberikan informasi ke otak kalau apel itu berwarna merah dan otak menginterpretasikan kalau apel itu merah, setelah semua proses selesai seseorang akan melihat apel yang berwarna merah, proses yang sama terjadi saat kulit menyentuh sesuatu, telinga mendengar sesuatu, lidah mengecap sesuatu, dan hidung saat mencium sesuatu.

Alasan kenapa lima icon itu bisa muncul di pandangan Nui adalah karena otak Nui menginterpretasikan kalau icon itu ada dan terlihat. OS-Brain berhasil menambah informasi yang dikirim oleh mata ke otak.

Jadi di otak Nui icon itu benar-benar ada dan bisa terlihat oleh Nui.

Proses yang sama juga terjadi pada indra perasanya, Nui menyentuh tombol (Lanjutkan) dan merasa sedang menyentuh kaca, otak menginterpretasikan kalau Nui memang sedang menyentuh sesuatu.

‘Ini benar-benar menakjubkan,’ pikir Nui, ‘Bukannya ini sama dengan ilusi yang benar-benar nyata? OS-Brain bisa mengendalikan cara otak bekerja!’

‘Baiklah, aku akan mencoba sistem ini!’

Nui menyentuh ikon Eksplorer dan melihat tampilan yang tidak jauh berbeda dari tampilan eksplorer di windows, di sini Nui melihat ada Local Disk: C, dan juga Data: D.

Nui menekan drive C dan bertanya-tanya apa yang ada di dalamnya. Namun setelah melihat beberapa detik isi dari dive ini Nui mulai mengerutkan dahinya, tidak ada file apa pun di sini, isinya kosong!

Nui kembali ke halaman sebelumnya dan menekan drive D. Di sini Nui juga mengerutkan dahinya, namun alasannya bertolak belakang dengan sebelumnya, jika Nui agak kaget karena drive C kosong, maka sekarang Nui kaget karena drive D dipenuhi dengan jutaan file, semua file ini berantakan dan tidak tersusun dengan rapi. Banyak file yang terlihat seperti PDF, foto, video, dan beberapa file yang ekstensinya tidak pernah Nui lihat sebelumnya.

“Namanya juga berantakan, apa maksudnya video yang namanya jkashdhsagdhas ini!”

Kemungkinan semua nama file yang ada di sini dibuat secara acak.

Nui menghela nafasnya dan berpikir, ‘Sebaiknya aku merapikan semua file ini berdasarkan jenisnya.’

Nui mulai membuat berbagai macam folder. Sama seperti windows, OS-Brain juga memiliki fitur ini, selain itu Nui juga tahu kalau Copy-Paste dan Drag & Drop ada di OS-Brain, yang perlu dia lakukan adalah menekan sebuah file 2 detik dan akan muncul menu untuk meng-copy atau memindahkan file-nya.

“Jam berapa ini?”

Nui melihat ke arah jam dan melihat kalau sekarang masih jam setengah 6 sore.

“Kurang lebih dua jam setengah lagi.”

Setiap hari Nui akan belajar jam 8 malam dan akan tidur jam 10 malam. Namun ketika ada hal tertentu seperti saat ada ujian atau lainnya, dia akan tidur lebih malam dari biasanya, bahkan begadang sudah lumrah bagi Nui. Namun karena sekarang tidak ada ujian, maka dia akan mulai belajar jam 8 malam kemudian tidur jam 10. Sekarang sudah bulan Mei, dia sudah melewati ujian nasional, jadi sebenarnya Nui tidak perlu belajar lagi. Namun karena sudah kebiasaan, Nui tidak bisa menghentikannya.

Nui kembali mengorganisir file-nya, men-drag tiap file yang sejenis dan memasukannya ke dalam folder, fungsi drag & drop juga sudah dijelaskan di dokumen pengenalan, namun walaupun menggunakan fitur ini, Nui memerlukan banyak waktu untuk melakukannya.

Dia terus melakukannya sampai akhirnya sudah masuk jam 8 malam.

Masih ada jutaan file yang tersisa dan Nui sudah mulai kesal karena melakukan hal yang sama selama dua setengah jam!

‘Seandainya semua file-nya bisa rapi secara otomatis!’ Nui menggerutu di dalam kepalanya, namun kejadian yang terjadi di depannya membuat dia benar-benar kaget!

‘I-ini!’

Semua filenya secara otomatis masuk ke dalam folder yang sudah Nui siapkan!

‘Benar-benar prkatis!’ pikir Nui.

Untuk sekarang, Nui menyiapkan empat buah folder. Folder pertama berisi dokumen yang bentuknya seperti PDF, folder kedua isinya video, ketiga isinya foto, dan yang keempat adalah sisanya.

Nui belum tahu apa file yang ada di folder keempat, namun karena ada di sini, kemungkinan itu file yang penting. File-file tersebut tidak dijelaskan di dokumen pengenalan, namun Nui yakin ada sesuatu di balik file tersebut.

“Apa OS-Brain bisa aku kendalikan hanya dengan pikiran saja?” gumam Nui.

Melihat ribuan tadi masuk ke folder yang sudah Nui siapkan secara otomatis, Nui mulai berpikir kalau interface OS-Brain bisa dikendalikan dengan pikiran.

“Aku akan mencobanya.” Gumam Nui.

‘Tutup!’

Nui berpikir untuk menutup jendela eksplorasinya, dan sesuai dugaan fitur eksplor tertutup. Sekarang dia hanya melihat 5 icon yang melayang di bawah dagunya dan keterangan tanggal dan jam yang ada di pojok kanan bawah pandangannya. Pandangan Nui agak sedikit kabur, rasanya ada kaca yang berkabut di depannya.

Ini juga yang membuat jarak pandang Nui turun sekitar 10%.

‘Ini bagian dekstop-nya kan? Kalau begitu, aku pikir bisa saja membuat ‘kaca yang tidak terlalu transparan ini’ menjadi benar-benar transparan.’

Nui berpikir agar kaca yang berkabut ini jadi transparan, namun sekuat apa pun dia mencoba kaca berkabutnya tidak hilang. Dia mencoba menyentuh kaca berkabut ini dengan tangannya dan sesuai dugaan, rasanya ada ‘kaca’ di sana.

‘Apa hanya bisa diedit secara manual?’

Nui menekankan jari telunjuknya ke ‘kaca’ tersebut selama dua detik. ‘Ah, sudah aku duga,’ pikir Nui.

Ada menu yang muncul dan yang paling bawah adalah tulisan [Sunting gambar latar]. Nui meng-‘klik’ menu tersebut dan muncul sebuah interface lain yang isinya pengaturan gambar latar. Setelah mencari beberapa saat, dia menemukan sebuah tombol [Transparansi gambar layar], dan segera menekannya. Nui me-‘minimize’ jendela pengaturan gambar latar dan kembali ke bagian dekstop. Seperti dugaan, kaca berkabut itu hilang.

Nui kembali ke menu pengaturan gambar latar dan menekan menu [Buat hanya icon yang bisa dipilih].

Kemungkinan tombol ini membuat ‘kaca’ tadi benar-benar hilang. Nui mengetesnya dan ‘kaca’ tersebut benar-benar hilang. Di pandangan Nui sekarang, menu yang bisa dipilih hanya 5 icon yang menggantung di bawah pandangannya.

“Aku pikir sekarang sudah cukup, waktunya belajar.” Gumam Nui.

‘Aku tidak tahu sepintar apa sekarang namun aku berniat mencari beasiswa, jadi tidak ada ruginya untuk belajar’

Namun tidak lama kemudian pupil matanya menyempit dan sadar ada sesuatu yang benar-benar dia lupakan. Saat di perjalanan pulang, pak Reno sempat berusaha untuk memberi Nui harapan dan memberi tahu sesuatu yang benar-benar penting

‘Olimpiade matematika!’

Masih ada olimpiade matematika yang akan diselenggarakan SMA Fajar Biru. Jika Nui bisa memenangkan olimpiade ini maka otomatis dia akan masuk ke SMA Fajar Biru!

Sebelumnya Nui tidak mempertimbangkan pilihan ini karena dari awal dia tidak punya kesempatan untuk menang. Tapi dengan otak Nui yang sekarang, mungkin jadi juara di olimpiade matematika bisa tercapai!

“Kapan olimpiadenya akan dimulai?”

Nui berpikir keras dan berusaha mengingat-ingat informasi tentang olimpiade matematika ini, namun sekeras apa pun dia mencoba dia tidak bisa mengingatnya. Kemungkinan, Nui memang tidak pernah membaca informasi tentang olimpiade ini.

“Website!”

Semua informasi di SMA Fajar Biru ada di website, jadi tentu saja informasi tentang olimpiade matematika SMA Fajar Biru juga ada di website sekolah!

Nui segera bergegas dan berlari ke kamar ibunya.

“Ibu!”

Dia berteriak sambil mendobrak pintu kamar ibunya.

Seumur hidup baru kali ini dia melakukannya. Ibu Nui sedikit terkejut dengan apa yang terjadi, namun dia melihat Nui yang sedang tersenyum dengan mata yang berapi-api.

“A-ada apa? Apa yang terjadi?” tanya ibu Nui.

“Boleh aku pinjam laptop-nya, tidak, aku tidak perlu meminjamnya. Coba ibu buka saja website SMA Fajar Biru!” Teriak Nui sambil bergegas berjalan ke arah ibunya.

“Hah? Apa yang kamu lakukan? Apa kamu masih belum puas dengan pengumuman di sekolah dan ingin memeriksanya di website SMA Fajar Biru?”

“Bukan itu, aku ingin tahu info tentang olimpiade matematikanya!”

Ibu Nui mengerutkan dahinya.

Dia tidak mengerti dengan jalan pikiran anaknya, namun tidak bertanya dan langsung membuka website SMA Fajar Biru.

Di halaman utama, ada link yang menuju ke arah pengumuman siswa baru, namun tidak jauh dari sana ada juga link yang menuju halaman yang berisi rincian olimpiade matematika.

‘Internet-nya lambat!’ pikir Nui, ‘Tapi wajar, karena kami cuman sanggup bayar yang 300kb per-bulan.’

Setelah halamannya terbuka secara sempurna, Nui membaca semua informasinya.

“Olimpiadenya tanggal 31 Mei 2017,” Gumam Nui. “Itu artinya besok lusa!”

“Apa yang sebenarnya kamu lakukan?” tanya ibu Nui, “Jangan bilang kalau kamu mau mengikuti olimpiade matematika ini?”

“Hehe,” Nui tertawa.

Mendengar tawa Nui, ibu Nui mulai membuka matanya dengan lebar.

“Apa kamu serius? Walaupun olimpiadenya gratis, kemungkinan kamu menang itu lebih kecil dari 1%, asal kamu tahu saja, tiap tahun olimpiade matematika SMA Fajar Biru disorot banyak mata karena kualitasnya yang tidak kalah dengan olimpiade nasional. Banyak orang yang walaupun tidak berniat masuk ke SMA Fajar Biru akan mengikuti olimpiade ini.”

“Aku tahu,” jawab Nui, “Tapi tidak ada salahnya mencoba, gratis ini.”

Ibu Nui tersenyum kecil, “Lakukan apa yang kamu suka. Tapi ingat, belajar lebih giat dari siapa pun di dunia ini. Walaupun sekarang belum terlihat, suatu hari hasilnya akan muncul.”

“Baik,” jawab Nui, “Oiah, ini uang yang tadi.”

“Kenapa kamu kembalikan uang pendaftarannya?”

“Aku ingin memenangkan olimpiade ini,” jawab Nui, “Tujuanku adalah masuk ke SMA Fajar Biru. Jadi menyimpan uang ini rasanya akan membuatku gagal.”

“Terserah kamu saja.” Ibu Nui mengambil uangnya dan memasukannya ke laci.

“Baiklah, kalau begitu aku akan belajar.”

“Baiklah,” kata ibu Nui, namun tiba-tiba ibu Nui berkata, “Tunggu.”

Nui yang sudah berbalik dan berjalan pulang ke kamarnya kembali melihat ibunya.

“Ibu akan download dan print soal olimpiade tahun kemarin. Sekitar setengah jam lagi, ambil dari sini.”

“Baik,” jawab Nui dengan senyum di wajahnya.

Ibu Nui hanya mengangguk dan kembali bekerja.

Nui dengan langkah yang ringan kembali ke kamarnya dan kembali belajar. Kali ini dia mengambil semua buku matematika yang dia punya dan mempelajari semuanya sekali lagi. Semakin banyak Nui membaca semakin banyak yang dia mengerti.

Setengah jam kemudian, Nui mengambil soal olimpiade tahun kemarin dan mempelajarinya. Soalnya susah dan banyak rumus yang belum dia pelajari. Namun ibu Nui sudah mempersiapkan semuanya dan juga mengunduh pembahasan tiap soalnya, ini sangat membantu Nui.

Nui belajar tanpa henti, sekarang sudah jam 1 malam, namun Nui masih belum mengantuk dan terus belajar. Sampai akhirnya jam 3 malam dia berhenti belajar dan memutuskan untuk tidur.

Nui lupa mandi, namun karena sekarang juga sudah pagi dia putuskan untuk sekalian tidak mandi saja.

Di kasur wajah Nui berseri-seri.

Ini pertama kalinya bagi Nui belajar dengan kecepatan seperti itu. Soal matematika yang dulu sangat sulit dia kerjakan sekarang bisa dia kerjakan dengan mudah seperti mengerjakan 1 + 1 = 2.

Semua ini terima kasih karena OS-Brain.

“Otak manusia memang sedikit berbeda tiap orangnya, namun perbedaannya tidak terlalu besar. Orang paling cerdas di dunia hanya memiliki kapasitas otak 5% lebih baik dari orang biasa.”

“Yang membedakan adalah sistem operasi yang ‘menunggangi’ otaknya. Sistem operasi ini yang menentukan cara otak memproses dan menyimpulkan informasi.”

Nui terus memikirkan hal yang tiba-tiba ada di kepalanya ini.

‘Dari awal ada yang salah di sistem operasi milik otak-ku.’ Pikir Nui, ‘Tapi sekarang tidak lagi, dengan ini kehidupan baruku dimulai.’

Dengan senyum yang masih mengembang di bibirnya, Nui berusaha menutup matanya dan berusaha untuk tidur.

###

Pagi harinya Nui bangun pukul setengah 7 pagi, lebih telat 30 menit dari hari biasanya. Setelah bangun dia mandi dan mulai bersih-bersih rumah. Namun karena kemarin dia sudah melakukannya, pekerjaan yang tersisa hanya mencuci pakaian saja. Karena Nui hanya tinggal dengan ibunya, tidak banyak pakaian yang harus dicuci. Semua pakaiannya selesai di cuci sebelum jam 9 pagi.

Setelah selesai melakukan semuanya Nui kembali ke kamarnya dan bersiap-siap untuk pergi ke SMA Fajar Biru.

Olimpiadenya besok, namun Nui tetap harus mendaftar. Kebetulan hari ini adalah hari terakhir pendaftaran.

Postingan populer dari blog ini

[Jangan Liat] 37+ Anime Hentai Terbaik Yang Seharusnya Tidak Kamu Tonton!

Kamu pikir sebejad apa saya sampai berani-berainya bikin daftar anime hentai terbaik ?

Jawabannya, tidak sebejad itu ^_^

Saya bukanlah orang (yang terlalu) mesum yang suka dengan anime hentai, saya hanya orang biasa yang berbagi informasi kepada orang-orang seperjuangan yang sedang mencari anime-anime harta karun

Informasi ini sebenarnya terlalu berharga untuk di sebarkan ke khalayak umum, tapi karena beberapa  desakan  maka saya berusaha untuk memenuhi keingin  publik dengan membuat artikel  ini

Untuk artikel kali ini, saya tidak akan membagikan cover atau gambar tentang anime yang bersangkutan, karena yahh … kalau saya pakai gambar yang “begitu” maka kemungkinan besar blog saya akan kena sanksi

Jadi maaf …

Sebelum saya mulai, saya ingin memberikan beberapa peringatan

Jika kamu adalah anak di bawah umur tolong segera pergi dari artikel iniJangan berpikir buruk terhadap saya karena membuat artikel terkutuk  ini (serius … jangan)Dan jika kamu kebetulan kenal dengan saya di dunia nyata,…

41 Anime Harem Ecchi Terbaik Yang Dijamin Mantab! | 2016

Saya yakin banyak penggemar anime di dunia ini yang suka dengan anime bergenre harem.
Benar kan ??
Kamu juga suka dengan anime harem kan ?
Saya yakin begitu, karena harem adalah mimpi dan impian para laki-laki (jones) yang suka terhadap anime.
Menjadi soerang laki-laki yang selalu dikelilingi wanita cantik adalah impian setiap lelaki… Tapi karena hal ini 95 persen tidak terjadi di dunia nyata maka satu-satunya cara untuk melampiaskan impian itu adalah dengan menonton anime bergenre harem.
Dan berikut ini saya rangkum beberapa anime harem yang kemungkinan akan kamu suka.
Tapi tentu saja daftar atau list ini belum sempurna karena saya belum menonton semua anime harem yang pernah tayang.. Jadi kalau kamu tahu anime genre harem yang bagus dan belum masuk dalam list atau daftar ini tolong beri tahu saya.
#1. Saenai Heroine no Sodetakata
Anime yang pertama saya bahas dalam list kali ini adalah Saekano, anime ini merupakan salah satu harem romance yang seru untuk di tonton.

Tentu saja ada a…

TOP 82 Anime Romance Terbaik Yang Akan Mengubah Hidup Kamu!

Kamu sedang mencari anime terbaik yang memiliki genre romance ? jika benar maka kamu masuk ke tempat yang tepat. Percaya sama saya, anime yang saya sarankan di bawah ini pasti menambah arti dalam hidup kamu


Artikel yang saya buat ini adalah daftar anime romance terbaik yang saya rekomendasikan untuk kamu tonton.

23 Daftar Anime School Terbaik Ini Harus Kamu Tonton Sekarang Agar Tidak Menyesal!

Dalam anime terdapat berbagai macam genre, ada anime action yang super keren, ada anime romance yang super mengaharukan, anime romance yang menakjubkan, anime comedy yang bikin ngakak dan masih banyak lagi. 
Salah satu genre lain yang cukup di sukai banyak penggemar anime di indonesia adalah anime yang bergenre school.

Baca Juga : Salah Satu Anime Paling Keren Di Tahun 2015
Anime bergenre school ini cukup populer di kalangan penggemar anime Jepang di Indonesia, karena kebanyakan peggemar anime di Indonesia merupakan pelajar atau mahasiswa, sehingga membuat anime bergenre school khususnya romance-school sangat di gemari.
Dikarenakan animo penggemar anime di Indonesia terhadap genre school ini semakin hari semakin bagus, kali ini saya ingin membantu para penggemar anime yang sedang mencari rekomendasi anime yang ber-genre school.

Dan dengan bahagia, saya telah menyususun daftar anime yang harus kamu tonton kalau memang kamu sedang mencari anime bergenre school.

Baca Juga : 20 Anime Sport…

20 Anime Sport Terbaik, Ter-epic, Terseru Yang Harus Kamu Tonton!

Saya sangat suka dengan anime sport.

Anime sport biasanya adalah anime jepang super seru yang mengajarkan kita untuk bekerja keras dan solidaritas antar tim.

Anime-anime genre sport biasanya menginspirasi.

Sebagai contoh, setelah saya nonton Kuroko no Basuke saya merasa pengen coba maen basket, atau setelah nonton Haikyuu! Saya pengen nyoba maen voli

(well … walaupun engga saya lakukan sihhh ^_^)

Selain memang karena ceritanya seru, biasanya anime sport juga selalu memiliki unsur komedi, jadi anime sport sama sekali engga bikin bosan.

Saya harap … setelah ini kamu mau menonton anime yang bergenre sport dan semoga setelah menonton salah satu dari anime ini, kamu mulai mau “menggerakan badan” setelah sekian lama hanya menonton anime di kamar saja.

Dan berikut ini adalah beberapa anime sport yang saya susun yang mudah-mudahan bisa menginspirasi kamu.

#1. Kuroko No Basuke
Season 3 dari anime  ini baru selesai beberapa musim yang lalu dan saya yakin tidak akan ada orang yang protes kalau …